Menu
/
It's Me!




Klik here to read the English version.
Halo, Sobats maya!          

Mudah-mudahan masih kenal aku, yaaa. :) Alaika Abdullah, nama penaku dan familiarnya dipanggil dengan panggilan Al atau Mba Al. Memiliki hobby menulis yang sudah mendarah daging, membuatku begitu bahagia ketika July 2009 lalu berkenalan dengan diary digital alias blog! Ibarat menemukan harta karun, aku pun kemaruk menulis di blog dan tak tanggung-tanggung, menciptakan 6 buah blog sekaligus pada saat perkenalan pertama, dan berangsur menjadi kewalahan mengurus ke enam blogku itu, karena ke-newbie-an ku dan awamnya aku akan ilmu blogging management and template utak atik. Hehe.

Terbentuk sebagai orang yang teramat dinamis, aktif dan suka akan petualangan. Itu pula yang membuat aku langsung terpanggil untuk mengabdi ketika pada akhir tahun 2004 yang lalu, gempa dasyat dan gelombang raksasa tsunami menerjang Aceh dan meluluh lantakkan tanah kelahiran tercinta itu. Peralihan profesi tak terelakkan dari seorang quality engineer menjadi pekerja kemanusiaan dengan bergabung pada salah satu International Medical NGO asal Portland, Amerika, yang bantu Aceh kala itu. Kebahagiaan demi kebahagiaan hadir mengisi relung hati, di kala satu demi satu project kemanusiaan terlaksana dengan baik, plus kegiatan blogging yang terus berlanjut seiring waktu dan rutinitas harian yang begitu menyita waktu.

Bergabung dengan International NGO, mulai dari Medical Team International, BRR NAD – Nias, Handicap International hingga United Nation Development Program [UNDP] adalah kebahagiaan tersendiri yang memperkaya pengalaman dan mendongkrak wawasanku akan sisi pekerjaan kemanusiaan [humanity sector services]. Alhamdulillah, atas semua kesempatan yang satu persatu Allah berikan. Termasuk kesempatan  untuk bergabung dengan Kedutaan Besar Republik Turki di Jakarta, di mana kemudian menjadi lahanku bekerja.

Blogging, Coaching, Sharing and Community

Blogging, bagiku adalah sebuah bentuk terapi jiwa. A self healing method yang sangat ampuh dalam meredakan jiwa yang lelah. Menyejukkan hati yang sedang galau resah, dan menenangkan pikiran yang tadinya berkecamuk. Yup, menuliskan apa yang ada di pikiran ke dalam bentuk tulisan, pada umumnya akan memberi gambaran yang jelas bagi hati dan akal untuk melihat dengan jelas permasalahan, sehingga akan dapat kiranya akal merencanakan solusi yang tepat. Itu salah satu alasan mengapa aku suka sekali menulis, apa pun. :)

Writing is a self-healing! Berbekal keyakinan dan komitmen untuk menulis ini pula, mengantarkanku menjadi seorang Srikandi Blogger 2013 versi ACER Indonesia dan Kumpulan Emak Blogger, yang diselenggarakan pada tahun 2013 lalu. Serta berkesempatan menjuarai beberapa lomba menulis di blog [blog competition], diundang menjadi juri serta beberapa award lainnya, sungguh menjadi penyemangat langkahku untuk semakin serius blogging.

Alhamdulillah, blogging with heart, juga menjadikan tulisan-tulisanku menarik minat agency atau brand untuk turut serta mempromosikan produk-produk mereka di beberapa blog yang aku kelola. Dan itu artinya? Perlahan tapi pasti, impianku untuk membuka jalan menuju working at home woman, terbuka lebar. Yeayy!!

Yup, blogging membuka kesempatan bagiku untuk menerima jalinan kerjasama dengan beberapa agency atau brand ternama, serta membuka kesempatan bagiku untuk berani membimbing [coaching] para blogger pemula, yang biasanya ibu-ibu atau remaja yang ingin ngeblog, serta sharing [dengan menjadi narasumber] di beberapa acara motivasi dan kepenulisan. Alhamdulillah.

Tak hanya itu, sebagai orang yang sangat dinamis, aku suka banget berkomunitas dan mendapatkan kepercayaan pula untuk mengelola atau menjadi pengurus di beberapa komunitas yang aku ikuti. Salah satunya menjadi Community Manager pada PT. Perempuan Digital Indonesia yang menaungi Blogger Perempuan Network, dan dipercaya menjadi Ketua Komunitas Blogger Perempeuan Network.

Alhamdulillah. Again, nikmat mana lagi yang ingin ku-dustakan? TIDAK ADA. Hehe, aku mensyukuri semuanya. Alhamdulillah, ya Allah. Blogging is not only a self-healing, tapi juga menjadi pintu kesempatan bagiku untuk terhubung dengan banyak sahabat di seantero dunia, terbuka jalan rezeki dan bertambahnya ilmu pengetahuan.


Saleum,

Alaika
alaikaabdul (at) gmail (dot) com

93 comments:

  1. Pengalaman yang mengesankan karena bekerja untuk kemanusiaan, sesuatu yang sangat mulia.

    Sayapun pernah menjadi bagian dari United Nations ketika bergabung dalam Konga X dalam misi UNTAG di Namibia selama 9 hulan.

    Senang bisa ambil bagian dalam suatu misi untuk menyukseskan cita-cita sebuah bangsa yang ingin merdeka.

    kami kembali ke Indonesia beberapa hari setelah Namibia merdeka.

    Selamat bertugas jeng, tentunya dengan meluruskan niat-bekerja untuk ibadah agar hasilnya barokah dan tetap dalam koridorNYA.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims atas kunjungan dan komennya.

      Iya Pakde, ada kebahagiaan tersendiri di hati setiap berhasil menjalankan misi ini, mungkin karena kita bekerja untuk tulus membantu orang lain ya, jadi kebahagiaannya juga beda, lebih gimana gitu...

      So Pakde juga pernah di UN family donk ya? pasti seru pengalamannya di Namibia ya?

      Bisa ditulis tuh pakde..

      Delete
  2. Salam kenal, Mbak Alaika.. :-)
    Sungguh suatu pekerjaan yg mulia ya mbak bekerja utk kemanusiaan...
    selamat bertugas ya mbak.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Lyli, makasih udah mampir di pojok ini...
      iya mba, menyenangkan sekali diberi kesempatan untuk bekerja dibidang kemanusiaan seperti ini... Alhamdulillah.

      Delete
  3. Pastinya sibuk banget ya mba kerja di NGO?
    Mba izin pasang linknya yaaa...

    ReplyDelete
    Replies

    1. iya, sibuk ngejar target mba... maklum, mau penutupan project nih....

      silahkan mba, nanti saya juga akan pasang linknya mba yaa...

      ReplyDelete

      Delete
  4. yang hampir punah dari bumi ini adalah rasa kemanusiaan... jadi sungguh mulia lah orang yang masih mamiliki rasa kepedulian/kemanusiaan seperti anda Al.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh jadi malu deh dipuji seperti ini... bekerja di bidang kemanusiaan memang memberikan kebahagiaan batin tersendiri lho mas.... disamping itu juga disini kita belajar bagaimana menghadapi situasi yang tak terduga, menyangkut bencana yang bisa datang setiap waktu, bagaimana menanggulanginya, bagaimana mengurangi resikonya, dan lain sebagainya.

      Saya berkesempatan belajar banyak dibidang ini, Alhamdulillah.. makasih atas kunjungannya ya mas qeeko :-)

      Delete
  5. wah, aku baru meyimak yg ini #keterlaluan

    asli kagum dan pengen deh mbak bisa kerja di NGO..kmd UN...interacted dgn semua multi disiplin ilmu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekerja di bidang ini memang menarik Rie... percaya deh... hehe...
      bener, bisa berinteraksi dengan berbagai disiplin ilmu.... :-)

      Delete
    2. mampir ke sini lagi ahhhh, hehehehe #under cover mission

      Delete
    3. WORK AT HOME, i dream it too. *salim*

      Delete
    4. WORK AT HOME, i dream it too. *salim*

      Delete
  6. assalamualaikum kak,
    kagum saya sama track recordnya kak alaika, hehehe, chemical engineering, wah, disiplin ilmu yang dulu saya impikan, tapi malah masuk ke elektro.. hehehe

    semoga bisa terus berkarya di dunia maya dan berkarya 'kebaikan' di dunia nyata..

    salam kenal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... jadi tersipu malu deh mendapatkan pujian darimu... :-)

      ga sehebat itu kok... terkadang, ilmu yang kita peroleh justru tak sempat kita praktekkan dan tenggelam begitu saja karena tidak terasah... mengapa? Karena sibuk dengan pekerjaan lain yang terkadang justru memerlukan bidang ilmu lainnya, yang tentu kita harus mempelajarinya terlebih dahulu... dan dengan sendirinya kita jadi bertambah ilmu...
      Menarik banget memang bekerja di bidang ini mas... :-)

      makasih atas kunjungan dan komennya lho...

      Delete
  7. Aslm,,
    Wah wah, luar biasa sekali mbak alaika,,
    salam kenal mbak,, smga sudi berteman dgn saya,,
    trimksh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mas Rio? :)

      makasih sudah mampir dan menawarkan persahabatan, yuk jalin pertemanan ini dengan baik dan saling silaturrahmi ya, walau hanya lewat dumay.... :)

      let's keep the friendship!

      Delete
  8. wah salut deh baca sosok Mbak Alaika

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih mba Elsa... jangan salut begitu donk, saya kan jadi malu... :)

      akhirnya sampai disudut ini juga ya mba, makasih yaaa :)

      Delete
  9. Salam kenal, saya juga relawan tsunami ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali pak dokter... oya? senang sekali menemukan pak dokter di belantara jagad maya ini.
      terima kasih juga telah memberikan sumbangsihnya untuk masyarakat kami (Aceh) paska tsunami... semoga amal ibadah pak dokter diberikan balasan berlimpah oleh Allah yang Maha Kuasa, amin.

      Delete
  10. Saya seorang mahasiswa, tertarik juga bekerja sosial. tetapi masih ingin mencoba berbagai pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga Liana akan mendapatkan kesempatan berharga nanti ya, sehingga akan kaya akan pengalaman2 yang juga tentu akan sangat berguna bagi masa depan Liana nantinya....

      makasih atas kunjungannya yaaa.... :)

      Delete
  11. Mbak, sekarang lagi break.. si impian WAHM masih manggil2 gak?? hehehehh

    kereeenn nih Mbak Alaika, sepertinya saya kudu berguru banyak nih soal International NGOs :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun Di.... maaf mba baru baca nih komenmu dimari...... hihi...

      pujian yang berlebihan dweh ih, kan dirimu juga malang melintang di dunia yang satu ini say? :D
      makasih ya atas kunjungan dan komennya...

      Delete
  12. Makasih Mbak Alaika sudah berkunjung ke Blog saya...
    Beberapa kali saya baca komen Mbak Alaika di blognya Mbak Una.
    Juga cerita tentang kopdar itu.
    Salam kenal kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga berterimakasih sekali atas kunjungan pak Mars ke blog saya ini lho.... tersanjung rasanya dikunjungi oleh para senior dunia perbloggeran. makasih ya Pak... :)

      Delete
  13. semoga segera bisa terwujud impian untuk menjadi wahm-nya.

    salam dari sleman.

    ReplyDelete
  14. Wew, di UNDP to? Kantornya di daerah mana tuh?

    Salam kenal, Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :), di kantor Gubernur ngantornya, Mil. Tapi sekarang sih udah selesai projectnya. :)
      Salam kenal kembali yaaa.

      Delete
  15. Akhirnya bisa berkenalan dg mbak cantik ini, sukses terus ya mba dg kegiatannya di dunia sosial.
    salam kenal juga dari Montel Nay & Amoy Carissa buat Bunda Alaika.
    http://nayla-carissa.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang dan bahagia juga bisa berkenalan dengan Mba yang tak kalah cantiknya. Salam kenal kembali Mba. Salam sayang untuk Montel Nay & Amoy yaaa. :)

      Delete
  16. baru baca yang ini lho mbak alaika....

    seru banget yaa mbak :D

    ReplyDelete
  17. salam kenal ya mba Alaika.. :)
    smoga bisa tercapai semua impiannya ya mba..

    ReplyDelete
  18. Salam kenal Mba Alaika. Saya baru mulai ngeblog dan pas BW dapat alamatnya dari blognya Mba Nique. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Dan, apa kabar? Makasih udah mampir kemari yaaa. :)

      Delete
  19. kunjungan balik Mbak Alaika...

    semoga WAHMnya tercapai ya Mbak..

    ReplyDelete
  20. salam kenal, Alaika
    ini kunjungan balik bunda
    terimakasih telah sudi 'menengok' bunda :)

    Subhanallah, sebuah pekerjaan yg sangat mulia ,Alaika
    mengabdikan diri utk memberikan bantuan untuk kemanusiaan, semoga menjadi ladang amal dan tabungan kelak di rumah akhirat ,aamiin
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Bunda sayang. Makasih sudah berkunjung balik dan mampir di halaman ini. Aamiin. Trims atas doa dan dukungan semangatnya ya, Bund. :)
      Sukses dan sehat selalu untuk Bunda.

      Delete
  21. Assalamaualaikum mbak Alaika..
    Trims kunjungannya ya... semoga silaturahmi kita akan makin erat nantinya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, mba Mechta. Aamiin, semoga ya Mbak.... :)

      Delete
  22. Ass......
    Menyapa sahabat dalam kunjungan yang berbeda. Mba aku mohon ijin memasang link blognya ditempat aku ya.

    Sukses selalu.
    Salam Wisata,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumslm, Mas. Trims ya, silahkan. Salam sukses juga untukmu selalu. :)

      Delete
  23. Ass. Selamat datang di dunia maya. Salam kenal ya mbak. Ummi.

    ReplyDelete
  24. salam kenal mbak Alaika
    hebat ya kerja di UN

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mbak, wah seneng bisa main2 di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Mbak Ika, senang deh dikunjungi olehmu. :)

      Delete
  26. Dan.. setelah beberapa kali berinteraksi di facebook & twitter, saya baru kali ini menengok halaman "about me" Mbak Al. Empat jempol buat Mbak Al. Bekerja memenuhi passion dan suara hati, semoga kelak reward dari Allah SWT kembali dalam jumlah yang setimpal. Aamiin.

    Salam hangat dari kaki Merapi,
    Phie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, akhirnya sampai juga di halaman 'tersembunyi' ini ya? :D
      Trimakasih atas 4 jempolnya. Aamiin. Makasih lagi ya untuk doanya. :)

      Delete
  27. Maaaak, orang Aceh?
    Lon cinta Aceh ;)
    saleum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, betoi that. :)
      Lon pih sayang dan cinta keu Aceh.
      Saleum.

      Delete
  28. Wah banyak banget ne pengalaman kerja mbak.
    oya..salam kenal ya.

    ReplyDelete
  29. wuih seru nih Mbak Al..
    kerjaanya penuh berkah + membantu orang.
    serasa kerja di bawah lindungan Alloh.

    salam pershohiblogerran Mbak Al..

    ReplyDelete
  30. Hi Alaika,
    Saya mendarat di blog ini karena dapet gelar Srikandi itu. Idea bagus juga tuh passive income dari suami yang bekerja.... dan kita jadi 'Lady of Leasure'... itu cita-cita saya juga.

    Anyway, keep on blogging..
    N.

    ReplyDelete
  31. Salam Kenal Mbak Aleka, kita pernah bertemu di ABF kemarin ya ...

    Ahmad Fendi, Plat-M, Madura

    ReplyDelete
  32. Mbak Alaika Abdullah, seneng banget bisa nengok ke blog keren ini :D Oiya, dengan ini KF juga mengabarkan sudah memuat sedikit ulasan novel Selingan Semusim :D Semoga berkenan..

    http://www.kampungfiksi.com/2013/06/selingan-semusim-apakah-atas-nama-cinta.html

    ReplyDelete
  33. Wow, mengagumkan. bisa bekerja di organisasi internasional.
    Salam kenal Bu.

    ReplyDelete
  34. mantap sekali ibu yang satu ini, salam kenal buat emak2 blogger :) (Salam Kenal Bu)

    ReplyDelete
  35. Mbak, salam kenal ya, aku link ya mba alaika.

    ReplyDelete
  36. Mampir ke rumah maya mba Alaika..
    Salam kenal ya mba.. :-)

    ReplyDelete
  37. senang bisa berkunjung ke blog ini, apalagi postingan terakhir tentang Tsunami Aceh, serasa kembali ke masa2 80-an saat saya tinggal di Banda Aceh, Dengan latar belakang yang sama sebagai seorang Chemical Engineering membuat saya jadi semangat ngubek2 blog ini. Salam kenal kak.....

    ReplyDelete
  38. Amdulillah Allah menggerakkan tangan saya ke blog ini dan terharu dengan carmpur tangan Allah yang mengubah nasib hambaNya yang selalu bersyukur Berharap dapat menjalin persahabatan dengan Dik Alaika dan bisa punya blog yang bagus seperti milikmu.
    Salam kenal

    ReplyDelete
  39. Saya juga bersyukur karena mbak Alaika Abdullah telah berkenan menayangkan karya tulisnya ke situs Direktori Blog Indonesia..
    Terimakasih ibu Srikandi Blogger Indonesia, selamat bergabung sebagai Author Kehormatan Direktori Blog Indonesia.

    Selamat berkarya dan salam hormat,

    ReplyDelete
  40. Kunjungan perdana dirumah ini, izin menikmati mimpi-mimpi dan realita rumah ini mbak alaika

    ReplyDelete
  41. hai, boleh minta emailnya untuk kerjasama?

    ReplyDelete
  42. hay, mbak saya sangat tertarik untuk ikut bergabung d ngo...:)

    ReplyDelete
  43. Ibu atau mba thanks for sharing, pengalaman yang sangat memukau.

    Salam dari Timor Leste.

    ReplyDelete
  44. Salam kenal mba Alaika. Terimakasih telah sharing tentang pengalaman dan cerita hidupnya yang luar biasa. Semakin yakin bahwa Allah telah mempunyai skenario untuk jalan hidup kita masing-masing, hingga Ia memberikan 'titik balik' untuk hambaNya pada peristiwa tertentu. Sukses terus untuk mba dan terus memberikan manfaat bagi orang banyak :)

    ReplyDelete
  45. Salam kenal terus berkarya Bu Aliaka..

    ReplyDelete
  46. Wahh...impian saya yg masih menggantung justru di tempat Mbak sekarang ini, berbuat untuk masyarakat dalam lingkup besar... Semoga Allah kabulkan mimpi saya dan mimpi Mbak :)

    ReplyDelete
  47. Salam kebaikan mbak, we have some passion, haha, same dream too. Keep de spirit^^

    ReplyDelete
  48. Mbak Alaika kerja di UNDP? Kereeeenn.... Menurutku jika bisa kerja sambil berkegiatan sosial itu sangat bagus. Apalagi anak sudah bisa mandiri. Tapi kembali ke prioritas. Semoga segera bisa jadi work at home mom, mbak. Saya sudah di level ini sejak lama dan memang enjoy #meracuni

    ReplyDelete
  49. klo aku pengen punya usaha, jd bos hihihi

    ReplyDelete
  50. klo aku pengen punya usaha, jd bos hihihi

    ReplyDelete
  51. keren banget bionya mba al. jadi terinpirasi kadang susah banget untuk naikin mood untuk nulis di blog

    ReplyDelete
  52. Mbak Alaika keren euy...senang bisa mengenal mbak Al...

    ReplyDelete
  53. Nama benarnya siapa ya?
    Hahaha....
    Sungguh terberkati, memiliki kehidupan ala pelangi, penuh warna-warni.

    ReplyDelete
  54. setujuuu "Blogging, bagi saya adalah sebuah bentuk terapi jiwa. A self healing method yang sangat ampuh dalam meredakan jiwa yang lelah."

    ReplyDelete
  55. Baca profil mba Alaika,, jdi semnagat ng-blog deh.., hehehe!

    ReplyDelete
  56. Wah ternyata Ibu Alaika di Kedutaan Turki tho...

    ReplyDelete
  57. Mba Al penuh prestasi, membuat semangat kembali.

    ReplyDelete