Selingan Semusim [still] in processing | My Virtual Corner
Menu
/
Sesuai janji yang pernah aku ucapkan pada postingan ini, tentang kisah 'dibalik layar' Selingan Semusim, maka kali ini, sembari menunggui, merawat dan menjaga Intan yang sedang demam dan radang tenggorokan, kucoba untuk melanjutkan kisahnya.

Mungkin beberapa sahabats telah maklum jika 'calon' novel Selingan Semusim itu, berangkat dari sebuah tantangan dari para kolegaku saat aku masih bekerja di sebuah perusahaan cat terkemuka di kota Medan. Dulu, beberapa tahun yang lalu. Bagaimana bentuk tantangan itu bisa dibaca pada postingan yang ini sobs.

Kala itu, novel ini belumlah selengkap versi yang sekarang, namun menurut para kolega, isinya telah cukup membuat mereka berdecak kagum dan mengakui bahwa aku punya kemampuan untuk menulis dan mengemasnya dengan baik. Walau sebenarnya, menurutku pribadi, pesan moral yang aku semat di dalam kisah awal, masih jauh dari cukup.

Berpindah ke Aceh, dan bekerja sebagai pekerja kemanusiaan, justru kemudian menginspirasiku untuk menambah dan mengemas alur cerita Selingan Semusim menjadi lebih indah dan bermakna, seraya berusaha menyematkan pembelajaran di dalamnya. Bahwa, apapun alasannya, hukum reward and punishment, tetap akan berlaku di dalam kehidupan. Tetap akan ada hukum tabur - tuai yang tak mungkin bisa kita hindari. Apa yang kita tabur, itulah yang akan kita petik. Titik.

Selingan Semusim, kemudian menggelitikku untuk tak hanya terhampar di blog Episode Kehidupan, tapi membawanya bermuara pada sebuah novel dalam bentuk buku/hardcopy. Walau awalnya gundah karena yakin akan banyak hambatan untuk menembus penerbit ternama, namun menjamurnya para publisher indie, memberiku harapan. Bahwa adalah MUNGKIN untuk membukukan Selingan Semusim ini.

Maka, mulailah aku mempersiapkannya dengan penuh semangat! Beberapa penerbit indie telah kulirik untuk membantuku mengerjakan project impian ini. Namun ternyata, sebuah ide gila [yang membuatku hampir tak bisa tidur], mencuat di kepala. Aku tak hanya ingin menerbitkan novelku. Tapi aku juga ingin memangkas biaya dengan melakukannya sendiri. Memproses dan menerbitkannya sendiri!

Maka, ide gila itu segera kutindak lanjuti. Kubajak teman baikku, Asep Firman untuk mengajariku menggunakan adobe InDesign, dan memulai proses layout naskahku. Sebagai seorang yang tergolong perfectionist, aku juga begitu detil dalam memilih dan memilah ornamen apa yang pantas menghias novel perdana ini. Termasuk dalam memilih dan memilah sekuntum mawar merah yang selalu bersanding di samping nama 'alaika abdullah' yang tertera di setiap catatan kaki halaman genap novelku.

Aku melakukannya dengan sepenuh hati dan sekuat kemauan. Seperti saat membajak Asep Firman untuk mengedit si mawar merah ini agar tampil indah. Thanks a lots ya Sep, please jangan kapok yaaa! Haha.

Mas Stupid Monkey, adalah juga seorang sobat yang tak luput dari bajakanku. Bolak balik dirinya aku ganggu untuk urusan cover design. Semoga dirimu ga kapok dan siap-siap untuk cover novel berikutnya ya mas! Haha. Juga untuk Amalia, yang telah berhasil membujuk sahabatnya [sepasang kekasih] untuk bergandeng tangan seperti terlihat pada gambar, thanks a lots dear sista! I do appreciated it! Muaaach for you. :)

Ideku yang berhasil diterjemahkan dengan ciamik oleh mas Stupid Monkey. Ini masih dalam bentuk draft, masih ingin di edit warna huruf pada sinopsis [halaman belakang cover], juga ukuran font pada bagian tengah masih ingin diperkecil.
Tak hanya itu, tindak lanjut lainnya adalah menghubungi notaris, untuk mendirikan perusahaan penerbitan milikku. Ide gila itu benar-benar membuatku terbakar. Terbakar semangat yang begitu berapi-api, walau sempat redam gara-gara notaris di Medan meminta biaya 7 juta rupiah untuk legalisasi CV penerbitanku ini. Di Bandung, seorang notaris mematok harga 750 ribu rupiah [ONLY] untuk pendirian "Smart Garden Publishing and Printing' milikku. Aku sempat begitu bahagia namun langsung redup karena kendalanya adalah aku tak memiliki KTP Bandung!

Kutelefon ayahku, mempertanyakan kemungkinan jika beliau memiliki teman yang notaris dan kira-kira berapa biaya untuk mendirikan sebuah CV. Hanya CV bukan PT. Dan Alhamdulillah, seorang notaris teman ayahku, mematok harga hanya 600 ribu rupiah untuk legalisasi sebuah CV. Dan karena aku bukanlah penduduk Banda Aceh, maka aku harus puas di posisi Vision Comanditer dan menyerahkan posisi Direktur perusahaan ini pada adik bungsuku, DD. Ikhlas donk, yang penting Smart Garden Publishing & Printing terbentuk dan bisa segera aku pakai untuk memproduksi novel perdanaku.

Alhamdulillah, setelah menunggu dengan sabar, kini Smart Garden P & P sudah bisa aku pakai untuk mengurus ISBN Selingan Semusim dan melanjutkan proses cetak nantinya. Semoga bisa segera terwujud ya sobs.

Oh ya, mudah-mudahan Smart Garden P & P ini nantinya juga akan bisa membantu memfasilitasi para sahabat yang ingin menerbitkan buku yaaaa.... Monggo atuh, hubungi kami jika ingin menerbitkan bukunya ya sobs! [Promosi nih ye! :P]

Seperti yang juga sudah aku uraikan pada postingan ini , beberapa sahabat blogger juga tak luput dari 'todongan'ku untuk memberikan endorsementnya. Mereka adalah Pakdhe Cholik, Mira Sahid, Ririe Kinanti, Siti Rasuna, Mimi Radial, Stupid Monkey, Reni Judhanto, Amalia, dua teman sesama pekerja kemanusiaan yang tak ingin disebutkan namanya. Alhamdulillah, dan endorsement dari mereka sungguh membuat aku semakin bersemangat dan berbesar hati untuk segera merilis novel ini. Trims banget lho sobats tercintah! Muaaach!

Dan untuk tidak meninggalkan rasa penasaran akan novel Selingan Semusim ini, berikut adalah beberapa endorsement dari para sahabats.





Dan nantikan endorsement para sahabat lainnya, pada postingan ini
Saleum,
Al, Bandung, 15 Januari 2013.


40 comments

Wiiii kereeeen kaaaaak. Salut deh sama umi Intan ini.
Semoga laris manis buku dan penerbitannya ya?

*Ada tarif notaris sampai 7 juta buat CV? ck ck ck ...*

Reply

Luar biasa semangatmu mbak Alaika...
Gurita secerdas dirimu memang selalu gigih ya kalau sudah punya mau...
Semoga sukses ya dengan novel perdana dan novel2 selanjutnya... :)

Reply

Mbak.. ternyata Smart Garden itu milik mbak Al sendiri to? Hebat.. 2 jempol untukmu, mbak. Trus untuk proses cetak dilakukan dimana? Dicetak sendiri juga?

Utk cover aku setuju... tulisan di tengah itu terlalu besar. Trus tulisan di belakang cover itu kurang terbaca jelas.
Semoga setelah diperbaiki tampilan Selingan Semusim makin ciamik.. :)

Reply

keren mb AL, smoga smuanya lancar... dulu ogah2 han buat baca cerbung ne coz critanya dewasa, skarang kok penasaran :D
Efek 2013

Reply

semoga sukses mbak Al.. salut dengan semangat berapi-apimu. pantas dirimu sebagai pekerja sosial yang gigih hingga akhirnya punya publishing sendiri. top!

Reply

wuih, keren...
Semoga sukses ya...
Kami tunggu launching bukunya :D

Reply

hayoooo...makin mudah nih klo mo nerbitin buku, cayyo ah mba Alaika nih...sumpe salut. hoho

Reply

benar-benar kagum dengan semangat dan visinya Mba Al. tergetar haru tasi pas baca. Ga sabar deh baca buku pertama yang diterbitkan dan ditulis Mba Al.

oiya.. semoga Intan lekas sembuh ya Mba Al.

Reply

wow endorsement nya ajah bagus bagus bikin penasaran apah lagi bukunya mbak al makin bagus :D

kemarin baca ditempat mbak rie jadi makin penasaran deh bukunya ada selingkuh2nya yaa :D

Sukses yaa mbak al :D

Reply

Wah, penuh liku2 ya jeng mengurus perusahaan penerbitannya.
Tapi semua akan tertebus jika hasilnya memuaskan.
Doaka semoga buku saya juga cepat muncul.

Maju terus

Salam hangat dari Surabaya

Reply

waaah.. aku kok terharu ya baca postingan ini. Semangat mbk al bikin aku tergetar.. *asli bukan lebay*. Keren bgt mbk.. Ada hikmah yg aku petik mbk, jika kita punya kemauan kuat, pasti sekitar kita akan mendukung..kata org semesta mendukung :D. Walaupun banyak hambatan, insyaAllah smua akan tertebus.
Aku dah baca yg versi di blog, 'n sangat layak utk dinovelkan. Ga sabaaar.. hehe
eh klo mau nerbitin buku bs ama mbk Al nih.. harga spesial ya mbk.. hihihi ^^

Reply

Manteppp Mb super kerennn kerenn super keren,,,penasasan ma bukunya,wah sepertinya harus pesan kusus nih mb itu buku yang di TTd mb Alaika langsung pasti tambah seru.

Wuih mantep juga mb Cvnya moga makin sukses mb

Reply

berawal hasrat utk launching novel..melanjut pd ide bikin penerbitan...kereeeee.

Nti klo aku nerbitin di mbak AL dapat special service yaaaaaaaaaaaaaaaa

Reply

Buat novel saja sudah bikin kagum, sekarang buat perusahaan publisher.. tambah luar biasa. Sukses ya Mba buat bisnis barunya..

Jangan lupa kirim bukunya kalau sudah terbit ya..

Reply

keren deeehh.. penasaran sm novelnya :)

Reply

Mbaaaa....nanti terbitkan novelku jg yaaa #eh? qiqiqiqi.
Selamat ya mba, kagum sekali dg upaya mba Al yg tidak pantang menyerah,kepngen bgt baca novelnya :)

Reply

Amiiin ya Allah..... semoga ya Niar......

*iya tuh, Medan memang komersial abis!

Reply

Setiap orang wajib untuk memperjuangkan mimpinya mba....
yuk perjuangkan mimpi kita yuk!

makasih untuk doanya ya... !

Reply

udah ga sabar pengen cepetan megang novelnya, mau aku hadiahkan ke beberapa shabat2ku nih mba :) *uhhuuk, malu nih endrosku muncul :D

Reply

Iya mba Reni, akhirnya legalisasinya selesai juga. Dan kini Smart Garden sah milikku. :) dan Selingan Semusim akan jadi produk perdana dari Smart Garden Publishing and Printing. Tapi untuk pencetakannya aku akan gandeng salah satu percetakan di kota Bandung ini mba. :)

Yup, cover akan direvisi supaya lebih ciamik.

Trims atas doa dan inputnya yo mba e! :)

Reply

hehehe, emang keren kok ceritanya, kalo yang di blog kan belum lengkap tuh, masih jauh dari endingnya. Juga yang di blog sudah aku keluarkan lho, kan mau jadi hardcopy. :)

Reply

hehe, makasih Miss Rochma. Semangat adalah modal utama dalam menggerakkan langkah capai impian kan? :)

Yuk terbitkan buku di publisherku. :)

Reply

Makasih mas! Nanti dikabari kalo sudah launching yaaaa.. :)

Reply

hehe, yoi mi.... ayo promosiin yaaa! :D

Reply

hehe, makasih Dan atas doa dan semangatnya. AMin, semoga Intan segera sembuh kembali ya...

untuk bukunya, ntar kalo udah terbit hayo atuh diorder, hehe. :)

Reply

hehehe..... para pemberi endorsnya emang keren2 lho Niar! :)
selingkuh dan perselingkuhan adalah sebuah perbuatan terlarang dan sangat tidak terpuji, yang sayangnya semakin marak terjadi di sekitar kita. Semoga saja kita terhindar dari hal-hal yang demikian yaaaa....

ditunggu terbit novelnya ya say! :)

Reply

He eh pakdhe... ide gila yang bikin aku sulit tidur, ingin segera pagi untuk tindak lanjuti impian tersebut. Dan Alhamdulillah, akhirnya berdiri juga penerbitan kecil-kecilan ini. Makasih atas dukungan semangatnya ya dhe!

Doaku semoga buku pakdhe juga cepat publish dan laris manis. Amin...

salam hangat dari Bandung.

Reply

makasih atas kesetiaannya berkunjung dan membaca postingan-postinganku lho mba Cova... aku terharu banget.
Yes, setiap ada kemauan, pasti akan ada jalan. Walau tidak mudah, tapi mengetahui dan meyakini bahwa akan ada jalan untuk wujudkan impian, adalah sebuah prinsip yang akan jadi patokan bagi kita dalam melangkah capai impian.

Itu yang selalu aku yakini. Begitu juga dengan ide gila yang timbul mendadak. Jika impian awal adalah menulis novel dan membukukannya, eh tiba-tiba aku memiliki impian lain, mendirikan penerbitan, yang akan jadi kendaraanku sendiri dalam merilis novel-novelku kelak.

Tentu itu tidak mudah, dan aku paham dan siap untuk itu. Semangat! Itu adalah modal utama. :) Yuk semangat yuk!

Ditunggu Selingan Semusimnya terbit ya mba.... eh iya, yang di blog itu belum sampai ending sih, dan sudah di remove. :)

Sip, pasti dikasih harga special deh. :)

Reply

hehe... makasih mba Ndear! Yuk dipesan langsung ke saya aja ntar ya, hihi.

makasih juga untuk doanya mba. :)

Reply

Hehehe..... makasih mas Romanus! Sip ntar kalo udh rilis will let you know yaaa... mana tau mau pesan beberapa buku untuk dihadiahkan pada teman2nya. Hehe...

Reply

hehe, makasih mba Myra.... hayu atuh dipesan nanti yaaa... :)

Reply

aih..senangnya... gak sabar nunggu terbitnya nih... semoga lancar jaya semuanya ya mbak Al.. :)

Reply

siiip! okay.

Makasih yaaa..... hayo atuh dipesan novelnya. :)

Reply

Mudah2an akhir bulan ini bisa rilis ya Mir.... dan makasih banget untuk endors nya lho! Keren!

Sip... ntar sekalian aku ttd novelnya yaaaaa..... :)

Reply

Siiip mba, ntar kalo udh rilis dikabarin yaaa.. :)

Reply

Selamat,
Semangat dan seukses terus buat mbak AA ...

Reply

jadi penasaran mba...
gimana caranya kalo mo dapet bukunya? bisa pesan disini?

Reply

Bisa langsung pesan ke saya mba, di email admin@alaikaabdullah.com atau ym: alaika_abdullah@yahoo.com

Reply