Menu
/
Pertama kali denger tentang Jastip, sempat terheran-heran. Adalah adik iparku yang pertama kali menyebutkannya di telinga, dan menjelaskannya secara detil beserta contohnya pula. Doi adalah orang yang kerap kali menggunakan Jastip, maka tak heran, walau tinggalnya di Aceh sana, dan jarang bepergian karena terikat sebagai pegawai di sebuah kantor namun barang-barang koleksinya, mulai dari pakaian, tas, hingga asesorisnya pun, kebanyakan dari negeri jiran seperti Malaysia, Singapore atau pun negara-negara lainnya, loh! Tak hanya barang-barang miliknya, pakaian anak-anaknya pun merupakan produk branded hasil Jastip, baik dari dalam atau pun luar negeri!

Lalu jastip itu apa, Al? 


Nah, ini! Bagi yang masih awam tentang Jastip, yuk kita kenali dulu secara gamblang, yuk! Jastip adalah sebuah layanan jasa titip beli barang yang diberikan baik secara personal (umumnya sih personal), mau pun yang dikelola secara lebih pro (baca: third party yang menghubungkan antara penyedia Jastip dan user Jastip), untuk membantu orang-orang yang ingin membeli barang-barang di tempat-tempat tertentu. Biasanya sih, pengguna Jastip tuh, menggunakan jasa titip karena mereka sedang tidak berkesempatan untuk menjangkau tempat penjualan barang tersebut, sedang males bepergian, kurang budget, dan alasan lainnya.

Penyedia Jastip biasanya akan menggunggah foto-foto produk yang dijepretnya di pusat perbelanjaan, mal, toko tertentu, mengunggahnya ke akun sosial medianya setelah diberi detail info, harga serta syarat meng-order-nya. Nah, para pengguna Jastip akan dikenakan sejumlah biaya sebagai upah atas jasa titip tersebut, selain biaya untuk beli barang yang diinginkan. So, tentang Jastip sudah clear banget kan, ya? πŸ˜€

Airfrov, Solusi Jitu untuk dapatkan Produk-produk dari Luar Negeri



Dulu..., kalo pengen beli sesuatu dari negeri-negeri yang jauh, seperti Amerika misalnya, hadeuh, kudu nyari kerabat yang sedang atau akan traveling ke sana, deh! Itu pun kudu mohon-mohon dengan sangat agar doi bersedia membelikan barang yang kita kepengenin itu, dan itu pun ga berani yang besar-besar karena akan makan tempat, dan bikin doi jadi riweuh. Etapi kini?

Drama merayu dan membujuk kerabat yang sedang ke luar negeri untuk berkenan belikan barang yang kita incar usai sudah. Kini ada Airfrov, yang siap menghubungkan kita (requesters) dengan traveller-traveller yang sedang berada di negeri-negeri yang kita inginkan itu, loh! Airfrov akan menghubungkan kita dengan mereka, dan mewujudkan harapan dapatkan barang idaman!

Kita bisa mendapatkan barang-barang dari berbagai negara, hanya dengan "menghubungkan diri" dengan para traveller yang bergabung di Airfrov! Iya! Tak hanya itu, selain menjadi requester (pengguna Jastip/pembeli), kita juga bisa berperan sebagai traveller (yang membelikan barang-barang) manakala kita sedang berada di luar negeri, loh! Seru ya?

Airfrov menghimpun traveller-traveller yang bepergian ke berbagai negara, dan bersedia untuk menerima 'titipan'. Berikut adalah beberapa daftar negara yang terpajang di Home Airfrov. Lihat deh!


Pengalaman Menggunakan Jastip di Airfrov


Mudah banget menjadi bagian dari Airfrov! Baik sebagai requester mau pun untuk menjadi travellernya. Cukup mengunduh aplikasi Airfrov secara gratis di Playstore maupun App Store. Lalu daftarkan diri baik dengan menggunakan akun email atau sign in via facebook. Mudah banget! Oya, jika ingin login via desktop juga bisa loh! Tinggal arahkan cursor kita ke Airfrov, lalu login deh! Yang belum punya akun, daftar dulu, ya!

Beragam barang bisa kita request via Airfrov. Atau kita bisa cek dan ricek barang-barang yang telah direquest oleh orang lain, dan jika tertarik bisa ikutan nebeng order. Jika ternyata kita punya barang tersendiri yang belum terpajang di sana untuk kita order, maka kita pun bisa membuka request terhadap produk yang kita inginkan, dan nantikan tanggapan dari para traveller yang bersedia membantu kita dapatkan produk yang kita inginkan itu.

Cara Nitip Orderan.


Tas Anello dari Jepang via Airfrov. 
Udah lama banget pengen punya tas ini, yang beneran Anello. Tapi takut beli di Indo karena kuatir akan kualitasnya yang boongan. Jadilah aku pengen nyobain nitip langsung pada traveller yang sedang dolan ke Jepang.

Airfrov
Tas Idaman, Finally will get it by the help of Kak Mise.

Kebetulan produk yang aku inginkan ini sedang ada yang offered. Jadi deh aku langsung ikutan nimbrung untuk nebeng order.

Dan ternyata di sambut baik oleh Kak Mise, sang traveller yang sedang berada di negeri matahari terbit itu. Kak Mise menawarkan total biaya untuk beli produk plus jasa seperti yang tertera pada gambar. Harga tersebut belum termasuk ongkir, makanya percakapan dan deal-dealannya dilanjut pada ruang chat yang tersedia di aplikasi/halaman Airfrov.

Tak pakai lama, kita pun deal, sepakat. Dengan senang hati aku pun langsung transfer dana (Top Up) sejumlah yang disepakati ke Airfrov wallet-ku, yang nantinya akan dirilis oleh Airfrov ke Kak Mise/traveller jika tas Anello-nya sudah sampai dengan baik ke alamatku.

Yup, Airfrov baru akan merilis/mencairkan dana tadi ke traveller-nya SETELAH kita (requester) menerima barang yang dipesannya dengan baik. Jadi memang faktor keamanannya sangat dijamin oleh Airfrov. Asyik kan? Jadi ga perlu takut untuk titip barang via Airfrov, deh! 😊

Aplikasi Airfrov memungkinkan kita (requester dan traveller) untuk saling berdiskusi tentang barang yang disepakati dan perkembangan sejauh mana sudah prosesnya. Jadi asik gitu deh. Ini pengalamanku nitip si tas Anello ke Kak Mise loh, ya. Orangnya ramah dan baik banget. Dan aku juga yakin banget sih jika traveller-traveller lainnya juga asyik dan ramah. Orang Indonesia kan friendly, yak? 😊

Sayangnya, aku ga bisa segera menggunakan tas ini, karena Kak Misenya sih baru akan balik ke Indonesia tanggal 31 Januari 2019 nanti, yang artinya, palingan si Anello akan tiba di rumahku empat atau lima hari setibanya blio ke Indo, deh!

Tapi, yang bikin hepi itu adalah, si Anello cantik berwarna Camel Beige ini kini sudah ada di tangan Kak Mise, di Jepang, dan siap untuk turut serta pulang ke Indo pada saatnya nanti, lalu terbang ke Bandung untuk menjadi milik eikeh! Aseeek, ga sabar deh, ih!


Seneng deh dapat catatan khusus dari sang traveller yang aku titipin Tas Anellonya.
Tolong dijagain yang uapik, ya, Kak! Hehe.
Arigatou Gozaimasu, Mise-San!
Duh, seneng deh rasanya bisa nitip beli barang idaman seperti ini! Walau belum kenal orangnya, tapi hati adem dan percaya bahwa barang idaman ini akan sampai ke tangan dengan baik sesuai dengan kesepakatan. Iya lah, kan nitip beli barangnya via Airfrov, Jastip terpercaya di Indonesia! Jadi no worries, deh! I am happy and can't wait for my back to come to my hand. Yuhuu. *Ambil kalender, menghitung hari. Haha.

Mantemans punya barang idaman dari luar negeri yang ingin dititip-belikan? Sok atuh, download dulu aplikasinya, lalu order deh! 

Al, Bandung, 16 Januari 2019. 

8 comments:

  1. Wah kalau sedang traveling bisa sekaligus usaha juga, buka jasa titipan dengan daftar di airfrov ya. Nambah nambah buat uang jajan bisa nih hehehe

    ReplyDelete
  2. ah aku baru tau mbak, ternyata ada aplikasi airfrov ini 😍 aku suka jastip buku import mbak, tapi biasanya pake ig, hihi.. makasih mbak infonya 😘

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah manfaatin jastip. Khawatir nggak sesuai dengan angan. Tapi kalau jastipnya keren kayak gini, bisa dicoba kali ya mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Saya mau daftar jadi anggota Airforv saja ah. Tapi barangnya dikirim bisa tidak ya 😊😊😊

    ReplyDelete
  5. Baru tahu nih saya mbak sama yang namanya Airfrov. Asyik dong yaa kalau pas saya mupeng beliin pakaian lucu-lucu buat duo krucils di rumah. Lokasi produk jauh sampai luar negeri pun gak masalah.

    ReplyDelete
  6. Aku udah tau lama sih soal airnov ini mba al, tapi belum pernah nyoba takut ribet hehehehe, tapi setelah liat artikelnya mba Al kayaknya belanja di airnov itu mudah banget

    ReplyDelete
  7. udah pernah denger kalau ada platfom penitipan barang dari luar negri, tapi kayaknya Airfrov lebih mudah, kapan kapan mau coba lah. Salam kenal kak alvindwiputra.id

    ReplyDelete
  8. Wih, bagus banget konsepnya ya mbak!
    Sebenernya aku udah dari lama tau jastip kaya gitu. Cuma klo mau pake jastip dari akun sosmed, mau sebanyak apapun testi mereka rasanya kok tetep ada takutnya. Namanya juga duit dipegang orang lain ya. Tapi klo ada pihak ketiga kaya Airfrov, bisa kerasa lebih aman mau titip banyak sekalipun... :D

    Btw itu berarti harganya (barang+fee) kita dealing sendiri dengan orang yg bakal dititipi ya mbak? Atau ada patokannya?

    Bisikin dong biasanya kena charge berapa buat ongkos di luar harga barang, mbak... hehehe

    ReplyDelete