Menu
/

14 Februari - Hari Ketuk Palu. Yup, jika sebagian besar penduduk dunia merayakan tanggal 14 Februari sebagai hari Valentine, maka bagiku, justru kebalikannya. Selain memang kami tidak menerapkan tradisi perayaan hari Valentine di budaya keluarga kami, dan menyambut tanggal 14 Februari sebagai hari biasa saja, maka sejak tahun 2008, aku membubuhkan tanda lain pada setiap tanggal 14 Februari. Yaitu hari istimewa di mana palu hakim diketuk tiga kali sebagai pertanda permohonanku untuk menurunkan nahkoda dari bahtera kecil kami, dikabulkan oleh Bu Hakim. Alhamdulillah. Aku dan ayahnya Intan resmi berpisah, setelah perjuangan panjang sekitar 8 bulanan harus aku tempuh dalam rangka upaya melepaskan diri. Kisahnya pernah aku tuliskan pada tulisan ini.

Cinta memang unik, seperti kisah yang aku tulis pada tulisan cinta oh cinta ini, beberapa tahun menjadi saat yang begitu indah, namun di tahun berikutnya malah jadi beraura neraka. Bukan! Jangan salah menilai dulu, aku yakin, setiap pasangan, sebelum beneran maju ke meja persidangan dan ajukan perpisahan, tentu sudah berdialog/diskusi panjang terlebih dahulu. Keduanya tentu sudah menganalisa, membuat SWOT analysis untuk sampai pada keputusan perpisahan. He and I also did it. Memang sih, dia tak ingin berpisah, tapi aku ingin pake banget! Karena memang sudah tak ada lagi yang bisa diperjuangkan dan dipertahankan.

Maka, mengajukan gugatan perpisahan adalah jalan keluar terbaik dari prahara yang melanda. Ga kasihan anak, Al? 

Justru kasihan anak  jika pernikahan ini dipertahankan. Kasihan mentalnya jika harus bertumbuh di dalam lingkungan rumah tangga yang sudah tak lagi sejalan. Kasihan Intan jika harus bertumbuh di dalam prahara yang terus berkepanjangan.

Maka, kutempuh langkah itu, dan setelah perjuangan panjang, akhirnya tepat pada 14 Februari 2008, palu hakim diketuk sebagai pertanda berakhirnya masa jabatan sang nakhoda, dan aku pun mengambil alih kemudi.

Kalo Sobats, adakah tanggal 14 Februari sebagai tanggal istimewa? Cerita yuk di kolom komentar.

Sekedar catatan,
Ditulis di dalam bus, otw Bandung-Margonda.
Al, 14 Februari 2016. 


22 comments:

  1. Emhh tanggal 14 februari .... ndak ada yang terlalu spesial mbk Al.
    cuma tgl itu awal aku nyoba mraktekin cara makaiin hijab buat acara drumband keponakanku. Trus juga ultahnya kponakanku mbk. Hhee

    lumayan lama juga ya mbak hari ketuk palunya ..

    ReplyDelete
  2. Kalau saya salah satu yang tidak merayakannya Mba.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ada yg spesial Mbak di tgl 14 Feb ku, heheeh.. semua berjalan biasaaaa sajaaaa :D

    ReplyDelete
  4. Nggak ada yg istimewa di tanggal itu mbak. Dan, biasa aja itu, kareba kasih sayang dirayakan setiap hari :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata udah lama pisahnya ya mba. Semoga dapat ganti yang baru *eh

    ReplyDelete
  6. Baru tau kalo mb Al single parents..
    Aku nggak pernah ngerayain valentine mbak..

    ReplyDelete
  7. saya juga tidak merayakannya. hari biasa saja. wah kisah mba al tak dapat berkata2. Yang penting saat ini hidup kembali dengan nyaman dan bersama anak tercinta.

    ReplyDelete
  8. 14 Februari, gak ada hal istimewa buat saya, kecuali judge orang lain ketika tanpa sengaja pakai baju warna merah kemudian dibilang ikut merayakan. Entah siapa yang merusak kodrat warna merah menjadi sesuatu yang sakral seperti itu :(

    ReplyDelete
  9. aku overall memang gag pernah ngeraya-rayain hari-hari gitu mbak hehheheheh kaya NYE gitu juga buat aku means nothing, apalagi valentine aduh mending tidur :p

    ReplyDelete
  10. tgl 14 februari buat saya sih biasa saja heheh gak pernah ngerasain valentine an dari sejak remaja juga, jadi udah biasa aja mbak Al,

    ReplyDelete
  11. Hari spesial saya bukan tanggal 14, tapi tanggal 5 Februari mb Al..hehe
    I believe that someday you will found by someone that love you, mb Al

    ReplyDelete
  12. ohh...14 feb bagiku. saat keberanianku. mengajak ke PA....dia gugup sekali.

    ReplyDelete
  13. gak ada yg istimewa di 14 februari

    gak ada org yg mau cere. tp kalo memangitu jalannya, mau gmn lg ya mbak Al

    ReplyDelete
  14. malah lupa kalau hari kemarin valentine..

    ReplyDelete
  15. Smoga yang terbaik untuk mba Al dan keluarga yaaa :). Aamin

    ReplyDelete
  16. Ibuku juga pisah sama ayahku pas uda punya 2 ank, Mbak AL, tapi gak 14 februari sih hehehe.. semoga selalu bahagia sama Intan dan keluarga ya Mbak :)

    ReplyDelete
  17. Ih sedihnya kalo liat orang pisah. :( Tapi kayanya hidup kalian berdua udah nyaman tanpa 'dia' ya? ^^

    ReplyDelete
  18. namanya bersabar itu bukan berarti harus diam dan bertahan kan ya kak :)
    nggak ada orang yang pengen menikah untuk bercerai kok, tapi kadang itulah yang terbaik

    ReplyDelete
  19. Nggak ada pasangan yang pengen cerai, tapi kalo emang jalannya mesti begitu, ya udah jalani aja daripd anak yang justru malah gak bisa bahagia mendengar pertengkaran mama papanya.

    ReplyDelete
  20. Wah kok ya jadwal sidangnya pas 14 Februari ya, Mbak. Jadi mudah diingat :)
    perceraian pasti pahit banget ya, Mbak, tapi kalau itu pilihan terbaik ya jalani aja. Btw kalau saya gak ada yg istimewa di 14 febru

    ReplyDelete
  21. Brtepatan dng tanggal yang mudah diingat ya kak. Namun semua ada hikmahnya

    ReplyDelete
  22. hidup merupakan teka teki, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan, setiap orang saya yakin punya masalah selama kita hidup di dunia ini, bisa saya katakan hidup tidak akan ada ujungnya...mari kita sekarang bersukur atas apa yang telah kita dapatkan, kita sambut hari selanjutnya dengan berprasangka baik, semoga kita semua selalu dalam jalan yang benar...orang yang paling baik orang yang bermafaat bagi yang lainnya...

    ReplyDelete