Ini Dia 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Hey, welcome back to my page! 

Hari ini, kita ngobrol tentang jiwa dan raga, yuk! Iya..., jiwa dan raga. Ada yang aware ga sih jika sebenarnya pasangan jiwa kita itu bukanlah suami/istri, orangtua/anak, melainkan body kita sendiri? 

Yup, Jiwa - Raga adalah pasangan sehidup semati paling akurat dan tak terbantahkan! 

Bisa apa coba jiwa tanpa raga ini? Bisa apa coba raga tanpa jiwa? See? Body adalah pasangan jiwa, begitu juga sebaliknya, toh? 

Lalu, pertanyaannya berikutnya adalah, bisa apa raga kita tanpa jiwa yang sehat? Dan bisa apa jiwa kita jika tubuh kita sakit-sakitan alias tidak sehat? 

Semakin jelas donk ya kenapa quote yang dicetuskan oleh Decimus Iunius Juvenalis, yaitu "Men Sana In Corpore Sano" pas banget alias benar adanya? Yup. "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." bukanlah sekedar quote semata, karena kita sudah menyaksikan bahkan mengalami sendiri situasi di mana ketika tubuh kita sedang berada di dalam kondisi down/kurang sehat, maka juga akan mempengaruhi keadaan jiwa alias mental kita. 

Tubuh yang sedang sakit, membuat vibrasi dan imunitas kita juga menurun, mengakibatkan suasana hati menjadi tak nyaman, selain karena menahan rasa sakit/pain, tentu juga karena jadi kuatir atau kepikiran berbagai hal (negatif/tak nyaman) yang tiba-tiba menghampiri kan? 

Tentu kita juga tak asing dengan informasi-informasi yang sering kita dengar bahwa sebenarnya sumber dari berbagai macam penyakit seringkali dipicu oleh keadaan mental kita yang tidak sehat, tidak bahagia, dipenuhi oleh kegelisahan, kecemasan, ketakutan, overthinking, dan berbagai hal kurang baik lainnya. 

Karenanya, menjaga kesehatan mental kita adalah sangat penting untuk kebahagiaan dan kesejahteran kita sehari-hari. Dan sebenarnya ada banyak sekali cara untuk melakukannya, tentu saja setelah dimulai dari langkah dasar yaitu MEMILIH untuk memiliki mental yang sehat. 


Berikut 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental:

1. Tetap terhubung dengan orang lain (Human Connection)

Berinteraksi dengan orang lain dapat membantu kita merasa terhubung dan merasa didukung. Makanya memiliki hubungan sosial yang positif baik dengan keluarga mau pun teman atau pun komunitas, merupakan hal yang perlu kita lakukan. 

2. Olahraga secara teratur.

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dengan memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Coba deh untuk berolahraga setiap hari setidaknya 30 menit, misalnya dengan berjalan kaki, lari, atau yoga?

3. Istirahat yang cukup

Nah ini! Tidur yang berkualitas dan cukup sangatlah penting untuk kesehatan tubuh juga mental, loh! Upayakan untuk bisa tidur selama 7-9 jam setiap malam dan hindari lah begadang atau tidur larut malam. Etapi, kalo pun ga bisa mencapai kuota jam tidur tersebut, tidur berkualitas selama 3-4 juga sudah bisa ngebantu banget gak, sih? 

4. Makan makanan yang sehat. Asupan makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik. Upayakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian. 

5. Lakukan kegiatan yang kamu sukai/nikmati. 

Yes, ini akan sangat membantu menciptakan rasa puas, hepi, sehingga bener-bener mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental kamu secara keseluruhan. 

6. Jangan ragu atau malu untuk meminta bantuan.

Jika kamu merasa kesulitan menjaga kesehatan mental kamu sendiri, jangan malu untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater. Coba deh cek kesehatan mental kamu dengan konsultasi psikiater. Atau kalau kamu termasuk yang enggan untuk berbagi cerita (curhat) kamu pada orang lain, kamu juga bisa mencari praktisi Bars untuk mendapatkan sesi Bars, loh! 

Telah banyak sekali testimoni tentang kedasyatan efek bars ini di dalam mengurai stres, menghapus trauma, dan membantu seseorang dalam mengelola beban mentalnya. 

Dan untuk teman-teman di Jakarta, yang membutuhkan terapi Bars, boleh banget nih bikin janji denganku, and I am ready to let your Bars RUN. Japri atau tinggalkan komen di kolom komentar ya!


Salam, Al, 22 March 2023

0 comments