Dirgahayu Negeriku - Negeri Elok Yang Amatku Cinta

Yuhuuu, masih dipenuhi oleh gelora semangat hari kemerdekaan, donk, bestie? 😊😍 

Apalagi masih banyak rentetan kemeriahan perayaan HUT RI yang digelar oleh rakyat Indonesia, baik di pelosok mau pun di perkotaan, baik berupa lomba-lomba atau pun kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka sambut/peringatan hari kemerdekaan. 

Bicara tentang kemerdekaan, wow, 77 tahun sudah kita bebas dari para penjajahan/penindasan bangsa asing, menjadi negeri cantik yang berdaulat. Diakui oleh dunia sebagai bangsa yang ramah-tamah, santun, beretika, dan berbudaya.

Dan bagiku sendiri, negeri besar dan cantik ini sungguh KAYA RAYA. Gimana enggak coba, gaes! Lihat deh data yang aku tampilkan pada info grafis di bawah ini. 


See? Negeri cantik dengan belasan ribu pulau! Memiliki 741 bahasa daerah, 1.331 suku bangsa, dengan 6 agama resmi dan 245 aliran kepercayaan. Belum lagi adat istiadat, seni tari, pakaian adat, rumah adat, alat musik, kuliner, dan berbagai hal unik lainnya. Wow! I am so proud of my country. 

Kebanggaan ini semakin bergelora mengingat negeri kita ini adalah negeri yang berpenduduk multikultural! Hayo, pada nanya apa itu masyarakat multikultural? Check it out below, yak!




Keren banget ya, negeri kita ini! I am truly proud of my country! Terlepas dari apa pun komen negatif orang lain tentang Indonesia atau pun pemerintah negeri ini, ga akan pernah habis my grateful and gratitude for being anak bangsa ini. I love you, Indonesia Raya! 

Jika pun ada kekurangan di sana sini, wajar banget lah ya, mengingat ini negeri yang sangat besar, bung! Negeri dengan penduduk lebih dari 

Penduduk Indonesia adalah juga Penduduk Digital

Absolutely! Perkembangan Teknologi Informasi plus terjadinya pandemi yang lebih kurang dua tahun mengungkung kita untuk stay at home, menjaga jarak dan membatasi kontak fisik, menggiring kita untuk go online. Bekerja yang biasanya di kantor, jadi working from home. Pelajar dan mahasiswa yang biasanya belajar di sekolah atau kampus, jadi learning from home, ibu-ibu rumah tangga dan para penjual yang biasa berinteraksi di pasar, juga pindah ke jualan online. Everything mostly going online! 

Hal baru yang awalnya bikin banyak orang awam tergagap-gagap teknologi, namun kemudian menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaan baru yang baik, jika dan hanya jika kita semua, penduduk digital Indonesia ini terliterasi digital dengan baik. Ye kaan? 

Nah, bicara tentang literasi digital, untungnya tuh, pemerintah Indonesia dan para stakeholder lainnya pun ngeh, bahwa bermigrasinya penduduk Indonesia ke dunia digital, harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup bahkan mumpuni agar mampu berkehidupan di planet digital ini dengan aman, cakap, beretika, dan berbudaya. 

Terutama bagi anak-anak, nih, juga para orang tua, yang masih sangat awam tentang apa yang boleh dan tak boleh dilakukan di internet, tentang bagaimana memproteksi diri agar jangan sampai menjadi korban kejahatan siber, bagaimana mengupgrade diri agar mampu menjadi netizen yang santun, cerdas, beretika dan berbudaya, bagaimana agar tidak terpapar oleh konten negatif saat mengakses internet. 

Program Literasi digital adalah kebutuhan yang tak bisa ditangguhkan demi menjawab tantangan tersebut di atas, demi memastikan bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan untuk memanfaatkan internet secara produktif, positif, aman dan berdaya guna. Karenanya, pemerintah Indonesia, di bawah koordinasi Kemkominfo bekerjasama dengan Siber Kreasi kembali menggelar Program Nasional Literasi Digital 2022, sebagai lanjutan dari program yang sama yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Dan Alhamdulillah banget tahun ini aku pun kembali berkesempatan untuk turut serta berkontribusi menjadi salah satu narasumber bagi program nasional ini. Menjadi pembicara nasional Gerakan Nasional Literasi Digital 2022. 

Semoga dengan berlanjutnya kegiatan ini, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tercerahkan, mampu menangkis hoax, cerdas dalam menyaring dan meneruskan informasi, membanjiri dunia digital dengan konten-konten positif, dan memanfaatkan dunia digital/internet untuk menciptakan kehidupan yang jauh lebih baik. Aamiin. 


Al, Jakarta, 18 Agustus 2022

1 comments

  1. Luar biasa memang Indonesia banyak keragaman di dalamnya, bangga jadi negara Indonesia. Apalagi di balik perbedaan dan keragaman masyarakatnya, negara Indonesia tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete