Yuk Ke Blue Mosque - part 2 | My Virtual Corner
Menu
/
Berbicara tentang Blue Mosque alias Mesjid Biru - Istanbul, kurang lengkap rasanya jika kita tidak melongok ke dalamnya, bukan begitu, Sobs? Tapi bagi Sobats yang baru mampir di sini, dan penasaran dengan penampakan bagian luarnya, sok ditilik terlebih dahulu postingan Yuk Ke Blue Mosque - part 1 yaa.

Dan bagi yang sudah ke part 1, yuk kini kita memasuki mesjid cantik yang termasyur ini yuk!

Bagian Dalam Mesjid Biru

Sebenarnya, sudah ingin masuk ke mesjid, pada kunjungan pertama itu [waktu rombongan Presiden Turkey shalat Jumat di sini], namun apa daya, setelah menanti sekian lama, tampaknya Mesjid masih juga ditutup untuk umum dengan alasan keamanan, maka kami pun memutuskan untuk beralih ke object wisata lainnya, dan akan kembali ke bagian dalam mesjid ini pada kesempatan lainnya. Dan.... Taraaaa... Here we are! Balik lagi ke mesjid, dua hari sesudahnya, dan kini siap untuk menghadirkan liputan keren, tentang keadaan di dalam mesjid indah ini. Yup, Mesjid Sultan Ahmed alias the Blue Mosque.

Dari luar, memang mesjid ini tidak menampakkan kesan biru, selain dari kubahnya yang berwarna biru dengan pucuk bernuansa emas. Warna dindingnya, tidak dicat sama sekali, sebagaimana mesjid-mesjid lainnya yang ada di negeri dua benua ini. Namun, Sobs, begitu kita masuk ke dalam mesjidnya, maka mata kita akan takjub dengan keindahan dan keunikannya. Dan jawaban mengapa mesjid ini disebut sebagai mesjid biru pun akan terlihat dengan jelas.

Blue Mosque

Keren amir ya, Sobs? Didominasi oleh warna biru pada ornamen-2 dinding mesjid berupa keramik terbaik sejumlah kurang lebih 20 ribu keping, sungguh bikin mata teduh dan hati takjub. Karpet sutra yang menutup lantai mesjid berasal dari tempat pemintalan sutera terbaik dan lampu-lampu minya yang tergantung itu, terbuat dari kristal, merupakan produk import. 


Ornamen bunga dan tanaman bersulur juga terpatri dengan indahnya, membiaskan warna biru saat cahaya matahari menyinarinya via 260 jendela kaca patri. Subhanallah, kang Mehmed Agha, sungguh piawai deh dirimu mendisain mesjid ini! :)


Tak hanya indah, tapi juga terlihat kokoh oleh sokongan pilar-pilar marmer yang tersebar proporsianal di seluruh bagian dalam mesjid. Lebih dari 200 kaca patri dengan aneka disain pun, tak ketinggalan memperindah mahakarya yang satu ini, dengan pantulan cahaya dari luar dibantu pula oleh chandeliers. Di dalam chandeliers diletakkan telur burung unta untuk mencegah laba-laba membuat sarang di dalamnya.



Dekorasi lainnya adalah kaligrafi ayat-ayat Al-Quran yang sebagian besar dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, salah satu kaligrafer terbaik masa itu. Sungguh membuat lidah tak henti berdecak, mengagumi maha karya yang satu ini. Subhanallah, sungguh agung, indah dan nyaman rumahmu ini ya, Allah....


catatan dan kenangan perjalanan ketiga negara,
Al, Bandung, 11 Juli 2014

20 comments

Subhanallah... Cantiknya masjid ini.. Sungguh karya agung utk memuja yg Maha Agung... TFS mba Al.. :)

Reply

allahu akbar
subhanllah...masjidnya indah sekali :)
Semoga tidak sekedar menjadi bangunan tetapi bisa menjadi tempat beribadah yang nyaman dan damai :)

Reply

Wow kerennya! Istanbul yah :)

Reply

Woooww keren ngeet lah kak..
kapan ya bisa kesana

Reply

subhanaAllah masjidnya indah banget mbak :(
jadi pengen liat secara langsung.

Reply

Iya, Mba Mechta, mesjidnya emang ciamik banget! Kereeen. :)

Reply

Sungguh brilliant perancangnya, ya, Mba? :)

Reply

Aamiin, betul, Mas, semoga tidak sekedar menjadi bangunan, tapi tetap menjadi tempat beribadah yang nyaman dan damai, ya. :)

Reply

Ho oh, sangat keren! Ayo, semoga bisa kesana suatu hari nanti yaaa. :)

Reply

Aamiin, semoga bisa melihat mesjid cantik ini secara langsung ya, Mba. :)

Reply

amiin yaAllah. btw manggil nama aja, gausah pake mba ;) hehe

Reply

Subhanallah... cantik bener itu masjid mbak...
Pasti betah banget berlama-lama di sana
Arsitek nya keren banget ih bisa buat masjid seindah itu

Selamat Idul Fitri 1435H, maaf lahir batin ya Mak #peluk

Reply

Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

Reply

datang berkunjung sambil menyimak, o iya minal aidin walfaidin ya, ditunggu kunbalnya

Reply

berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

Reply

itu lampu yang ditengahnya unik, ya :)

Reply

keren ... keren ... keren ...
l
gak perlu sholat 'id di blue mosque kan buat ngucapin mohon maap lahir dan batin? Gak telat juga, Kan?

Luv y, Mom! :)

Reply

Subhanallah .... Allahuakbar ... sungguh indah RumahMu ini Ya Rabb ... Maha Benar Engkau Ya Rabb, kalau ada perkataan dan perbuatan hamba yang salah dan keliru, pada hari Jum'ah yang agung ini hamba mohon diampuni. Hanya Engkau tempat sebaik-baiknya Pemberi Ampun karena Engkau Maha Pengasih Tak Pilih Kasih Kasih lagi Maha Penyayang Tak Pilih Sayang ... Aminnn ...

Saya pribadi baru memasuki Masjid Besar di timur tengah sana, baru di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Subhanallah ...

Reply