Cara Membuat Stiker Sendiri di Telegram | My Virtual Corner
Menu
/

Aha! Sesuai janji, maka hari ini, mumpung lagi jenuh karena kudu bedrest terus akibat terpapar si virus Varicella Simplex [cacar air], yuk, kita belajar cara bikin sendiri stiker untuk telegram. Pasti banyak yang penasaran kan, gimana sih itu, stiker bisa nemplak nemplok cantik di room chat? Pake foto wajah sendiri pulak? Atau malah foto anak tersayang, atau kekasih hati. Ihiiy!

Udah coba search di rumah si Mbah dan hasilnya seragam, yang malah satu dua artikel ditranslatekan asal jadi menggunakan google translate, yang malah ujung-ujungnya bikin bingung, tanpa hasil yang mencerahkan? Hihi.

Oke, yuk, biar ga panjang-panjang mukadimahnya, kita langsung ke tutorial ala Alaika Abdullah, yuk!

Yang dibutuhkan untuk membuat Sticker

1. Beberapa buah foto diri, baik color picture, cartoon diri, manga atau apapun yang ingin kita jadikan sticker.

2. Rangkaian kalimat yang sesuai keinginan untuk masing-masing gambar.

3. Aplikasi olah foto, aku sendiri menggunakan photoshop.

Berikut adalah beberapa image dasar [belum diolah] yang aku siapkan untuk membuat sticker.



Hihi, imut ya image2nya. Jangan tanya bagaimana membuatnya ya, Sobs, karena gambar-gambar di atas itu dibuat pada masa jaya-nya Line Sticker dulu. Sekarang sih udah ga ada lagi aplikasinya. Ga tau deh, kenapa Line ga menerbitkan lagi. Nah, waktu itu aku bikinnya langsung bikin ke dalam format jpeg, jadi ga bergantung lagi pada aplikasi onlinenya. Jadi saat diperlukan masih gampang utak atiknya.

Mari Membuat Sticker.

Ada 3 tahapan/langkah untuk membuat stiker sendiri for our telegram.

1. Utak atik dan finalisasi image di Photoshop
2. Kirim ke Mr. Bot-nya telegram
3. Add link sticker yang dihasilkan Mr. Bot ke telegram kita.

Yuk, langsung ke langkah pertama, ya!

1. Langkah Pertama : Utak atik dan finalisasi image di Photoshop

- Buka dulu aplikasi Photoshopnya di kompi. Ya iyalah, masak buka photoshop di android?

Aplikasi Photoshop
Jendela Photoshop yang baru dibuka

Import image yang mau kita utak atik, dengan klik File, Open, lalu pilih image yang mau diimport ke photoshop. Kalo aku, yang ini, nih! 



Bikin 'selection' dengan menandai bagian-bagian yang ingin kita keep /pertahankan dengan cara menggunakan 'pen tool' selection. Bisa juga sih menggunakan selection tool lainnya, tapi kalo aku lebih asyik pake pen tool ini, Sobs!

Lalu mulailah membubuhi titik demi titik, dari awal bagian yang ingin kita keep [titik A], hingga ke titik akhir [titik A lagi]. Jika ada yang salah tarik titik-titiknya, tinggal klik history dan kembali ke layer yang diinginkan. 

Bingung di mana history? Coba perhatikan baik-baik gambar di bawah ini, ya! Yang udah mastah/mastih photoshop, boleh banget nih bantuin jelasin. Okeh?


Setelah titik demi titik terhubungkan, hingga titik B terhubung ke titik A kembali, maka double klik dan pilih 'make selection'. Maka, akan terlihat lah bingkai garis putus2 yang bergerak, yang menandakan kita sudah menyeleksi gambar yang ingin kita keep tadi. 

Biarkan dulu seperti itu, kini lakukan Ctrl N [perintah untuk membuat New Layer/File]. Akan muncul sebuah jendela, dan pastikan ukuran dari layer baru ini adalah 512 x 512. Itu adalah ukuran gambar yang diminta oleh Mr. Bot dari telegram. Jadi jangan kurang dari itu, ya!


Tekan OK, maka kita akan berada di layer baru akibat dari aksi CTRL N tadi. 

Seperti ini layeru barunya. 
Arahkan kursor kembali pada layer di mana gambar yang kita make selection tadi berada. Jangan lupa, pindahkan posisi kursor dari pen tool ke move tool [yang paling atas kiri], agar kita bisa memindahkan gambar yang sudah kita seleksi tadi ke layer baru. 

Seret atau drag selection kita tadi ke layer baru, perhatikan sampai si layer baru muncul di layar, dan selection kita menempel di layer baru. Jika sudah, atur dan sesuaikan ukurannya. Gampang banget, tinggal dibesarkan atau kecilkan gambarnya. Jangan lupa, agar gambar tetap proporsional, saat membesar-kecilkan gambar itu, tekan tombol shift dengan tangan kiri, sementara tangan kanan membesar-kecilkan gambarnya. Agar gambarnya tidak peyang saat melepas kursor, lakukan antisipasi ini. Lepaskan tangan kiri dari tombol shift terlebih dahulu, baru kemudian lepaskan tangan kanan dari kursor. 

Setelah dipindahkan selection-nya ke layer baru
Biar cakep, pinggiran gambar yang baru kita potong itu kita kasih 'stroke' ya, biar ngebingkai agar cantik. Caranya? Hm, pada tulisan layer tuh sebelah kanan, double klik, akan muncul pop up window di mana pilihan stroke nanti ada untuk kita centang. Centang deh tanda stroke itu, dan sesuaikan warnanya. 

Tambahkan kalimat [Text]nya dengan membawa kursor pada 'T' di sebelah kiri layar, dan ketiklah kalimat yang kita inginkan. Kalo dalam gambar ini, aku menggunakan tiga layer untuk merangkai kalimatnya. Seperti ini, Sobs!


Nah, setelah gambarnya jadi, kita simpan dalam format PNG [sesuai permintaan mr. Bot], simpan juga dalam format aslinya yaitu psd agar kalo mau kita utak atik lagi, gampang. Cara mudahnya adalah, Ctrl klik semua layer yang aktif, baru tekan CTRL E, tujuannya untuk menyatukan semua layer untuk disimpan di satu file. Yup, save as dalam format PNG untuk Mr. Bot. 

Nah, gimana, Sobs, untuk langkah2 ini, mudah-mudahan berhasil diikuti dengan baik, ya! Kalo ga berhasil juga, minta bantu teman dulu deh bikin image finalnya, baru kita kirim ke mr. Bot. 

2. Langkah Kedua: Kirim rangkaian image final ke Mr. Bot.

Ok, setelah selesai finalisasi image, barulah kita pedekate dengan Mr. Bot. Tenang, robotnya baik kok. Malah sok cool, kalo kata akuh sih! Haha. Terus Mr. Bot itu, duduknya di mana, Al?

Sebenarnya, Mr. Bot itu ada di dalam kontak kita. Menggunakan username: @stickers , dan jika memerlukan bantuannya, maka kita tinggal open chat khusus untuk Mr. Bot. So, are you ready? 

Kita mulai, ya! 

Pilih kontak atau pada tanda pinsil di samping kanan laman telegram, klik tanda pinsil itu. Muncul daftar kontak, kan? Pada kolom search, masukkan username @stickers dan terbukalah kolom chat untuk berdialog dengan Mr. Bot.

Ada baiknya, untuk hasil maksimal sih, gunakan telegram via web [web.telegram.org] untuk ngobrol sama Mr. Bot dan bikin stickersnya, biar cepat dan jauh lebih asyik.


Untuk memulai paket sticker baru, maka pilih 'newsticker' pada tanda slash [/] yang terletak di samping icon smiley itu. Karena aku sudah punya paket sticker pribadi sebelumnya, maka aku memilih opsi 'addsticker' seperti yang terlihat pada gambar di atas. 

Ga masalah sih, petunjuk yang diberikan oleh Mr. Bot cukup jelas kok. Nah, setelah kita pilih newsticker atau addsticker, maka selanjutnya kita akan diminta oleh Mr. Bot untuk memberikan icon smiley, pilihlah icon yang kita mau, kalo aku sering memberikan icon smile [senyum], biar, iya donk, kan biar adem. Hihi.

Setelah si bot menerima icon smiley dari kita, maka dia akan minta kita untuk upload image. Nah, uploadlah image yang tadi sudah kita siapkan. Ingat ya, ukuran image adalah 512 x 512 pixel, dan ukuran file ga boleh lebih dari 350 KB. 

Kalo lebih Mr. Bot langsung nolak kayak gini nih! 



Jadi usahakan agar ukuran filenya sesuai yang diminta oleh Mr. Bot, ya, Sobs! Soalnya dia keras kepala juga tuh, ga mau terima walo bolak balik kita kirimin file yang sama dan diluar ukuran yang dia minta. Haha.

3. Menambahkan Sticker ke Telegram

Nah, setelah image diterima oleh Mr. Bot, maka langkah selanjutnya adalah tinggal tunggu sticker diproses dan dikirim balik ke kita dalam bentuk link. Klik link itu, dan begitu terbuka, akan ada opsi, add to sticker, maka langsung deh add ke sticker. Boleh juga dishare ke temen atau handai tolan kalo ingin pamer. Hehe. 



Eh, sticker itu letaknya dimana? Hah? Masih nanya? Ini lho, yang bentuknya kayak lingkaran yang bagian atasnya sobek. Kalo di web, stickernya ada di bagian chat, berbentuk icon smiley. 

Okeh, selamat mencoba yaa, semoga berhasil! Kalo ga bisa bikin imagenya, minta tolong adik, anak, ponakan atau siapa aja yang bisa deh! Untuk bikin stickernya, kudu bisa sendiri, kan dibantuin oleh Mr. Bot! 

Tutorial ala Alaika Abdullah
Bandung, 12 Februari 2016



36 comments

Wahh.. thanks ya mbak infonya langsung nyobain ah

Reply

Bookmark...makasih mb Al...
kudu nyobain nih

Reply

makasi ya mba Al tutorialnya. masih raba2 blm paham benar. tapi tetap mau belajar juga.

Reply

Kudu coba nih, tapi belum instal aplikasinya hehehe, tapi udah di bookmark kok :) makasih mak ilmunya

Reply

Ini keren banget, mba Alaikaa. Jadi ingin mencoba. kreatif banget sih, mba :)

Reply

Ih lucu-lucu banget mbak stickernya :D asyik ya kayaknya :D

Reply

Wiiih cantik-cantik ya hasilnya? ^^ Baru nyobain instal telegram

Reply

Aplikasi yang banyak dijumpai di internet semakin memudahkan kita berkreasi.
Nyoba ach
Terima kasih infonya
salam hangat dari Jombang

Reply

Mantap. Thanks you kakak. Akan segera diaplikasikan hahaha

Reply

Mantap. Thanks you kakak. Akan segera diaplikasikan hahaha

Reply

Udah lama gak otak atik photoshop.... Dicatetlah

Reply

Huahahaaaa ... beklah.. minta tulung ponakan *emak.males*

Reply

makasih telah berbagi ya, aku pelajari ntar aku aplikasikan

Reply

aku agak sedikit berbeda di photosopnya. Mungkin karena beda versi ya mak..aku buat dengan magnetic tools :). Yang penting stiker jadiii hehehe

Reply

Pantas aja tidak diterima ukurannya tidak sesuai

Reply

Harus pelan - pelan nih bacanya heheh, maklum saya masih belum mahir memakai potosop

Reply

cuz... langsung dipraktekinn.. mbak
mksih utk sharingnya y mbak. hhee

Reply

Kudu buka lapi dan langsung di praktekkin neh. Dr si andro, masih ngawang hasil cernanya.

Tfs mbak, ihhh ngiri koleksi image yg dibuat pake line. Kenapa kala itu aq gak tahu klo ada app line kece badai getu ya?

Reply

Makasih sharingnya mb Al. Aku pelajari dulu deh ntar nyoba praktek. Gaptek banget dg photoshop :)

Reply

Panjang sekali tutorialnya cut kak... mana tak bisa main sotosop saya :)

Reply

Boleh dicoba ini.. makasih mbak... ^^

Reply

Imyut banget Mbak Al :)

Sayang ga punya telegram apalagi Photoshop :)

Reply

Hihihi, lucu-lucu.
Mau belajar sotosop dulu

Reply

Asiiik bikinnya kayaknya ,harus belajar pelan2 nih, hihii

Reply

Iih kak ... lucunyaaaa jadi keliatan unyu deh :D

Reply

Asiikk aku mau bikin yang unyu ah hehhehe makasih inpoh nya mak

Reply

wihh seru ya mbak ^_^ bisa bikin dan pakai stiker buat sendiri gitu.
belum install app telegram, sepertinya mesti dicoba nih.
kata teman-teman juga appnya ringan dan lebih cocok untuk ngobrol rame-rame...

Reply

Selain jadi penulis di blogger sendiri, mbak ternyata pintar berkreasi dalam membuat sebuah karya yang sangat menarik untuk dicoba. Keren stickernya euy.. mbak jadi makin cantik.

Reply

Wah, keren tuh mbak bisa bikin sticker sendiri. Tapi sekarang bulam install telegram nih. Kapan-kapan kayaknya perlu instal juga deh, kalau udah banyak yang makek, hehe

Reply

Waah, mudah sekali ya ternyata bikin stiker di telegram..

Reply

sik aku coba dulu. hihihi

Reply

wah bagsu tuh maba...pingin nyobain ahkk

Reply

bookmarked. walaupun belum tahu cara make photoshop :D
thanks infonya mba :)

Reply

kereen mak.. pengen bikin ah, thanks tutorialnya :-)

Reply