Natural TRE [Trauma & Stress Releasing Exercise] | My Virtual Corner
Menu
/

Natural TRE (Trauma & Stress Releasing Exercise
Setiap orang, pasti pernah donk dilanda oleh yang namanya STRESS? Atau jangan-jangan, malah pernah didera oleh Depresi atau malah trauma? Ga heran, sih, karena yang namanya problema batiniah (kejiwaan) ini memang sudah fitrah manusia, kok. Setiap orang, kan memang dibekali oleh dua rasa utama, yaitu rasa bahagia atau rasa sedih. Yang hadirnya bisa datang silih berganti, dengan level yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.

Nah, bicara tentang stress, depresi atau malah trauma, sebenarnya bukanlah hal baru, ya, Sobs? Setiap kita, pasti mengalaminya, cuma..., ya itu tadi. Levelnya saja yang berbeda. Ada yang bisa kita handle sendiri, atau malah mengharuskan kita melangkahkan kaki ke ruang prakteknya para psikolog segala. Karena jika terus dipendam, stress apalagi trauma ini justru akan menjadi penyakit, yang akan menggerogoti tak hanya hati dan pikiran, tapi juga penyakit bagi tubuh, gangguan tidur yang ga jelas dan nyeri-nyeri di badan.

Etapi, tahukah Sobats, bahwa sebenarnya TUBUH kita sendiri pun punya keahlian untuk menangani stress dan trauma? Yes! Beneran, lho! Tuhan menyisipkan kecerdasan yang luar biasa pada tubuh kita untuk kemampuan ini! Kecerdasan untuk merilis dan mengobati tak hanya stress, tapi juga depresi bahkan trauma. Oh, really? How can? Kok bisa, Al? Pake metode apa? Kok rasanya belum pernah dengar?

Yup! Beneran, lho! Pernah dengar istilah TRE? TRE itu adalah singkatan dari Trauma & Tension Releasing Exercise. Jadi TRE ini adalah suatu teknik/metodologi merilis stress atau pun trauma melalui getaran yang dilakukan oleh tubuh. Jadi ini adalah exercise di mana kita memerintahkan tubuh kita untuk bergetar. Dan ini bukan sembarang getar, karena kita ga bisa memerintahkan tubuh kita untuk bergetar dengan begitu saja, pada bagian yang kita inginkan, melainkan si tubuh sendiri lah yang akan menentukan bagian mana yang perlu digetarkannya untuk merilis stress atau trauma yang kita alami. Sounds unfamiliar, yak? 

Aku awalnya juga ga percaya. Apalagi aku orangnya kan emang logis banget. My logical thinking tuh sulit banget disugesti dengan hal-hal yang seperti ini. Masak, sih? Tubuh bisa bergetar dengan sendirinya? Sesuai kebutuhan si tubuh itu sendiri pula. Ah, unbelievable lah, ya? Namun, ketidakyakinan ini lah yang akhirnya membawaku, manut ajakannya Nchie Hanie untuk ikutan seminar TRE pada suatu hari. Dan di seminar ini lah mataku mulai terbuka, dan kagum. Ini baru pada tingkat seminar, lho, ya! Yang just discussing about the theory of TRE doank. Ok, TRE memang menarik banget. Tapi untuk lanjut ke workshopnya, aku kayaknya belum perlu, deh. Karena so far, aku yakin masih bisa menghandle stress dan trauma ku sendiri. Bukan apa-apa, harga untuk workshopnya emang mihil, euy!

Natural TRE Workshop dan Aku Terbelalak, KAGUM pada kecerdasan tubuhku sendiri.

Yes, suatu hari, aku dan Nchie Hanie dapat kesempatan untuk ikutan Natural TRE di DF clinic. Karena sudah tau teorinya di seminar tempo hari, jadi kehadiranku di ruang workshop Natural TRE di DF Clinic ini sebenarnya hanyalah untuk membuktikan dengan mata kepalaku sendiri, APA IYA tubuh kita ini memang cerdas. Dari awal berangkat dari rumah, aku tuh udah membawa ketidakyakinan bahwa tubuhku itu tidaklah secerdas yang digambarkan. Orang lain, aku yakin, pasti akan bisa shaking alias bergetar. Tapi aku? Hiks.... pasti ga akan bisa! Aku tuh udah pernah ikutan sesi hypnotherapi apa gituh, yang ujung-ujungnya, aku tuh ga berhasil dihipnotis, karena pikiran dan akal sehatku ga rela menuruti omongan si therapist nya, hehe.

Jadi yang ini pun, pasti akan sama lah.

Etapi, Sobs! Lain kejadiannya dengan Natural TRE ini, lho! Setelah 6 langkah latihan pembuka, akhirnya tubuhku bisa bergetar! It's shaken itself, lho! YES, tubuhku ternyata JUGA CERDAS! Hehe. I am so happy. Yup, aku bahagia banget, walau tingkat shaking/bergetarnya tubuhku hanyalah terbatas pada bagian kaki, betis hingga paha doank, sementara sebagian teman lainnya yang ikutan sesi hari itu, bisa bergetar hebat seluruh tubuhnya. Ga masalah, sih. Apalagi, sesuai penjelasan dr. Dave dan Pak Irawan, sang instruktur, bahwa sebenarnya level shaking itu adalah sesuai kebutuhan tubuh kita. Jika stress atau trauma kita levelnya tinggi, maka shakingnya pun akan hebat bahkan bikin kita terheran-heran. WOW! Sebegitu pintarnya tubuh kita, ya?

Dan..., efek dari getaran itu apa, Al?

Hm, efeknya berbeda-beda dan tentunya ga instant, lah, ya. Namun keunggulannya adalah, Natural TRE ini bisa kita lakukan kapan dan di mana saja. Ga butuh peralatan ini itu, cukup sehelai matras pillates untuk alas agar tubuh kita tidak terbentur lantai yang keras jika shaking kita level tinggi.
Efeknya bagiku sendiri, saat itu adalah, rasa letih dan penat pada bagian kaki, betis dan paha tuh kerasa lebih ringan. Jadi enakan setelah shaking. Selain itu, ga ngerti, deh, ini sugesti apa bukan, tapi aku merasa bahagia yang gimanaaaa gitu, Sobs! Itu baru shaking pertama, lho, ya.

Nah, setelah di rumah, aku coba shaking lagi sebelum tidur, berhasil. Ga perlu latihan 6 langkah pembuka itu lagi, sih, Sobs. Cukup tiduran dan meminta tubuh untuk releasing my stress. Yup, aku mensugesti diri dan pikiran, untuk sejenak percayakan segala urusan releasing stress pada tubuhku yang cerdas. Maka setelah itu aku rileks, dan tubuh pun dengan lancarnya shaking/bergetar.

Subhanallah. Tubuhku ternyata juga cerdas. Dan, sejak itu, aku rajin TRE/shaking setiap malam sebelum tidur. Tujuannya adalah, merilis seluruh emosi yang tercipta di sepanjang hari, agar tidak ikut serta di dalam tidurku, sehingga pagi harinya aku bisa bangun dengan lebih damai dan siap menyambut hari dan beraktivitas dengan lancar.

Sejak mengenal Natural TRE, aku merasa jauh lebih baik dalam menghandle stress yang melanda. Bahkan bisa merasakan kedamaian dan emosi jadi lebih terkontrol. Thanks to dr. Dave dari DF Clinic untuk kesempatan ini, dan specially my big thanks go to Pak Irawan Senjawa, yang telah membantuku untuk bisa melalukan Natural TRE by shaking. 

Sobats juga ingin mencoba metode rilising stress dan trauma melalui Natural TRE ini? Bisa banget, akan ada seminar Natural TRE di DF Clinic, pada hari Rabu, 22 Februari 2017, pukul 9.00 - 12.00 wib (on time) dengan fee ONLY. IDR. 100.000,-
Reservasi ke 022-2010593

Ingin tau lebih banyak tentang TRE in my experience? Tunggu postingan lanjutannya, ya, Sobs! Natural TRE, kini menjadi sahabat terdekatku dalam menghandle stress dan trauma, lho!

Tentang TRE (Trauma & Tension Releasing Exercise)
Al, Bandung, 15 Februari 2017
15 comments

Andaikan ada di Jakarta langsung aku meluncur mba. Pas nih buat hilangkan stres jelang Pilkada. Heheh

Reply

Iya ya Mbaa...

Menyadari tubuh itu cerdas shaking dengan sendirinya, so tak perlu menceritakan stress/masalah/trauma cukup merelease dengan sendiri.

Yeay..mari shaking truus!
Hayu goyang dombret cyiin!

Reply

buat aku yg gampang trauma, kayaknya aku butuh banget ilmu ttg ini ya mbak. sayang jauh :(

Reply

Saya nih yang gampang banget stress, makasih mba Al artikelnya.

Reply

wow, aku jadi penasaran shakingnya gmn. Krn sugesti diri kita kah mbak? ga ada videonya?

Reply

Kak Alaika, aku jadi penasaran bagaimana langkah TRE nya,

Reply

Koq bisa ya mbak, dengan getaran bisa menghilankan stres? Setahu aku sih dengan metode tarik nafas dalam, hipnoterapi, atau pun dengan teknik spiritual lainya. Jadi penasaran deh! Oia mbak, intip juga dong ke tulisanku yang ini http://www.yellsaints.com/2017/02/sering-nyeri-pada-payudara-ini-solusi.html

Reply

Patut dicoba nih Mbak Al, moga insomniaku sembuh pas aku rajin nglakuin ini TFS

Reply

Kasih tau dong mba, gimana caranya. Hehe. Ditunggu postingan selanjutnya, semoga tentang tutorial TRE. Pengen praktekkin. ;)

Reply

Wah, praktis yah bisa dilakukan sesegera mungkin ketika lagi stress

Reply

Wow...jadi pengen cepetan ikut workshop TRE, semoga bisa menjalani hari dengan lebih bahagia dan powerfull

Reply

Pengen ikuuttt, tp sayang jauuhhh, moga2 di sini segera ada,
Makasih share ya mbk,

Reply

Mudah - mudahan segera di buka di Jakarta, penasaran banget pengen cobain juga :)

Reply

Wah kalo ada di Jakarta penasaran juga nih. Siapa tau bisa mengurangi kesulitan tidurku...slm kenal mbak Alaika 😊

Reply

Halo mba nchie..
Mau tanya gimana hasil latian TRE nya? Dilakukan tiap hari kah?

Reply