Menu
/
Friendly Logistics - Kolaborasi Apik JNE dan PTS.
Udah pernah dengar istilah ini? Friendly Logistics? Aku pun belum. Dan jadi kepo maksimal saat dapat undangan dari JNE untuk menghadiri acara launching si Friendly Logistics ini, yang berlangsung pada hari Selasa, 27 Februari 2018, di Spasial, Gudang Selatan.

Sebuah Gudang Bernama Spasial.

Yang namanya gudang, pasti kebayangnya adalah sebuah bangunan yang berisi barang-barang/produk yang disimpan untuk kemudian didistibusikan, ya kan? Penampakannya pasti akan biasa banget, standard gitu lah! Begitu juga kesan awal saat aku diinfokan oleh salah satu teman bahwa acara yang akan aku tuju ini akan diselenggarakan di sebuah gudang, tepatnya di Spasial, jalan Gudang Selatan No. 22, Bandung.

Kesan gudang adalah sebuah gudang, semakin kuat saat aku melintasi area TPS (tempat pengumpulan/pembuangan sampah sementara) yang terletak di belakang gudang itu.

Sempat terbersit tanya di dalam hati, ini JNE kok bisa-bisanya ngadain acara di gudang gini, sih? Atau jangan-jangan aku yang salah arah? *mulai was-was, karena beberapa kali, Mas Waze (sang GPS) pernah membuatku nyasar. Ragu-ragu, ku japri salah satu teman, memastikan bahwa arahku tak salah. Dan benar, ini memang rutenya, dan gudang yang dituju memang tak jauh lagi.

Hatiku lega, kala umbul-umbul berlogo JNE kemudian terlihat dari jauh. Alhamdulillah, there it is! Namun, tentu saja aku masih kepo sendiri, kok JNE bikin meet up di gudang sih? Katanya launching layanan baru yang kece, tapi tempat berlangsungnya acara kok kayak gini?

Oh, My God, Gudang itu..., Uapik Tenan!

Memasuki lokasi, oleh satpam aku diarahkan untuk parking Gliv di area belakang. Lalu berjalanlah aku menuju tekape. Sebuah gudang, yang tetap saja bongkahan tanya berbenturan di kepala. Ih, ini JNE kok ngadain acara di sini?

Etapi, sobs! Ya ampun. Suuzonku berbuah dosa. Hihi. Aku salah kira. Ku dibuat takjub kala melangkah ke dalam gudang itu! Oh my goodness! Ini gudang ditata apik dan artistik banget! Olala! It's awesome and so so so creative dan langsung bikin kami-kami, para member Blogger Bandung pepotoan, beraksi di depan kamera.

JNE punya acara
Beneran, ini Gudang, lo! Kece badai dekornya ya?
Salah satu spot ciamik yang sering dilirik para pengunjung untuk pasang aksi di depan kamera.
Salah satu spot kece di dalam Spasial Building, sebuah gudang yang disulap dengan kreatif dan ciamik.
Photo taken by Tian Lustiana.
Friendly Logistics, Layanan Kece Persembahan JNE dan PTS untuk Dukung UMKM Lokal.

Source: Efi Fitriyah
Apa sih Friendly Logistics itu, Al?

Nah, aku juga udah kepo dari awal saat mendapatkan undangan untuk hadiri acara launchingnya, sih! Dan ternyata, sobs, Friendly Logistics ini adalah sebuah layanan baru hasil kolaborasi apik antara JNE dan PTS (PT. Prakasa Trada Solusi) dengan tujuan untuk memberikan peluang dan kemudahan bagi pelaku UMKM  dalam melakukan proses transaksi jual beli secara online. 

Layanan Friendly Logistics hadir berlatar belakang kenyataan yang kini berkembang, di mana potensi dan kebutuhan distribusi bisnis digital UMKM di Indonesia kian meningkat tajam, yang tentu saja mengakibatkan para industri kreatif pun disibukkan dengan tak hanya urusan design dan kualitas bahan serta hasil produksi, tapi mereka juga diriweuhkan oleh tuntutan penanganan warehousing dan packagingnya. Sehingga mau tak mau, terkadang terjadi kekacauan semisal, barang yang salah kirim, barang salah alamat, barang salah warna, atau malah lebih fatal, sepatu yang dikirim ternyata kiri semua atau kanan semua (contoh nyata yang pernah dialami pihak Brodo seperti yang diutarakan oleh Mas Yuka Herlanda, pemilik Brodo).

Nah, Friendly Logistics hadir untuk mengisi kesenjangan ini, sehingga pelaku UMKM dapat fokus menjalankan urusan produksi, quality control dan penjualan demi mendapatkan laba, sementara urusan proses logistiknya akan ditangani oleh Friendly Logistics

PT. PTS sebagai penyedia layanan pengelolaan supply chain, hadir untuk layanan pengaturan terkait pengadaan, penyimpanan dan pengiriman bahan baku mau pun barang jadi.

"PTS menyediakan layanan one stop solutiions untuk mengoptimalisasikan proses supply chain suatu brand. Kami percaya bahwa brand Indonesia dapat menjadi punggawa di negeri sendiri. Dengan adanya Friendly Logistics, kami bisa menggabungkan brand-brand lokal menjadi satu kesatuan serta turut memajukan UMKM di Indonesia," ujar CEO PTS, Dipta Imanto dalam press release yang diberikan.

Friendly Logistics tak tanggung-tanggung dalam menyiapkan layanannya. Tersedia warehouse seluas 552 meter dan pengelolaan gudang mencapai 9.000 unit, lo, untuk mengelola lebih dari 10.000 transaksi per bulannya. Lima tenaga profesional pun dipersiapkan untuk Friendly Logistics guna menangani 200 pcs per hari dari penerimaan pemesanan, pengambilan produk, quality control, pengemasan hingga proses input resi yang selanjutnya dikirimkan oleh JNE.

Kemapanan JNE, dengan keandalannya dalam bidang jawa pengiriman dengan dukungan lebih dari 40 ribu karyawan, 7 ribu armada, serta 6 ribu titik layanan yang dimilikinya di seluruh tanah air, menjadikan JNE sebagai mitra utama PTS yang menyediakan infrastruktur logistik untuk kebutuhan pengiriman last mile delivery, termasuk kiriman international.


Layanan Friendly Logistics yang diluncurkan Selasa (27 Februari 2018) ini, turut dihadiri oleh Presiden Direktur JNE, M Feriadi, CEO PTS, Dipta Imanto, VP or Marketing JNE, Eri Palgunadi, founder Brodo, Yukka Herlanda, serta para pelaku industri kreatif, blogger dan media.

Mengusung tagline Connecting Happiness, Friendly Logistics turut juga mengundang adik-adik dari panti asuhan Muhammadiyyah untuk turut merasakan kebahagiaan. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penyanyi Monita Tahalea, Bayu Risa dan Gaby.

Berbagi kebahagiaan bersama adik-adik panti asuhan Muhammadiyyah, Bandung.
Nah, sobs, itu lah sekilas reportase ala Alaika Abdullah terkait the launching of Friendly Logistics, ya. Kamu termasuk UMKM lokal yang ingin memanfaatkan layanan Friendly Logistics? Boleh banget intip langsung infonya di www.pts.sc ya! Atau langsung aja melipir ke gudang Spasial di jalan Gudang Selatan No. 88 - Bandung. Email: client@pts.sc. Phone: 0821 2366 3664.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya, sobs!

Al, Bandung, 8 Maret 2018
6 comments

Tina sering x langganan JNE, tp belum tau friendly logistic ini.. Makasi kak al informasinya

Reply

Kadang-kadang bingung saiah, ini blogger bandung atawa model ya, kece kece amit hihihihi

Reply

Sayang atuh tempatnya diBandung, semoga saja nanti buka cabang di daerah cikarang. Kursi tong, adik saya memproduksi kursi tersebut.

Reply

Sering pakai layanan ini, tapi hanya untuk kirim dokumen. Sudah sangat berkembang ya jenis layananya. Terimakasih infonya

Reply

Asyik banget nih ada jasa begini. UMKM yg blm bisa punya gudang besar pun bisa terbantu ya dgn ini 😊

Reply

JNE makin banyak aja ya lini bisnisnya.

Reply