Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menerapkan Self-Love!

Udah sering donk mendengar kata "Self-Love?" Terutama selama pandemi ya, gaes, kata Self-Love ini semakin mengemuka, diucapkan dan dituliskan baik di social media, blog, website, dalam percakapan podcast, atau dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata. Self-Love is everywhere!

Terus, apa sih sebenarnya self-love  ini? Masih ada yang ingin agar self-love ini kita definisikan?

Yuk. Seperti arti dari paduan dua kata ini, self-love = cinta diri sendiri. Artinya apa? Artinya adalah mencintai/menyayangi diri kita sendiri alias care dan sayang terhadap diri kita sendiri. 

Image created by Alaika Abdullah - Canva Pro

Terus? Walau pun berarti mencintai diri sendiri, tentu bukan berarti bahwa kita jor-joran menuruti atau memenuhi segala keinginan diri tanpa pertimbangan loh, ya! Tapi adalah anjuran agar kita treat ourselves dengan baik dan menerima diri kita apa adanya, dengan (tentu saja) memaksimalkan kelebihan/kekuatan kita, dan meminimalisir kekurangan/kelemahan kita. 

Pasti pada setuju kan gaes, jika self-love ini adalah faktor penting di dalam menjaga kita tetap waras (sehat mental), dan membantu kita untuk hidup dalam pola pikir yang positif, dan mampu menanggapi hal-hal yang hadir di dalam kehidupan kita dengan jauh lebih legowo


Dan bicara tentang self-love, memberikan reward bagi diri sendiri adalah merupakan salah satu dari bentuk dan bukti bahwa kita menerapkan self-love, loh! Nah, biasanya gaes, kalian suka ngasih apa aja nih untuk diri sendiri? Atau malah bingung, karena jarang banget memikirkan diri sendiri dan masih stick pada konsep 'saya mah, yang penting anak dan suami/istri/keluarga adalah yang utama?'

Eits! That's right. It is ok! Ga ada yang salah dengan konsep itu, no worries!
Boleh banget. Tapi perlu diingat juga bahwa self-love juga sama sekali bukan selfish, loh! Self-love justru akan membantu kita menjadi more than enough to give and taking care for others. 

Ibarat gelas kosong yang kita isi, maka jika dia penuh, kita akan dengan mudah membaginya dengan orang-orang yang ingin kita bagi khaan? Nah begitu juga dengan cinta, kasih sayang, dan perhatian. 
Jika kita penuh dengan cinta, kasih sayang, dan perhatian, maka kita pun akan dengan hepi membaginya dengan orang-orang terkasih. Sepakat?

5 Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Membangun Self-Love


Nah, bagi yang masih bingung mau ngapain aja dalam membangun self-love, berikut adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan, gaes! Have a look, ya!

1. Mulai Dari Dalam (Kenali Diri Sendiri)

Ada pepatah yang bilang begini, gaes. Kita itu ga bisa mengubah atau mengontrol orang lain, yang bisa kita lakukan adalah mengubah sikap kita di dalam menanggapi sikap seseorang. 

Sounds familiar? 

Jadi intinya adalah, jangan sibuk-sibuk ingin mengenali orang lain, lalu jika ada yang tidak berkenan kita pun heboh berusaha untuk mengubahnya, memotivasi untuk perubahan orang lain. 

No! Mending kita coba kenali diri kita sendiri dulu aja, gaes. Ini lebih penting dan fundamental! Kebayang enggak sih, jika kita sendiri saja tidak bisa mengenali diri kita sendiri, gimana orang lain bisa memahami kita? 

Terus gimana caranya mengenali diri kita sendiri?

Mulai dengan bertanya. Pada diri sendiri. Misal: 
Kamu tuh ingin jadi apa? Impian terbesarmu apa? Apa yang kamu takutkan di dalam menjalani kehidupan ini? Potensi/kekuatanmu apa? Dan berbagai pertanyaan lainnya. 

2.  Hindari Cara Pandang 'Rumput Tetangga Lebih Hijau dari Rumput Sendiri'

Sounds so familiar, yak? Apakah kalian termasuk salah satu di dalamnya? Yang suka merasa seperti ini? 
Melihat tetangga atau beberapa teman travel bloggers share pictures sedang traveling, kamu pun merasa hati kecil serasa kayak ditusuk jarum-jarum kecil. Perih!

Stop! No comparison. Fokuslah pada apa yang menjadi goal kamu, jangan biarkan aksi orang lain justru membuatmu terganggu dan hilang fokus, terlibat cemburu/iri hati sehingga kinerja dan kreativitasmu menurun. 

3.  There is Nobody Perfect! Acknowledge it, Improve where You Can, and Accept the rest with Allowance.

Pasti yang ini juga terdengar so familiar yak? Kalimat yang sering wara-wiri di mata dan telinga kita, namun dalam prakteknya, kita masih saja menuntut diri kita untuk sempurna dan menolak menerima diri kita apa adanya. 

Menyadari kelemahan diri, berusaha improvisasi dan bersedia menerima kelemahan yang tak bisa diimprove, adalah cara terbaik untuk menjadi pribadi yang kece dan bahagia loh! 

4.  Stop Menguatirkan Opini Orang Lain Terhadap Dirimu.

Kita itu sering banget tidak jadi melangkah sesuai dengan keinginan kita, mencapai tujuan kita, karena takut dihakimi oleh pendapat orang lain. Hey, come on. Sampai kapan kamu mau melimitasi diri kamu gara-gara pendapat orang lain? 

Move On! Saatnya kamu mengutamakan pendapat diri sendiri, tingkatkan frekuensimu berkomunikasi dengan diri sendiri. Ask your body and soul ketika ingin melakukan sesuatu, dan jangan tergantung pada pendapat orang lain loh!


5.  Jaga Sehatmu, Sembuhkan Sakitmu.

Sehat jiwa-raga itu adalah goal setiap orang, ya enggak sih? Dan inti dari self-love adalah memberikan yang terbaik untuk diri kita sendiri. Baik untuk jiwa mau pun raga kita.

Untuk raga, pasti kamu udah paham donk harus ngapain aja? Yes, nutrisi yang sehat-seimbang, air putih yang banyak, dan olahraga yang cukup. No drugs, ya, gaes! 

Terus untuk jiwa agar hepi? 

Banyak dan jika bingung, jangan tanya ke pasanganmu atau orang terdekatmu, loh! Apalagi ke akyu. No. Ask your body, mau apa dia? Watching movie? Yogaan? Berenang? Baca Buku? Cooking? Atau mau traveling? Kalo aku minggu ini kayaknya mau Wisata Madura deh? Belum pernah explore daerah terkenal yang satu ini soalnya. Ikut yuk! 

Al, Jakarta - 22 Juli 2022

1 comments

  1. Mencintai diri sendiri, sudah sering banget terdengar dan digalakkan lantaran banyak orang yang jauh dari self love ini bahkan tak jarang mereka melukai diri sendiri. Padahal membahagiakan diri sendiri itu mudah, tetapi sebagian orang memilih mengejar ambisi dan menyiksa diri. Terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete