Menu
/
Panduan Berobat ke Rumah Sakit di Melaka

Siapa yang tak kenal Melaka? Sebuah negara bagian di negeri jiran, Malaysia, yang selain dikenal sebagai salah satu tempat pariwisata di Malaysia ternyata juga memiliki banyak rumah sakit yang menjadi tujuan berobat pasien luar negeri seperti dari Indonesia.


Image Source: medisata.com
Biaya berobat yang kurang lebih sama bahkan terkadang lebih murah daripada di tempat asal menjadi daya tarik utama bagi pasien Indonesia untuk rela menyeberang ke Melaka.
Namun sering juga kita dengar bahwa banyak orang kita yang masih blur alias kurang paham tentang prosedur berobat yang benar di negeri jiran ini. Karenanya, dalam artikel kali ini, aku mau bagi-bagi tips, nih, Sobs, agar yang ingin berobat ke Melaka, bisa menjadi lebih mudah. Sip?

Yuk, berikut panduannya, ya!

1. Minta rekomendasi dokter

Sudah tau siapa dokter yang ingin ditemui nanti? Jika belum, maka kita bisa menghubungi perwakilan rumah sakit Melaka seperti Medisata. Mereka tuh punya tim dokter umum yang akan mempelajari keluhan pasien baru kemudian memberikan rekomendasi dokter spesialis yang dapat menangani keluhannya. Jadi, biar lebih efisien, lakukan langkah ini dulu, ya!

2. Minta Perkiraan Biaya Berobat


Berapa uang yang mesti dibawa untuk berobat ke Melaka?
Nah, pertanyaan ini paling sering hingga di kepala pasien atau keluarganya setiap ada keinginan untuk berobat kan? Sudah pasti donk! Dan sudah pasti pula bahwa setiap pasien pasti akan punya kebutuhan biaya yang berbeda nominalnya, tergantung dari keluhan penyakitnya. Karenanya, langkah yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan pihak perwakilan rumah sakit yang akan kita kunjungi, karena mereka pasti bisa memberikan estimasi biayanya. Be noted untuk selalu menambah (misal) 25% uang lebih dari estimasinya, untuk jaga-jaga. :)

3. Buat Appointment


Yes!! Appointment penting banget agar kita ga berangkat sia-sia atau buang-buang waktu. Appointment akan membantu kita untuk menyingkat waktu, dan bisa langsung bertemu dokter dan on the go to the process perobatan yang akan kita jalani.
Untuk mempermudah proses pembuatan appointment, pasien bisa minta dibuatkan appointment lewat perwakilan rumah sakit yang ada di Indonesia. Mudah kan?
Setelah dapat konfirmasi barulah beli tiket pesawat dan penginapan. Awas, jangan terbalik loh!

4. Siapkan Dokumen Penting


Berbagai dokumen yang wajib dibawa adalah passport dan biasanya riyawat medis (jika ada). Khusus untuk passport, pastikan masa berlaku passport lebih dari 6 bulan agar tidak mendapatkan masalah saat melewati imigrasi nanti. Sip?

5. Minta Penjemputan dari Bandara/Pelabuhan Ferry


Hampir semua rumah sakit di Melaka menyediakan fasilitas penjemputan baik dari Bandara atau pelabuhan ferry. Note, biasanya yang naik ferry adalah pasien asal Pekan Baru, Dumai dan sekitarnya. Nah, pasien bisa minta dijemput di bandara dengan cara booking slot penjemputan minimal 3 hari sebelumnya.
Namun jika pasien pada saat weekend, be noted untuk (sebaiknya) menggunakan grab car saja karena rumah sakit hanya menyediakan penjemputan di hari kerja.

Nah, itulah 5 panduan dasar prosedur berobat, terus apalagi yang harus diketahui?

Be familiar with the hospitals in Melaka.

Yes, ini juga penting, karena ngapain jauh-jauh ke negeri jiran jika rumah sakit yang ingin kita kunjungi saja kita ga kenal kan? Tenang, berikut aku kasih daftar Rumah Sakit Terbaik di Melaka, nih, for your refference. 

Daftar Rumah Sakit Terbaik di Melaka


Mahkota Medical Center, rumah sakit Mahkota Melaka ini favorit pasien Indonesia untuk pengobatan jantung, kanker, saraf, ortopedi, bayi tabung serta untuk Medical Check-up.
Kita dapat menemukan lebih dari 100 dokter spesialis yang berpengalaman dalam mengobati penyakit jantung, saraf, dan penyakit dalam.

Orental Medical Center, merupakan rumah sakit kedua favorit di Melaka. Fasilitas kesehatan yang disediakan bagi pasien dan pendamping pasien sangat lengkap. Oriental Medical Center mampu menampung pasien hingga 300 orang.
Didukung lebih dari 80 dokter spesial berpengalaman dan bersertifikat medis internasional. Sangat direkomendasikan untuk pengobatan penyakit kanker, bedah tulang, saraf, kandungan, bayi tabung, dan penyakit dalam lainnya.

Pantai Hospital Ayer Keroh, memiliki lebih dari 80 dokter spesialis yang profesional dan berpengalaman. Fasilitas kesehatan yang tersedia sangat lengkap dan didukung teknologi canggih. Seperti radiologi, fisiografi, pusat pengobatan kanker, jantung, dan lainnya.

Didukung dengan daya tampung pasien hingga 229 kamar rawat inap. Rumah sakit ini sangat direkomendasikan untuk spesialisasi pengobatan kateterisasi, operasi jantung, gigi, dan kanker.

Terus, Al, adakah perwakilan ketiga rumah sakit ini di Indonesia, sehingga kita lebih gampang untuk konsultasi awal dan bikin appointment?

Yes, of course! Untuk perwakilan ketiga rumah sakit di atas, bisa langsung meluncur ke medisata.com deh! Tim medisata siap untuk membantu siapa pun yang membutuhkan panduan dan informasi tentang ketiga rumah sakit tersebut di atas.

Well, Sobs, sekian dulu tips dan infonya, semoga bermanfaat ya!

Al, Bandung, 23 Agustus 2019



-->

5 comments:

  1. Bisa minta perkiraan biaya berobatnya juga yah, jadi asik bisa kita prediksi biayanya yah.

    ReplyDelete
  2. terimakasih sangat bermanfaat sekali pastinya

    ReplyDelete
  3. Waah . .. info penting banget ini, Kak. Selama ini mikirnya kalo berobat ke sana kn pasti mahal. Jadi antara takut gitu. Padahal bisa tanya-tanya dulu ya

    ReplyDelete
  4. Pantesan banyak WNI yang bela belain berobat ke luar negeri ya, pelayanan dan nilai plus nya banyak banget...

    Semoga sih tidak sampai harus berobat ke luar negeri. Sehat selalu sampai maut tiba, biar tidak menyusahkan keluarga. Amiin...

    ReplyDelete