4 Tips Ketika Tulisanmu Mandeg di Tengah Jalan

Yuhuuu! Siapa yang pernah mengalami mentok ide menulis dan tulisan/artikel pun jadi tertunda untuk diupdate di blog tercinta? 

Aha, banyak banget yang tunjuk tangan, euy! Yess, ternyata untuk hal ini kita tidak sendiri ya, bestie? Hihi. 

Aku pun, sering banget mengalaminya akhir-akhir ini. Udah punya ide dan niat kuat banget, bahkan udah excited untuk menulis, eh malah kemudian, saat udah ready duduk manis di depan laptop, malah kemudian mandeg. Iya sih, pada awalnya tulisan mengalir cantik namun hanya sampai di paragraf pertama doank, lanjutannya stop panjang karena (terkadang) perhatian terdistrack oleh hal lain yang juga sedang mengisi pikiran kita?

Atau malah ide bermain, aih, kok ide bermain sih, ide menulis maksudnya..., jadi menguap justru karena ada ide lainnya yang tiba-tiba hadir dan mendominasi? Dan..., tentu saja ada banyaaak sekali penyebab lainnya yang bikin aktivitas menulis mandeg, namun tentu kita harus melakukan upaya agar tidak sampai kalah oleh cobaan bernama mentok atau mandeg ini donk?

What should we do when we face this situation? 

Harus ngapain jika tulisanmu mentok di tengah jalan?

Nah ini! Berikut aku coba ngasih cara-cara yang biasanya ngebantu banget saat aku terkena 'sindrom' ini, ya, gaes!

Lakukan ini ketika tulisanmu mandeg!

1. Acknowledge and Accept It. 

Ini adalah langkah utama sebelum lanjut ke langkah berikutnya. Kenapa kita harus acknowledge (sadari dan akui) dan kemudian menerima kenyataan itu? Karena ini seperti memberi sinyal ke otak dan kesadaran kita, bahwa hal ini sedang terjadi. Kita sedang mentok. Sehingga dengan kesadaran ini, tubuh, pikiran dan otak kita bisa dengan mudah diajak melanjutkan pekerjaan ini. 

2. Ask Questions. 

Ini adalah langkah berikutnya. Kesadaran pada poin pertama tadi, kemudian perlu dipicu dengan pertanyaan konstruktif untuk menstimulasi otak, pikiran, dan tubuh kita mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

Emang bisa? Bisa donk. 

Pernah dengar bahwa body kita ini SMART donk? Nah, tubuh, otak, dan pikiran akan 'membentuk teamwork yang apik' ketika kita stimulasi dengan pertanyaan konstruktif.

Pertanyaannya seperti apa, Al?

Misal:

Body, what would it take for us to keep writing? How to complete this article?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini, akan membuka possibilitas untuk menghasilkan ide-ide atau solusi-solusi, loh! Otak dan pikiran serta tubuh tuh akan mencari cara untuk menuntaskan pekerjaan tadi. 

Misalnya, dengan menggerakkan tangan kita mengambil pulpen. Bikin outline untuk tulisan yang sedang mandeg itu. Atau menggerakkan tangan kita untuk googling, atau buka-buka Pinterest, misalnya, atau aplikasi lainnya yang publishing the same topic. Atau muncul ide-ide lainnya. 

Atau malah, otak dan tubuh kita bersinergi membawa kita untuk rileks dulu, duduk santai, atau malah bergerak mencari suasana baru dulu sejenak, baru nanti balik lagi untuk melanjutkan pekerjaan menulis tadi, tapi dengan rasa yang lebih nyaman. 

Ada banyak sekali peluang/possibilitas yang bisa bermunculan dengan asking questions ini, bestie. You should try, ya! 

3. Searching Topic Sejenis, Perbanyak Membaca

Seperti yang sudah diuraikan pada poin 2, kita bisa melakukan langkah ini. Searching (online mau pun offline) topik-topik serupa, serap idenya, kembangkan dengan style kita sendiri. Tapi ingat ya, bestie, jangan memaksa diri. Beri waktu untuk rileks sejenak, dan yakinkan diri bahwa tulisan ini akan kelar. Oke?

4. Endapkan Tulisan, Baca Ulang.

Ini juga penting banget nih, bestie. Tulisan mentah atau fresh from the oven sebaiknya jangan langsung dipublish, apalagi yang mengalami mentok di tengah jalan kan? Sebaiknya diendapkan dulu semalam, atau setidaknya beberapa saat, baca ulang beberapa kali, karena biasanya ketika kita membaca ulang, otak akan punya suggestion konten atau diksi yang jauh lebih baik, sehingga bisa saja mengalami perubahan ke arah yang lebih nice! 

Setelah dirasa oke punya, baru deh dipublish, bestie! 

Nah, itulah empat tips yang biasanya aku terapkan ketika tulisanku tiba-tiba mandeg di tengah jalan. Mudah-mudahan tips ini bisa membantu, ya! Dan jika ada tambahan/masukan poin lainnya, monggo ya, gaes, feel free to add some more in the comment below. Thank youuu. 

Ah iya, teman-teman bisa juga baca tips tentang topik ini di blognya Mba April F, loh! Ada banyak tips menarik juga tuh di sana. 


Al, Jakarta, 12 Januari 2023

0 comments