Blogwalking, Perlu Enggak Sih?

Sebagai blogger, tentu sudah familiar banget donk dengan yang namanya blogwalking? Namun bagi pembaca setiaku, yang bukan blogger, sini, aku ceritain sedikit dulu tentang apa sih blogwalking itu?
Blogwalking adalah aktivitas berkunjung ke sebuah blog untuk membaca satu atau lebih postingan yang ada pada blog tersebut. Baik meninggalkan komentar atau tidak, tapi pelakunya telah melakukan blogwalking.


Blogwalking ibaratnya silaturrahmi di dunia maya. Biasanya sih kegiatan ini dilakukan oleh sesama blogger, dalam rangka bersilaturrahmi dan saling menyapa. Iya donk. Blog adalah rumah maya, dan selayaknya dunia nyata, maka kehidupan para blogger di dunia maya, ya, begitu! Saling bersosialisasi, saling bersilaturrahmi.

Lalu, adakah manfaat lain selain daripada tujuan bersilaturrahmi itu?

Tentu saja ada, donk! Banyak malah. Di antaranya sebagai berikut ini, nih!


Manfaat Blogwalking

1. Membangun Backlink dengan Meninggalkan Jejak.

Hayyah, kok diletakkan pada poin pertama, Al? Hehe.

Karena, bagi seorang blogger, membangun reputasi blog tentu menjadi tujuan yang tak bisa ditampik, bahkan bagi sebagian besar blogger, membangun backlink adalah sebuah usaha yang diprioritaskan agar blognya menjadi popular, meningkatkan reputasi blog dan dikenal oleh search engine.

Jadi, jika memang ingin agar blog kita menjadi popular, meningkat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)-nya, dan dikenal oleh search engine, rajinlah berkomentar secara positif dan relevan pada artikel-artikel yang kita kunjungi. Sayang kan sudah berkunjung, eh malah kita tidak meninggalkan jejak? Ibarat main ke rumah seorang teman, ternyata rumahnya kosong dan kita tidak mengabarkan padanya bahwa kita sudah sampai ke rumahnya. Sayang kan? 😀

2. Menambah Pengetahuan.

Sudah pasti, berkunjung ke artikel-artikel yang sering dishare di grup FB, misalnya, sedikit banyaknya pasti akan memberi kita pengetahuan baru. Apalagi jika memang ternyata artikelnya membahas sesuatu yang memang sedang kita cari, wah, klop, deh!

3. Memberi Inspirasi.

Yup. Inspirasi bisa datang dari mana saja. Termasuk dari berkunjung dan membaca artikel-artikel saat kita blogwalking.

4. Memperluas jalinan pertemanan.

Sudah pasti donk. Blogger bergabung dengan komunitas membentuk suatu koloni tersendiri. Blogwalking ke bog para member komunitas, adalah jalan memperluas jalinan pertemanan. Sepakat? Dan dari blog walking ini pula, aku jadi punya hubungan persahabatan yang indah dengan seorang blogger asal Banjarmasin, bernama Ruli Retno. Seorang blogger inspiratif yang konten blognya cukup menarik untuk disimak, loh! Ga percaya? Coba deh main ke rumah mayanya ini, ya, Sobs!

5. Membuka peluang mendapatkan informasi kontes, job, dan berbagai manfaat positif lainnya.

Yes, sering terjadi, info tentang suatu kontes itu diumumkan melalui blog, dan pastinya, akan terbaca juga oleh kita yang rajin blogwalking atau bergabung di komunitas. Selain itu juga, banyak informasi tentang blog monetization yang kita dapatkan dari ulasan-ulasan artikel para blogger. Dan ini pastinya menjadi info yang sangat bermanfaat bagi kita, donk?

6. Hm, apa lagi ya?

Tambahin, yuk!

Al, Bandung, 22 September 2018


Next post : Ketika Blogwalking Tak Berbalas, Harus Bagaimana?

21 comments

  1. Alhamdulillah pernah ngerasain yang poin 5 mbak Al, komen di postingan sponsored post, eh besoknya dihubungi sama agency yang sama, ditawarin job dan itu jadi job pertama buat saya, hihi..

    ReplyDelete
  2. Bener banget yang Mbak Al paparkan di atas... Dengan lihat blog teman-teman yang bagus-bagus bisa memotivasi kita untuk lebih semangat lagi nilainya. Dan kadang terucap begini: "yaahh blogku masih begini-begini doang, kapan ya bisa menulis sebagus mereka"

    ReplyDelete
  3. Buat aku sih blogwalking itu perlu untuk memperluas wawasan tentang blog lain, tapi kalau aku terkadang cuma blogwalking ke blog-blog yang setipe dengan niche blogku sih Mbak. Karena waktuku terbatas, jadi aku harus fokus pada yang prioritas.

    Atau kadang main ke blog-blog yang aku temuin dari Google pas lagi nyari tentang sesuatu.

    Komen atau enggaknya tergantung mood dan klik apa enggak sama tulisnya di blog itu hehehe...

    ReplyDelete
  4. Kalau saya urutannya, 1, 4, 2, 5, 3 mba Al :D
    Blog walking menurut saya penting banget, khususnya bagi yang serius membangun blognya.
    Ditengah persaingan blog saat ini, kita sangat butuh yang namanya dukungan sesama blogger, salah satunya dengan cara blog walking.

    Makanya, saya lebih mengutamakan BW ke blog teman yang juga rajin BW balik, karena tujuan utama saya memang untuk membangun blog saya hehehe

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya, mba ... Saya blogger pemula jadi tahu manfaatnya😍

    ReplyDelete
  6. Saya sebenarnya sering sekali BW mbak. tapi sering gak komen :(

    ReplyDelete
  7. 6. Mengukir rekam jejak digital alias portofolio.
    Blog ini ternyata semi permanen di mesin pencari, dan cukup ampuh menggambarkan siapa diri dari tulisan, cara pandang, bahkan tampilan blog. Makanya cukup wajar bunda, blogger mencitrakan dirinya sebaik mungkin, bahkan sampai promosi di media sosialnya. Ketika sampai di fase ini, teman atau orang terdekat perlu mendukung supaya tetap bisa berkarya. Lumayan banget kan bun, bisa mengurangi konten negatif yang berseliweran di dunia maya?

    ReplyDelete
  8. Kalau dulu iya, cuma stalking aja sana sini baca blog nya blogger yang sudah kece buat cari referensi dan inspirasi dunia per-blog-an. Sygnya belum ngeh untuk meninggalkan jejak. Hiks. Setelah baca-baca dan ternyata sedemikian bagus impact nya mulai deh tinggalkan jejak. Positif tentunya hihi

    ReplyDelete
  9. Artikel yang bermanfaat, setelah saya ingin mengurungkan untuk tidak melanjutkan blogwalking. Akan tetapi, setelah membaca artikel ini, jadi terinspirasi untuk terus melanjutkan blogwalking. Terima kasih atas artikelnya.

    ReplyDelete
  10. silaturahim pertama kesiniii
    salam kenal mb :)

    ReplyDelete
  11. Penting banget emang mba..
    Kadang inspirasi dan semangat ngeblog juga datang waktu kita blogwalking

    Semakin banyak yang baca dan semakin banyak yang meninggalkan jejak, secara tidak langsung akan mentrigger saya sbg blogger untuk tetap menulis mba alaika :D

    ReplyDelete
  12. Seleksi jodoh haha.. Tapi yg paling berasa memang info yg didapat berguna buat wawasan kita, biar up to date.

    ReplyDelete
  13. Iya mba benar 5 point ini yg benar2 aku rasakan..apalagi point 2 & 3 mba.
    Tambah Pengetahuan dan Inspirasi. Kadang apa yg di ulas di artikel itu pas dgn yg lg kita butuhkan

    ReplyDelete
  14. saya juga termasuk yang suka blogwalking, mbak. senang aja dapat info-info baru dari postingan yang dibaca

    ReplyDelete
  15. dengan blogwalking jadi bisa nambah ilmu mba kalau aku

    ReplyDelete
  16. wah sangat menarik bun infonya, untuk saya yang sedang memulai menjadi seorang bloger :D

    ReplyDelete
  17. Nuhun infonyaa .semoga blog aku juga bisa dikenal dengan yang lain :)

    ReplyDelete
  18. makasih atas infonya, semoga blog ku bisa dikenal banyak orang.

    ReplyDelete
  19. Tulisan Yang Bagus, Terima Kasih Infonya.

    ReplyDelete
  20. Penting sih, untuk promosi blog salah satu tujuanya

    ReplyDelete
  21. Yang no.1 lucu jga hahaha
    Untuk point no.2 & 3 bener banget tuh, selain nambah pengetahuan dan inspirasi bisa juga untuk menambah semangat ngeblog. Makasih sudah sharing, ini saya meninggalkan jejak ya hehehe (point no.1)

    ReplyDelete