Cari Mobil Trendy? Sudah ke 123 dot Com? | My Virtual Corner
Menu
/
Sebenarnya, sih, belum pengen ganti mobil. Habis, si Gliv, mobil yang selama ini setia mengantar ke sana sini itu masih oke banget. Etapi, kekasih hati dua minggu lalu ngabarin bahwa di pekerjaan barunya, dia dapat dana transportasi yang nilainya cukup banget untuk bayar cicilan bulanan sebuah mobil baru. Jadi mending beli mobil kedua kan daripada sewa mobil bulanan? Dan untuk mobil ke dua, apalagi yang akan dipake oleh doi, tentu ga perlu yang mahal-mahal banget lah, yang pasti adalah yang cicilannya enggak mengganggu uang belanja. Haha. *BiniMatre.

Maka, mulailah aku browsing-browsing, mencari mobil yang pas untuk kebutuhan ini, namun juga tetap trendy, dalam artian adalah mobil masa kini, yang terkoneksi dengan kemajuan teknologi IT. Memang sih, penggunanya bukan lagi anak muda, namun ga ada salahnya donk, jika teknologi mobil masa kini itu juga dinikmati oleh pengguna yang usianya sudah tak muda lagi?

Beberapa merk mobil dengan mobil andalan yang diperuntukkan untuk anak muda pun, mulai masuk ke dalam list. Yup, mengapa aku memfokuskan mencari mobil yang segmennya diperuntukkan untuk anak muda? Karena, biasanya produsen mobil tentu juga mempertimbangkan bahwa anak muda itu kan dompetnya terbatas.Artinya, daya beli anak muda, tentu belum sedasyat orang-orang tua yang sudah mapan. Makanya, pemikiranku, untuk membeli mobil kedua, biarlah, kita cari yang berada pada segmen anak muda.

Dan pucuk dicinta ulampun tiba. Dapat undangan kece dari mobil 123 dot com, yang mengundang para blogger untuk gathering di Bandung. Asyik. Ini saat yang tepat untuk menambah pengetahuan tentang mobil yang sedang diincar, nih. Siapa tau kan, sepulang dari gathering ini, aku malah bisa memastikan mobil mana yang akan kami beli nantinya.

Maka, dengan mengabaikan hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, aku berusaha datang tepat waktu, dan bergabung dengan teman-teman blogger lainnya mengikuti talkshow yang bertema kece ini.
Apa sih temanya, Al?

'Memilih Mobil Terbaik untuk Anak Muda'

Hm, tema yang menarik dan sesuai banget untuk kebutuhan kami. Iya, donk. Meskipun umur masuk dalam generasi X, namun dalam hal selera boleh donk ikut generasi Z? Yup, umur boleh larut namun jiwa dan semangat tetap muda, toh? Hehe. Apalagi, kami juga punya anak muda yang akan ready to drive this youth car. *Ngeles.

Diiringi rintik hujan, satu persatu para blogger dan awak media pun mulai memenuhi ruangan tekape, Atmosphere Resort Cafe, yang terletak di jalan Lengkong Besar No. 97, Bandung.

Mobil 123

Ditemani iringan musik dan lantunan lagu asyik dari si teteh cantik berhijab, kami menikmati coffee break sambil menanti panitia siap untuk menghadirkan para nara sumber. Seperti yang sudah disampaikan oleh MC, maka ada tiga narasumber yang akan tampil di dalam acara talkshow ini, yaitu:

1. Deni Rohmat (Sales Supervisor Auto 2000, Cabang Soekarno Hatta Bandung)
2. Indra Prabowo (Managing Editor Mobil 123.com)
3. Irwan Nurgiandy (Head of Marketing Mobil 123.com)

Sesuai urutan, maka yang pertama tampil adalah Kang Deni Rohmat. Si akang ini, adalah Sales Supervisor Auto 2000, udah pasti doi bakalan ngobrolin mobil-mobil bermerk Toyota, donk? Etapi, sebelumnya, Kang Deni memberikan tips tentang cara-cara memilih mobil. Wah, pas banget, nih! Langsung deh aku nyatet, nyatetnya di twitter yak! @alaikaabdul boleh deh diintip juga di sana, Sobs! Cari aja hashtag #mobil123 dan #mobilanakmuda pasti akan nemu twittan2 dari aku, tuh, Sobs!

Jadi menurut Kang Deny itu, ada tiga tips dasar di dalam memilih mobil untuk anak muda, lho! See the image below, ya!


1. Yup, yang pertama adalah Economy. 

Iyalah, kan yang namanya anak muda itu, duitnya masih terbatas. Walo ga semuanya, sih. Namun kebanyakan dari mereka, jika pun sudah mulai punya bisnis, namun juga masih kuliah dan belum mapan benar untuk membeli sebuah mobil dengan harga yang wow! Makanya, dalam memilih mobil pun, disarankan untuk benar-benar menerapkan prinsip ekonomi, yaitu dengan dana yang minimal, namun bisa beroleh manfaaat/fungsi yang optimal.

2. Safe & Secure.

Kalo yang ini, sih, semua pembeli mobil, baik yang muda mau pun yang tua, kudu banget mementingkan faktor ini. Untuk apa harga murah namun safe & secure-nya tidak terjamin? Makanya, faktor safe & secure ini menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

3. Connectivity. 

Hari gini rasanya tak terhubung dengan internet pasti bikin mati gaya lah, ya? Orang-orang usia dewasa saja kini tak bisa lagi jauh-jauh dari gadget, konon lagi anak-anak muda yang memang senantiasa terhubung dengan yang namanya internet. Baik gadget, tablet hingga laptop, silih berganti menemani keseharian mereka. Apalagi di saat mengemudi dan terjebak macet, huft, rasanya bisa mati gaya tanpa terhubung ke internet. Untuk itulah, Toyota dengan cerdas mencermati fenomena ini, sehingga mobil masa kita besutan mereka, sudah terkoneksi dengan internet, sehingga usernya, tak perlu lagi melanggar aturan lalu lintas (larangan menggunakan HP di saat mengemudi), karena kini, HP mereka sudah terkoneksi dengan device-device yang dibenamkan di dalam kendaraan sehingga sinkron dan bisa berfungsi optimal bahkan di saat sedang mengemudi, tanpa harus utak atik HP. Wow, keren, ya?

Salah satu mobil yang paling cocok dan memiliki ketiga faktor ini adalah Toyota Sientha, yang dirilis pada Mei 2016 kemarin. Aih, kalo ini, mah, sudah ada di listku sejak awal, nih. Jadi makin mupeng setelah mendengar penuturan Kang Deni, deh! Dibanderol senilai IDR. 230 juta, mobil ini sudah bisa dibawa pulang. Hiks... etapi, kami kan mau kredit, Kang Deni! Hehe.

Ingin Beli yang Bekas saja? Baca dulu tipsnya, deh!

Ga masalah sih, jika ternyata Sobats malah pengen beli yang bekas. Bisa merapat ke mobil 123 dot com deh untuk baca-baca dulu tipsnya. Mobil 123 dot com adalah sebuah marketplace mumpuni, di mana kita tak hanya bisa menemukan aneka mobil sesuai kebutuhan dan keinginan kita, namun juga berisi edukasi dan tips bagi kita yang ingin belanja mobil baru mau pun bekas. Jadi, sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas, ada baiknya jika kita baca-baca dulu tips yang diberikan. Ga mau kan jika mobil bekas yang kita beli itu ternyata malah pernah dipakai untuk tindak kriminal, bekas banjir besar, bekas dipakai merampok dan hal negatif lainnya? Makanya kudu baca-baca tips ini dulu, deh, Sobs!

Tips berbelanja mobil bekas.

1. Pilihlah dealer terpercaya. 

Jika Sobats berniat membeli mobil dari marketplace outomobile online, pilihlah yang dealer2nya telah terverifikasi. Di mobil123 dot com, seluruh dealernya sudah terverifikasi. Silakan dipilih dipilih, dan jangan lupa untuk membandingkan juga dengan harga dari dealer-dealer lainnya untuk perbandingan.

2. Cek Fisik Mobil

Ini, mah, HARUS. Masak kayak beli kucing dalam karung? Ga mau, donk? Makanya kita harus lakukan cek fisik kendaraan yang kita inginkan terlebih dahulu. Caranya?


  • Periksa tempat tinggal si pemilik mobil baik sekarang atau sebelumnya, apakah daerah banjir atau bukan?
  • Periksa lampu depan mobil. Jika lampunya berembun sementara mobil terlihat baru, kudu dicurigai tuh, Sobs, ini mobil bisa jadi kena banjir, lho!
  • Cek karpet bawah mobil. Jika mobilnya pernah kebanjiran, maka karpetnya sdh gimbal dan tidak lembut lagi. 
  • Untuk memastikan sebuah mobil bekas yang ingin kita beli tidak terkena kasus, bisa kita cek ke riwayatnya ke kantor polisi terdekat.
  • Cek juga tentang pelunasan mobil. Pastikan riwayat pembayarannya jika mobil adalah kredit, dan cek kuitansi pembayaran tunai plus BPKB jika mobil adalah beli tunai. 
3. Cek Riwayat Service.

Ini juga penting banget. Untuk memastikan apakah mobil yang kita beli ini cukup terawat dan diservice pada bengkel rujukan untuk merk mobil yang akan kita beli. Misalnya jika mobilnya adalah Toyota, maka sebaiknya mobil ini memiliki riwayat perawatan yang dipercayakan ke Auto 2000, jika Nissan, maka ke Nissan, dan seterusnya. 

Mobil yang dirawat dengan baik dan teratur, sudah pasti akan memberikan performa yang baik dan bagus pula. Dan tentunya mobil bekas yang seperti ini yang ingin kita beli, bukan?

Nah, Sobs, ternyata membeli mobil bekas itu butuh kejelian tersendiri agar kita ga rugi, ya? Sok atuh, yang ingin beli mobil baru mau pun bekas, bisa banget mampir ke mobil123.com, lho! 

Yuk, cari mobil di mobil123.com
Al, Bandung, 30 Oktober 2016

14 comments

Bener banget, mb.beli mobil bekas (aoa aja sih sbenarnya,pokoknya bekas ya) klo ga paham-paham banget...justru jadi ngeluarin budget gedeee.tengkyu infonya, mb

Reply

Ahhh..berhubung Emak2 (ga muda) lagi, tapi tetep berjiwa muda, boleh lah Mbaaaa beliin Toyota Sientanya.

Yuk ngintipin harganya di Mobil123, kali aja ada promo diskon 50% yeaay

Reply

Tipsnya cocok banget neh buat saya ... *)ambil payung bisi disebor

Reply

Bener mbak, beli mobil bekas itu lebih tricky timbang yang baru. Harus dicek bener-bener dan gak asal percaya sama omongan penjualnya. Pengalamam pribadi soalnya, asal percaya dan cuma liat body mobil yang masih mulus, ternyata kerusakannya buanyaaakk, T.T

Reply

Asik ya mbak mobilnya support koneksi dengan gadget, jadinya ga khawatir terancam keselamatan gara-gara fokusnya terpecah. Ah aku juga mauuu nih Toyota Sientanya.

Reply

aku pingin juga donk mobilnya mbak, tapi sayang blm ada duitnya ... hehehe

Reply

keren juga ya mbak mobilnya , sdh bisa terhubung dengan gadget. jadi tdk takut lagi tersesat karena udh ada GPS nya

Reply

Wah nice tips mbak... tips beli mobil bekasnya noted, ga kepikiran buat buka bawah karpet juga. Ternyata mengindikasikan sesuatu ya...

Reply

Nah point 3 tuh, cek riwayat service. Supaya tidak beli kucing dalam karung. Bisa-bisa pengen untung, malah buntung.

Reply

Wah bagsu nih bisa jadi referensi.... pengennya sih toyota shienta

Reply

Pengen banget beli mobil untuk keluarga yang nyaman untuk dikendarai.

Reply

Wah canggih ya, sekarang semuanya beli online, bahkan sampai-sampai mobil pun juga. Mantap

Reply

alhamdulillah ada informasi bermanfaat lagi, ya sebenernya cuma selancar di internet tapi ketemu website ini setelah di baca manfaat juga., terimakasih banyak ya .. :-)

Reply

referensi penting niiih kalau pulang nanti :)

Reply