Yuk ke Blue Mosque - part 1

Melanjutkan dan ingin berbagi kisah pengalaman menjejakkan kaki di bumi Istanbul, maka ijinkan aku untuk langsung bercerita tentang kunjungan kami ke sebuah mesjid ternama, yang tak hanya menakjubkan, namun juga bikin hati adem banget saat berada di dalamnya, bersujud khusyuk di atas permadani lembut, menghadap sang Ilahi Rabbi. Mesjid itu dikenal dengan sebutan 'Mesjid Biru' alias Blue Mosque.
Istanbul mesjid biru
Foto koleksi pribadi, Alaika Abdullah

Blue Mosque alias Sultan Ahmed Camii Meydani

Nama aslinya sih Mesjid Sultan Ahmed [dalam bahasa Turkey disebut Sultan Ahmed Camii Meydani], tapi mesjid cantik nan megah ini lebih familiar dengan sebutan Mesjid Biru alias Blue Mosque. Terletak di alamat : Sultan Ahmet Mh., Torun Sk No. 19, 34400, Istanbul, Turkey. Kawasan ini adalah sebuah kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum tahun 1453 merupakan pusat kota Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium. Bertetangga dekat dengan situs kuno Hippodrome dan bersebelahan dengan Hagia Sophia. Mesjid biru ini, didirikan oleh Sultan Ahmed I untuk menandingi bangunan Hagia Sophia [Aya Sofia], buatan kaisar Bizantium, yaitu Kaisar Constantin I, yang dulunya berfungsi sebagai Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci dan sekarang telah diubah menjadi museum. Ah iya, sebelum diubah menjadi museum, Aya Sofia sempat digunakan sebagai mesjid selama kurang lebih 500 tahun, lho! 


Mesjid keren rancangan Sedefkar Mehmed Agha ini, berdiri tangguh dengan 6 menara rupawan yang tinggi menjulang, berkubah biru teduh dengan pucuknya yang berwarna emas. Atau jangan2 ini memang emas?
Dilihat dari segala sudut, mesjid ini memang megah mempesona, membuat hati ingin segera melangkah ekplorasi setiap areanya yang begitu luas. Memang, blue mosque adalah mesjid terbesar di kota Istanbul. Keren ya? 

blue mosque
foto koleksi pribadi, Alaika Abdullah
Bisa menjejakkan kaki di tempat ini, sungguh hal yang luar biasa bagiku. Tak sabar rasanya ingin segera mengubek-ngubek dan narsis ria mengekplorasi mesjid ini. Namun apa daya, ternyata kunjungan perdana kami kala itu, bertepatan dengan kunjungan rombongan Bapak Presiden Turkey (masa itu), Abdullah Gull yang akan melakukan shalat Jumat di sana. Sehingga, mau tak mau kami terkendala untuk dapat melenggang bebas wara wiri di seputar area. Tapi aku sendiri sih ga menyesali keadaan itu, malah bersyukur karena mata ini langsung sueger ger ger deh, Sobs, oleh pemandangan indah yang terpampang di depan mata! Hehe. Apaan coba, Sobs?
paspampres turki
Foto koleksi pribadi
passpampress
Foto koleksi pribadi
paspampress
Foto koleksi pribadi
Saking senangnya berada di area mesjid yang megah dan indah ini, aku langsung jadi orang katrok deh, Sobs! Happy banget jalan kesana kemari, mengamati setiap sudut [area luar] si mesjid cantik. Ga bisa ikutan shalat Jumat pun tak apa lah, cukup menanti di area luar sambil cuci mata mengamati beberapa anggota paspampres yang kebagian tugas jaga, sementara sang Presiden dan rombongannya melakukan shalat Jumat di dalam mesjid. Ayah dan adikku, tentu tak membuang kesempatan donk untuk ikutan shalat Jumat, apalagi bagi ayah, kapan lagi shalat Jumat dengan Presiden Turkey kalo bukan saat itu. Hehe. Kalo aku sih, kapan lagi cuci mata dan narsis ria mumpung lagi ada santapan seger object keren di depan mata. Sayangnya, ga punya nyali untuk mendekati dan minta foto bareng dengan salah satu dari mereka yang begitu gagah mempesona. Hayyah, Al! Ingat anak dan suami! Hihi.

Penampakan di bagian luar Mesjid Biru

Rasanya akan rugi banget jika hanya duduk-duduk manis di tangga mesjid atau bangku-bangku sekitar mesjid, menanti yang sedang shalat Jumat di dalam sana. Maka aku dan adik ipar, yang lebih senang megang kamera dengan aku sebagai modelnya, segera deh berwara-wiri mengeksplorasi bagian luar Mesjid Biru. Walau beberapa kali sempat disemprit diperingatkan secara sopan oleh anggota Paspampress yang guanteng-guanteng itu, karena kami memasuki area yang terlarang saat itu, kami tetap penuh semangat mengeksplorasi.

Baca Juga: Yuk, ke Blue Mosque Part 2

Seperti yang terlihat pada foto paling atas, halaman depan mesjid ini luas banget! Dipenuhi oleh taman bunga dan rumput, plus dipayungi pepohonan rindang. Berjejer bangku dari kayu, juga tersedia bagi para pengunjung untuk melepas lelah.
blue mosque istanbul
Bersama Ayah dan Adik, foto koleksi pribadi
alaika abdullah
Saking bersihnya taman mesjid ini, orang-orang langsung rebahan tanpa alas, deh!
Foto koleksi pribadi, lokasi: Mesjid Biru/Blue Mosque - Istanbul
Beberapa taman dengan rumputnya yang 'mengundang', juga menarik perhatian dan rasa iri. Andai taman dan rumput di Indonesia sebersih dan secantik ini, pasti banyak orang yang happy untuk bersantai ria di atasnya. 
Dan mereka juga manusia toh? Punya rasa lelah dan pengen rehat juga. 
Tapi yang ini apa anggota Paspampres juga?

Berkeliling Mesjid Biru memang mengasyikkan. Banyak pemandangan unik yang tertangkap mata dan memperkaya pengetahuan. Seperti yang ini nih, Sobs, para ibu [berada di halaman samping mesjid], yang sedang menengadahkan telapak tangannya, meng-amini doa imam yang sedang memanjatkan doa usai shalat Jumat di dalam mesjid.
turkish woman
Para wanita yang turut mengaminkan doa yang sedang dipanjatkan oleh Khatip di dalam mesjid
Lokasi: Mesjid Biru/Blue Mosque - Istanbul
Tapi pemandangan di sisi lain mesjid, juga sesuatu, lho! Lihat deh, Sobs!
mesjid biru
Pengunjung mesjid yang tak berpakaian muslim, duduk2 di tangga mesjid
Lokasi: Mesjid Biru
Ada banyak komentar sih melihat foto yang satu ini saat aku upload ke album di fesbuk-ku. Kebanyakan mempertanyakan apa tidak dibuat peraturan di Mesjid Biru ini, untuk berpakaian yang menutup aurat atau minimal sopanlah jika ingin berkunjung ke sini? 

Ada kok, Sobs!

Kebanyakan Mesjid di negara Muslim sekuler ini, telah menyediakan jubah dan selendang [berwarna biru dan hijau], yang dipinjamkan secara gratis bagi pengunjung yang berpakaian seksi minimalis, agar tetap bisa memasuki mesjid. Begini nih penampakan jubah yang telah dipakai oleh pengunjung yang tidak menutup aurat.

Jubah di Mesjid Biru
Oh ya, untuk menjamin keamanan sepatu/alas kaki, pihak mesjid juga telah menyediakan plastik-plastik yang bisa diambil pada tempat yang disediakan. Juga gratis. :) Tuh, lihat kan? Cowok di atas menjinjing-jinjing sepatunya, padahal ada rak cantik tempat menyimpannya lho! Takut ilang ya, Mas? Hihi

Masih mau lanjut ke dalam mesjid?

Udah panjang banget yak postingannya? Gimana kalo untuk edisi di dalam mesjid, kita lanjut pada postingan berikutnya aja? Biar mata Sobats juga ga lelah, gicuuu? :) So, see you in this post yaaa!

Related Post: Yuk, telusuri Selat Bosphorus!


catatan dan kenangan perjalanan ke tiga negara,
Al, Bandung, 10 Juli 2014

27 comments

  1. Wa keren sekali foto fotonya . Indah semuanya. Itu tuh sisi lain dari Masjid yang disebut mba sebagai "sesuatu" tampak seperti pada memalingkan wajah ya. Gadis Gadis berjilbab dalam foto itu seperti nenalingkan wajahnya, takut dijepret kamera kah? Hmmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang Asep, semuanya indah! Hehe, gadis-gadis itu bukan berpaling, tapi sedang melihat-lihat kayaknya, Kang. :)

      Delete
    2. mbak, lain kali jika mau kesonoh lagi...ajakin aku ya mbak. Biar gak bengong liatin poto-potonya duang ya

      Delete
    3. Hihi, hayuk Rie, kita main kesana lagi...

      Delete
  2. postingan ini punya sisi unik dari sekian banyak postingan ttg turki yg perng saya baca mak, mulai dari paspampresnya yg uhuyy haha, foto bersantai di taman, ples edisi hari jumat disana, ada foto tempat wudhunya gak mak? hehe penasaran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, semoga postingan ini menjadi pelengkap dari informasi-informasi yang sudah pernah ditulis oleh sahabat blogger lainnya ya, Mak. Foto tempat wudhu dan tempat penyimpanan alas kaki, kayaknya ada deh, tapi masih di dalam folder yang belum diresize deh. Foto2 yang ini, main comot dari album saya di fesbuk, biar praktis. Hehe. Nanti saya tambahkan yaaa, tapi kudu nyari dulu. :)
      Trims untuk kunjungannya.

      Delete
  3. Ah mak.. dikau emang.. keren tapi yang lebih keren tentunya para bodyguard ituh ya hihihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, emang mereka ituh keren banget! Serasa nonton thriller pilem2 detektif dweh. :D

      Delete
  4. fotonyaa keren bangettt. Itu asli pemandangan sana mak, warnanya bisa bagus bangettt huhuhuu mupeng niiiyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, Mak. Pake kamera keren adikku tuh. Kalo kameraku [HP], pasti ga akan bisa menghasilkan foto2 sebening itu dweh. :) Ayo, Mak, kesana atuh! Keren banget deh negeri yang satu ini.

      Delete
  5. di rusia juga ada mbak blue mosque krn masjid dilapisi keramik wana biru. memang lebih kecil tempatnya dari yang di turki tapi masjid ini dibangun atas insiatif soekarno bahkan di dalamnya ada kaligrafi tulisan arab dari ibu megawai soekarno putri ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Wah, nanti kalo ke Rusia, wajib shalat d Mesjid Biru yang satu ini nih, bangga deh rasanya ada kaligrafi tulisan Arab dari Bu Mega di sana. Trims infonya, Mba. :)

      Delete
  6. Kagum atas keindahan masjid ini.
    Tapi kok boleh ya manusia berseliweran dengan pakaian syuuur kayak gitu.
    Kalau orag Indonesia pasti nggak mau jadi tontonan kayak gitu.
    Terima kasih reportasenya yang ciamik
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pakdhe, mesjid ini memang indah banget.
      Hehe, begitu deh... mereka dengan santai berlenggang lenggong di halaman mesjid ini, tanpa rasa risih [tempat ibadah], barulah untuk msk ke dalam mesjid, mau tak mau mereka harus mematuhi aturan [memakai jubah dan pashmina].

      Trims atas kunjungannya, Dhe.
      Salam.

      Delete
  7. Di taman dekat air mancur itu camera saya ilang Dik Al.keren postingannya..masjid dan sekelilingnya punya magnit yang luar biasa tuk turis manca negara..makanya paket umroh plus Istanbul laris manis..nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, sayang banget Mba, kok bisa ilang? Ada juga pencopet di sana ya? :( Semoga bisa mendapatkan gantinya yang jauh lebih baik ya, Mba. :)

      Iya Mba, masjid ini memang sangat indah dan berdaya tarik luar biasa. :)

      Delete
  8. wowww... masjidnya benar2 indah...
    Berarti ketauan ya, pengunjung yg berjubah hijau, pasti pakainnya minimali hehehe

    ReplyDelete
  9. Wiiihh...keren2 fotonya Mak Al. Mau komen langsung loss focus deh begitu liat yg bagian mas2 bawa kresek isi sepatu itu xixixiii...

    ReplyDelete
  10. bikin betah berlama2 di masjid ini, ya

    ReplyDelete
  11. Eloknya masjid biru ini...
    taman pun digarap indah, nyaman untuk rehat rebahan. makin kagum nih mbak Alaika.
    Salam

    ReplyDelete
  12. Malam2 ga bs tdr, main ke sini menikmati foto2 cantik slh 1 masjid impian... Mksh mba Al... Jd mkn pengeen ke sana...

    ReplyDelete
  13. aduuhh kapan ya bisa kesana......

    ReplyDelete
  14. hahaha sudah kuduga pasti pemandangan yang sueger ger itu berupa "para pasukan pengawal presiden" hihihi..BTW rumput 'tetangga" boleh nampak hijau, tapi rumput di depan Masjid Bandung lebih "hijau" hahaha

    ReplyDelete
  15. namanya blue mosque,, tapi luarnya banyakan warna ijo nya ya

    ReplyDelete
  16. Enak banget sih, bisa bobok manja gitu di tamannya ya Mbak. Kalo di sini, mau bobok gitu boro-boro, banyak pup kucing di mana2 :))

    ReplyDelete
  17. Selalu menyenangkan membaca post liburan personal macam ini, rasanya pengen ikut terbang ke sana deh mba, tapi akhir-akhir ini sayangnya ancaman bom di turki makin sering, semoga ketika suatu saat bisa kesana Turki sudah aman lagi

    ReplyDelete
  18. Masyaallah, rumput yang indah...

    ReplyDelete