Langkah Sederhana Meningkatkan DA - PA | My Virtual Corner
Menu
/
Langkah Sederhana Meningkatkan DA - PA

Sore ini, ketika baru saja bernapas lega setelah berhasil berdiri kokoh di dalam busway menuju pulang, chitchat di grup Blogger Perempuan Telegram kembali cetar exciting bin bikin was-was! Yup, bagi bloggers, info tentang Domain Authority dan Page Authority [DA-PA] update adalah salah satu berita yang suka bikin was-was kan, ya? Hayo, ngaku! Hehe.

Begitu juga aku. Begitu membaca dynamite yang dilontarkan chitchatnya Mba Tanty, pemilik Omah Antik, aku langsung kepo akan perkembangan DA-PA blogku sendiri. Ya, si My Virtual Corner inih! Ih, naik apa turun yaaa? Maka, tak sabar, aku minta tolong si Mba Tanty deh untuk ngecek langsung info terbaru itu. Dan Taraaa! What a happy news!


Wow, Alhamdulillah, naik dikit lah. Dari 32 koma sekian, kini sudah berada di angka 35 untuk Domain Authority dan 45 untuk Page Authority. Syukurlah.
Lalu, teman-teman lain pun pada ikutan minta tolong cek ke Mba Tanty, berhubung mereka sedang dalam situasi rempong seperti dakuh. Hehe.

Chitchat pun menjadi hangat dan mulai menggairahkan. Seperti obrolan biasanya di grup yang satu ini, berbagi ilmu pun mengalir tanpa diminta. Saling sharing tips meningkatkan DA-PA, how to obtain a good score and how to maintain them. Bla bla bla. Sungguh diskusi yang menarik, seperti biasanya.

Lalu, sebenarnya, benda apakah DA dan PA ini?

Mengenal Domain Authority and Page Authority

Anggaplah postingan ini untuk para new comers in the area of blogspheres. Yang baru saja ngeh bahwa blogging bukanlah hanya sebagai proses membuat blog, menentukan template, menulis dan posting. Karena bagi bloggers yang menganggap dunia ini layaknya dunia nyata, di mana ada lingkungan [blogspheres], ada manusianya [bloggers] dan ada hubungan kemasyarakatan [silaturrahmi/interaksi] baik dengan sesama bloggers, user/pencari informasi/netizen lainnya maupun the engine, juga ada yang namanya martabat atau derajat/peringkat domain/situs itu sendiri yang disebut sebagai Domain Authority dan Page Authority.

Jadi Domain Authority adalah sebuah parameter berupa nilai [mulai dari angka 0 - 100] yang dikembangkan oleh Moz, dengan memadukan semua link metric mereka; linking root domains, jumlah total link, MozRank, MozTrust, dan lainnya ke dalam sebuah nilai tunggal, yang akan digunakan sebagai parameter dalam menilai seberapa populer dan berpengaruhnya sebuah domain/website di mata search engine

Sayangnya, Domain Authority hanya bisa ditentukan untuk domain yang sudah menjadi Top Level Domain [TLD], sementara yang sub level domain, semisal ; xyz.blogspot.com, tips.alaikaabdullah.com dan semacamnya, hasil ukur DA-PAnya akan mengacu ke Top Level Domainnya. Jadi jangan kaget jika Sobats mendapati nilai DA untuk domain ini, misalnya; xyz.blogsot.com adalah sangat tinggi, karena dia mengacu ke nilai DA si blogspot itu sendiri. :)

Page Authority

Jika Domain Authority digunakan untuk menentukan popularitas sebuah domain secara keseluruhan, maka Page Authority adalah parameter yang digunakan untuk mengukur seberapa popular sebuah artikel/page di dalam situs/domain yang dimaksud.

Gimana, Sobs? Sudah paham lah ya tentang definisi dari DA-PA ini?

Lalu, gimana sih cara menaikkan DA-PA ini, Al?

Hm, sebenarnya bingung juga sih kalo diminta menjawab pertanyaan ini. Soalnya daku juga bukan blogger yang ahli dalam hal ini, nih, Sobs! Apalagi Moz sendiri merilis tulisan seperti yang tercantum di dalam screenshot di bawah ini, nih, Sobs!


yang terjemahan bebasnya kira-kira begini;

..., Tak seperti SEO metric lainnya, maka DA sulit 'diutak-atik' [baca: dipengaruhi] secara langsung. DA dihasilkan dari berbagai metric seperti MozRank, MozTrust, link profile dan lainnya] yang masing-masingnya saling mempengaruhi terhadap nilai DA.
Cara terbaik di dalam meningkatkan/mempengaruhi nilai DA adalah dengan memperbaiki SEO secara keseluruhan. Sementara di sisi lainnya, kita juga harus fokus pada pembentukan link profiel yang mumpuni, yaitu dengan mengupayakan agar memperoleh backlink dari website-website berkualitas.

Dan, setelah baca sana dan sini, ngulik sana dan ngulik sini, beberapa artikel keren yang bertabur di rumah si Mbah, aku mencoba mengambil intisari untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sih agar DA-PA kita meningkat? Mudah-mudahan ulasan di bawah ini bisa sedikit mencerahkan ya, Sobs!


1. Teknik SEO yang benar. 

Hm, ini tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi kita-kita yang masih awam tentang teknik ini. Aku sendiri, terus terang memang masih belajar akan hal ini, sih, Sobs. Jadi belum berani berbagi tips. Terus, kenapa berani meletakkannya pada poin pertama pula? Hehe.
Yaaa, karena beberapa artikel yang aku temukan, memang poin ini diletakkan pada poin pertama sih. Cuman, menurutku sih, ga harus juga berada pada poin teratas. Terserah kita, sambil tentu saja, pay attention that this point is important to learn about. Makanya aku letakkan di paling atas, agar aku sendiri kontinue untuk mempelajarinya.

Oke, tentang teknik SEO yang benar, mari kita googling, banyak banget lho praktek dan tuto tentang how to do Search Engine Optimization [SEO].

2. Social Media.

Dulu banget, setelah bikin postingan, published, lalu aku berdiam diri. Haha. Ga kenal yang namanya share it. Ga ngeh jika postingan sebagus apapun, akan duduk manis saja tanpa manfaat jika tak ada orang yang mengetahui akan keberadaannya. Berharap akan diindeks google dan muncul di halaman 1 atau pageone? How can jika kita sendiri hanya berpangku tangan tanpa berusaha untuk memperkenalkannya?

Untungnya kini, bergabung di berbagai komunitas blogger, aku akhirnya mendapatkan banyak sekali masukan. Salah satunya ya ini, bahwa setelah bikin postingan, sudah seharusnya kita manfaatkan akun2 social media kita untu share artikel-artikel kita dalam rangka mengundang traffic.

3. Link Internal

Ini juga salah satu trik penting di dalam meningkatkan page views. Iya donk, dengan menghubungkan internal link [link artikel postingan kita terdahulu, yang tentunya punya kaitan dengan postingan sekarang], sebenarnya kita sedang 'mengundang' pembaca kita untuk juga berkunjung ke halaman yang kita bidik. Iya kan?
Dan menurut para mastah dan mastih, strategi building internal link ini adalah salah satu trik jitu di dalam upaya menjalin jaringan yang kuat di dalam situs kita, sehingga akan memberikan banyak info bagi para pembaca/pencari info, dan membantu search engine di dalam indexing.

4. Hapus Back Link 'jahat'

Link Spam memang layak disebut sebagai link jahat! Udah komennya ga nyambung, eh malah masang link hidup pulak! Amboi... onde mande! Cape deh!
Saking berbahayanya Link Spam ini, aku dulu sampai menyediakan waktu khusus lho untuk menghapus semua spamming link ini. Dan efeknya? Ya ampyun, beneran ternyata! DA ku mulai merambat naik lagi, setelah sekian lama terjerat dan tak mampu merambat ke atas. Hihi. Dan setelah event bebersih Link Spam itu, aku pasang moderasi komentar, untuk menjaring spammer agar tak lagi bisa lolos dan bertengger cantik di postingan-postinganku.

5. Usia Domain

Ini juga merupakan faktor yang menentukan. Namun ini tidaklah berarti bahwa semakin tinggi nilai domain maka akan semakin tinggi nilai DA-PAnya, sih. Bisa saja, usia domain yang tinggi, namun hiatus, sama aja boong donk! Hehe.

Namun, usia domain memang berbanding lurus dengan skor nilai DA, dengan catatan, domain itu adalah domain yang populer dan baik di mata engine mau pun human.

Nah, Sobats tersayang, itulah sekilas rangkuman yang berhasil aku sarikan dari googling dan chitchat cantik di grup, tentang upaya-upaya yang harus kita lakukan dalam rangka mendongkrak nilai DA-PA. Selamat mencoba, dan semoga berhasil, ya!
Tips on how to influence Domain Authority,
Al, Margonda Residence, 4 April 2016


95 comments

Langsung praktekin langkah nomor 4, nih. Ternyata ada 43 backlink "jahat-nya". Lanjut bersih-bersih, deh! Makasih sharingnya Mba Al.. :)

Reply

Obrolan sore yg bikin semangat hari ini ya mbak, seneng kalo DA/PA naik. Makin semangat, eh tapi pernah juga mengalami merosot gegara broken link, tetep juga semangat. Suka blogging sih, jadi harus jaga semangat, hahaha

Reply

DA PA ini cuma berlaku utk tld aja ya? kalau masih numpang di blogspot gitu berlaku juga kah?

Reply

Sip mbak Al, besok mau hapus broken link... dan tfs...

Reply

Pas ngecek DA sama PA saya masih 0 mwehehehehe..baru tahun ini soalnya dikasih rumah. Kudu lebih giat nih ya

Reply

Pentungan mana pentungan
Hihihi... anu buat ngusir si spam :D
TLD eike baru 6 bulan, postingan di bawah 100; AR 369,186; PA 1; DA 15
Gimana tu, Dok? Sehat ke?


Reply

Makasih share nya mba. Ini salah satu langkah SEO..menciptakan konten abadi hwhwhe. Postingan ini kurasa bisa abadi..

Reply

Alhamdulillah, punya saya juga naik Mbak Al. Dan lebih senang lagi, blog baru saya yang belum seumur jagung sudah langsing alexanya, DA/PA juga lumayan pakai banget. Senangnya.... 5 teknik itu memang saya pakai sih

Reply

Terima kasih tipsnya Mbak

Reply

DA/PA blog saya masih rendah
harus rajin2 bw kayanya

Reply

waah ini namanya pucuk diulam cinta pun tiba *ish ngawur apa enggak ya xixixi. Makasi ya mbak Al kini wawasanku bertambah luas dengan materi DA & PA ini.

Reply

Punyaku juga alhamdulillah naik kak, kemarin sempat turun 5 angka dan naik lagi menjadi 31.

Reply

Alhamdulillah DAku juga naik kaak

Reply

DAku alhamdulillah juga naik mbak... Tp ya tetep masih rendah bgt kalo dibandingin mbak al dan temen2 yg lain. Hehe

Reply

da & pa ku masih rendah semenjak impor ke wordpress hehee

Reply

Belum ngerti DA dan PA nih Mbak. Apalagi blog saya belum setahun genap...jd disitu tertulis untuk domain age y not available... skrg sih posisi DA 13 PA 23 kalo ga salah. Masih rendah banget ya Mbak?

Reply

kok hasil da pa saya pake seoreview tools sama seoweather.com beda ya mbak? di seoweather DA saya 14 PA 1

Reply

Keren naiknya banyak, mba Al. Aku baru 24, mba. Yang satu 29. Pelan-pelan naiknya hehe

Reply

Wih Mbak Al DAnya 35, Mbak share Cara ngapus link jahat dong hehe

Reply

Makasih sharing ilmunya, Mbak Al. Dicatet deh, semoga gak lupa buat nerapin :)

Reply

cara-caranya harus ane coba nih, mudah-mudahan DA PA berubah

Reply

Hayuk, bersih bersih biar rapi dan higienis, Mba. *eh

Reply

Iya, Mba. Obrolan yang masih hangat banget dan segera jadi artikel. HEhe.
Seneng banget rasanya lihat DA-PA meningkat. Punyamu juga naik kan Mba?

Reply

Iya, Mba Maya. Kalo yang masih numpang, pasti hasilnya tinggi banget, karena dia mengambil DA-PA induknya. :)

Reply

Hayuk, biar bersih dan si Mbah seneng. Hehe

Reply

Hm, mungkin karena baru ganti alamat tuh, Mb Ipeh. Kudu giat lagi yaaa

Reply

Hehe. Lho, PAnya bisa lebih rendah dari DA ya Kak? Baru tahu saya. Tapi alexanya udah keren tuh, Kak. Ayo, gunakan tips di atas biar DA-PAjuga ciamik.

Reply

Sama2, Nayah. Hehe, salah satu strategi SEO yaaa. :) Tauuu aja!

Reply

Wah, kereeen. Blog saya yang satu lagi padam, ganti domain dan baru mulai dari nol nih. :)

Reply

Yuk, sama2 kita belajar, cut adek. :)

Reply

Praktekkan ke 5 tips di atas deh. :)

Reply

Hehe, kan dimulai darimu tadi obrolan ini di grup, dan langsung deh kepikir utk sharing ttg ini di blog. Thanks untuk idenya ya, Mba Tanty. :)

Reply

Congrats yaaaa. Mudah2an terus meningkat dan jangan turun2 lagi yaaa :)

Reply

Semua berjalan sesuai dengan proses dan upaya yang ada. YUk, lebih giat lagi, Mba. :)

Reply

Kudu lebih giat lagi dan coba praktekkan ke 5 tips ini deh. :)

Reply

Harus lebih giat menerapkan ke 5 tips di atas, Mba. Coba deh. Memang faktor usia juga ngaruh sih. :)

Reply

Hm, kok bisa gitu ya? Aku biasanya pake yang dari Moz atau yang smartseo apa gitu....

Reply

Alhamdulillah, Mba ILa. Mba Ila juga keren tuh. 2-2 nya udah di atas 20. Keren itu mah. :)

Reply

Hehe, iya, baru naik ke 35, Mba Titis. Moga bisa bertahan dan bahkan meningkat nanti yaaa.
Baik, Mba, nanti aku coba tuliskan tips menghapus link jahat ya. :)

Reply

Makasih kak Al tips nya.. aku sengaja menyempatkan diri kemari untuk baca-baca artikel tentang tips blogging nih.. Serasa blogger baru bangun tidur yang ilmu bloggingnya masih mengawang2. Hahaha

Reply

Makasih mbak... jadi semangat lagi Nge-blog,.. dapat ilmu baru

Reply

info yg bermanfaat nih mbak... soalnya saya juga bru bikin sekitar 2 bln lalu... nah kalo masih bru DA-PA sebenarnya bisa langsung melejit gk sih mbak...?
maksih bnyk ya mbak infonya...

Reply

Makasih suhu, langsung dipraktekkan hahaha

Reply

Hal yang sering terlupakan... terima kasih diingatkan kak!

Reply

Pemilihan sebuah nama domain sepertinya juga bisa untuk menaikkan DA, Alhamdulillah udah Da ku udah 16, masih jauh dibanding Da blognya kakak ini hee

Reply

Ah..
Keren
Mkasih artikelnya, Mbak Al...

Reply

Hehe, bisa aja deh. Yaa, semoga tulisan2ku di sini bisa mencerahkan yaaa. :)

Reply

Hayuk, ngeblog itu terapi jiwa lho! Yuk, semangat!

Reply

Hm, seperti yang saya tulis di atas. DA/PA ini belum ada formula pengukuran yang pas. Bisa aja berubah parameternya. Namun setau saya, faktor usia domain juga ngaruh sih. Coba deh baca lagi artikel di atas. :)

Reply

Haha, suhu udaranya berapa hari ini ya? :D

Reply

Sukses terus yaaa. Selamat atas pencapaiannya. Semoga DA/PAnya terus meningkat yaa.

Reply

Sama2, semoga bermanfaat yaaa. :)

Reply

Link jahat ini, broken link juga termasuk ya sepertinya mba.
Dan soal seo huhuhu saya baru bisa menerapkan yang basic simple posan hihihi.
Tfs mba, cek DA aaah :)

Reply

terima kasih bnyak untuk ilmunya ya mbak. Al.. hhee
jadi semangat buat ningkatin Da dan PA hhee

Reply

Kereen banget ini informasinya mbakkkk...makasih bisa langsung diterapkan ini

Reply

Beberapa bulan lalu, DA PA ku lumayan, sekarang turun drastis.. aku jadi bingung...

Reply

aku lagi berusaha naikin mba ngapus2 itu mau g mau huhuhuhu

Reply

Saatnya bersih2 spam2 nih, makasih infonya, Mbak..

Reply

tengkyu infonya, mba
sering bgt aku dapetin link jahaaat tertanam di komentar.ada yg ga bisa dihapus itu gimana ya mba?#tanyaserius

Reply

Buat cek backlink jahat di mana ya mbak?

Reply

Ilumnya berguna banget buat newbie kyk saya neh mbak

Reply

Berarti untuk naikin DA butuh perjuangan panjang ya. Yosh.

Reply

mbak...link jahat itu modelnya kayak apa sih?
thanks for sharing nya ya...

Reply

Masih agak kurang mudeng nih mba al. kalo pake blogspot.com atau wordpress.com nilainya pasti lebih tinggi daripada tld, berarti lebih bagus nggak tld dong?

Reply

*curcol*

susah kali ya nurunin DA -PA nya..apa karena domain baru ya kak?
*lelah nuruninnya =))

Reply

Kalau ada reader yang nitip link di komentar itu termasuk link jahat juga ga sih?

Reply

okeeh mbaa al sangat membantuu,backlink internal ini yang belum ku lakukan.. hehehe

Reply

Saya baru pindahan ke dot com, jadi pa da masih jelek, huehehe... Perlu kerja keras ini... Makasih ilmunya mba

Reply

Untuk orang yg baru mylai serius ngeblog, thank you ilmunya ya. Bermanfaat. Semoga sudi berkunjung

Reply

Makasih tuk ilmunyaaaa mbak Al.
Pelan-pelan mau aku terapkan deh.
Moga-moga bisa menaikkan DA/PA secara konsisten. Aamiin

Reply

Mbak gimana sih hapus backlink spam itu?

Reply

makasih udah mmembantu menambah informasi saya
mampir juga di blog saya kak tentang bisnis ukm

Reply

aku jadi kepo cek DA PA ku mak, alhamdulillah diluar ekspetasi :) Thanks udah share, yuhuuu, semangat!

Reply

Makasih mbak Al buat sharingnya. Yang tentang backlink jahat itu bener banget. Sekarang udah moderasi komentar, masih ada aja yang ngasih backlink jahat di blog hehehe

Reply

DA blog saya turun drastis dari 18 jadi 9. Trafik juga jadi turun -_-

Reply

Mbak Al makasih banget tipsnya aku lagi cari - cari info ini muahahahha btw amisyu!

Reply

Tipsnya asiiikkk.. Mbak request juga tips ngilangin yang jahat-jahat, terus tools-tols untuk memperbaiki SEO, sama teknik SEO ala Mbak Al dong.. Abis kalo artikel Mbak Al bacanya enak dan saya jadi lebih ngerti.. :D Makasih Mbak Al..

Reply

oke mbaak. makasih infonyaa :D

Reply

Mba maaf mau nanya, jika yang berkomentar memiliki rank alexa yang masih rendah datang berkomentar ke blog kita...apakah akan mempengaruhi DA PA juga?

Reply

Makasih infonya,Mbak. PR saya masih banyak banget nih :-D

Reply

DA saya malah turun mbak Al, sepertinya harus menerapkan link internal deh dan lainnya. Makasih tipsnya ^^

Reply

Terima kasih untuk informasinya mbak :)

Reply

Kalo menurut analisa saya sih, web mbknya ni artikelnya yang bagus, hehe ya artinya artikelnya sih ngak berbobot ya, ngak berat-berat amat kontennya, tapi ringan muatannya. Nah seperti itu disukai google sih,, tapiii ngomong-ngomong saya sendiri susah mau nulis banyak-banyak nih.. hehe Malesnya itu loooo Uhhhh

Reply

Ngos2an saya naikkan da/pa tapi belum goal juga. Harus lebih keras lagi kayaknya...

Reply

Aku jadi bahan candaan gegara share d group X ttg PD DA blog yang masih pakai xx.blogspot.com XD ternyata eh ternyata..
Makasih ya mbak info dan sarannya.. langsung cuss aku praktekin ;)

Reply

Meresapi kembali artikel ini, berhubung usia domain udah di atas 6 bulan :D makasih sharingnya mba Alaika:-*

Reply

mbak, saya sudah melakukan semua kecuali usia domain yang masih 3 bulan namun DA tidak kunjung naik ? Gimana solusi nya ?

Reply

Belum ngerti tentang SEO. Pernah baca tulisan SEO sih, tapi belum bisa meniru atauwlakuka. Apa yang dianjurkan oleh para ahli SEo.

Reply