Oleh-oleh keren from the KEB gathering | My Virtual Corner
Menu
/

Sobats,
Beberapa hari yang lalu aku menghadiri sebuah event yang kereeen banget. Aku sendiri tak pernah membayangkan akan berkesempatan untuk menghadirinya, mengingat keberadaanku selama ini nun jauh di ujung Barat pulau Sumatera. Rasanya mustahil merogoh kocek,  membeli tiket untuk terbang khusus menghadiri acara ini. Ternyata Tuhan memberi jalan sobs…
Acara ini ternyata digelar pada tanggal 29 April 2012, yang artinya aku akan berkesempatan donk untuk hadir. Kan diriku di tanggal itu sudah berada di Jakarta. Alhamdulillah. Bersyukur banget sobs aku bisa turut hadir di agenda ini. Acaranya menarik, penuh manfaat dan diadakan di sebuah tempat yang tidak semua orang terfikir untuk menginjakkan kakinya disana. Pasti penasaran kan sobs? Acara apa sih Al? dimana? Siapa? Kapan? Bagaimana? Hehe.
Oke, baiklah sobats maya tercinta. Acara yang aku maksud adalah acara pertemuan/gathering sebuah group fesbuk yang aku ikuti. Yaitu Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Udah pernah dengar belum nama group yang satu ini? Belum? Masak seh? Pasti banyak nih para bunda yang telah join di group ini, ya kan? Dan bagi yang belum tau, nih aku berikan sedikit info dan yang berminat silahkan untuk bergabung yaaa…. Dijamin akan enjoy being there lho, banyak manfaatnya.
KEB dibentuk pada tanggal 18 Januari 2012 sebagai sebuah group di FB oleh seorang blogger kreatif bernama Mira @yank dan digawangi oleh empat MakMin yaitu; mak Mira @yank sendiri,mak Indah Julianti S, Mak Sary Melati dan Mak Nike Rasyid. Group ini kini telah berkembang pesat dan beranggotakan lebih kurang 300 orang (pada saat acara ini digelar).
Tujuan dari pembentukan group ini adalah untuk memfasilitasi para bunda yang suka ngeblog atau sekedar curhat online, agar bisa semakin rajin ngeblognya, memperluas pertemanan, dan bahkan berkemungkinan untuk mengembangkan blognya ke arah bisnis.
Gimana sobs? Menarik banget kan? Para emak or emak wanna be, just visit this link and join the group deh. Dijamin akan happy and fun lho.
Sebagai pendatang baru di ibukota ini, jelas tidak mudah bagiku mencapai tempat kejadian perkara tempat pelaksanaan acara (TPA). Apalagi aku tinggalnya di Bekasi. Wah…. Jauuh. Tapi Mira langsung memberi bantuan, menghubungkan aku dengan seorang blogger Bekasi, pemilik blog Dunia Senja. Hayo… pada kenal kan ya? Yup, namanya mba Irma Senja. Terus terang baik aku maupun mba Irma, belum pernah saling bersilaturrahmi lho, tapi itulah hebatnya dunia per-bloggeran ya sobs. Di dunia nyata boleh tidak saling kenal, tapi di dumay, setiap blogger itu adalah sahabat. Yang tentu saja harus saling membantu. Maka, begitu mendapatkan pin BB nya mba Irma, langsung deh aku add dan begitu di approve, sapaan pembuka pun aku mulai. J Mba Irmanya baik banget lho sobs!
Ternyata Mira juga sudah memberikan intro pada Mba Irma, sehingga tak perlu berpanjang kata, kedua kami sepakat mengatur meeting point untuk bersama menuju ke TPA keesokan harinya.
Dan…. Keesokannya, bertemu di depan J-CO – Giant, kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat acara. Sebuah tempat keren bernama IDC. Hayo, apa tuh kepanjangan dari IDC? J Eits…. Salah. Yang benernya adalah Internetindo Data Center. Pusat data internet ini memiliki 5 lokasi di seluruh Indonesia dan untuk tempat acara kumpul para emak, dilaksanakan di IDC Duren tiga, tepatnya di jalan Duren Tiga Raya no. 7, Jakarta. Penasaran ya tentang kantor yang satu ini? Sabar sobs… nanti akan ada penjelasannya kok. Hehe.
Setelah menembus keramaian lalulintas di hari minggu, yang teteup aja macet, akhirnya sampai juga kami di gedung ini. Sebuah gedung yang tampilan luarnya sih tampak tak jauh berbeda dengan gedung-gedung lainnya yang berdiri kokoh berusaha mencakar langit Jakarta. Tata cara berkunjung juga sama seperti berkunjung ke gedung-gedung perkantoran lainnya, mengisi buku tamu (kali ini tak perlu meninggalkan KTP sih), dan seorang Satpam mengantar kami ke lift. Nah disini nih sobs part horornya. Hehe. Lift yang tidak biasa inilah yang sempat membuat kami kaget dan merinding. Sayangnya saking syok, aku lupa memfoto lift legendaris ini sobs L
Jika gedung perkantoran lainnya, memiliki lift yang begitu nyaman dan berkesan friendly, maka lift yang satu ini lebih terkesan sebagai lift yang dipakai untuk mengangkat barang/benda-benda berat dan besar dibandingkan untuk mengangkut human being alias manuso. Hihi. Tapi Eitssss…. Jangan dulu menilai sesuatu itu hanya dari luarnya saja lho sobs. Ternyata……..
Taraaaaaa……. Begitu pintu lift terbuka, sebuah pemandangan indah tersaji di depan mata. Sayangnya, lagi-lagi aku lupa memfotonya sobs, saking terpana. Dan keterpanaan ini semakin membahana begitu mata kami memandang jauh ke dalam arena (kok arena sih? Ruangan maksudnya). Ruangan di dalam sana ternyata cozy banget sobs. Keren abis.
Belum banyak undangan yang hadir, karena kedatangan kami jauh sebelum acara dimulai. Kira-kira dua jam sebelum acara dimulai. Wuih, cepat banget, rajin amat yak? Hehe… gimana ga sobs, kami kan membawa salah satu Mak Min yaitu mba Indah July, selaku salah satu panitia acara ini juga. Dan tentu datang lebih cepat itu jauh lebih baik toh? Jadi bisa ikutan membantu persiapan acaranya.
Bagiku sendiri, selain sebagai ajang kumpul para emak, agenda ini juga merupakan agenda istimewa, karena di acara ini, aku akhirnya berkesempatan untuk KopDar dengan seorang sahabat maya yang telah saling bertegur sapa sejak tahun 2009. Akrab di dunia maya tapi belum pernah berhasil ketemuan sekalipun di dunia nyata. Dan di ajang ini, akhirya kami bisa ketemuan dan berpeluk-cium deh. Siapa dia? 
hayoo… pada kenal kan dengan sang pendiri KEB? Yup, akhirnya bisa juga ketemuan dengan Mira Ayank… horree!!


Menggambarkan suasana ruangan yang cozy rasanya tak akan terwakili oleh kata-kata sobs, biarkan foto dibawah ini aja deh yang berbicara to show you how cozy this room is.



But, hey…. Narsis dulu donk… selagi belum rame nih… J
Gimana sobs? Asyik banget kan tempatnya? Aku sendiri jadi ingin deh bisa main lagi kesini, khusus untuk internetan dan blogging. Pasti banyak inspirasi akan bermunculan deh kalo suasananya senyaman ini…… hm…
Para undangan mulai berdatangan beberapa jam kemudian, dan seperti biasanya pada pertemuan pertama, kita saling exciting menemukan teman maya menjelma di depan mata. Rasanya gimana ya sobs….. benar-benar menakjubkan deh. Saling bersapa (berkomentar di blog) eh hari ini bisa ketemuan langsung. Hehe. Asyik banget.
Seperti yang telah dijadwalkan, acara KEB Gathering dikomandani (MC) oleh mba Sumiyati, dibuka pada pukul 14.30 wib. Sedikit melar sih, tapi no problem at all mengingat para peserta cerah ceria menyambut pembukaan acara.
Dalam pembukaannya Mba Sumiyati mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para pembicara yang telah berkenan hadir dan meluangkan waktunya, berterima kasih pada para sponsor yang tak tanggung-tanggung yaitu : 
  1. ICT Watch Internet Sehat dengan taglinenya: Wise while Online, Think Before Posting.
  2. PT. Indosat, Tbk 
  3. Komunitas Blogger Family (Blogfam)
  4. Qwords.Com Web Hosting Indonesia Reliable Fast Web Hosting With Reasonable Price (Emak-emak yang ingin punya blog dengan nama domain dan hosting sendiri bisa berkunjung ke website Qwords.Com).
  5. BatikIndonesia.Com
  6. Moz5 Salon Muslimah
  7. IDC yang telah menyediakan tempat. 

Acara selanjutnya adalah perkenalan IDC yang diwakili oleh mas Vega, menjelaskan sekilas tentang apa itu IDC dan untuk apa kantor ini beroperasi disertai dengan sebuah janji yang sangat menarik hati, yaitu sebuah tur singkat nantinya akan dilaksanakan oleh seluruh emak-emak peserta maupun panitia, mengunjungi area operasi IDC. Hm…asyiiiik.

Setelah mas Vega, Mba Mira Ayank tampil, bercerita sejarah terbentuknya KEB dan kemudian memandu acara utama, dimulai dengan sharing dari dua blogger wanita kawakan yaitu Mba Eka pemilik rumah maya Cerita Eka.com dan Mba Isnuansa Maharani pemilik rumah maya Isnuansa.com.
Dalam sharingnya, Mba Eka memberikan tiga tips utama in how to be a good blogger yaitu: be focus, be unique and be consistent. Terlihat para emak peserta memperhatikan dengan seksama, mencatatnya dengan teliti. 

Selain itu, mba Eka juga membagi tips bagaimana agar blog kita itu ramai pengunjungnya, yaitu dengan cara;
  • Memperhatikan content dari blog kita, karena content is the king. Kebayangkan kalo ada pengunjung yang nyasar ke blog kita, terus mendapati isi blog yang tak jelas isinya, maka dijamin deh dia tak akan pernah kembali lagi ke blog kita. Begitu juga sebaliknya. Jika content kita yahud, pasti dia akan segera kembali untuk artikel lainnya.
  • Time commitment, artinya bahwa seorang blogger itu harus komit mewujudkan komitmennya dalam mengupdate blog. Satu kali seminggu kah? Satu bulan sekali kah? Harus komit.
  • Relation Building, ini sangat penting juga, karena disinilah silaturrahmi itu terjalin. Ramah dan rajin membalas komen dari para pengunjung kita.
  • Sering hadir di acara komunitas, ya seperti acara hari ini nih misalnya sobs!
  • Bergabung dalam komunitas, missal KEB ini lah contohnya…J
  • Ikut berbagai lomba. Ini penting, karena secara tidak langsung kita meninggalkan link kita di tempat pengadaan lomba tersebut, otomatis, peserta lain juga penasarankan dan berkunjung ke link kita untuk melihat materi kita.

Sementara itu, mba Isnuansa, sang pemilik rumah maya Isnuansa.com, bercerita dan berbagi tips tentang asal mula dia ngeblog di tahun 2005, dengan blog utama berlabel isnuansa.com. Selain itu juga beliau menggawangi sebuah blog lainnya bertajuk jalanjalanyuk.com yang tentu dari namanya pasti temanya adalah traveling. Para peserta mendengarkan berbagai tips yang dibagikan dengan serius, dan di akhir sesi kemudian dengan antusias mulai mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber.
Acara semakin menarik dengan adanya kuis yang diberikan oleh Mba Mira. Emang lah ya, dimana-mana tuh, mau anak-anak, remaja maupun emak-emak, teuteup aja doyan kuis berhadiah donk. Dan para peserta yang mendapatkan hadiah dari kuis yang benar jawabannya terlihat begitu cerah ceria. Sayangnya aku tak beruntung, hiks..hiks..
Acara berikutnya adalah sharing dari mba Dewi, ICTwatch dan mba Nike dari Internet Sehat. Mba Dewi bercerita bahwa ICTwatch adalah LSM atau organisasi non profit yang bergerak di bidang kampanye tentang internet sehat. 


Dalam presentasinya mba Dewi menunjukkan berbagai informasi, antara lain tentang statistic pengguna internet, Facebook, akun blogger se Indonesia, dan berbagai social media yang digandrungi di Indonesia. Beliau juga menjelaskan beberapa hal negative yang ditimbulkan oleh internet bagi anak-anak yang bebas berselancar ria tanpa bimbingan orang tuanya. Juga menggambarkan sebuah piramida efek negative dari pengaruh internet terhadap kita semua terutama anak-anak dan remaja, maupun masyarakat awam yang baru melek internet. 


Piramida ini menggambarkan bahwa sesungguhnya porsi negative terbesar yang ditimbulkan oleh internet adalah privacy. Privacy yang kini tanpa sadar telah dishare oleh anak-anak kita, dengan mengupade data mereka sejujur-jujurnya di internet, ternyata sangat berbahaya. Dimana hal ini dapat memberikan kesempatan bagi oknum untuk berbuat jahat terhadap si anak yang bersangkutan, dimana data pribadinya (misal: alamat rumah, situasi rumah saat itu, dan berbagai informasi penting lainnya ) yang sudah diupdate via fesbuk, email maupun social media lainnya. Banyak informasi menarik lainnya yang diulas oleh mba Dewi maupun mba Nike yang juga dapat dilihat di isba.ictwatch.com. Berbagai tips lainnya dalam hal menjaga keamanan anak-anak di dunia maya juga dapat dilihat di dalam buku pedoman internet sehat yang telah dibagikan di dalam goodie bag.
Acara yang ditunggu berikutnya adalah hal paling exciting yang telah dinantikan oleh para emak, yaitu janji mas Vega untuk membawa para emak tour keliling IDC. Walau emak-emak, kita semua penasaran donk ingin tau apa dan bagaimana sih pusat data internet itu? Pasti penuh dengan kabel berseliweran dan ruangan yang kaku dan membosankan deh! Itulah imajinasi awal yang sempat hinggap di pikiran kami, para emak ini. Namun ternyata sobs… sekali lagi pepatah Jangan menilai sesuatu itu hanya dari kulit luarnya saja kini kembali berlaku sobs. Jauh panggang dari api sobs!
Mas Vega membawa kami ke sebuah ruang kaca (masih dilantai yang sama dengan tempat gathering), yang di dalamnya terlihat beberapa rak yang kabel-kabelnya berbaris rapi. Susah menggambarkannya deh sobs tentang betapa keren dan professionalnya layanan pusat data yang satu ini. Namun ternyata yang kami lihat ini masih kalah jauh kerennya dibanding dengan racks lainnya yang ada di lantai bawah sobs. Lihat deh gambarnya, perhatikan warna racksnya dan siap-siap berdecak kagum ya sobs!
Ta Daa…..
foto-foto keren ini taken by Una lho, trims ya Un!

Lemari/Racks ini digunakan untuk menyimpan data server dari aneka perusahaan operator internet seperti indosat, telkomsel, fastnet, detik.com, blogspot, dll nya. Konon perusahaan yang membutuhkan tempat penyimpanan datanya dapat menyewa racks ini dengan tarif Rp. 7.000.000,- per bulan lho.
Berbagai kabel yang aku tak paham berbaris di dalam rak ini, njelimet bagi mata kita yang awam ini namun aku yakin sangat familiar di mata orang-orang seperti mas Vega dan kolega-koleganya. J.
this picture is also taken by Una

Sebagai pusat data, maka listrik di tempat ini sudah tentu harus tersedia 24 jam, dan untuk antisipasi in case terputusnya arus listrik PLN, maka dua buah genset berukuran dua megawatt stand bye menggantikannya.
Sementara untuk menjaga suhu ruangan di tempat tetap sejuk, maka tersedia beberapa buah AC berdaya 25 PK. Namun temperatur ruangan itu tetap saja tidak terasa begitu sejuk sih, mungkin karena aliran arus yang mengaliri kabel-kabel yang bersemayam di Racks itu ya sobs?
Ini dia nih AC super power nya sobs!

Seusai tour, kami kembali ke ruangan atas dimana acara KEB tadi digelar, namun sebelumnya kameranya Una sempat menangkap pemandangan indah di pintu transit antara ruangan dan lift. Keren deh sobs, cekidot…
Kebayang ga sobs kalo ruangan nan indah ini, ternyata hanys sebuah ruang sempit, tempat kita menunggu lift tiba? Keren ya? J

Seusai tour dan kembali ke ruangan, maka acara selanjutnya adalah kuis yang terdiri dari tiga pertanyaan dari mas Vega, yang lagi-lagi aku tak berkesempatan untuk menjawab dan memenangkan hadiahnya. Tapi ga apa-apa, pengalaman dan wawasan yang aku peroleh hari ini sudah lebih dari hadiah-hadiah itu kok sobs!. Artinya, I was so excited! Senang banget!


Juga ada pengumuman untuk pemenang twitter yang terbaik dan terbanyak. Wow.. keren banget memang acaranya. Acara paling akhir adalah sesi foto-foto lagiiii… asyik!





Wah sobs! Tak terasa postingan kali ini panjaaaaaaang banget, semoga sobats ga bosan membacanya yaaa…. Awas lho kalo sampe ga dibaca habis, ntar ga mau nulis lagi neh, hehe.
Well sobs, sekian dulu deh ya… good nite and good rest for all.

Saleum,

Alaika



38 comments

Hahahahaha aku baca sampai habis lho yaaa :P
Ye ye ye aku nampang! *eh*
Komplit banget mbak,
hihi calon menang lomba reviu nih kayaknya :D :D

Reply

busyett... banyak amat nih! kalo kayak gini tulisan enakan dibikin bersambung! hihiiii..

Reply

# Pas baca postingan Una ttg gatherin KEB, ta kira hanya sharing moment abis kopdar ma KEB...tibae two in one: sharing+GA ya??

#Baru tahu neh kalau KEB ada grupnya di FB.

# Bakal jadi saingan beratnya Una neh, detail sampai AC 2 PK neh.

Reply

wuah...seru banget gathering KEB nya ya mbak.....saya baca sampe abis lho mbak....hehehe...

Reply

aku juga baca sampai habis lho mbak Al, ada hadiah apa niy gerangan? :P

senang ya bisa kumpul2, berbagi cerita langsung hehehe ...

Reply

hihihihi... emak emak blogger yah.... berarti, bentar lagi aku bisa ikut gabung dunk yah? #pede... ^___^

salam kenal ^_^

Reply

hiks aku gak bisa ikutan mbak,padahal pingin banget

Reply

KEREN............wah seru nya ketemu dan menambah ilmu, mau juga, kapan di Surabaya ? :D

Reply

oleh2nya banyak ya .... dapet ilmu, dapet temen, dapet foto, apa lagi mbak .. hehehe

Reply

wahhh senangnya ikutan acara seperti ini....aku juga pengen sebenarnya...tp apadaya watunya belum memungkinkan hehehe....

Mbak...tinggal di bekasi selamanya apa krna ada urusan aja? enak dong sekarang deket yachh...

Reply

ckckck emak2 ini ternyata semuanya semangatnya luar biasa yaa.. reviewnya panjang-panjang dan lengkap euy.. Sepertinya makmin akan sulit menentukan pemenang.. hihihi..

keren dah mbak, pokoknya. makasih ya udah datang dan berbagi kisahnya di blog.. *peluk dari jauh*

Reply

@Tebak Ini Siapa

hehehehe... Una mah... nampang dimana-mana atuh. Kan seleblog! hihi...

Reply

@Bung Penho
inginnya sih dibagi menjadi beberapa postingan bung, tapi kan mau ikut serta dalam lomba review... jadi harus dalam satu postingan tuh... :)

Reply

@Ririe Khayan
lho, baru tau toh? ayo gabung ke group KEB di FB rie.... ga harus emak-emak kok, kan kamu akan jadi emak will be... :)

Reply

@Mami Zidane
hehehe, seru kan mba...? pasti ngiri tuh.... #melet. hihi

Reply

@nicamperenique
bener nih baca sampai habis mba? ayo coba ceritakan ringkasannya kalo emang baca sp habis. wkwkwk

iya mba, seru banget, mba Nique kok ga ikutan sih? kan ingin juga aku ketemu dirimu...

Reply

ngiler ngencessss banjeeeer :-Q

Reply

huahauuhaahahahaha ... panjang amat ceritanya #mewek :D

ini emak2 pinter semua ya, hihihiy :D
kok demo masaknya gak ada mba, :p

Reply

seru bangeett, kapan2 ikutan yaa emak emaak :)

Reply

acaranya bener2 seru banget ya.. terpana juga sm foto2nya.. Sayang pas di tgl itu sy malah hrs ke luar kota.. huaaa...

Reply

mbak alaika...
salam kenal yaa...
hehe
saya suaminya Noorma :)

Reply

@pieces of universe
salam kenal kembali mba... eh ga papa lagi kalo gabung sekarang... KEB ga harus emak-emak lho, tapi perempuan... toh suatu hari nanti akan jadi emak juga kan? :)

ayo gabung mba, asyik lho!

Reply

@Lidya - Mama Cal-Vin
sayang banget ya mba, padahal aku berharap dirimu juga hadir...

eh iya mba, kita belum ketemuan lagi ya? padahal akukan udah disini... :)

Reply

@Niar Ci Luk Baa
Iya sist, seruuu banget. Mudah2an akan ada di Surabaya juga yaaa.... :)

Reply

@dey
bener banget mba, seabrek-abrek deh hadiahnya, :)

Reply

@Nia
sayang ga bisa ikutan ya mba... tapi jika ada keperluan lain yang mendesak tentu harus didahulukan dunk... mudah2an lain kali akan ada kesempatan yaaa...

aku di Bekasi untuk beberapa bulan ini aja kok mba Nia.... yuk ketemuan yuk... :)

Reply

@Sary Ahd

hehehe... postingan jadi panjang karena semuanya masih lekat di ingatan tuh mba.... coba kalo postingannya sebulan ke depan, paling bisanya satu dua paragraf doank, hahaha...

makasih juga untuk para Makmin yang telah jadi panitia acara, atas kerjakeras dan ide2 cemerlangnya. :)

Reply

@mimi RaDiAl
hahahaha, Mimiiii.... nih tissue nya nih....

Reply

@Stupid monkey
hahhahaha... pasti kamu ga baca sampai habis kan mas? hayo ngaku!

Reply

@NF

iya mba, seru banget emang... ayo ikutan, ga harus jadi emak-emak kok... ;)

Reply

@ke2nai
Duh mba... padahal aku berharap dirimu hadir, jadi kita bisa sekalian KopDar.... :)

Reply

@fauzul_andim
Salam kenal kembali mas.... salam hangat untuk Noorma yaaa... ;)

Reply

Hiks...aku pengen ikuttttt T_T

Keren ya data storagenya, serasa di dunia fantasi gituuu (^_^)b

Mdh2an kapan2 bisa ikutan gathering ketemu emak2 yg cantik2 ini ^_^

Reply

@alaika abdullah
klo saya kasi ringkasannya, mo dikasih hadiah apa mbak Al? xixixi tetep dweh mo gratisan hahaha

Reply

saya baca sampai habis ni mba :) wuaaaaahhh seru banget yaaa gathnya.nyesel ni baru liat sekarang tentang KEBnya.tapi yg penting ga telat toh bisa kenal semuanya :)

Reply

@Mayya
Tu lah May... coba kamu ikutan, pasti akan ngerasain keasyikan yang sama spt yang aku rasakan lho....

ayo beneran ya, lain kali ikutan lho!

Reply

@Lenny
Mba Lenny.... makasih banget lho udah baca sampai habis, hehe

ga apa mba, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali toh? ayo siap2 untuk gathering berikutnya ya... pastikan bisa ikut, asyik lho!

Reply