6 Tips Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Kemarin banget, aku terlibat obrolan panjang dengan salah satu adik ipar tentang pentingnya memilih sekolah yang sesuai untuk anak. Bukan hanya sesuai dalam artian kurikulum, pendidik, dan lingkungan cocok untuk anak, tapi yang paling penting adalah sekolah yang memang mampu memberikan kenyaman bagi si anak, sehingga dia happy dan excited untuk belajar, berkegiatan, berteman, dan meningkatkan kecerdasan dan mengembangkan diri (self development)-nya. 

Nah, bicara tentang pendidikan anak, terutama untuk anak-anak usia dini, di mana si anak masih sangat rentan terhadap situasi tak sehat (kemungkinan mengalami trauma karena perundungan, kekerasan, dan lain sebagainya), maka memastikan si anak belajar di tempat yang aman dan nyaman serta 'disukai' oleh si anak adalah sebuah pertimbangan signifikan yang harus diprioritaskan oleh setiap parents, ya, gak sih, teman-teman?

Obrolan kita kemarin itu mulai dari sekolah dengan sistem boarding school, sekolah nasional plus, sekolah nasional, sekolah international, sekolah alam, sekolah murid merdeka, madrasah, dan sekolah rumah atau homeschooling. 

Dan obrolan ini tak hanya refreshing my mind, tapi juga mengupdate pengetahuanku tentang jenis-jenis sekolah yang semakin bertambah dan menarik! Terutama sekolah alam, sekolah murid merdeka, dan homeschooling, sungguh membuatku excited untuk mengetahuinya lebih lanjut. Maklum, udah lama banget akutuh ga pay my serious attention tentang sistem pendidikan untuk anak, karena ga punya bocah! Intan kan udah dewasa. Haha. 

Etapi, perbincangan ini, jadi menarik minatku untuk involve dalam mempelajari dan juga memberikan masukan atau setidaknya berdiskusi dengan adik-adikku yang masih memiliki bocah. 😊 Karena, sebagai parents, pasti lah kita ingin agar anak-anak dapat menimba ilmu dan menjadi pribadi-pribadi yang tak hanya smart, happy, tapi juga santun beretika dan berbudaya kan? 

Nah, dari perbincangan kemarin, aku jadi ingin ngasih beberapa tips nih tentang memilih sekolah terbaik untuk anak, karena keputusan penting ini akan sangat berpengaruh pada masa depan si anak. 

6 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

6 Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Minat Anak

Setiap anak memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda-beda, toh? So, pastikan parents mempertimbangkan hal ini dalam memilih sekolah untuk mereka. Pastikan bahwa sekolah yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan dan minat mereka. 

2. Penuhi Diri dengan Informasi Yang Sebanyak Mungkin

Yup. Mulai dari riset/googling hingga mendatangi tekape untuk observe, adalah langkah yang perlu dilakukan agar tidak salah pilih sekolah. Lakukan riset, long-list hingga shortlist sehingga mendapatkan beberapa calon kuat sekolah tujuan. 

3. Tinjau Fasilitas Sekolah-sekolah yang masuk ke dalam Shortlist

Pastikan bahwa sekolah tersebut memiliki fasilitas yang memadai seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga, dan fasilitas pendukung lainnya. 

4. Tinjau juga Kurikulum Sekolah.

Pastikan bahwa kurikulum sekolah yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan minat anak serta dapat mempersiapkan anak untuk masa depan.

5. Pertimbangkan Biaya Sekolah

Nah, ini juga sangat penting. Pertimbangkan biaya sekolah yang harus dikeluarkan dan pastikan bahwa biaya tersebut sesuai dengan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah. 

6. Site Visit atau Mengunjungi Secara Langsung Yang Diinginkan

Yes, mengunjungi tekape (sekolah-sekolah yang telah masuk dalam daftar pendek/shortlist) untuk mengetahui secara lebih detail calon kuat sekolah tujuan agar tidak salah pilih. Berbincang secara langsung dengan para guru, dan tanyakan kepada orang tua murid yang lain tentang pengalaman mereka terhadap sekolah tersebut. 

Nah, semoga tips di atas dapat menjadi tambahan insight bagi parents dalam memilih sekolah terbaik untuk anak-anak tercinta dan membantu mereka mencapai potensi terbaiknya di masa depan.

Oya, untuk yang berminat atau sedang cari-cari informasi tentang home education center, atau butuh blog homeschooling, teman-teman bisa mampir ke rumah virtualnya Mba Dian Kusumawardani yang banyak banget mengulas tentang homeschooling di blognya. Cus atuh ke tekape, nyak! 😊

Salam, Al, 18 March 2021

0 comments