Menu
/

Sebuah sms yang masuk ke smartphoneku membuatku tersenyum. Kurasa senyumku ini yang termanis walau sebenarnya sedikit geli. hehe. Soalnya si boss ikut tersenyum melihatku tersenyum. Fyi, aku sedang duduk berhadapan dengan si boss dan diskusi masalah kelanjutan project yang nampaknya masih belum mampu keluar dari kendala.

Senyum si boss membalas senyumku membuatku terkejut donk, wong kita sedang diskusi pelik, kok tiba2 senyum manis. GR banget tuh si boss, padahal aku kan senyum membaca notifikasi email dari 'my Virtual Corner', meng-infokan commentnya mba Reni.

Isi sms yang membuatku tersenyum manis dan geli, membayangkan sobatku yang 'cerewet' sepertiku ini, sedang penasaran dan ga sabar mau utak atik templatenya.

Pertanyaannya ga banyak sih, tapi jawabannya kayaknya perlu dalam sebuah postingan deh biar jelas, juga agar sobats lainnya, yang mungkin ada juga yang belum ngeh, bisa ikut mendapatkan ilmunya.

Supaya jelas pertanyaan mba Reni, yuk aku copy aja disini ya, Mba Ren, bolehkan ya? so sobats lain juga paham apa yang ditanyakan dan ngeh akan jawabannya. Ok ya mba?


Mbak, utk tahu ukuran header kita lihat dimana? Aku takut salah soalnya.
Kemudian... aku gak tahu caranya upload gambar utk header. Kalau upload gambar utk postingan sih ngerti.Hehehe.
Ayooo... buruan dijawab ya mbak cantik #ngerayu


well, sebenarnya, salah satu kemudahan bagi kita yang mempergunakan blogspot, terutama blogspot template adalah adanya fasilitas 'adjust' yang disediakan. Sehingga kita dapat menyesuaikan ukuran lebar gambar kita dengan template nantinya.

Jadi menurutku nih sobs, utamakan dulu menciptakan lebar dan tinggi gambar sesuai yang kita mau. Caranya bisa dilihat pada ulasan di postingan ini. Lihat pada panduan menggunakan XHeadernya ya sobs, dijelaskan cara men-set ukuran gambar.

Setelah gambar Ok menurut sobats, baru kita up-load ke template kita. Oya, sebelumnya aku menggunakan template bikinan finalsense.com, dan agak ga match waktu di masukin gambar headernya. Lalu daripada susah2, aku milih salah satu template yang memang sudah disediakan oleh Blogger. Yang ini aku gunakan theme ETHEREAL.

Cara upload gambarnya adalah seperti ini;





Kemudian view the blog, jika kira2 masih belum memuaskan, misalnya, ukuran gambar kelebaran atau kekecilan, maka lakukan utak atik di 'adjust' fasility.



Pada halaman 'adjust width' ini, sobats tinggal atur deh tuh lebar template agar serasi dengan gambar yang telah kita buat.

Nah, cukup gampang ya sobs? Selamat mencoba dan semoga template sobats menjadi makin indah.
Mba Ren, mudah2an ini bisa menjelaskan ya, jangan takut mencoba, ntar kalo salah kita utak atik lagi. Jangan lupa, sebelum mulai mengutak atik, download dulu template sobats, jadi jika error, bisa balik lagi ke tempalte semula. Ok?

Alaika mau balik lagi ke si boss nih, mau lanjut meeting dan memberikan senyum manis. haha.

Have a great day.


26 comments:

  1. Mbak, makasih ya...
    Aku dulu pernah ganti header blog "Awardku" tapi gak sukse, karena tulisan Awardku gak bisa aku sesuaikan seperti yang aku mau. Jadinya aku buang deh header hasil karyaku itu.
    Sepertinya patut dicoba deh step2 dari Mbak Alaika. Mungkin yg jadi korban uji coba lagi2 blog Awardku aja deh hehehe

    Makasih ya mbak #senyumpalingmanis

    ReplyDelete
  2. makin penasaran untuk nyoba2in deh, tapi pilih-pilah foto dulu nehlog. Seperti kata Mbak Reny, mesti kudu trial eror dengan satu blog. Siippp Mbka, matur kasuwun yuuaaahhh....hehehee

    ReplyDelete
  3. @Mba Reni: keputusan yang bagus mba, jgn ambil resiko. Harus ada satu blog untuk ajang trial and error.

    Kalo aku sih langsung ke my virtual corner atau blog yang memang target untuk diutak atik langsung sih.

    Soalnya nilai kepedeanku kayaknya ketinggian deh, haha.. jadi langsung aja ke target.

    ok, slmt mencoba...good luck

    ReplyDelete
  4. @Mba Ririe: ok mba, ayo dicoba, jgn sampai tingkat penasarannya nambah lho. Ayo cari waktu dan koneksi net yang mantap.

    Good luck ya....

    ReplyDelete
  5. ini pasti buat postingannya di kantor ya mbak,,sempet juga ya,,salut juga dech,,dengan selalu meluangkan waktu2nya apalagi nih postingan tuk mmembantu sobat bloger lainnya ya tentang header

    ReplyDelete
  6. @mas kahfi: hahaha... iya mas.... disela2 kesibukan, hihi... lagi maruk aja nih jemari mau ketak ketik bikin postingan.. hihi...

    ReplyDelete
  7. CARA YANG mudah tapi tidak semudah yang di dilihat :D

    ReplyDelete
  8. @Deny: semua akan mudah jika kita mau mempelajari dan mencobanya dengan tekun lho mas...

    makasih kunjungannya ya...

    ReplyDelete
  9. oh gitu ya. hihihi aku juga gak tau, mbak. tks ya infonya bermanfaat banget. tapi aku gak pake gambar headernya krn takut berat

    ReplyDelete
  10. wah ilmu yg sungguh ampuh
    buat aku tersenyum ingat gambar header blogku
    yang gede sangat hehee

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata begono tho... selama ini saya stress sendiri ama blogger (makanya selingkuh ke wordpress) cm gara2 gaptek ga ngarti gmn ganti headernya (lbh parah lg malah ngutik2 XML nya akhirnya) wahahaha
    Makasih yaaaaaa

    ReplyDelete
  12. wah, orang macam aku yg lemah soal utak-atik kayak ginian, sptnya butuh tutorial kayak gini xD

    thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  13. Waah.. tampilan dashboardnya masih yang lama ya mbak, nggak ada niatan utk diupgrade? Kan tinggal klik aja, coba antar muka baru. Kalo gak suka bisa di balikan lagi. Tampilan baru dashboardnya aku rasa lebih efisien loh :D

    ReplyDelete
  14. @Mba Fanny: ga tau deh mba, berat apa ga, kalo blogku lamban ga kebukanya di dirimu?

    Suka aja sih punya template yang khas, hehe. thanks for visited yo mba... :-)

    ReplyDelete
  15. @Shire: hehehe... sampai jadi selingkuh ya? hihi... monggo balik ke blogger atau bikin blog di blogger aja satu lagi.... :-)

    ReplyDelete
  16. @Clara: ayo...ayo dicoba mbak... pasti bisa. :-)

    ReplyDelete
  17. @Basith: makasih sarannya dek.... hm... udah pernah dulu pake interface, tapi kurang nyaman, mungkin krn blm terbiasa. Ntar dicoba lagi deh....thanks yaaa

    ReplyDelete
  18. ooooo... jd ketauan deh Mba Reni mau pasang header hihihiii....

    btw, header nya Mbak Alaika bagus deh.

    ReplyDelete
  19. tutorial yang menarik dengan uraian yang sangat jelas mudah dipahami :)

    ReplyDelete
  20. diiih komen ku ilang...waduuh
    ya udah tulis ulang, hebat kamu de...makin canggih dan pastinya bawa manfaat bagi orang laen.

    Salam

    ReplyDelete
  21. aku menyimak pelajarannya mbakAlaika,nanti baru aku praktekan ya mbak

    ReplyDelete
  22. udah canggih sekarang blogger.kalo saya sukangedit htmlnya mbak:)

    ReplyDelete