Komunitas Blogger Bandung | My Virtual Corner
Menu
/

Ki-Ka: Bang Aswi, Kang Ali Muakhir, Alaika Abdullah, Meti Medya, Tian Lustiana,
 Efi Fitriyah, Nchie Hanie dan Eduard de Grave

Postingan Komunitas Blogger Bandung, adalah lanjutan dari cerita kita kemarin tentang komunitas. Yes, masih pengen ngobrol tentang pentingnya berkomunitas, nih, Sobs! Dan kali ini, aku ingin bercerita tentang komunitas di mana para blogger Bandung mangkal, nih! Blogger Bandung, bisa berarti sebagai blogger yang ber-KTP Bandung dan bekerja di Bandung, atau ber-KTP Bandung tapi kerja di luar Kota Bandung, atau bisa juga blogger yang non KTP Bandung tapi berdomisili dan bekerja di Bandung.

Bicara tentang Blogger Bandung, memang tak bisa lepas dari sebuah perjalanan mengasyikkan dari Bandung ke Solo, dalam rangka acara Asean Blogger pada tahun 2013 yang lalu. Di dalam perjalanan menuju kota ini lah yang menjadi cikal bakal terbentuknya kumpulan blogger Bandung, yang kini beken dikenal sebagai komunitas Blogger Bandung. Adalah sosok itu [baca: Bang Aswi], bersama dengan Nchie Hanie, Meti Medya, Evi Sri Rezeki dan Kang Ade Truna yang menjadi rombongan peserta Asean Blogger Gathering, yang berasal dari Kota Bandung. Aku sendiri, berangkat ke sana sebagai salah satu bentuk hadiah dari anugerah Srikandi Blogger 2013, yang dihibahkan ke pangkuanku. Yes, I am a Srikandi Blogger 2013, hehe, dan dapat tiket gratis deh untuk PP Bandung Solo and Vise Versa.

Sepulang dari Solo, obrolan ringan tentang 'kumpulan blogger Bandung' itu tidak tenggelam begitu saja, melainkan ditindaklanjuti oleh sosok itu, dengan keikutsertaan tim blogger Bandung di dalam beberapa kegiatan sosial yang sedang dilaksanakan di Kota Bandung, seperti Bandung Bebersih Yuk, di mana pada acara ini lah, logo Blogger Bandung pertama kali digunakan. Kemudian, tim Blogger Bandung mendapat undangan untuk piknik sekaligus mereview Floating Market Lembang, yang baru saja launching kala itu, dilanjut dengan berkunjung dan meet up dengan Teh Eka, pemilik Kaos Gurita bisa ngomong yang fenomenal itu, di mana akhirnya menelurkan kaos kebangsaan kaum blogger, 'Sumpah, aku ini Blogger!' yang akhirnya me-Nusantara.

Kiprah ini terus saja berlanjut positif. Bertambahnya partisipan [member] yang ingin bergabung di dalam kumpulan Blogger Bandung ini, akhirnya mengarahkan sosok itu untuk menciptakan grup di FB, teteup dengan nama yang sama, yaitu Blogger Bandung FB Group. Sengaja tidak menetapkan pengurus, karena kala itu, rasanya ga perlu lah sampai ada pengurus segalanya. Semua terbuka dan siapa saja bisa posting dan memberikan undangan terhadap acara-acara yang mengundang Blogger Bandung.

Namun, seiring dengan semakin diliriknya profesi blogger oleh brands dan agencies, sebagai ujung tombak promosi online, maka, kepengurusan terhadap sebuah komunitas pun mulai dipertanyakan. Oleh siapa? Oleh brand atau agency yang mengundang. Mengapa? Ya pasti lah, karena mereka butuh PIC atau orang yang bisa dimintai pertanggungjawab atau menjadi koordinator. Tak hanya itu, mereka juga memandang perlunya tim pengurus dari suatu komunitas, sebagai wujud dari credibilitas komunitas itu sendiri.

Selain dari kebutuhan di atas, sosok itu, selaku founder Komunitas Blogger Bandung, juga merasa bahwa sudah saatnya FB group Blogger Bandung alias Komunitas Blogger Bandung dirapihkan. Diberi aturan dan outline agar tertib dan rapih serta bisa tampil lebih profesional.

Hanamasa, Rabu, 9 December 2015

Bertempat di Hanamasa, Dago - Bandung, bertepatan dengan kumpul-kumpul dan makan-makan dalam rangka merayakan ultah si kembar [Bang Edo dan Meti Mediya], maka kesempatan baik ini juga sekalian dimanfaatkan untuk launching Komunitas Blogger Bandung, yang telah melalui proses musyawarah dan mufakat dengan para sesepuh [pencetus awal terbentuknya komunitas ini].

Turut pula dihadiri oleh para mitra yang telah dan sedang bekerjasama dengan Komunitas Blogger Bandung selama ini, ada Teh Sandra dari XL, Kang Renzha dari Klinik DF, Teh Eka dari Kaos Gurita, Kang Argun dari DewaSeo, Teh Damae dari Smartfren Community dan Kang Gery dari Qwords. Komplitlah acara sederhana peluncuran Komunitas Blogger Bandung ini terlaksana.

Tadinya, aku dan Nchie Hanie, hanya ingin jadi 'rakyat' biasa sih, mengingat kesibukan harian kami yang sedang tinggi-tingginya. Takutnya nanti tidak optimal di dalam menunaikan tanggung jawab sebagai pengurus di Komunitas ini. Namun mengingat satu dan lain hal, apalagi sosok itu juga mengharapka agar kita-kita bersedia membantu dan terlibat di dalam pengurusan Komunitas inni, maka Bismillah, dengan niat tulus, rasanya tak ada salahnay jika aku turut mensupport Komunitas ini semampuku. Posisi sebagai Sosial Media and Website Officer, berbarengan dengan Bang Edo, adalah posisi yang paling pas mengingat keberadaanku yang nun di Depok sana, dan baru akan ada di Bandung hanya pada akhir pekan.

Semoga langkah baik akan senantiasa mengikuti setiap usaha dan upaya memajukan komunitas ini sehingga mampu memberikan manfaat bagi para anggotanya nantinya. Aamiin. Dan bagi Sobats blogger yang berdomisili di Kota Bandung, atau ber-KTP Bandung, yuk, bergabung di Komunitas ini, bergandengan tangan dan jadi blogger yang produktif penuh tebaran manfaat, yuk!

Tentang Komunitas Blogger Bandung,
Al, Margonda Raya, 27 Dec 2015
Words; 730
10 comments

selamat untuk blogger bandung!

Reply

wah..kayaknya temen-temen aku di Bandung yang suka ngeblog belum pada tahu deh mba. aku perlu kabar-kabar nih...ahay...

Reply

sukses terus buat Komunitas Blogger Bandung :)

Reply

Eeeh, Bang Edo ultah, yaa. Selamat ulang tahun deh. Aku taunya cuma mbak meti dowang yg ultah. :D

Reply

Ahhh..Cyiin moga kita bisa bantu maksimal.blogger bdg ini yaa

hayuu semangaat!

Reply

Kereeen. Semangat untuk membuat perubahan. ^^/

Reply

pengen ikutan dong mbak,,,kebetulan saya juga orang bandung...dan blogger juga,,
kalo ada info2 bisa di email ke doninurdians86@gmail.com ya mbak

Reply

Ngiringan ngariung ah.. Dulu pernah ikut kegiatan-kegiatan bareng para blogger bandung.. saya ikut RTIK baareng Mang Fajar.. Salam silaturahmi aja.. :D

Reply