Menu
/
3 Pertanyaan yang Harus Anda Tanyakan Sebelum Mengecat Apartemen

Pernah enggak sih merasa excited saat hendak mengecat ruangan atau hunian kita? Rasanya hepi gitu kan ya? Karena pasti akan memberikan nuansa baru yang pastinya bikin mood kembali fresh! Yup! Mengecat ruangan memang merupakan langkah paling sederhana dalam mendekorasi sebuah hunian. Mengaplikasikan pengecatan sebagai langkah dekorasi mudah, saat ini tidak hanya berlaku untuk rumah tapak saja, hunian vertikal apartemen pun melakukannya.




Berbeda dengan hunian tapak, pengecatan untuk hunian yang berupa apartemen, tentu akan memberi dampak yang berbeda loh! Karena biasanya apartemen kan warnanya seragam banget, yak? Menyatu dengan unit-unit lainnya dan every units look similar!  Padahal kalo kita melakukan pengecatan unit jual apartemen yang baru kita miliki, tentu akan membuat nuansa unit tersebut berbeda dengan unit-unit jual apartemen yang berada dalam satu bangunan. Akan look more attractive! 

Lamudi.co.id mengatakan tidak banyak para pemilik unit-unit jual apartemen yang menyadari pentingnya pengecatan untuk membuat nuansa yang berbeda dibanding yang lain. Rata-rata pemukim hanya bermain pada pengelolaan penempatan furnitur pada unit-unit miliknya.

Meskipun terlihat mudah, mengecat apartemen sebenarnya membutuhkan banyak pertimbangan. Pertimbangan yang paling mencolok muncul adalah tentang warna, warna apa sih yang tepat untuk mewarnai ruang-ruang apartemen kita? Nah, jika mantemans juga dilanda oleh kebingungan seperti ini, maka mantemans bisa deh mengacu pada pandangan para ahli interior yang dilansir dari Apartmenttherapy. Para ahli interior menyarankan kepada para pengincar unit jual apartemen baru untuk mempertanyakan beberapa pertanyaan sebelum melakukan pengecatan.
Pertanyaan-pertanyaan ini nantinya akan membantu mengarahkan warna apa yang paling tepat untuk unit hunian vertikal kita loh!

1. Apa yang saya rasakan saat berada di kamar?


First impression always matters. Berangkat dari kalimat tersebut, pengonsepan desain dan nuansa yang dimunculkan untuk unit apartemen milik kita adalah hal utama yang harus diaplikasikan sebelum melakukan pemilihan warna yang diteruskan dengan pengecatan. Hal tersebut penting dikarenakan akan mempengaruhi sebagian besar mood kita saat menempatinya nanti.

Jika kita menginginkan ruang di apartemen lebih ke arah yang rileks dan damai, maka disarankan untuk memilih warna-warna kalem seperti warna netral atau biru langit. Namun, jika kita menginginkan nuansa yang lebih enerjik dari tempat bermukim kita, pilih warna-warna dengan tone yang terang seperti kuning, merah muda, atau warna-warna yang merepresentasikan petualangan seperti coklat, hijau, atau biru laut.

Sebenarnya, jika saat membeli unit jual apartemen, warna yang ditawarkan oleh pengembang telah menjawab keinginan kita, alangkah baiknya tidak usah memempertanyakan pertanyaan ini. Tinggal tempati saja apartemen tersebut.

2.  Apakah Warna Tersebut Mempengaruhi Luasan Ruang?

Dalam teori pewarnaan, pemilihan warna yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih lega dari ukuran yang ada.
Bagi kita yang mengincar beragam apartemen tipe studio, mungkin ini cara yang paling baik untuk membuat satu-satunya ruangan menjadi terasa lega.
Jika menginginkan hal tersebtu terjadi, ada baiknya kita mengadopsi warna-warna langit yang memiliki aksen terang. Semakin lighter dan brighter tone warna yang dipilih, semakin banyak cahaya yang akan terpancarkan di seluruh ruangan.
Tidak mesti warna putih atau kuning, warna-warna yang mencolok seperti merah muda atau hijau juga menjadi opsi yang dapat Anda adopsi.
Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya Anda juga memperhatikan tingkat pencahayaan dari ruangan tersebut.

3. Matching atau tidak dengan furnitur?

Pertanyaan ini sangat tepat ditanyakan untuk yang saat ini berencana pindah dari rumah dan mencari beragam unit jual apartemen. Saat melakukan proses perpindahan, tentu kita akan memboyong semua furnitur yang kita miliki ke tempat bermukim yang baru.

Kombinasi antara furnitur dengan pewarnaan merupakan hal yang krusial dalam mewujudkan nuansa baik dalam desain interior tempat tinggal kita. Tidak sedikit orang-orang yang tidak mempedulikan hal ini dan berujung kepada estetika yang kurang menyenangkan.

Nah, makanya sebelum melakukan pewarnaan ruangan apartemen, perhatikan dulu furnitur apa yang akan kita bawa. Jika furnitur-furnitur tersebut sifatnya mewah nan elegan, ada baiknya kita mewarnai dinding apartemen dengan warna-warna yang sama elegannya. Misalnya merah, ungu, atau beige.

Jangan lupa untuk menyisihkan sejumlah dana untuk melakukan renovasi pengecatan sebelum memasukkan furnitur ke dalam hunian baru tersebut. Sip? Semoga tips ini bermanfaat, yaaaa!

Al, Bandung, 22 Agustus 2019