Perempuan dan Cryptocurrency

Perempuan dan Cryptocurrency. Wuih, topik yang menarik gak sih, teman-teman? 

Bagi sebagian orang, atau malah bagi banyak orang, mata uang digital/kripto ini mungkin masih dianggap sebagai sesuatu yang asing dan menakutkan?

Yup, walau pada kenyataannya, mata uang digital atau cryptocurrency ini semakin populer dan menjadi tren investasi yang menjanjikan, dengan potensi keuntungan yang besar dan fleksibilitas penggunaan yang lebih besar daripada uang fiat tradisional, namun tetap saja, banyak sekali orang-orang yang takut untuk terjun ke dalam bisnis ini, terutama kaum perempuan. 

Bicara tentang perempuan dan cryptocurrency, meskipun banyak perempuan yang memimpin di dunia bisnis dan teknologi, partisipasi mereka dalam bidang yang satu ini masih jauh dari merata, terutama di Indonesia ya, teman-teman? Masih banyak yang ogah ketika diajak berbisnis kripto.

Apa itu Cryptocurrency

Aku sendiri termasuk ke dalam kelompok yang tertarik banget terjun ke dunia yang satu ini. Perkenalan pertama dengan mata uang kripto justru bukan dengan si raja kripto bernama Bitcoin itu, melainkan dengan Steem dan Steem Dollar, yaitu mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Steem Blockchain. 

Berkenalan dengan ekosistem Steem Blockchain ini pada tahun 2017 melalui salah satu Steemit Blogger dan mulai menulis di sana. Amazingly, aku berhasil mendapatkan mata uang kripto dari hasil menulis di sana, dan uangnya bisa ditukarkan menjadi Rupiah. Wow, lumayan pula. 

Bergabung dengan komunitas tersebut, aku pun diperkenalkan dengan crypto-trading. Dan...? Volatilitasnya bikin jantung kerap mau copot. Hehe. Tapi aku terus lanjut, walau tetap belum bisa dibilang mahir-mahir amat dalam dunia yang satu ini. Ibarat mengarungi lautan, ombak dan badai pun tak henti menghadang. Naik turun, bullish and bearish, silih berganti. Huhu. 

Anyway, balik lagi ke topik di atas, tentang perempuan dan dunia cryptocurrency dimana masih terlihat kesenjangan gender yang signifikan dalam penggunaan cryptocurrency, terutama dalam hal kepemilikan aset dan partisipasi dalam perdagangan. 

Kok bisa sih? Ya bisa, donk! Dari yang aku baca-baca sih, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kesenjangan gender tersebut, sih. Yuk, kita lihat apa saja faktor-faktornya yuk!

Beberapa Penyebab Terjadinya Kesenjangan Gender dalam Penggunaan Cryptocurrency.

1. Kurangnya Pengetahuan dan Pemahaman

Banyak perempuan yang belum memiliki pengetahuan atau pemahaman yang cukup tentang cryptocurrency, sehingga menjadi momok bagi mereka, membuat tak nyaman, menakutkan, dan takut rugi jika berinvestasi di dalamnya. Hal ini dapat dikarenakan oleh kurangnya informasi yang tersedia atau oleh bahasa teknis yang sulit dipahami. 

2. Risiko Tinggi

Investasi di cryptocurrency memiliki risiko yang jauh lebih tinggi daripada investasi di pasar tradisional. Banyak perempuan yang mungkin merasa takut serta tak nyaman dengan risiko ini, terumata jika mereka tidak memiliki pengalaman dalam berinvestasi. 

3. Ketidakamanan

Faktor ini sebenarnya tidak hanya menghantui kaum perempuan sih, ya. Sebagai pelaku suatu bisnis, tentu faktor keamanan menjadi pertimbangan utama apakah sebaiknya kita terjun atau tidak ke dalam bisnis tersebut. Begitu juga dalam hal cryptocurrency, faktor ketidakamanan investasi karena cryptocurrency sangat tergantung pada teknologi dan seringkali menggunakan platform yang belum teruji, menyebabkan banyak orang yang merasa tidak nyaman dan kuatir untuk berinvestasi. 

4. Stereotip Gender

Ada stereotype bahwa investasi di cryptocurrency lebih cocok untuk laki-laki. Hal ini dapat membuat beberapa perempuan merasa tidak percaya diri dalam berinvestasi di sana dan mungkin menghindarinya. 

5. Kurangnya Dukungan

Banyak perempuan yang mungkin merasa kurang didukung dalam berinvestasi di cryptocurrency. Industri ini didominasi oleh laki-laki dan kadang-kadang sulit bagi perempuan untuk menemukan kelompok atau komunitas yang mendukung dan memotivasi mereka dalam berinvestasi. 

Namun, tentu hal-hal tersebut di atas tidak berlaku untuk semua perempuan donk. Ada banyak perempuan yang justru telah berhasil dalam investasi di cryptocurrency, dan dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat, setiap orang termasuk perempuan, dapat menghasilkan keuntungan dari investasi di bidang ini. 

6 TIPS SUKSES BERINVESTASI DI BIDANG CRYPTOCURRENCY

1. Belajar dan Memahami Cryptocurrency

Ini adalah langkah dasar jika kita ingin sukses dalam hal apa pun. Belajar dan Memahami Hal tersebut. Belajar dan memahami tentang cryptocurrency, termasuk teknologi blockchain, pertukaran kripto, dan strategi investasi, adalah hal pertama yang harus dilakukan. Ada banyak sumber daya online yang tersedia untuk membantu belajar tentang cryptocurrency.

2. Mulai dengan Investasi Kecil

Penting untuk memulai investasi kecil dan berhati-hati saat memulai investasi di cryptocurrency. Hal ini memungkinkan perempuan untuk memahami risiko dan keuntungan sebelum mengambil risiko lebih besar. 

3. Diserfikasi Portofolio Investasi

Perempuan dapat mempertimbangkan untuk membagi investasi mereka di beberapa cryptocurrency yang berbeda, untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang keuntungan. 

4. Diserfikasi Portofolio Investasi

Perempuan perlu terus mengikuti berita dan update terbaru mengenai cryptocurrency. Ini akan membantu mereka untuk memahami tren pasar dan mengambil keputusan investasi yang lebih bijaksana. 

5. Mencari Dukungan dan Mentor

Perempuan dapat mencari kelompok dan komunitas yang mendukung investasi cryptocurrency. Selain mencari mentor yang berpengalaman dalam berinvestasi di cryptocurrency dapat membantu mereka memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik. 

6. Mengelola Risiko

 Penting untuk memahami risiko yang terkait dengan investasi cryptocurrency dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengelola risiko tersebut. Salag satu caranya adalah dengan membuat rencana investasi yang jelas dan memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. 

Nah, teman-teman, semoga tips di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi yang ingin mencoba masuk ke dunia cryptocurrency, ya! Good luck! 


Al, 18 March 2023


0 comments