Melesat Tajam di Era Kehidupan Digital Bersama CBN Digital Nation | My Virtual Corner
Menu
/
Melesat Tajam di Era Kehidupan Digital Bersama CBN Digital Nation

Hari gini, siapa yang tak terhubung  dengan internet? Jaman now, siapa yang tak menggenggam smartphone? Mulai dari usia muda hingga senja, mulai dari orang kaya raya hingga yang kehidupannya biasa-biasa saja, pastilah memiliki yang namanya smartphone. Hanya saja, brand dan spesifikasi si smartphone-nya sajalah yang membedakan jenjang si pemiliknya. Sepakat?

Kehidupan masa kini, tak jauh-jauh dari internet.
Telah menjadi budaya kehidupan personal maupun profesional sehari-hari.
Yes, internet adalah sebuah dunia yang telah sukses meraih ruang tersendiri. Jika dulu, di era tahun 2000-an, kita kudu ke warnet dulu untuk bisa mengakses internet, atau kudu nunggu jam kerja untuk bisa internetan di kantor, maka kini, koneksi internet telah dapat kita akses dengan mudah, dan jauuuuh lebih murah dibanding masa-masa itu. Bahkan tanpa perlu 'bertatap muka' lagi dengan layar desktop atau laptop untuk mengakses internet. Googling, researching, atau bahkan bekerja online pun kini sudah bisa kita lakukan cukup dari genggaman tangan.

Cukup dari genggaman tangan,
kini kita telah bisa terhubung dengan dunia
Yes, cukup dengan smartphone atau tablet, kita sudah langsung berada di dunia maya. The virtual world!  What a wonderful digital life we have now!  Jika dulu saja, internet telah mampu meraih ruang tersendiri, maka kini, pesatnya perkembangan dunia Teknologi Informasi, telah pula mampu membawa kita ke dalam satu bentuk kehidupan digital yang tak terbendung! 

Pertanyaannya adalah:

1. Seberapa siapkah kita memasuki kehidupan era digital ini? ⇒ Ayo, untuk poin ini tanya diri dan jawab sendiri dengan jujur ya! 😊

2. Sudah siapkah pendukung utama (internet services provider) dalam mendukung kita untuk benar-benar berdaya guna di dalam going in the digital life? ⇒ Yup, eikeh tuh pengen ngebahas yang ini, yak!

3. Sudah siapkah pemerintah di dalam mendukung dan mendampingi rakyatnya untuk berkehidupan digital.

CBN Digital Nation - 
Siap menjadi kendaraan digital anak bangsa dalam memasuki era digital life. 

Jujur, walau sudah berdiri sejak tahun 1996, dengan nama PT. Cyberindo Aditama (CBN) dan merupakan pionir perusahaan penyedia Internet Provider, tapi aku justru ga begitu ngeh akan sepak terjang perusahaan ini. Hello, where have u been, Al?

Yup. Makanya aku jadi terpelongo (terpana - terkagum) saat hadir di acara "CBN Digital Nation" yang diadakan di 23 Paskal Shopping Center Bandung, pada tanggal 28 Oktober 2017 yang lalu.

Acara yang tak hanya menghadirkan para undangan, melainkan juga menarik minat para gamers, instagramers, youtubers, bloggers dan para netizen lainnya ini sukses membuat mal baru ini ramai bahkan sebelum mal ini buka! Luar biasa antusiasmenya, cyin! Pertanda bahwa perusahaan ini memang sudah sangat dikenal dan mumpuni di bidangnya. Hayyah, eikeh kudet, euy!

CBN Digital Service Provider
Jujur, aku sampai berdecak kagum saat melihat ramainya tempat ini. Luar biasa antusiasme
para netizens yang hadir. Antrian sampe mengular untuk berpartisipasi di acaranya.
Aku sendiri hadir sedikit terlambat gara-gara kemacetan yang tak terprediksi, sampai-sampai harus menitipkan Gliv di sebuah mart, dan lanjutkan perjalanan menggunakan ojek online demi menembus kemacetan dan bisa tiba di acara seru ini. Ojeg online, Al? 

Yes, apa sih yang ga online di jaman now? 

Makanya, kembali ke pertanyaan yang aku bariskan di atas, untuk memasuki era digital life, seberapa kuatkah daya dukung pemerintah dan internet provider dalam mendukung kita, masyarakat digital ini berkehidupan digital? Dalam peralihan kehidupan sosial era lama ke era baru yang serba digital ini?

Satu kunci utama yang kita pahami bersama adalah, kecepatan koneksi internet atau internet speed adalah kunci utama tercapainya kehidupan digital. Tanpa ini, kehidupan digital tentu akan terkendala. Komunikasi jadi lemot, pekerjaan online atau apapun yang berbau online, tentu akan terhambat. Untuk itulah, CBN Digital Nation mengadakan acara ini, sebagai tonggak launching sekaligus familiarisasi ke masyarakat umum tentang gebrakan baru mereka, Sobs!

Yes, CBN Digital Nation adalah terobosan baru dalam mendukung masyarakat digital menuju kehidupan yang lebih mumpuni. Tak tanggung-tanggung, Sobs! Dalam memberi dukungan ini, CBN meningkatkan kapasitasnya dari perusahaan Internet Service Provider (ISP) kini meningkatkan kualitasnya menjadi perusahaan Digital Service Provider (DSP), dengan tujuan agar dapat memberikan layanan yang lebih prima kepada masyarakat digital.

Dalam rangka memberikan layanan prima ini pula, seperti yang diutarakan oleh Bapak Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN, di dalam presentasinya, CBN menggandeng FiberStar untuk menyediakan 500 ribu homepass atau jaringan internet dengan teknologi fiber optic up to 1 Gbps di area perumbahan di wilayah Jawa Barat. Sehingga diharapkan nantinya masyarakat akan dapat merasakan manfaatnya berupa akses internet yang supercepat, cloud service, serta solusi bagi problema digital lainnya dalam dukungan CBN terhadap masyarakat dan Kota Bandung sendiri sebagai smart city. Wow! Keren banget ini, mah! Oya, beliau juga menjelaskan pemilihan Kota Bandung sebagai tempat untuk launching acara ini adalah karena memang Kota Bandung adalah Kota yang telah menerapkan azas-azas smart city, jadi memang klop dengan konsep CBN.

Era digital life, tak pelak telah pula membuat landscape digital economy di Indonesia terus berkembang dan kian pesat, yang membutuhkan pendampingan dan dukungan penuh tak hanya dari kekuatan infrastruktur, kecepatan internet, tapi juga dukungan pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam perwujudan smart city dan smart village. CBN sendiri, seperti yang dituturkan oleh Pak Marcelus Ardiwinata, COO CBN, bahwa CBN mendukung smart village dengan Program Desa 2020. Program pertama yaitu Program Sekolah 2020, dimana segala administrasi sekolah dan pembelajaran akan sudah terintegrasi systemnya secara digital.

Program kedua adalah Lurah 2020, dimana memprioritaskan administrasi kelurahan yang lebih digital. Selanjutnya ada Program Tani 2020, sebagai contoh adalah membangun Lot untuk kebutuhan pertanian. Program berikutnya adalah Sehat 2020 yang memungkinkan puskesma di desa-desa untuk mendatangkan para ahli dari luar desanya. Wow!

Perwakilan Kota Bandung, yang diwakili oleh Bapak Mulyana, Diskominfo Kota Bandung, menyambut baik dukungan dan rencana ini, sekaligus meresmikan CBN Digital Nation. Tepuk tangan meriah pun membahana sebagai bentuk antusiasme para hadirin dalam menyambut dan mendukung peluncuran ini.

Peresmilan CBN Digital Nation.
Photo taken by Rani Yulianty
Layanan Spektakuler CBN Digital Nation

Yes. Sampai juga kita ke pengenalan layanan-layanan dari CBN Digital Nation, yang terus terang langsung bikin aku ingin segera beralih ISP. Iya, donk, pengen beralih ke sini, kenceng banget koneksinya, cyin!

1. CBN Fiber, 

Seperti yang didemonstrasikan oleh Bapak Dedi Handoko, the Chief Brand Officer CBN, koneksi internet yang diberikan oleh CBN ini supercepat! Up to 1 Gbps dengan teknologi fiber optic yang berkecepatan 300 kali lebih cepat daripada penggunaan internet biasa di Indonesia selama tahun 2015. Keren, super! Info detail cek sendiri di webnya CBN, ya, Sobs! ⇒ www.cbn.id

2. Televisi.

CBN juga menyediakan saluran entertainment berupa IPTV interaktif yang menghadirkan konten High Definition TV Premium, education, blockbuster video on deman, dan fitur ecommerce.
Aplikasi untuk mengakses layanan ini adalah melalui aplikasi Dens.TV yang bisa didownload via google store (android) maupun App Store (IOS). Bisa juga melalui website. ⇒ http://www.dens.tv/

- e-Classroom
Yang menarik dari layanan TV ini menurutku adalah adanya layanan e-Classroom. Yang menyajikan skoline, di mana anak-anak dapat belajar secara digital. Di halaman ini, kita akan dapat menemukan video-video e-learning yang dikemas dengan animasi menarik sehingga akan membuat anak-anak bisa belajar dengan proses yang jauh lebih menyenangkan. Tersedia pilihan kelas mulai dari 1 SD hingga kelas 6 SD.


Bockbuster Video on Demand, merupakan layanan film dengan sekitar 600 judul film blockbuster dan serial TV yang beragam genre yang bisa langsung diakses tanpa menunggu jadwal tayang. Pasti surga banget donk ini bagi para pecinta movies! 😊

- Yang pastinya, layanan televisi ini sudah HDTV (High Definition TV) Premium, di mana sudah merupakan TV channel berkualitas HD. Yang pastinya akan bikin mata nyaman dan terpuaskan oleh kualitas gambar-gambarnya. Jangan kuatir akan layanannya, sudah ada klasifikasinya kok. Jadi ada yang untuk anak, general entertainment, movies, docomentary, sports hingga ke music. Keren deh pokoknya!

3. dCBN apps, virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS dan android untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan info layanan. Jika ingin dapatkan informasi tentang jangkauan area, pendaftaran pelanggan, CBNWifi atau pun promo-promo dari CBN, maka dCBN apps ini penting banget untuk dimiliki, lho!

Oya, yang lebih keren lagi adalah, CBN dan FiberStar bekerjasama dengan Google mengupayakan adanya Google Station lho! Untuk apa? Agar akses wifi untuk area publik tersedia! Sip banget kan? Kalo banyak daerah yang sudah available Google Station gini, Indonesia akan jadi seperti di luar negeri, deh! Aih, pasti kita akan bangga khaaan?

Serunya Acara CBN Digital Nation.

Selain peresmian dan pengenalan layanan CBN Digital Nation, tentunya acara ini dikemas dengan beragam acara seru lainnya. Para undangan juga menghadiri booth-booth yang sedang pameran untuk meminta cap, karena cap yang terkumpul di atas selembar kartu (selebar kartu pos) itu, jika terkumpul secara lengkap capnya, maka bisa diikutkan ke dalam door prize berhadiah keren. Aku lupa sih apa aja hadiahnya. Selain itu juga ada IG competition, IG Quiz via Twitter dan Facebook juga. Seru deh!

Selain itu, ada juga para cosplay yang kece dan unik dandanannya, yang bikin undangan jadi pengen pepotoan tuh dengan mereka.



Nah, Sobs, begitu deh kisah keseruan acara launching CBN Digital Nation kemarin. Seru banget, ya! Dan semoga konsep yang sudah dicanangkan dapat berjalan lancar, sehingga dapat mendukung penuh masyarakat digital Indonesia pada umumnya, dan Kota Bandung pada khususnya untuk go digital smoothly, ya!

Eh iya, hampir lupa. Ada satu lagi acara kece yang dipersembahkan untuk kita-kita para blogger, lho! Hadiahnya juga kece badai! Apaan? Cekidot infonya di bawah ini, ya!

CBN Digital Nation - Blog Competition!


Persyaratannya adalah:

•Menulis dengan tema “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”
•Panjang artikel minimal 1500 kata.
•Isi tulisan tidak boleh menyinggung pihak lain, membandingkan dengan kompetitor, atau bernada negatif sehingga memicu pertikaian.
•Tulisan harus orisinal karya pemilik blog. Tidak diperkenankan melakukan tindakan plagiat atau mencuri hak kekayaan intelektual pihak lain.
•Tulisan belum pernah dilombakan di kompetisi blog manapun.
•Menyebutkan kata-kata ini di dalam artikel : CBN, CBN Digital Nation, Dens.TV, internet service provider, internet cepat.
•Menyertakan link unduh aplikasi Dens TV yang tersedia di playstore atau klik link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp.
•Menyertakan image CBN Digital Nation/ CBN / Dens.TV.
Kriteria pemenang dinilai berdasarkan:
•Orisinalitas artikel.
•Sudut pandang yang unik.
•Cara penulisan atau penyampaian yang menarik.
•Penambahan image, infografis, atau video akan mendapatkan point tambahan.
•Jumlah komentar organik akan diberikan point tambahan.
Hadiah TOTAL PRIZE 7.000.000 IDR
•Pemenang Utama: Notebook Lenovo Indonesia
•2 Pemenang Favorit: JD.id Voucher @1.000.000 IDR
Hayo, pada ikutan yuk!
Yuk, melesat tajam di era kehidupan digital 
bersama CN Digital Nation
Al, Bandung, 5 Oktober 2017





11 comments

Acaranya memang seru banget. :D Andai waktu itu aku ikutan.

Reply

Aish setuju banget, Mba A,emak-emak zaman now butuh internet yaaa

Reply

wuiih acaranya seru ya, banyak info menarik, nih

Reply

Aih kalau aku pas lowong pasti deh aku ke Bandung karena seru banget menghadiri acaranya. Bertaburan hadiah juga yya mba. Dengan adanya CBN DIgital di Bandung smoga juga di berbagai kota di Indonesia ya mba

Reply

seru yaaahhh. apalagi pas bagian mengalihkan perhatian itu lho, camera action. yang bengong jadi pada ngumpul senang setor wajah hahaha...

Reply

Seruu n keren niy acara, internet kenceng mah dambaan pekerja onlen ya hhaaa
Kalo gangguan dikit ntr bawaannya ngamuk :p

Reply

Keren banget ini acaranya ya. Semoga rencana2 peningkatan literasi digital terwujud dg baik :).

Reply

Nah aku memimpikan internet dengan kecepatan super nih di rumah. SUpaya hemat waktu dan tenaga. Supaya banyak waktu luang bersama keluarga sehingga tidak nungguin loading inet yang lama banget.

Btw semoga CBN ini segera hadir di Batam.

Reply

1500 kata wah mesti dalem banget ya ulasannya, note deh ikut meramaikan hehe..

Reply

era digital memang serba memudahkan di sisi lain juga mesti hati-hati ya mba terutama sangat cepat arus info negatif nyampai ke telinga anak-anak kita

Reply