Google Office Indonesia I | My Virtual Corner
Menu
/

Siapa yang tak kenal mesin pencari raksasa yang satu ini? Yang namanya kesohor di seantero jagad virtual dan alam nyata? Yang oleh para netizen sering dibahasakan sebagai si mbah yang serba tau?
Ada yang tidak familiar dengan Google? Kuyakin, hampir semua penduduk dunia, pasti akan 'lari' kepadanya ketika mengalami kendala. Pastinya, setiap hari rumah si Mbah dipenuhi oleh para netizen, yang datang mengetuk pintu rumahnya, dengan aneka kata kunci [keywords] untuk membukanya. Dan, si Mbah yang luar biasa pengetahuannya itu, dengan rendah hati, biasanya akan menghamparkan aneka informasi terkait kata kunci yang dipakai oleh para tamunya.

Yup, itulah si Mbah Google!
Yang sempat membuatku [duluuuuuu sekali], saat baru mengenal ranah virtual/internet, terheran-heran akan kesaktian kecanggihannya. Setiap hari, aku begitu setia mengunjunginya. Ada saja yang aku cari kesana, hingga sempat ibuku bilang, 'kamu ini sudah berkiblat ke Google! Dikit-dikit Google!', hehe. Tapi, bener juga sih!

Kesaktian si Mbah, tentulah disebabkan oleh kepiawaian jejeran orang-orang sakti mandraguna keren-pinter dan kreatif yang berdiri mem-back-up si Mbah. Dan kebayang enggak sih, Sobs? Jika di ranah virtual saja si Mbah bisa menjadi sebuah mesin pencari raksasa seperti ini, bagaimana pula keunikan dan 'kesaktian'nya di alam nyata? Pernah ga sih menyimpan rasa penasaran tentang rumah kantornya si Mbah dan cara kerja orang-orang pinter di belakang si Mbah itu? Aku sendiri sih, udah lama banget menyimpan rasa penasaran ini, Sobs! Kapan ya bisa berkunjung ke kantor Google yang keren dan super duper nyaman ini?

Hingga kemudian, sebuah berita gembira disampaikan oleh Komunitas tercinta [Kumpulan Emak Blogger], bahwa kantor Google Indonesia, melalui Mba Eunike Kartini, the Google Plus Community Manager, Google Indonesia, tertarik akan keunikan Kumpulan Emak Blogger dan mengundang 50 finalis Srikandi Blogger 2014 plus Panitia, Dewan Juri dan Makmin KEB untuk berkunjung ke kantornya. Tentu saja kunjungan dibagi ke dalam beberapa kloter *aih, kayak mau naik haji saja!*, dimana 10 orang finalis plus 10 emak dari Panitia + Juri + Makmin KEB hingga total partisipan di dalam setiap kunjungan adalah 20 orang.

Jadwal kunjungan pun di pilih pada hari Sabtu, hari di mana kantor Google lengang karena merupakan off day, sehingga para emak dapat berinteraksi aktif, tenang dan nyaman mengubek-ubek bermain-main di kantornya si Mbah, tentu dipandu dan ditemani oleh Mba Eunike, selaku the Person In Charge from Google Indonesia office lah.

Hari yang ditentukan pun tiba. Tak sabar rombongan Bandung [Finalis SB2014: Meti Medya, salah satu panitia SB2014: Nchie Hanie dan salah satu Juri SB2014: diriku sendiri] berangkatlah ke Jakarta. Serunya perjalanan nyubuh ini bisa dibaca di sini deh. Karena kantor Google Indonesia terletak di Plaza Sentral Senayan II, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, maka meeting point para emak pun ditetapkanlah di Starbuck, PS II itu. Dan serunya Kopdar sembari menanti para emak ngumpul semua bisa di baca di sini nih, Sobs! Seruuuu abis deh!

Inilah dia Rumah Si Mbah

Tak terasa, seluruh emak yang akan main ke rumah si Mbah pun terkumpul sudah. Juga si Mba Eunike Kartini, the G+ Community Manager yang jadi PIC dari rumah si Mbah sudah ready untuk menerima kunjungan. Dua puluh emak tak mampu menyimpan sensasi rasa happy dan penasaran yang kian bergelora, apalagi ternyata untuk masuk ke rumah si Mbah, kita dibuat seolah sedang berada di ranah virtual! Ha? Piye iku maksute, Al? 

Iya, jika di ranah virtual, memasuki situs tertentu kita harus log in first, maka masuk ke kantor Google, kita juga diminta untuk log in lho. Hihi. Seru yaaa. 


Dan taukah Sobats apa yang dilakukan para emak yang sudah login sembari menanti emak yang lainnya log in? Hihi, jangan heran apalagi bilang norak ya, Sobs! Inilah yang dilakukan oleh para emak, termasuk eikeh donk ah! Haha. NARSIS! YES, NARSIS!


Sumpah deh, Sobs, naluri narsis ini ga bisa dicegah apalagi dibendung sekuat tenaga, habis 'rumah' si Mbah tuh keren banget! Nyaman sejauh mata memandang, asyik setiap sudutnya. Mengundang naluri untuk dijadikan spot berfoto gitu lho! Hehe. Gimana para karyawan 'rumah' si Mbah ga betah kerja di sini ya? Gile amir dah tempatnya. Ini baru sampai di 'ruang tamu'nya lho ya! Gimana kalo kami sudah melangkah lebih jauh ke dalam sana yaaa? Penasaran? Yuk ikuti kami lanjut office touring-nya yuk!

Welcoming Emaks by Mba Eunike Kartini

Siapa sih Mba Eunike Kartini ini? Stafnya si Mbah? Wow, beruntung banget bisa masuk ke dalam jejeran staffnya si Mbah yak? Kereeen!
Bener banget, Sobs! Si Mba Eunike, adalah salah satu wanita Indonesia yang beruntung banget bisa 'diundang' masuk dan bekerja di rumahnya si Mbah Google lho. Bukan pula sembarang posisi yang dijabatnya. Beliau adalah GPlus Community Managernya Google Indonesia! Pada punya akun GPlus kan, Sobs? Yang blognya berplatform Blogspot otomatis sudah memiliki akun G+ donk? Tapi udah pada tau belum tuh fungsi dan kelebihan-kelebihannya? Belum? Hihi... Samaaaaaa! 

Google tuh menyadari banget jika tumbuh kembang internet di Indonesia itu dipengaruhi oleh banyak dan ragam komunitas yang salah satunya adalah komunitas-komunitas blogger. Dan diantara ragam komunitas blogger yang ada di negeri ini, adalah Kumpulan Emak Blogger yang dianggap sangat unik dan lain dari yang lain. Iya donk, KEB kan khusus komunitas blogger perempuan, dan walau masih berusia teramat muda, tapi kiprahnya udah kemana-mana gitu lho! Boleh donk bangga terhadap komunitas tercinta? Hihi Maka diundanglah KEB [yang diwakili oleh para finalis, panitia dan juri Srikandi Blogger 2014 serta Makmin KEB] untuk sowan ke kantornya si Mbah. 

Tentu bukan sowan sembarang sowan donk. Bukan pula untuk sekedar foto-foto narsis belaka. Google mengundang kita-kita nih, untuk dibekali pengetahuan lho! Pengetahuan tentang apaan? Ya tentang produk-produknya googel dunk, masak tentang produk lawan bisnisnya? Hehe.

Well, back to the topic, setelah login, para emak pun diajak oleh Mba Eunike ke sebuah ruangan yang pada pintunya bertuliskan warung Google. Aih, unik bener penamaannya. Dan para emak langsung berdecak kagum begitu kaki menjejak ke dalam ruangan. Sebuah ruangan yang teramat nyaman tersedia untuk para staff having breakfast, lunch mau pun coffee breaknya. Lihat deh pantry-nya, siapa yang ga akan mupeng? :D


Usai lunch dan shalat zuhur, akhirnya para emak digiring dipersilahkan oleh Mba Eunike ke sebuah ruangan untuk pembekalan untuk bincang-bincang santai. Dimulai dengan perkenalan oleh Maketu Haya Aliya Zaki yang memperkenalkan diri, serta bercerita tentang ajang keren Srikandi Blogger 2014, lalu lanjut dengan perkenalan diriku sebagai Srikandi Blogger 2013, beralih ke para emak lainnya satu persatu. 

Foto Milik Emak Riweh
Foto pinjem punya Mak Shinta Ries
Barulah kemudian giliran Mba Eunike memperkenalkan diri, serta mulai bercerita tentang Google dan beberapa produknya, khususnya Google Plus, yang berhasil membuat para emak terpelongo. 

Prinsip Google untuk mensejahterakan karyawan dalam rangka mendapatkan imbalan maksimal [kinerja apik dan ciamik] dari karyawan sungguh bikin wow. Bener juga, karyawan yang disejahterakan, tentu akan bekerja optimal dan menghasilkan output yang optimal pula.

Para emak semakin terpelongo bahasa apa ini? mendengarkan penjelasan Mba Eunike tentang kelebihan-kelebihan yang ditawarkan GPlus. Oalah ..., oalah..., udah punya akunnya sekian lama, tapi ga ngeh cara penggunaannya, apalagi mengoptimalkannya, hihi. Termasuk eikeh juga nih, Sobs! Terpesona banget dengan penjelasan Mba Eunike tentang GPlus. Ingin tau lebih banyak tentang GPlus, boleh deh main ke postingannya Mak Shinta Ries tentang GPlus deh, Sobs, pasti akan membuka mata dan keinginan untuk lebih memberdayakannya. Apalagi untuk para blogger, ternyata GPlus itu berguna banget lho!

Nah, Sobats tercintah, postingan ini udah kepanjangan banget deh, kudu di-cut dan lanjut di postingan berikutnya yaaa. Ga lama kok, langsung bisa di klik di sini untuk lanjut ke seri pamungkas, oke?

catatan kunjungan ke rumah si Mbah,
Al, Bandung, 5 Maret 2014


Related Post:

Otw ke Rumah Si Mbah
Let's The Pictures Talk More 1
Let's Pictures Talk More 2
Let's Pictures Talk More 3
Let's Pictures Talk More 4


7 comments

Wah weah akhirnya informasi resmi keluar juga ya. Selama ini saya taunya alamat Google yang di Amerika saja itu pun tau alamatnya dari Kiriman PIN Google Adsense yang saya terima dan saat CHECK atau Kiriman Western Union Google Adsense saya terima. Semua alamat Google yang saya tau memang berada di Amerika Serikat. Informasi akan dibukanya kantor Google juga sudah lama saya dengar. Terima kasih sudah berbagi ceritanya ya. Wah seru juga nih pengaman berkunjung ke kantor Google Indonesia. Eh kalau cairkan WesternUnion nanti ke kantor Google Indonesia aja ya hihihihihihih

Reply

Wah seru ya jalan2nya. Kebetulan sahabat aku juga anak google, yang di singapore tapinya. Memang keren sih google itu secara perusahaan..

Reply

Aaah, aku nggak ikot rombongan pertama yang katanya bikin kantor Google menggelegar karena keseruannya, hihih. Pengalaman yangs eru ya, mak. Kalau bukan karena blogging, kapan lagi ^_^

Reply

seru bangeuudd ..emak2 rempong di satuin kaya sekampung padahal cuma beberapa ekor ya hahaha
indahnya blogging Maak
nyook nengokon mbah lagih bareng komunitas baru kitee :p

Reply

Yaaah aku gagal ke Google :(

Reply

Asik nih pengalamannya. Semoga GIB dapat undangan juga dunk, #mimpikaleee :D

Reply