Bermimpilah Yang Besar, dan Itu Gratis, loh!

Bermimpilah Yang Besar, dan Itu Gratis, loh! Mungkin pernah membaca di suatu tempat atau mendengarnya di suatu waktu? Dan sepakat donk bahwa bermimpi itu gratis alias tidak dipungut bayaran, ye khaan? 

Nah, bicara tentang mimpi atau impian, adalah almarhum ayah yang selalu memompa semangatku untuk berani bermimpi. Karena tanpa impian maka kita tidak akan termotivasi untuk mencapainya kan? Dengan kata lain, mimpi atau impian adalah cita-cita. 

Dan aku jadi ingat banget akan jawaban masa kecil dahulu saat ditanya mau jadi apa, maka jawabanku adalah ingin menjadi dokter. Lalu beberapa saat kemudian berubah lagi menjadi insinyur. Eh kemudian bergulir ke impian untuk menjadi pedagang (saat itu aku terinspirasi dengan teman ayah, yang punya toko pakaian yang gede, dan pikirku, asyik banget nih kalo punya toko pakaian, bisa tukar-tukar pakaian sesuka hati, haha). 

Impian demi impian terus bergulir, dan ajaibnya, setiap impian yang aku miliki tersebut mampu menemani hari-hariku menjadi penuh semangat. Setiap aku memiliki impian (misal sedang ingin jadi dokter), maka aku seakan seperti sedang mempersiapkan diri untuk meraihnya, bahkan pretending sedang melakoninya. Ah, keren deh Alaika kecil itu! Kayak udah paham akan praktek Loa of Attraction aja, yak? Hihi. 

Begitu juga ketika ingin jadi insinyur, aku excited banget bertanya-tanya pada teman ayah yang adalah seorang insinyur. Insinyur itu kerjanya ngapain aja, Om, bla bla bla. Ah... geli sendiri jika mengingat hal itu. 

Dream Big!

Berani lah Bermimpi, dan Yakinlah dalam Menggapainya. 

Mengapa sih kita diencourage untuk memasang mimpi yang besar? Untuk bercita-cita setinggi langit, bahkan Bung Karno, presiden pertama negeri ini justru menciptakan quote berisikan, "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh , engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." <-- Ingat kan quote ini? Keren, ya? 😊

Ini lah sebabnya kenapa kita harus bermimpi besar. 

1. Sebagai Tujuan dan Motivasi Kehidupan

Hidup kita akan terombang ambing tanpa arah jika kita sama sekali tidak memiliki tujuan, right? Nah, memiliki tujuan akan mengarahkan kita untuk bergerak menggapainya, bahkan akan memotivasi kita untuk berupaya sekuat tenaga di dalam menggapainya. 

2. Bekerja Lebih Keras

Iya donk, dengan memiliki tujuan hidup/impian, maka kita pun akan membuat rencana dan berupaya keras untuk menggapainya kan? Kita akan terpacu untuk bekerja keras di dalam mengejar cita-cita. 

3. Memiliki Sikap Pantang Menyerah

Yess. Memiliki impian juga akan membuat kita berupaya keras dan pantang menyerah. Setiap ada kendala atau aral yang melintang, maka kita akan berusaha untuk mencari solusinya dan tetap moving forward menggapai impian kita.

4. Melupakan Hal Negatif

Memiliki mimpi atau impian juga akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan negatif. Fokus kita akan tertuju pada upaya positif dan menjalankan rencana pencapaian impian tersebut. Dan secara otomatis kita akan meninggalkan hal-hal negatif atau sikap mau pun perbuatan yang merugikan gerak langkah kita di dalam mengejar cita-cita kita. 

Nah, gimana, gaes? Sudah siap untuk bermimpi besar dan menggapainya? Yuk, share impian kamu dan rencana kamu dalam menggapainya di kolom komentar, yuk!


Al, Jakarta, 20 Agustus 2022



1 comments

  1. Setuju Mba Al, yuk berani bermimpi dan berusaha meraihnya..Mimpi gratis lho, kenapa enggak kan? Setelah punya mimpi besar kita akan memperjuangkan sehingga mimpi itu jadi kenyataan! Semangat!

    ReplyDelete