Solusi Bikin Paypal Tanpa Nama Belakang | My Virtual Corner
Menu
/
Punya paypal itu sejak tahun 2009, dan waktu bikinnya kala itu lumayan mudah. Walau ga punya kartu kredit, tapi ketersediaan Virtual Credit Card alias VCC itu ngebantu banget untuk proses verifikasi akun paypal yang kita buat. Aku, termasuk salah satu yang menggunakan VCC untuk verifikasi akun paypal dan menjadikannya akun yang verified.

Yang menjadi kendala pada saat itu justru kesamaan nama antara nama di akun paypal dan nama di rekening bank. Saat itu, aku menghubungkan rekening Bank Mandiri sebagai wadah untuk withdrawal atau penarikan dana dari paypal ke rekening bank.

Lazimnya membuka rekening pada sebuah bank, tentu nama yang kita pergunakan adalah nama yang sesuai dengan yang tertera di KTP. Dan so pasti bukan Alaika Abdullah donk yang tertera di buku Rekening Bank akyu 😊, melainkan Fithrianti. Yeah, hanya satu kata, karena emak aye kok pelit banget yak dalam ngasih nama. Hehe. Sehingga baik di KTP maupun di mana-mana, secara legalitas, namaku akan tercantum sebagai Fithrianti (saja). Satu kata tok! 😕

Perkaranya kemudian adalah, ketika membuat Paypal, atau beli tiket untuk perjalanan keluar negeri, akan diminta nama belakang, toh? Nah, ini!
Aku mengalaminya saat membuat akun paypal tahun 2009 lalu itu. Karena diminta nama belakang, aku ga kepikiran untuk membubuhkan tanda koma (,) sebagai nama belakang, atau mengulang 'Fithrianti' sebagai nama belakang, atau memenggal kata 'Fithri' dan 'Anti" menjadi nama depan dan nama belakang, sebagaimana yang sering kita temukan sebagai solusi untuk pembuatan paypal ini.

Saat itu, aku malah nekad menggunakan Fithrianti (nama depan) dan Abdullah (nama belakang), mengingat di passport, pada halaman ketiga tertulis 'the holder of this passpor is also wellknown as Fithrianti Abdullah'. Sip deh! Jadilah aku apply paypal dengan menggunakan nama itu. Dan???
Dan berhasil! Ga ada masalah.

Menyesuaikan Nama pada Rekening Bank dengan Nama pada Akun Paypal

Masalahnya dimana? Ya di nama yang tertera di Rekening Bank yang tak sama dengan yang ada di akun paypal. As I said above. Jadilah aku melangkahkan kaki ke Bank Mandiri dengan membawa passportku. Di hadapan Customer Service yang cantik dan ramah itu, aku bercerita bahwa aku butuh nama yang sama dengan yang tertera di akun paypalku, yaitu Fithrianti Abdullah, yang sayangnya nama itu tak ada di KTP, melainkan tertera di Passport. Aku juga ceritakan bahwa jika nama pada rekening bank tak sama dengan akun paypal maka penarikan dana ke rekening bank-ku, which is Bank Mandiri ini tidak dapat dilakukan, tak hanya itu, aku justru harus membayar biaya sejumlah IDR. 50.000 untuk ongkos pengembalian dana ke akun paypalku. Rugi kan?

Aku tanyakan, apakah mungkin untuk melakukan penyesuaian nama pada rekening bank yang aku miliki ini. Jika sebelumnya adalah based on KTP, maka di-update agar sesuai dengan namaku yang ada di passport, sehingga menjadi Fithrianti Abdullah dan akan sama dengan nama di akun paypal.

Dan???
Dan ternyata BISA, Sobs! Jadilah di tahun itu juga, 2009 (aku lupa bulannya), Rekening Bank Mandiriku berganti nama pemiliknya, dari Fithrianti menjadi Fithrianti Abdullah. Aman deh! Senyumku mengembang, problem well solved!

Menyiasati akun paypal yang tak sesuai dengan nama di Rekening Bank. 

Berpindah ke Kota Bandung, dan membuka rekening di salah satu bank terkemuka di Kota Bandung, membuat Rekening Mandiriku yang lama terbengkalai. Aku lupa bahwa si rekening ini terhubung dengan akun paypal, hingga lupa merawatnya agar tetap 'hidup' alias aktif. Tanpa aku sadari rekening mandiri yang harusnya istimewa ini malah tertutup automatically karena dana yang tersimpan di dalamnya telah habis terpotong oleh biaya administrasi selama bertahun-tahun, sementara aku tak pernah lagi mengisinya.

Aku tak menjadikannya masalah utama, karena toh aku tak pernah menarik dana dari paypalku ke rekening bank. Dana yang ada di paypal, paling aku pakai untuk belanja online, dan saldo paypalku juga ga banyak-banyak amat, sih. Jadi biarin lah.

Etapi, makin ke sini, kebutuhanku ber-paypal-ria membuat kebutuhan untuk menarik dana dari paypal ke bank menjadi 'butuh'. Barulah aku sadari sepenuhnya, bahwa rekening Bank Mandiri yang bernama pemilik 'Fithrianti Abdullah' sudah tidak aktif lagi alias tertutup. Hadeuh! Kumaha iyek? 
Dan mulailah aku mencari cara untuk bisa menghilangkan saja nama Abdullah dari nama di akun paypalku, agar si akun ini sama namanya dengan namaku yang di rekening bank, which is Fithrianti.

Aku pun mulai menyurati tim paypal untuk minor revision on my name. Menjelaskan pada mereka situasinya, di mana namaku hanya satu kata, namun karena paypal mensyaratkan penggunaan nama belakang, maka aku menggunakan Abdullah sebagai nama belakang, sehingga namaku menjadi Fithrianti Abdullah. Namun sayangnya, nama ini tak tertera di rekening bank mana pun yang aku miliki. sehingga aku berharap agar paypal dapat memberi solusinya dengan menghilangkan nama belakangku agar sesuai dengan nama di rekening bankku.

Namun justru paypal membalas sebagai berikut;

Dear fithrianti abdullah ,

Thank you for contacting PayPal.

You mentioned that you want to change your name from fithrianti abdullah to Fithrianti in your PayPal account. For security reasons, we are unable to remove the last name completely. There are three possible ways you could change your name. Before changing your name, please contact your bank to find out if you can withdraw money to your bank account from PayPal using one of these names.

Option 1:
You could change your name to Fithrianti with a comma as the last name.
Option 2:
You could divide your single name into two parts. For example, you can change the single name Fithrianti into first name Fithri and last name anti.
Option 3:
You could change your name to Mr./Ms.Fithrianti Your first name would be Mr./Ms. and last name would be Fithrianti

Some banks may not accept deposits if the name on your bank account and PayPal account don’t match exactly. It’s important to confirm with your bank that you can withdraw funds from PayPal to your bank account using the new name on your PayPal account.

*NOTE*: ONLY WHEN WE RECEIVED A CLEAR REPLY OF WHICH NAME IS ACCEPTED BY THE BANK FROM YOU, AND THEN WE CAN CHANGE YOUR PAYPAL NAME.

Here's how to change the name on your account:
Go to http://www.paypal.com and log in to your account.
Click 'Profile' near the top of the page.
Click 'My personal info' or 'My business info.'
Click 'Change' beside 'Name.'
Select ‘Personal Name Change (incorrect at signup or minor name change)’ and click ‘Continue.’
Select ‘No’ and click ‘Continue.’

WE ALSO NEED THE FOLLOWING DOCUMENT TO COMPLETE YOUR NAME CHANGE REQUEST. After you have completed the above steps, please submit a copy of the following document:
· Proof of address. A copy of a utility bill issued within 6 months, or a bank or a credit card statement issued within 6 months that shows your new name and the address listed on your PayPal account. (We don't accept P.O. box address as a valid proof of address.)

You can upload or fax your document to us.
Here’s how you upload your document:
Click 'Upload Files.'
Browse for the file(s) you want to upload and click ‘Attach this File.’
Click ‘Send Files to PayPal.’

You may also close this account and open a new account with the different name instead of changing the name on your current account.

Thank you for your co-operation in making PayPal the safer way to pay and get paid online.

With Best Regards,
Vernon
PayPal Compliance Department
Copyright © 1999-2017 PayPal. All rights reserved.

Hayyah, ribet amat, ya, Sobs?
Akhirnya, daripada ga kelar-kelar, aku malah memilih untuk menutup akun lama, dan meng-apply akun paypal yang baru deh! seperti yang disarankan tim paypal pada paragraf akhir di atas.
Dan??? Dan sebelum aku tutup akun paypal lama itu, tentu saja aku membalas email tim paypal tersebut seperti ini;

Dear Paypal Team,

Many thanks for your quick response and the brief. From all the options offered, unfortunately there is no option that easy to process. I would like to close this account and sign up for a new one. Thank you very much for the support.

Regards,

Fithri

Dan jadilah aku memproses aplikasi paypal yang baru. Prosesnya gampang banget, lho! Oya, sejak recording e-KTP, aku disarankan oleh Pak RT untuk membubuhkan saja gelar ST di KTP-ku, sehingga bisa menjadi nama belakang, sehingga aku ga akan terkendala lagi untuk hal-hal demikian. Dan saran ini aku turuti dengan jenaka sih sebenarnya. Etapi, ternyata di kemudian hari justru jadi sangat bermanfaat bagiku, lho! Dengan memiliki nama ST di belakang Fithrianti, aku jadi gampang dalam setiap urusan serupa. 😀

Oya, tak lama setelah aku email tentang rencana menutup akun lama, tim paypal tetap membalas emailku di atas dengan baik dan ngasih support;

Dear fithrianti abdullah,

Thanks for contacting PayPal.

If this is the case, then you may want to consider opening a new account under your name and contact information and closing this account. You can transfer the funds from this account to your new PayPal account, and then close the old account.
If you need further assistance on how to transfer the funds, please contact our Customer Services by clicking ‘Contact Us’ at the bottom of any PayPal page.
Here’s how to close your PayPal account:
1.Go to www.paypal.com and log in to your account.
2.Click Profile near the top of the page.
3.Click My settings.
4.Click Close account in the 'Account type' section.
5.Click Continue.
6.Choose up to 3 reasons why you want to close your account and enter any additional information.
7.Click Continue.
8.Click Close Account.
When you close your account, the following actions occur:
· Any unpaid money requests are automatically canceled.
· You forfeit any unused redemption codes or coupons.
· Your transaction history will be lost and can’t be recovered.

We thank you for your co-operation in making PayPal the safer way to pay and get paid online.


With Best Regards,
Tranbo
PayPal Compliance Department
Copyright © 1999-2017 PayPal. All rights reserved.

Widih, tim paypal baik banget yaa! Sukak deh!

Tiga cara Bikin Akun Paypal Tanpa Nama Belakang.

Yes, seperti yang aku utarakan di atas. Tim paypal itu menyarankan salah satu dari  tiga cara bagi yang hanya memiliki satu nama dalam mengajukan pembukaan rekening paypal. Adapun cara-cara itu adalah sebagai berikut;

Opsi 1:
Kita bisa mengganti/menyesuaikan nama kita dengan cara membubuhkan tanda koma di belakang kata  Fithrianti. Jadi tanda koma ini dianggap sebagai nama belakang.

Option 2:
Kita bisa membagi dua kata tersebut yaitu, Fithri (sebagai nama depan) dan Anti sebagai nama belakang. 

Option 3:
Kita juga bisa menggunakan sapan Nona, Nyonya atau Tuan sebagai nama depan, baru disusul oleh nama asli kita, dalam hal ini adala Nyonya Fithrianti. 

Jadi, Sobs, jangan sedih bagi yang hanya punya satu nama. Tetap bisa kok bikin akun paypal. Tinggal pilih aja salah satu dari tiga opsi di atas. Dan setelah akun paypal jadi (diapproved), jangan lupa lakukan verifikasi agar akun paypal kita verified, ok?

Terus untuk menjadikan akun paypal kita verified, kan kudu pake kartu kredit, Al. Gimana kalo kita ga punya kartu kredit?

Tenang, masih tetap bisa kok verifikasi agar akun kita verified. Cukup beli virtual credit card (VCC) di penyedia, dan lakukan verifikasinya. Jadi deh! Atau masih bingung juga? Nantikan artikel selanjutnya tentang cara mudah verifikasi kartu kredit via Virtual Credit Card, ya!

Sharing info tentang paypal,
Al, Bandung, 3 Desember 2017



3 comments

wah ditunggu nih mbak, tentang artikel VCC nya...
sebenarnya belum butuh juga sih, tapi mungkin suatu saat saya juga butuh dengan paypal...

Reply

wah, info penting ini buat aku yang gaptek beginian, trims mb al

Reply