Ini 5 Alasan Tentang Pentingnya Kita Berkomunitas

Berkomunitas? Seberapa penting sih? Emang perlu? Tanya beberapa teman yang introvert. Mereka beranggapan bahwa hidup menyendiri, dalam sepi, atau dalam circle yang sangat keciiiil saja, udah cukup! 

Jujurly, aku sempat kaget juga mendengar pertanyaan dan pernyataan di atas. Masalahnya ini adalah era digital, dan jaman now gitu loh! Masa di jaman now, masih ada orang yang tidak suka berkomunitas? Bahkan seorang temanku, Vietnamese yang tinggal di Amrik sana, adalah seorang wanita introvert yang justru bikin komunitas dengan tujuan supporting para introvert untuk bisa lebih nyaman di dalam beraktivitas di dalam circle atau lingkungan yang jauh lebih luas. 

Pentingnya Berkomunitas

Dan amazingly, dari komunitas yang dibentuknya itu, kemudian bergabung para introvert yang justru merasa sangat terbantu dan berkembang dengan bergabung di komunitas itu. See? Berkomunitas itu memang perlu dan berkontribusi bagi perkembangan kehidupan kita kan?

Dan bicara tentang pentingnya komunitas, berikut ada 5 alasan kenapa sih berkomunitas itu penting bagi kita. Yuk, disimak dan jika ada yang mau nambahin boleh banget nitip di kolom komentar, nanti aku masukin ke artikel ini, oke, mantemans?

5 Alasan Mengapa Berkomunitas itu Penting.

1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan berkomunits, kita bisa mendapatkan dukungan dari orang lain dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Misalnya mendapatkan dukungan moral dari teman-teman komunitas ketika kita merasa sedih atau dihinggapi rasa stres, atau pun cobaan kehidupan lainnya. Selain itu, dengan berkomunitas, kita juga bisa memperoleh informasi dan pengetahuan baru yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup kita. 

2. Networking/Membentuk Jaringan Pertemanan

Disaat bergabung dalam sebuah komunitas, kita tentu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, dengan minat yang sama tentu saja. Perbedaan profesi dan pendidikan ini tentu juga menjadi jembatan bagi kita untuk terhubung dengan profesi-profesi yang mungkin menjadi jalan bagi terbukanya berbagai peluang-peluang bisnis yang hasilkan cuan kan? Di tambah lagi melalui berkomunitas ini, maka akan semakin meluasnya pertemanan, pengetahuan, dan wawasan. 

3. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Nah, ini! Berkomunitas juga dapat membantu kita dalam meningkatkan keterampilan sosial kita, loh! Melalui berkomunitas, di dalam sebuah komunitas, kita akan belajar untuk berinteraksi dengan orang lain, menghargai perbedaan pendapat, dan membangun kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. 

Keterampilan sosial ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hubungan pribadi maupun profesional. 

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Berinteraksi dengan orang lain juga berperanan dalam membantu kita meningkatkan kesehatan mental kita. Dalam sebuah komunitas, kita bisa mendapatkan dukungan dari orang lain ketika kita mengalami masalah emosional atau psikologis. 

Selain itu, bergabung di dalam sebuah komunitas yang positif dan mendukung juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang kita alami. 

5. Memberikan Kesempatan Untuk Berkontribusi

Berkomunitas tentu saja memberi kesempatan bagi kita untuk berkontribusi dan memberikan dampak positif pada lingkungan di sekitar kita. Misalnya nih, kita terlibat dalam kegiatan sosial atau kegiatan lingkungan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. 

See? Berkomunitas itu memang banyak manfaatnya, ya, teman-teman? 

Itu pula mengapa aku suka sekali bergabung dengan aneka komunitas, mulai dari komunitas blogger, seperti Komunitas Blogger Bandung, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, dan lainnya, hingga ke Komunitas Podcast, Youtube, dan lainnya. 

Manfaatnya itu loh, kerasa banget dalam pengembangan diri dan bantu pekerjaan banget, sih, menurutku. Melalui berkomunitas pula aku jadi sering melakukan aktivitas-aktivitas di luar rumah, seperti traveling, camping, edukasi masyarakat, hingga ke aktivitas review hotel. Ah, what a wonderful life! 

Dan bicara tentang review hotel, kemarin aku sempat berkunjung ke blognya Teh Lia, seorang Blogger Bandung dan baca-baca artikel review hotel yang ditulis apik di blognya, loh! Jika temen-temen sedang berkunjung ke Bandung atau seputaran Jawa Barat, boleh banget tuh mampir ke blognya dan find out interesting and informative insight there, ya! 


Al, Jakarta, 15 March 2023

0 comments