7 Cara Hilangkan Stress

Siapa coba yang ga pernah stres? Hayo, ada yang berani bilang ga pernah? Pasti akan langsung dituding bahwa kita bohong kan jika bilang bahwa kita ga pernah stres? Hehe.

Stres adalah sebuah rasa tak nyaman bahkan menyesakkan sebagai reaksi tubuh ketika kita menghadapi situasi tertekan, terancam, atau sedang mengalami suatu perubahan. 

Stres juga sering diartikan sebagai tekanan psikologi dan fisik yang bereaksi ketika kita menghadapi situasi yang kita rasa berbahaya. 


Dan mengingat stres ini bisa menyerang siapa pun, mulai dari anak bayi hingga lanjut usia, mulai dari manusia, hewan, hingga tanaman/tumbuhan, maka adalah sangat wajar jika kita tak perlu lari dari mengakui bahwa kita sedang mengalami serangan stres, jika memang demikian adanya. 

Ada banyak dari kita yang langsung denial ketika ditanya atau dikomentari bahwa kita sedang stres. Alih-alih to acknowledge and accept it, ada banyak yang langsung menyangkal dengan jawaban, 'enggak ah, aku ga stres, kok!"

Apalagi jika stresnya telah berlanjut ke depresi dan disarankan untuk menemui psikiater, langsung deh mencak-mencak dengan kalimat, "kamu kira aku gila apa?". Hayo, ada yang familiar dengan situasi ini? 😁

Stres memang bisa berakibat tak baik bagi jiwa dan raga kita. Apalagi jika dibiarkan berkepanjangan, salah-salah bisa berujung pada berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi. Juga bisa memicu timbulnya gangguan sakit kepala, berkurangnya selera makan, nyeri sendi dan otot, susah tidur, hilang keseimbangan dan sulit fokus. 


7 Cara Hilangkan Stres.

Bicara tentang stres, tentu banyak yang berharap untuk dapat mengatasinya tanpa harus bertemu para psikiater, ya? Nah, berikut aku ingin bagi 7 cara hilangkan stress atau 7 cara dealing with stress nih, gaes! Simak, ya!

1. Get Your Bars Run (Dapatkan terapi Bars).

Mungkin banyak yang belum familiar dengan terapi yang satu ini. Namanya Bars, merupakan terapi berupa sentuhan lembut ujung jemari praktisi bars di 32 titik di kepala pasien yang fungsinya memang untuk melepaskan trauma, melepaskan energi yang terperangkap di dalam tubuh dan jiwa serta bermanfaat untuk memberdayakan diri. 

Sentuhan ujung jemari pada titik-titik tertentu di kepala pasien ini merupakan metode un-lock atau membuka apa yang tersembunyi dari kapasitas diri kita dan membuka peluang bagi pasien untuk hidup yang jauh lebih baik. 

Lebih jauh tentang bars bisa dibaca di sini, deh ya. 

2. Menggambar

Nah, bagi yang punya hobi corat-coret/nge-doodle, atau menggambar, mewarnai, maka jelas banget, jika sudah pegang pinsil dan menarikan jemarinya di atas kanvas atau kertas gambar, maka stres pun terurai, yes? 

Kalo aku sih biasanya kalo sudah stres atau tertekan, langsung ambil kertas kosong dan pinsil atau pulpen, lalu corat-coret yang uniknya justru menghasilkan 'hutan kusut'! Setelahnya happy, deh! Kalo kamu, biasanya jika stres, suka lari ke seni gambar tak? 

3. Elus-elus Anabul

Hayo, kamu penyuka anabul apa? Kalo aku suka si imut Hazel (kucing) tapi juga suka banget dengan Millie (si pudel milik temannya Intan). Lagi ga stres aja, kalo udah lihat dan berkesempatan elus-elus kedua jenis hewan lucu ini, hatiku langsung mekar. Merekah! Happy. Apalagi jika stres, rasanya mengelus dan menggendong anabul ini beneran bikin stres menguap ke angkasa, deh!

4. Lari ke Cermin dan Senyum Palsu!

Beneran, loh! Baik itu beneran atau versi fake atau palsu, senyuman terbukti mampu membuat hati lebih terbuka. Kok bisa? Ya bisa lah. Cobain gih, ke cermin, lalu tarik bibirmu ke kiri dan ke kanan kurang lebih satu cm. Dan perhatikan matamu yang mendadak friendly akibat senyumanmu sendiri. Terlepas senyumanmu itu beneran atau versi kw alias fake, tindakan ini bisa bikin mood kamu dan stresmu menipis! 

Senyuman ini kira-kira fake apa enggak, ya, gaes?

5. Melompat-lompat kecil, atau menari/jingkrak-jingkrak. 
Hayo, pernah mencobanya gak, gaes? Beneran loh, melompat-lompat kecil, atau menari/dancing ketika mood kita memburuk, atau ketika stres melanda, banyak terbukti sebagai tindakan jitu dalam menurunkan kadar stres loh! Go and get your stress gone by doing this, ya!

6. Tertawa Lebar

Nah, gerakan ini juga sukses banget mengubah mood kamu, loh! Bahkan ketika sedang stres berat atau depresi pun, jika kita sering mengingatkan diri untuk tertawa lebar, bahkan menertawakan diri sendiri, akan sangat membantu menurunkan beratnya beban yang sedang menghimpit dada. 

Ga perlu ke cermin, sih. Cukup pada posisimu saat itu, setiap teringat beban berat yang sedang menghimpit, cobalah untuk menciptakan tawa, lalu katakan kepada alam bawah sadarmu, 'Ok, it is ok to be not ok. Let's acknowledge it, accept it, then find the how to deal with...'

7. Having Sex

Nah, ini baiknya sih dilakukan dengan pasangan sendiri ya, gaes. Dan bagi yang belum memiliki pasangan, baiknya coba lakukan 6 cara lainnya yang sudah aku uraikan di atas dan skip cara yang satu ini, ya! 

Etapi, having sex itu sebenarnya bukan hanya berarti making love kan ya? Having sex or getting orgasm bisa berarti makan enak yang begitu nikmat sehingga membuat tubuh begitu excited dan bahagia. Itu juga bisa disebut dengan orgasmic food. 

Menonton film tertentu yang mampu bikin hati meleleh bahagia atau gembira, itu juga bisa disebut orgasmic feeling kan? Jadi ada banyak cara sebenarnya untuk having sex dan mencapai perasaan orgasme. 

Ingat ya, orgasme di sini lebih ke rasa yang teramat excited, nikmat, super yummy! Jadi tak hanya berbentuk making love. Ok? 

Nah, gaes, itu lah 7 cara hilangkan stres yang kalian bisa lakukan agar kualitas hidup tetap menjadi lebih baik. Selamat mencoba, semoga tips ini bermanfaat, ya! 

Al, Jakarta, 10 Agustus 2022

1 comments

  1. Bener banget ini, hal ini pasti dilakukan saat stres, ada masalah, atau sedih, dan lainnya. Paling sering elus-elus kucing sekalian curhat, hehe. Tapi, kucing kesayangan hilang yang lain ilang-ilangan karena musim kawin kayaknya. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete