Langkah Sederhana Meningkatkan DA - PA

Langkah Sederhana Meningkatkan DA - PA

Bicara tentang domain authority mau pun page authority alias DA/PA rasanya memang sudah tak asing lagi. Parameter yang sering dipakai oleh ahensi dalam menetapkan harga/rate job bagi sebuah blog ini, sering bikin bloggers ketar-ketir. Ketar-ketir menanti hasil update DA/PA dari Moz atau domain authority checker lainnya, yang biasanya melakukan update berkala terhadap blogs.

Seperti update kali ini, saat diberitahu oleh seorang teman bahwa Moz sudah melakukan update terhadap DA/PA, maka aku pun langsung kepo. Aih, naik apa turun ini DA beberapa blog eikeh? Huhu....

Dan, Alhamdulillah..., cukup bikin senyuman tetap mengembang deh ini...
Update DA/PA yang bikin senyum mengembang
Wow, Alhamdulillah, masih bertahan di angka 41 untuk Domain Authority dan 46 untuk Page Authority. Syukurlah.

Lalu, sebenarnya, apaan sih DA/PA ini?

Mengenal Domain Authority and Page Authority

Anggaplah postingan ini untuk para new comers in the area of blogspheres. Yang baru saja ngeh bahwa blogging bukanlah hanya sebagai proses membuat blog, menentukan template, menulis dan posting. Karena bagi bloggers yang menganggap dunia ini layaknya dunia nyata, di mana ada lingkungan [blogspheres], ada manusianya [bloggers] dan ada hubungan kemasyarakatan [silaturrahmi/interaksi] baik dengan sesama bloggers, user/pencari informasi/netizen lainnya maupun the engine, juga ada yang namanya martabat atau derajat/peringkat domain/situs itu sendiri yang disebut sebagai Domain Authority dan Page Authority.

Jadi Domain Authority adalah sebuah parameter berupa nilai [mulai dari angka 0 - 100] yang dikembangkan oleh Moz, dengan memadukan semua link metric mereka; linking root domains, jumlah total link, MozRank, MozTrust, dan lainnya ke dalam sebuah nilai tunggal, yang akan digunakan sebagai parameter dalam menilai seberapa populer dan berpengaruhnya sebuah domain/website di mata search engine

Sayangnya, Domain Authority hanya bisa ditentukan untuk domain yang sudah menjadi Top Level Domain [TLD], sementara yang sub level domain, semisal ; xyz.blogspot.com, tips.alaikaabdullah.com dan semacamnya, hasil ukur DA-PAnya akan mengacu ke Top Level Domainnya. Jadi jangan kaget jika Sobats mendapati nilai DA untuk domain ini, misalnya; xyz.blogsot.com adalah sangat tinggi, karena dia mengacu ke nilai DA si blogspot itu sendiri. :)

Page Authority

Jika Domain Authority digunakan untuk menentukan popularitas sebuah domain secara keseluruhan, maka Page Authority adalah parameter yang digunakan untuk mengukur seberapa popular sebuah artikel/page di dalam situs/domain yang dimaksud.

Gimana, Sobs? Sudah paham lah ya tentang definisi dari DA-PA ini?

Lalu, gimana sih cara menaikkan DA-PA ini, Al?

Hm, sebenarnya bingung juga sih kalo diminta menjawab pertanyaan ini. Soalnya daku juga bukan blogger yang ahli dalam hal ini, nih, Sobs! Apalagi Moz sendiri merilis tulisan seperti yang tercantum di dalam screenshot di bawah ini, nih, Sobs!


yang terjemahan bebasnya kira-kira begini;

"..., Tak seperti SEO metric lainnya, maka DA sulit 'diutak-atik' [baca: dipengaruhi] secara langsung. DA dihasilkan dari berbagai metric seperti MozRank, MozTrust, link profile dan lainnya] yang masing-masingnya saling mempengaruhi terhadap nilai DA.

Cara terbaik di dalam meningkatkan/mempengaruhi nilai DA adalah dengan memperbaiki SEO secara keseluruhan. Sementara di sisi lainnya, kita juga harus fokus pada pembentukan link profiel yang mumpuni, yaitu dengan mengupayakan agar memperoleh backlink dari website-website berkualitas."

Dan, setelah baca sana dan sini, ngulik sana dan ngulik sini, beberapa artikel keren yang bertabur di rumah si Mbah, aku mencoba mengambil intisari untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sih agar DA-PA kita meningkat? Mudah-mudahan ulasan di bawah ini bisa sedikit mencerahkan ya, Sobs!


1. Teknik SEO yang benar. 

Hm, ini tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi kita-kita yang masih awam tentang teknik ini. Aku sendiri, terus terang memang masih belajar akan hal ini, sih, Sobs. Jadi belum berani berbagi tips. Terus, kenapa berani meletakkannya pada poin pertama pula? Hehe.
Yaaa, karena beberapa artikel yang aku temukan, memang poin ini diletakkan pada poin pertama sih. Cuman, menurutku sih, ga harus juga berada pada poin teratas. Terserah kita, sambil tentu saja, pay attention that this point is important to learn about. Makanya aku letakkan di paling atas, agar aku sendiri kontinue untuk mempelajarinya.

Oke, tentang teknik SEO yang benar, mari kita googling, banyak banget lho praktek dan tuto tentang how to do Search Engine Optimization [SEO].

2. Social Media.

Dulu banget, setelah bikin postingan, published, lalu aku berdiam diri. Haha. Ga kenal yang namanya share it. Ga ngeh jika postingan sebagus apapun, akan duduk manis saja tanpa manfaat jika tak ada orang yang mengetahui akan keberadaannya. Berharap akan diindeks google dan muncul di halaman 1 atau pageone? How can jika kita sendiri hanya berpangku tangan tanpa berusaha untuk memperkenalkannya?

Untungnya kini, bergabung di berbagai komunitas blogger, aku akhirnya mendapatkan banyak sekali masukan. Salah satunya ya ini, bahwa setelah bikin postingan, sudah seharusnya kita manfaatkan akun2 social media kita untu share artikel-artikel kita dalam rangka mengundang traffic.

3. Link Internal

Ini juga salah satu trik penting di dalam meningkatkan page views. Iya donk, dengan menghubungkan internal link [link artikel postingan kita terdahulu, yang tentunya punya kaitan dengan postingan sekarang], sebenarnya kita sedang 'mengundang' pembaca kita untuk juga berkunjung ke halaman yang kita bidik. Iya kan?
Dan menurut para mastah dan mastih, strategi building internal link ini adalah salah satu trik jitu di dalam upaya menjalin jaringan yang kuat di dalam situs kita, sehingga akan memberikan banyak info bagi para pembaca/pencari info, dan membantu search engine di dalam indexing.

4. Hapus Back Link 'jahat'

Link Spam memang layak disebut sebagai link jahat! Udah komennya ga nyambung, eh malah masang link hidup pulak! Amboi... onde mande! Cape deh!
Saking berbahayanya Link Spam ini, aku dulu sampai menyediakan waktu khusus lho untuk menghapus semua spamming link ini. Dan efeknya? Ya ampyun, beneran ternyata! DA ku mulai merambat naik lagi, setelah sekian lama terjerat dan tak mampu merambat ke atas. Hihi. Dan setelah event bebersih Link Spam itu, aku pasang moderasi komentar, untuk menjaring spammer agar tak lagi bisa lolos dan bertengger cantik di postingan-postinganku.

5. Usia Domain

Ini juga merupakan faktor yang menentukan. Namun ini tidaklah berarti bahwa semakin tinggi nilai domain maka akan semakin tinggi nilai DA-PAnya, sih. Bisa saja, usia domain yang tinggi, namun hiatus, sama aja boong donk! Hehe.

Namun, usia domain memang berbanding lurus dengan skor nilai DA, dengan catatan, domain itu adalah domain yang populer dan baik di mata engine mau pun human.

Nah, Sobats tersayang, itulah sekilas rangkuman yang berhasil aku sarikan dari googling dan chitchat cantik di grup, tentang upaya-upaya yang harus kita lakukan dalam rangka mendongkrak nilai DA-PA. Selamat mencoba, dan semoga berhasil, ya!
Tips on how to influence Domain Authority,
Al, Margonda Residence, 4 April 2016


99 comments

  1. Langsung praktekin langkah nomor 4, nih. Ternyata ada 43 backlink "jahat-nya". Lanjut bersih-bersih, deh! Makasih sharingnya Mba Al.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, bersih bersih biar rapi dan higienis, Mba. *eh

      Delete
  2. Obrolan sore yg bikin semangat hari ini ya mbak, seneng kalo DA/PA naik. Makin semangat, eh tapi pernah juga mengalami merosot gegara broken link, tetep juga semangat. Suka blogging sih, jadi harus jaga semangat, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Obrolan yang masih hangat banget dan segera jadi artikel. HEhe.
      Seneng banget rasanya lihat DA-PA meningkat. Punyamu juga naik kan Mba?

      Delete
  3. DA PA ini cuma berlaku utk tld aja ya? kalau masih numpang di blogspot gitu berlaku juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Maya. Kalo yang masih numpang, pasti hasilnya tinggi banget, karena dia mengambil DA-PA induknya. :)

      Delete
  4. Sip mbak Al, besok mau hapus broken link... dan tfs...

    ReplyDelete
  5. Pas ngecek DA sama PA saya masih 0 mwehehehehe..baru tahun ini soalnya dikasih rumah. Kudu lebih giat nih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, mungkin karena baru ganti alamat tuh, Mb Ipeh. Kudu giat lagi yaaa

      Delete
  6. Makasih share nya mba. Ini salah satu langkah SEO..menciptakan konten abadi hwhwhe. Postingan ini kurasa bisa abadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Nayah. Hehe, salah satu strategi SEO yaaa. :) Tauuu aja!

      Delete
  7. Alhamdulillah, punya saya juga naik Mbak Al. Dan lebih senang lagi, blog baru saya yang belum seumur jagung sudah langsing alexanya, DA/PA juga lumayan pakai banget. Senangnya.... 5 teknik itu memang saya pakai sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kereeen. Blog saya yang satu lagi padam, ganti domain dan baru mulai dari nol nih. :)

      Delete
  8. waah ini namanya pucuk diulam cinta pun tiba *ish ngawur apa enggak ya xixixi. Makasi ya mbak Al kini wawasanku bertambah luas dengan materi DA & PA ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kan dimulai darimu tadi obrolan ini di grup, dan langsung deh kepikir utk sharing ttg ini di blog. Thanks untuk idenya ya, Mba Tanty. :)

      Delete
  9. Punyaku juga alhamdulillah naik kak, kemarin sempat turun 5 angka dan naik lagi menjadi 31.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Congrats yaaaa. Mudah2an terus meningkat dan jangan turun2 lagi yaaa :)

      Delete
  10. DAku alhamdulillah juga naik mbak... Tp ya tetep masih rendah bgt kalo dibandingin mbak al dan temen2 yg lain. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua berjalan sesuai dengan proses dan upaya yang ada. YUk, lebih giat lagi, Mba. :)

      Delete
  11. da & pa ku masih rendah semenjak impor ke wordpress hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu lebih giat lagi dan coba praktekkan ke 5 tips ini deh. :)

      Delete
  12. Belum ngerti DA dan PA nih Mbak. Apalagi blog saya belum setahun genap...jd disitu tertulis untuk domain age y not available... skrg sih posisi DA 13 PA 23 kalo ga salah. Masih rendah banget ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lebih giat menerapkan ke 5 tips di atas, Mba. Coba deh. Memang faktor usia juga ngaruh sih. :)

      Delete
  13. kok hasil da pa saya pake seoreview tools sama seoweather.com beda ya mbak? di seoweather DA saya 14 PA 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, kok bisa gitu ya? Aku biasanya pake yang dari Moz atau yang smartseo apa gitu....

      Delete
  14. Keren naiknya banyak, mba Al. Aku baru 24, mba. Yang satu 29. Pelan-pelan naiknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mba ILa. Mba Ila juga keren tuh. 2-2 nya udah di atas 20. Keren itu mah. :)

      Delete
  15. Wih Mbak Al DAnya 35, Mbak share Cara ngapus link jahat dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, baru naik ke 35, Mba Titis. Moga bisa bertahan dan bahkan meningkat nanti yaaa.
      Baik, Mba, nanti aku coba tuliskan tips menghapus link jahat ya. :)

      Delete
  16. Makasih sharing ilmunya, Mbak Al. Dicatet deh, semoga gak lupa buat nerapin :)

    ReplyDelete
  17. Makasih kak Al tips nya.. aku sengaja menyempatkan diri kemari untuk baca-baca artikel tentang tips blogging nih.. Serasa blogger baru bangun tidur yang ilmu bloggingnya masih mengawang2. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bisa aja deh. Yaa, semoga tulisan2ku di sini bisa mencerahkan yaaa. :)

      Delete
  18. Makasih suhu, langsung dipraktekkan hahaha

    ReplyDelete
  19. Hal yang sering terlupakan... terima kasih diingatkan kak!

    ReplyDelete
  20. Pemilihan sebuah nama domain sepertinya juga bisa untuk menaikkan DA, Alhamdulillah udah Da ku udah 16, masih jauh dibanding Da blognya kakak ini hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses terus yaaa. Selamat atas pencapaiannya. Semoga DA/PAnya terus meningkat yaa.

      Delete
  21. Ah..
    Keren
    Mkasih artikelnya, Mbak Al...

    ReplyDelete
  22. Link jahat ini, broken link juga termasuk ya sepertinya mba.
    Dan soal seo huhuhu saya baru bisa menerapkan yang basic simple posan hihihi.
    Tfs mba, cek DA aaah :)

    ReplyDelete
  23. terima kasih bnyak untuk ilmunya ya mbak. Al.. hhee
    jadi semangat buat ningkatin Da dan PA hhee

    ReplyDelete
  24. Beberapa bulan lalu, DA PA ku lumayan, sekarang turun drastis.. aku jadi bingung...

    ReplyDelete
  25. aku lagi berusaha naikin mba ngapus2 itu mau g mau huhuhuhu

    ReplyDelete
  26. Saatnya bersih2 spam2 nih, makasih infonya, Mbak..

    ReplyDelete
  27. tengkyu infonya, mba
    sering bgt aku dapetin link jahaaat tertanam di komentar.ada yg ga bisa dihapus itu gimana ya mba?#tanyaserius

    ReplyDelete
  28. Buat cek backlink jahat di mana ya mbak?

    ReplyDelete
  29. Ilumnya berguna banget buat newbie kyk saya neh mbak

    ReplyDelete
  30. Berarti untuk naikin DA butuh perjuangan panjang ya. Yosh.

    ReplyDelete
  31. mbak...link jahat itu modelnya kayak apa sih?
    thanks for sharing nya ya...

    ReplyDelete
  32. Kalau ada reader yang nitip link di komentar itu termasuk link jahat juga ga sih?

    ReplyDelete
  33. okeeh mbaa al sangat membantuu,backlink internal ini yang belum ku lakukan.. hehehe

    ReplyDelete
  34. Saya baru pindahan ke dot com, jadi pa da masih jelek, huehehe... Perlu kerja keras ini... Makasih ilmunya mba

    ReplyDelete
  35. Makasih tuk ilmunyaaaa mbak Al.
    Pelan-pelan mau aku terapkan deh.
    Moga-moga bisa menaikkan DA/PA secara konsisten. Aamiin

    ReplyDelete
  36. Mbak gimana sih hapus backlink spam itu?

    ReplyDelete
  37. aku jadi kepo cek DA PA ku mak, alhamdulillah diluar ekspetasi :) Thanks udah share, yuhuuu, semangat!

    ReplyDelete
  38. Makasih mbak Al buat sharingnya. Yang tentang backlink jahat itu bener banget. Sekarang udah moderasi komentar, masih ada aja yang ngasih backlink jahat di blog hehehe

    ReplyDelete
  39. Mbak Al makasih banget tipsnya aku lagi cari - cari info ini muahahahha btw amisyu!

    ReplyDelete
  40. Tipsnya asiiikkk.. Mbak request juga tips ngilangin yang jahat-jahat, terus tools-tols untuk memperbaiki SEO, sama teknik SEO ala Mbak Al dong.. Abis kalo artikel Mbak Al bacanya enak dan saya jadi lebih ngerti.. :D Makasih Mbak Al..

    ReplyDelete
  41. Mba maaf mau nanya, jika yang berkomentar memiliki rank alexa yang masih rendah datang berkomentar ke blog kita...apakah akan mempengaruhi DA PA juga?

    ReplyDelete
  42. Makasih infonya,Mbak. PR saya masih banyak banget nih :-D

    ReplyDelete
  43. DA saya malah turun mbak Al, sepertinya harus menerapkan link internal deh dan lainnya. Makasih tipsnya ^^

    ReplyDelete
  44. Terima kasih untuk informasinya mbak :)

    ReplyDelete
  45. Kalo menurut analisa saya sih, web mbknya ni artikelnya yang bagus, hehe ya artinya artikelnya sih ngak berbobot ya, ngak berat-berat amat kontennya, tapi ringan muatannya. Nah seperti itu disukai google sih,, tapiii ngomong-ngomong saya sendiri susah mau nulis banyak-banyak nih.. hehe Malesnya itu loooo Uhhhh

    ReplyDelete
  46. Ngos2an saya naikkan da/pa tapi belum goal juga. Harus lebih keras lagi kayaknya...

    ReplyDelete
  47. Aku jadi bahan candaan gegara share d group X ttg PD DA blog yang masih pakai xx.blogspot.com XD ternyata eh ternyata..
    Makasih ya mbak info dan sarannya.. langsung cuss aku praktekin ;)

    ReplyDelete
  48. Meresapi kembali artikel ini, berhubung usia domain udah di atas 6 bulan :D makasih sharingnya mba Alaika:-*

    ReplyDelete
  49. mbak, saya sudah melakukan semua kecuali usia domain yang masih 3 bulan namun DA tidak kunjung naik ? Gimana solusi nya ?

    ReplyDelete
  50. Belum ngerti tentang SEO. Pernah baca tulisan SEO sih, tapi belum bisa meniru atauwlakuka. Apa yang dianjurkan oleh para ahli SEo.

    ReplyDelete
  51. Mbak cara ngehapus backlink jahat itu gimana sih? tolong ajarin dong

    ReplyDelete
  52. Makasih sharingnya mbak..kayanya sudah waktunya bebersih nih

    ReplyDelete
  53. Pas banget kemaren baru bersih2 komen2 spam yang jahad. Semoga DA ku naek lagii. Hihi. Nice tips Mba :D

    ReplyDelete
  54. Aku masih blogspot. Harus ganti TLD ya?..

    ReplyDelete
  55. mba cantik hebat ya artikelnya saya ambil ilmunya ya.. :) mba saya bingung blogspot saya PAnya 1 terus DA 57 gimana buat naikinnya ya..
    Harga Mesin Cuci Koin

    ReplyDelete
  56. Baru ganti tld sekitar tiga bulanan nih mbak, masih pr banget ningkatin skor DA dan PA.. ^^

    ReplyDelete
  57. Ane juga MBa, ngalamin DA blm naik? Mudah mudahan dengan Adanya ini Cepat naik nya

    ReplyDelete
  58. Lagi belajar nerapin SEO mbak, tapi sadar kayanya poin nomer 4 aku belum lakuin. Beberes link Jahad :")

    ReplyDelete
  59. Baru baca ini, mampir dari postingan tentang baounce rate. Tahnk you ya Kak Al :*

    ReplyDelete
  60. Update terbaru kemaren spam score-ku naik huhuhu

    ReplyDelete
  61. Thank you pencerahannya mba, aku setiap beberapa bulan sekali pasti ngecek broken link. Anehnya, sudah habis ehh ada ribuan lagi deh.. binun hehhe

    ReplyDelete
  62. Wah domain saya masih baru, SEO pun masih on going hihi semangat terus pokoknya

    ReplyDelete
  63. makasih pencerahannya mba..segera ekseskusi inih..apalagi saya newbie di dunia blog..semangat semangat!

    ReplyDelete
  64. Bagaimana cara menghapus black link mba?

    ReplyDelete
  65. Teteh Da Aku dari 34 trun jadi 18 hiks...hiks. Allhamdulillahnya PA masih 41. Jadi teteh Da ini nilai domain kita di mata google gtu? Sedangkan Pa nilai konten2 kita di dalam blog? Begitu nggak sih teh maksudnta?

    ReplyDelete
  66. Aku sudah baca ini berkali2 kok ya belum pinter2. Ya Rabb😭😭😭🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  67. makasiiiih Al, super komplit, ibarat makan nasi padang, udah pake ayam bakar - telor - bumbu rendang - perkedel - sayur daun singkong masih ditambahin sambel ijo

    *lalu saya lapar

    ReplyDelete
  68. DA PA ku masih hitungan jari.
    Tapi bener, silaturahim lewat grup di sosmed banyak bermanfaat dan membantu menaikkan trafic

    ReplyDelete
  69. Meskipun tulisannya udah lama dibuat, tapi masih berlaku sampai sekarang. Kata kuncinya adalah original dan natural Kak.

    ReplyDelete