Menu
/
Paypal akan selalu menarik perhatian. Terutama bagi para pekerja online dan yang senang bertransaksi online! Jika pada artikel sebelumnya aku mengulas tentang cara membuka akun paypal tanpa nama belakang, maka kali ini, aku akan lanjutkan pembahasan tentang cara verifikasi akun paypal kita agar statusnya menjadi verified alias terverifikasi.

Kenapa sih, Al, sebuah paypal harus verified?

Hm, sebenarnya sih ga harus! Karena baik akun paypal verified maupun unverified, sama-sama sudah bisa digunakan untuk menerima maupun mengirimkan uang, sudah bisa juga untuk menarik uang dari paypal ke rekening bank kita. Hanya saja akun paypal unverified memiliki keterbatasan pada jumlah/limit uang yang bisa kita tarik, yaitu hanya USD. 1000/bulannya, sementara pada akun paypal yang telah terverifikasi, tiada lagi pembatasan seperti itu. Etapi, sebenarnya penarikan USD. 1000 perbulan juga udah gede lah ya? Jadi sebenarnya kalo pun ga diverifikasi juga ga apa-apa sih. Toh tetap bisa dipakai untuk menerima dan mengirimkan uang, juga bisa untuk menarik uang di paypal ke rekening bank lokal kita.

Namun..., ya itu tadi, Sobs! Rasanya gimana gitu, ya, melihat keterangan seperti pada gambar di atas? Bahwa paypal kita belum terverifikasi. Kok kayaknya ga kredibel gitu, lho! Ga terpercaya. Dan juga yang bikin sedih itu adalah, akun paypal unverified, ga bisa digunakan untuk pembayaran/transaksi online.

Kelebihan akun paypal terverifikasi/verified.

Baca juga: Bikin paypal tanpa nama belakang? Begini caranya!

Akun paypal terverifikasi adalah akun paypal yang sudah dihubungkan dengan kartu kredit ataupun kartu debit. Sayangnya, di negeri tercinta ini, kartu debit belum bisa diterima untuk verifikasi akun paypal, sehingga mau tak mau kita kudu menggunakan kartu kredit untuk proses verifikasi akun paypal. Ga punya kartu kredit? Eits, jangan sedih dulu, Sobs!

Karena sesungguhnya (halah) kita bisa menggunakan Virtual Credit Card untuk melakukan verifikasi ini. Ha? Yang gimana pula itu Virtual Credit Card, Al?

Virtual Credit Card (VCC)

VCC atau virtual credit card adalah kartu kredit yang tidak memiliki bentuk fisik alias virtual. Penggunaannya selain dipakai untuk memverifikasi akun paypal, juga sering digunakan untuk pembayaran transaksi online. Jadi VCC memang tidak bisa dipakai untuk pembayaran transaksi offline, ya itu tadi, karena tidak memiliki bentuk fisik kan? 😊

Penggunaan VCC sendiri saat ini sudah sangat lazim, di mana para penggunanya tidak hanya berasal dari orang-orang yang tidak memiliki kartu kredit, tapi juga sering dipakai oleh para pemilik kartu kredit! Lho? Kok gitu? Alasannya?

Alasannya adalah, VCC lebih aman dipakai dalam pembayaran transaksi online, dan bisa jadi senjata dalam menghindari terjadinya 'pencurian' data kartu kredit kita yang sesungguhnya, jadi penggunaan VCC ini oleh mereka yang punya kartu kredit adalah untuk melindungi kartu kredit yang sesungguhnya. Dengan adanya VCC, maka data yang akan dimasukkan di dalam proses pembayaran adalah data VCC, bukan data kartu kredit yang kita miliki.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit, maka VCC memang menjadi solusi jitu. Ibaratnya Kartu Kredit pada umumnya, maka VCC juga memiliki data yang sama persis seperti kartu kredit biasa, yaitu: adanya identitas nomor digit sebanyak 16 digit, di mana 3 digit akhir merupakan card verification value atau CVV, serta ada expired date card yang berlaku.

Sedangkan perbedaannya adalah jika kartu kredit biasa memiliki bentuk fisik, VCC atau virtual credit card ini justru tidak bisa dipegang secara fisik karena memang sifatnya virtual. Selain itu, VCC juga hanya bisa dilakukan jika saldo masih tersisa dan hanya bisa dilakukan untuk transaksi melalui dunia maya, berbeda dengan kartu kredit biasa. Selain itu VCC tidak mengenal cashback atau point atau program promo lainnya.

Lalu, dimana kita bisa dapatkan VCC itu, Al?

Mudah mendapatkannya, Sobs! Banyak situs yang menjual VCC. Cuma kita kudu hati-hati dalam memilih sih. Karena kan tidak semua penjual bersikap jujur. Sebenarnya ada juga sih bank yang menyediakan virtual card untuk nasabahnya. Salah satunya adalah Bank CIMB Niaga. Hanya saja virtual card ini terbatas untuk transaksi via facebook. Nama carnya adalah VCC OctoPay. Cuma kita disyaratkan untuk memiliki rekening terlebih dahulu di CIMB Niaga, di mana rekening ini nantinya akan berfungsi untuk pembayaran VCC.

Membeli VCC di internet.

Yes, aku sendiri menggunakan cara ini. Membeli Virtual Credit Card dari internet. Dari hasil googling, aku menemukan situs VCC Murah yang saat aku ajak chat di WA, adminnya sangat responsif. Tapi aku ga langsung percaya sih, melainkan mencari beberapa review terlebih dahulu tentang kredibilitas di VCC Murah ini. Hasilnya? Hasilnya adalah bahwa situs ini rekomended. Maka aku kembali ke situs ini, dan melakukan pembelian VCC.

Ada tiga opsi kartu yang ditawarkan sih seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Jenis-jenis VCC untuk Verifikasi Paypal
Karena aku ga sabaran, maka aku pilih yang di tengah deh. Yaitu VCC Paypal dengan masa 2 tahun. Harganya 70 ribu rupiah. Verifikasi instant. Nah, ini, jadi ga perlu menunggu hingga 3-4 hari seperti penggunaan kartu kredit yang sesungguhnya.

Jadilah aku langsung order ke si VCC. Lalu lakukan transfer, dan kirim bukti transfernya via email. Lanjut chat di WA si admin website ini, yang dengan responsif menjawab pertanyaanku, dan memproses virtual credit card yang aku pesan.

Tak menunggu lama, data VCC sudah dikirim ke emailku, dan aku pun langsung menghubungkan akun paypal ku dengan virtual credit card yang barusan aku beli.

Cara Menghubungkan akun paypal dengan Virtual Credit Card.

Mudah dan tak butuh proses lama, sih!

1. Buka website www.paypal.com dan login.
2. Pilih 'my paypal', 'wallet' dan 'hubungkan kartu'.
3. Masukkan detail VCC di bawah ini ke bagian yang diminta (lihat image di bawah)

  • Jenis kartu = visa atau mastercard
  • Nomor kartu = 16 digit angka
  • Valid Thru = bulan/tahun
  • CSC/CVV/CVC = 3 digit angka
Dan jika sudah terhubung, akan tampil seperti ini:
4. Lakukan konfirmasi Kartu Kredit.

Yup, setelah muncul seperti pada gambar di atas, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi kartu kredit dengan klik “konfirmasikan kartu kredit”, “ok”.
Lalu kita akan mendapatkan email notifikasi seperti berikut:

dan akan ada notifikasi seperti ini deh!
Paypal kita sudah terverifikasi. Yeayyy!
Gimana, Sobs? Mudah dan murah bukan? Semoga info ini bermanfaat ya!

Berbagi cerita tentang verifikasi Paypal using VCC,
Al, Bandung, 8 December 2017

16 comments

Makasih Mba.. Tutotialnya sgt bermanfaat dan membuka pengetahuanku ttg paypal.. Maklum saya gaptek.. 😂

Reply

Sering denger akun paypal tapi mundur teratur setelahnya karena ga ada kk. Baca info nya disini jadi makin banyak wawasan Nih...

Reply

Kakak, ya ampun like like like it banget. Postingannya selalu selangkah maju ke depan. Emak kudet kayak saya memang harusnya mantengin di sini biar paham. Nice share.

Reply

Aku dulu punya paypal th 2008 an, tapi suami yang bantu bikinin secara aku nya gaptek hihi, padahal nggak ribet ya bikin paypal.

Reply

Tarik nafas dulu, baca lagi pelan2. Maklum otaknya udh emak2/ loka wkwkwk
.
But so far tfs yaa mba al..

Reply

Complete penjelasannya, aku baru tau tentang vcc dan jadi tau cara buat vcc mba.. honestly selama ini kalau belanja dari luar negeri aku pakai cc langsung, tapi jarang, sebisa mungkin cari penjual dari indo biar ga ribet hehehe.. kayaknya aku harus buat akun paypal nih (gaptek.com)

Reply

Aku lupa akun paypalku padahal sempat dibayar pakai dollar. Eh Ada minimum nominal penarikan kah kalau PayPal?

Reply

Belum pernah mencoba bertransaksi pakai paypal. Dan informasi ini baru banget buatku. Terima kasih mbak Alaika ^^

Reply

Weh, belum pernah coba deh Paypal ku baru aktif lagi setelah setahun mati suri hehe

Reply

Aku nggak pernah punya paypal, mba. Dan ngerasa agak ribet untuk punya. Hehehe. Salut nih mba Alaika menuliskan dengan baik

Reply

aku belum punya paypal, sebelum baca ini aku harus baca cara membuat akun paypal dulu dech... TFS ya Mbak Al :)

Reply

Katanya kalo akun paypal belom diverifikasi itu, kalo mau tarik uang prosesnya lama banget ya mbak? Tutorialnya berguna banget nih mbak, aku lagi perlu verifikasi paypal juga.. ^^

Reply

Asyik ya sekarang utk verifikasi paypal bisa pakai VCC. Aku dulu sapai ta belain bikin CC utk verifikasi paypal. Untungnya pas ada program yg free admin, jd gegas bikin CC semata demi verifikasi PP.

Btw, Mbak Al jadi bikin PP baru ya?

Reply

Aku udah lama pingin punya VCC untuk transaksi online, tujuannya biar gk bablas pake cc fisik :v

Reply

Makasi banget tulisannya mbak, jadi ada pencerahan.
Aku kemaren malah mau verifikasi pakai bank tapi ga tau caranya. hehe
By the way aku mau nanya dong mbak, VCC fungsinya untuk verifikasi aja kan ya mbak? Untuk penarikannya ke rekening pribadi kah atau kemana mbak? Maaf kalau pertanyaanya lugu ya mbak, hehe :)
makasi

Reply

Aku belum punya paypal,baca artikelmu jadi ilmu, mba. Tapi karena tidak bisa buat offline juga, kk virtual itu saldonya ga bisa ambil dalam bentuk uang chas ya?#gaptek

Reply