Menu
/
credit

Pasti kita udah sangat akrab dengan kalimat seperti ini deh, Sobs.

"Duh, sabar ya, saya sedang dikejar deadline nih." Ya enggak, Sobs?

Tak dapat dipungkiri, kita semua memang 'dikejar' oleh yang namanya DL alias Deadline, atau tenggat waktu. Baik itu DL pekerjaan kantor, DL urusan rumah tangga, maupun DL untuk urusan-urusan lainnya. Bahwa yang namanya DL, adalah batas waktu terakhir di mana kita memang HARUS menyelesaikan pekerjaan/urusan itu.

Dikejar Deadline, tak ayal membuat kita jadi uring-uringan, panik bahkan parahnya lagi, sukses bikin kita stress. Namun ada juga sih, yang menghadapinya dengan sikap santai, cuek. Salut deh dengan orang-orang yang bisa cuek beibeh begitu saja menghadapi Deadline yang sudah di ujung tanduk begitu. Hehe.

Nah, Sobs, pernahkah terfikirkan oleh kita, untuk tidak hanya 'nerimo' saja si deadline yang hobbynya ngejar-ngejar kita ini? Pernahkah terfikirkan oleh kita, suatu sikap, untuk membalikkan posisi? Agar si deadline 'kecewa' melihat kita yang telah ready [selesai] dengan tugas/urusan tersebut, justru sebelum jatuh tempo?

Sebenarnya, sudah banyak lho, tips-tips yang diberikan oleh para pakar, agar kita tidak dikejar-kejar oleh DL. Hanya saja, setelah membaca tips-tips itu, setelah mengiyakan dan mengangguk setuju, lalu kita dengan santai melupakannya. Dan kembali pada siklus/kebiasaan kita, menunda-nunda pekerjaan dengan alasan, ah, masih banyak waktu, misalnya. :)

Well, bicara tentang how to anticipate the stress coz by the deadline, yuk, kita coba baca kembali tips-tips berikut ini, yuk, Sobs.

Bekerja secara Terorganisir

Make a priority list. Ini adalah langkah jitu dalam memastikan kita untuk bekerja secara terorganisir. Tempatkanlah pekerjaan yang paling penting untuk diselesaikan secepatnya di urutan paling atas. Membuat daftar ini, dijamin akan membantu kita dalam  melihat berapa banyak pekerjaan yang telah dicapai dan apa saja yang masih tersisa untuk dikerjakan.

Butuh Persiapan yang Matang

Maju ke medan perang tanpa amunisi dan persiapan tempur yang cukup, sama saja dengan bunuh diri, ya enggak, Sobs? Begitu juga dalam hal ini. Untuk menyelesaikan suatu tugas secara profesional, tentu kita membutuhkan materi yang cukup dan benar-benar kita kuasai. Jadi, pastikan bahwa kita benar-benar mempersiapkan bahan/materi yang cukup, agar tugas yang kita kerjakan itu selesai dengan baik, dan sesuai deadline, atau malah lebih cepat dari deadline? :)

Hindari Segala Macam Gangguan

Fokus. Itu adalah kata yang tepat dalam memastikan kita dapat menyelesaikan tugas sebelum deadline. Caranya? Jangan bolak balik cek email, apalagi konek ke sosial media. Jangan deh, Sobs! Bisa nyangkut dan sulit lepas deh, kalo kita udah log in di sosial media. Haha. #Pengalaman pribadi.

Mengawasi Rekan Kerja

Jika pekerjaan yang kita kerjakan itu melibatkan tim [teamwork], maka pastikan bahwa anggota tim lainnya juga bekerja dengan baik. Karena teamwork, butuh kekompakan, saling mendukung dan tidak berdiri sendiri.

Bekerja Sesuai Rencana

Nah, ini sangat berguna dalam menghemat waktu kita, Sobs.  Pastikan teman satu tim atau rekan kerja kita, paham  apa yang sedang terjadi dengan kemajuan pekerjaan yang dilakukan. Hal ini bisa membuat kita dapat melakukan pekerjaan ganda melalui perubahan kecil yang dibuat.

Well, Sobs. Itulah sekilas tips yang bisa kita gunakan dalam rangka menghindari stres akibat pekerjaan yang tidak rampung dan melewati batas waktu [deadline]. Semoga bermanfaat ya, Sobs.

Eh, baidewai, jika masih butuh tips sejenis, sobats bisa banget main ke blognya sobat bloggerku di sini, nih! Miliknya Mba Arina Mabruroh, yang sering memberikan tips keren seputar traveling dan banyak hal lainnya, dan..., artikel-artikel inspiratif lainnya jugaaa. Check it out, deh, Sobs!

Saleum,
Al, Bandung, 8 April 2013


24 comments:

  1. biasanya kalau DL dah mepet, kreatifitas meningkat. kayak uber setoran kerjanya banting setir kanan kiri
    hehe. kalau udah ada perencanaan yang mantab, insya allah akan beres lebih cepat. penyakit umumnya tenang masih lama


    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, biasanya kalo udah dikejar deadline sih, kita seakan punya kekuatan ekstra, ya? banting setir dan ngebut abis. Haha.
      Tapi jauh akan lebih baik, jika kita mulai melatih diri utk membuat list of priority dan disiplin dalam menerapkannya, :)

      Delete
  2. Jangan melayani tilpon sahabat yang bertele-tele, basi-basi, ngrumpi.
    Jangan terima tamu senada di kantor.
    Jangan terpancing oleh chat FB yang ha hi ha hi
    Terima kasih tipsnya
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya, Dhe, bener banget. Soalnya kalo udah mulai chit chat, udah deh, dijamin kita akan terlena di sana dan lupa dg tugas yang sedang kita kerjakan. :D

      Trims kembali, Dhe.

      Salam sayang selalu. :)

      Delete
  3. blogging jadi interference di kerjaan saya si Mba Al. hehehe.. :D
    But surely do not procrastinate karena semakin lama kerjaan jadi semakin banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, dulu saya juga begitu lho, Dan. Saat stress oleh pekerjaan yang menumpuk, refresh sejenaknya adalah dengan blogging. And it's work lho. :)

      Delete
  4. Saya banget ini, Mbak. Walaupun udah tahu bagaimana mengatasinya. Kok yo tetep aja ndableg :)

    ReplyDelete
  5. Wah..wah..DL bikin pusing kepala mba...malah tambah naik darah lok gak kelar2..hehehhe

    ReplyDelete
  6. Intinya cuma satu ya Kak ...

    Planning ...
    Perencanaan ...
    termasuk didalamnya ... bagaimana mengantisipasi hal yang tidak terduga

    salam saya Kak

    ReplyDelete
  7. baca sambil mengangguk-angguk mengiyakan kemudian sedetik kemudian melupakan ahahaha

    ReplyDelete
  8. Kayaknya sekarang saya jarang dikejar DL mbak, maklum di rumah kerjaannya cuma momong si kecil. Tapi tips nya bisa dipraktekin kalau nanti sudah mulai kerja lagi :)

    ReplyDelete
  9. Ibu rumah tangga seperti akua juga sering dikejar deadline loh mbak :)

    ReplyDelete
  10. tau aja ni teh, lagi di kejar DL hari ini ;p

    ReplyDelete
  11. meskipun kadangkala saat kepepet tiba2 punya 'energi ekstra'..tapi dikejar DL memang tdk menyenangkan...dan kuncinya ada pada kedisiplinan ya mbak.. trims tips nya :)

    ReplyDelete
  12. yang media sosial memang itu mbak.. sering menyilaukanku mengerjakan orderan.. hehehe

    ReplyDelete
  13. DL itu jangan terlalu di bawa stress aja sih ..tetep santai selow jangan sampe kalah sama emosi ,kadang emosi bisa bikin kita kacau semuanya tetap kendali diri semaximal mungkin sobb .. beri otak kita istirahat sejenak supaya berjalan dengan baik dan ide ide cemerlang bakalan muncul tuh tanpa di duga duga hehe.. kreatif agresif spontanitas dan akal panjang pastinya hehe..

    ReplyDelete
  14. dulu sih sering banget berurusan dengan deadline. tapi sekarang udah gak.

    ReplyDelete
  15. sesuatu yang negative hindari aja laah
    intinya harus pinter memanag waktu

    ReplyDelete
  16. Biasanya ketika deadline justru ide-ide bermunculan. Hal yang awalnya tidak terpikirkan justru ketika deadline malah tiba-tiba muncul. ketika deadline, otak tiba-tiba malah bisa mikir dan badan ngerasa ga ada capeknya. tapi setelah itu baru deh ngedrop, hehe..

    salam kenal dari jogja

    ReplyDelete
  17. paling gak enak emang klo kerja sudah di dekat-dekat deadline

    ReplyDelete
  18. Kalau tidak mau dikejar deadline, maka harus disiplin dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Jangan suka nunda pekerjaan

    ReplyDelete
  19. atur prioritas dan manage waktu, kadang berpikir "perasaan tadi seharian udah ngerjan tapi kok belum slesai selesai", ya mungkin pengaturan waktunya kurang pas
    dan biasanya aku kalo menjelang deadline, ga perlu buka buka hape terutama sosmed, bisa makan waktu dan membuang waktu yg bisa digunakan untuk urus kerjaan

    ReplyDelete

Follow by Email