5 Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi Pada Ibu

Yuhuu. Apa kabar nih, teman-teman? Semoga pada sehat walau berita tentang resesi yang mengintai di tahun 2023 ini semakin santer yaaa? Dan semoga berita ini tidak menjadi penyumbang utama terhadap timbulnya kecemasan, stres, apalagi depresi bagi kita. Aamiin. 

Btw, bicara tentang kecemasan, stres, mau pun depresi, sebenarnya adalah masalah kesehatan mental yang bisa menyerang siapa saja sih, ya, mulai dari orang muda, orang tua, anak dan remaja, pria dan wanita, termasuk ibu-ibu yang baru melahirkan tentu saja.

Nah, bicara tentang kecemasan mau pun stres serta depresi yang menghampiri para ibu yang baru melahirkan ini, menjadi perhatian dan butuh penanganan khusus terutama dari pasangan serta support system terdekat, loh! Mengapa?

Karena masalah ini bisa sangat mengganggu bagi ibu dan anak-anak mereka, serta dapat berefek tak baik dalam hubungan keluarga secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting banget untuk mengatasi kecemasan dan depresi pada ibu dengan tepat dan segera. Namun, sebelum kesana, kita coba lihat dulu, yuk, penyebab kecemasan dan depresi. 

Penyebab kecemasan dan Depresi Pada Ibu

Kecemasan dan depresi pada ibu dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dan beberapa di antaranya adalah:

1. Perubahan Hormon

Iya, donk. Setelah melahirkan, tubuh seorang ibu akan mengalami perubahan hormonal yang signifikan, yang tentunya akan menyebabkan perubahan suasana hati/mood serta kecemasan. 

2. Kelelahan dan Kurang Tidur. 

Punya baby, tidak lah seindah menatap wajah menggemaskan si baby itu sendiri, betul? Merawat bayi yang baru lahir bukanlah tugas yang mudah. Membingungkan (bagi ibu muda yang belum berpengalaman), melelahkan dan memakan waktu, yang dapat menyebabkan kelelahan dan kurang tidur. Tentu hal ini juga menjadi penyumbang timbulnya anxiety/kecemasan, bahkan depresi. 

3. Stres dan Tekanan

Menjadi ibu baru dapat menyebabkan stres dan tekanan yang besar, terutama jika ibu merasa tidak siap atau tidak memiliki dukungan yang cukup.

4. Masalah Kesehatan Mental Sebelumnya

Ibu yang memiliki riwayat masalah kesehatan mental sebelumnya, seperti kecemasan atau depresi, lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi setelah melahirkan. 

5 Cara Atasi Kecemasan dan Depresi Pada Ibu


5 Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi Pada Ibu

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi pada ibu:

1. Mencari Dukungan

Mencari dukungan dari orang yang dekat dengan ibu, seperti pasangan, keluarga, atau teman, dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Ibu juga dapat mencari dukungan dari kelompok dukungan ibu atau profesional kesehatan mental. 

2. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk mengatasi kecemasan dan depresi pada ibu. Ibu harus berusaha tidur ketika bayi mereka tidur dan menghindari melakukan terlalu banyak tugas rumah tangga. 

3. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Ibu dapat mencoba melakukan latihan ringan seperti jalan-jalan, yoga, atau pilates. 

4. Makanan Sehat

Makan sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi pada ibu. Ibu harus mencoba makan makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan segar. 

5. Terapi Kognitif

Terapi kognitif perilaku adalah jenis terapi yang dapat membantu ibu mengatasi kecemasan dan depresi dengan mengubah cara berpikir dan bertindak. Terapi ini dapat dilakukan oleh profesional kesehatan mental. 

Nah, teman-teman, itu lah 5 cara mengatasi kecemasan dan depresi yang kerap menghantui para ibu, terutama para mahmud a.ka. mamah muda  mau pun para ibu dengan anak yang sudah remaja bahkan beranjak dewasa. 

Oya, jadi ingat artikel Mbak Andina di Blog Sunglow Mama tentang topik ini deh. Cus ke artikelnya yang berjudul tentang Stres, Depresi, dan Mental Health Pada Ibu, untuk informasi lebih lengkap deh!


Saleum,

Al, Jakarta, 14 March 2022


0 comments