Menu
/
Ada yang menjalani profesi sebagai agen properti? Atau sedang berfikir untuk menjadi salah satu agen properti? Yes! Dunia properti memang tidak pernah mati. Selama kita masih membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal, selama itulah profesi sebagai agen properti di situs jual beli rumah online gratis akan tetap ada.

Dan profesi yang satu ini semakin banyak dilirik sih, karena profesi ini memang ga bisa dipandang sebelah mata. Dengan keahliannya dalam memasarkan properti, seorang agen properti dapat meraup keuntungan yang cukup besar, loh!
Bayangkan saja, dari setiap properti seperti rumah yang berhasil ia jual, biasanya fee yang didapatkannya berkisar 2-5 persen dari hasil penjualan tersebut.

Apalagi di zaman sekarang ini, perkembangan teknologi telah membawa kita ke era jual beli rumah lewat situs jual beli rumah online gratis. Meski tetap ada yang mengaplikasikan, namun cara-cara pemasaran konvensional seperti memasang iklan di koran, membuat banner, spanduk, dan sebagainya, mulai ditinggalkan para agen properti.

Image from: Freepik

Hal ini membuat ongkos pemasaran – yang notabenenya modal terbesar mereka selama ini menjadi berkurang, sehingga menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.
Etapi..., walau terlihat semakin mudah, namun tentu saja menjadi agen properti yang sukses butuh perjuangan dan skill serta trik, donk! Dan berikut ini, beberapa tips yang mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi teman-teman yang ingin terjun ke profesi yang satu ini, nih!

Tips menjadi agen properti yang sukses.


1. Tekun dan ulet menjadi modal awal

Sudah pasti, donk! Ketekunan dan keuletan merupakan modal awal yang harus dimiliki seseorang jika ingin berkarir sebagai agen properti profesional di situs jual beli rumah online gratis.
Seorang agen properti harus sadar bahwa barang yang ia pasarkan bukanlah barang yang mudah untuk diperjual-belikan. Pasalnya, rumah sendiri merupakan barang eksklusif, yang perputaran bisnisnya cukup lambat, namun mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Kegagalan itu biasa,  etapi, selama kita tetap tekun dan ulet dalam memasarkan barang dagangan ini, pasti rumah tersebut dapat terjual. Semangat, ya!

2. Membangun banyak relasi

Image from Freepik
Nah, walaupun   kamu berperan sebagai agen properti di situs jual beli rumah online gratis, bukan berarti kamu hanya diam sambil memandangi layar laptop saja. Cobalah untuk membangun lingkungan bisnisnya secara offline, agar rumah yang kita jual memiliki pangsa pasar yang lebih luas lagi. Dari banyaknya relasi yang kita bangun, kita juga bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait perkembangan bisnis properti, jika perlu jalin kerja sama dengan mereka.

3. Selalu meng-upgrade diri

Yup. Jangan cepat puas dengan apa yang kita dapatkan sekarang, selalu posisikan diri sebagai orang yang haus akan pengetahuan baru, terutama dalam bidang pemasaran properti.
Tren penggunaan situs jual beli rumah online gratis sendiri terbilang masih baru, mantapkan diri untuk menjadi agen properti yang ahli di bidang tersebut.

Jangan sungkan untuk mengikuti pelatihan menjadi seorang agen properti, sebab di sana kita akan mendapatkan ilmu terkait dunia properti, teknik pemasaran, hingga perihal pengurusan dokumen rumah. Semua ini penting untuk menunjang karirmu sebagai agen properti di situs jual beli rumah online gratis yang profesional.

4. Eksplorasi diri lebih jauh

Tips yang satu ini juga berhubungan dengan upaya meng-upgrade dirimu menjadi seorang agen properti. Jika kamu sudah memiliki nama dan reputasi sebagai agen properti yang handal di kotamu, cobalah untuk keluar dari zona nyaman tersebut, yaitu dengan menyelami daerah-daerah lainnya.
Satu hal yang menjadi keuntungan dalam menggunakan situs jual beli rumah online gratis adalah kamu dapat membeli/menjual rumah di satu daerah, dengan pangsa pasar yang tidak terbatas.
Misalnya, jika kamu menjual rumah di Bandung, maka orang yang dapat melihat iklan rumah itu tidak hanya warga Bandung saja, masyarakat di kota lain pun bisa mengakses, bahkan membeli rumah tersebut.

5. Ketahui dan manfaatkan fitur di situs jual beli rumah online gratis



Setiap situs jual beli rumah online gratis memiliki fiturnya masing-masing. Sebagai agen properti di situs tersebut, kita wajib hafal seluk-beluk penggunaan fitur yang terdapat pada situs tersebut.
Seperti di laman 99.co/id atau situs 99.co Indonesia, terdapat beberapa fitur unggulan yang dapat kamu manfaatkan sebagai agen properti online, misalnya fitur good property atau premium listing.

Fitur premium listing ini akan membuat iklan kita tampil di halaman depan atau menjadi sorotan utama dihasil pencarian rumah yang dilakukan oleh pengguna situs 99.co Indonesia.
Contohnya, apabila kamu mengiklankan rumah di Bandung, maka pada saat pengguna mengetik kata kunci “Jual Rumah di Bandung,” maka iklan kita lah yang pertama kali muncul di halaman pencariannya.

6. Meski sedikit, usaha tetap butuh modal

Dibandingkan “agen properti konvensional,” modal yang kita butuhkan untuk menjadi seorang agen properti di situs jual beli rumah online gratis terbilang lebih sedikit, lho.
Pasalnya, kita tuh ga perlu mengeluarkan sepeser pun uang untuk membuat iklan di situs properti, karena semua itu gratis! Kecuali jika kita pengen jadi anggota premium di situs tersebut.
Kembali pada fitur premium listing yang dimiliki oleh 99.co Indonesia, kamu hanya dapat menggunakannya jika kamu membeli sejumlah “koin” yang dapat kita tukarkan untuk fasilitas tersebut.

Maksudnya seperti ini, apabila kamu ingin membuat iklanmu berada pada halaman depan laman, maka koin yang kita butuhkan adalah sekian koin.
Itu sebabnya, kita tetap membutuhkan modal, meski berperan sebagai agen properti di situs jual beli rumah online gratis.

7. Ketahui biaya-biaya tak terduga lainnya

Nah, ini juga hal penting yang perlu dicatet, nih, baik untuk agen properti di situs jual beli rumah online gratis ataupun agen properti biasa. Sebab, urusan jual beli rumah bukan hanya perkara membayar biaya rumah tersebut saja, namun terdapat biaya lain seperti biaya sewa notaris, pajak, hingga komisi agen properti.
Kita harus bisa mengkomunikasikan ini secara jelas dan mendetail kepada klien kita di awal, agar tidak terjadi kekeliruan yang menimbulkan salah paham di kemudian hari.

8. Jalin hubungan baik dengan klien



Poin yang satu ini ga mungkin diabaikan, bukan? Klien adalah orang yang menyewa jasa kita, sekaligus juga menjadi partner bisnis dalam menjual dagangan kit (rumah). Maka menjalin hubungan baik dengannya adalah sebuah keharusan!

Sebagai agen properti di situs jual beli rumah onlline gratis, mostly intensitas kita bertemu langsung dengan klien akan jauh lebih sedikit, namun komunikasi yang kita bangun tetap harus terjaga. Setuju? Apalagi nih, sobs, biasanya sih, orang-orang yang menyewa jasa agen properti tidak hanya mengharapkan kita untuk menjual rumahnya saja, namun juga bertindak sebagai penasehat properti pribadinya.

9. Buatlah iklan semenarik mungkin

Membuat iklan semenarik mungkin adalah sebuah keharusan. Iklan di media cetak, baliho, spanduk dan lain-lain tentu memiliki karakter berbeda-beda dalam pembuatannya.
Masalah deskripsi rumah mungkin sama saja, baik iklan media cetak atau online, keduanya harus memuat informasi yang jelas dan rinci terkait rumah yang dipasarkan. Namun, orang-orang yang mencari rumah lewat situs jual beli rumah online gratis biasanya lebih tertarik dengan visual atau gambar dari rumah tersebut.

Inilah kemewahan iklan properti online yang tidak dimiliki iklan cetak, sebab kamu dapat menggunggah lebih banyak foto dari rumah yang sedang kamu pasarkan.
Manfaatkan momen ini dengan mengunggah foto yang menarik dan berkualitas. Perhatikan sudut pengambilan gambar, jangan sampai buram, gelap, atau terlihat goyang.
Gunakan perangat foto yang mempuni, seperti handphone dengan kamera minimal 5 megapixel atau kamera profesional layaknya DLSR.Selain itu, manfaatkan pula fitur ‘peta’ atau ‘maps’ yang terdapat di situs jual beli rumah online gratis.

Di situs 99.co Indonesia misalnya, terdapat fitur peta yang dapat menunjukkan lokasi pasti dari rumah tersebut. Patok lokasi terakurat dari rumah tersebut di pada layar peta.
Sehingga, calon pembeli yang berminat dapat mengetahui, serta menelusuri lokasi pasti di mana rumah tersebut berada.
Itu tadi beberapa tips sukses menjadi agen properti di situs jual beli rumah online gratis yang bisa kamu ikuti.
Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sobs, selamat mencoba!

Al, Bandung, 9 Agustus 2019

-->

4 comments:

  1. Wah bener banget nih Mbak, tekun dan ulet itu memang sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
  2. Iya juga nih ya Mbak. Selain membutuhkan perjuangan. Namun, juga butuh modal awal

    ReplyDelete
  3. Menjalin hubungan yang baik dengan client itu memang sangat penting nih ya Mbak

    ReplyDelete