FesTIK 2015, pasti seru inih! | My Virtual Corner
Menu
/
FesTIK 2015, pasti seru inih! Begitu deh kebanyakan komentar teman-teman Relawan TIK Indonesia, setiap pembicaraan kami mengarah ke masalah FesTIK. Namun, ternyata, nih! Tak semua orang faham apa itu FesTIK. Terbukti dengan banyaknya Sobats yang malah nanya ketika aku posting di wall FB maupun cuap-cuap di twitter, tentang FesTIK yang sedang kami persiapkan ini.

FesTIK itu apa sih, Al?


Oops! Ternyata kami lupa! Lupa bahkan untuk menuliskan kepanjangan dari FesTIk dan RTIK! Hehe. Bahkan pernah tuh, saat menjadi nara sumber di radio MQ, aku dan Meti Medya, tersadar bahwa kami lupa menyisipkan kepanjangan RTIK di dalam obrolan kami. Karena apa? Karena kami sendiri sudah begitu familiar akan RTIK! Tuh, kan? RTIK, FesTIK, apaan seh itu?

RTIK dan FesTIK

Ok, baiklah. RTIK adalah singkatan dari Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi, yang merupakan sebuah organisasi di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. RTIK hadir di seluruh [33] provinsi Indonesia, dan juga hadir hingga di level kabupaten/kota dari setiap provinsi. Wow khan, Sobs?

Adapun visi dan misi dari dibentuknya RTIK ini adalah;

Visi: 
Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.


Misi: 
  • Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental;
  • Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya;
  • Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.
Lalu, FesTIK itu apaan, Al?

Nah, bicara tentang FesTIK 2015, yang sedang gencar-gencarnya kami persiapkan ini, yuk aku jelasin lebih detil ya biar kita semua pada ngeh, dan siap berpartisipasi.

FesTIK untuk rakyat 2015 adalah agenda tahunan persembahan Relawan TIK Indonesia, bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi & Informatika dan Pemerintah Kota Bandung, yang bertujuan untuk mempertemukan kebutuhan masyarakat akan perlunya penerapan TIK dengan stakeholder lainnya, seperti pemerintah, perguruan tinggi, pegiat TIK, komunitas dan perusahaan-perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan dan penggunaan TIK di Indonesia. 

FesTIK tahun ini, tampil bersemboyankan 'Sabanda Sariksa SaTIKa' yang artinya 'yuk, kita sama-sama belajar memanfaatkan dan memberdayakan TIK dengan baik' sehingga diharapkan akan mampu memberi wawasan yang lebih luas bagi kita semua, dalam rangka menuju Indonesian Smart Society. Hm, terdengar muluk?

Ah, tidak juga. Lihat deh, digital life, adalah hal yang tak lagi mampu kita tolak toh? Hampir setiap saat, gadget seakan melekat erat di tangan masyarakat kita, baik anak-anak, dewasa hingga orang tua renta. Masih aja asyik menggenggam gadget. Gadget dan internet, kita akui sebagai pisau bermata dua, yang jika kita tak bijak menggunakannya, maka akan melukai si pemakainya. Oleh karenanya, mengedukasi, memberdayakan masyarakat agar smart and wise di dalam penggunaan TIK adalah suatu keharusan dalam mencapai masyarakat Indonesia yang cerdas [Indonesian Smart Society]. Salah satu upaya mencapai tujuan itu adalah melalui Festival TIK, gitu deh, Sobs!

Agenda FesTIK 2015

Banyak banget lho agendanya! 



Workshop

Workshop dengan berbagai kategori, mulai dari internet sehat, penggunaan social media, fotografi, gaming, blogging hingga sakatelematika, tersedia di sana, lho, Sobs! Coba deh kunjungi website FesTIK 2015 dan larak lirik aneka sesi dan judul workshop yang ingin Sobats ikuti nanti. Dijamin, Sobats akan membawa pulang oleh-oleh ilmu keren deh sepulang dari FesTIK 2015 nanti. 

Juga ada pameran, lho!



Tak hanya itu lho, ada city tour pake bandross juga, euy! Jadi, catet dan segera mendaftarkan diri, ya, Sobs!


How To Get Involved?

Sobats tinggal mengunjungi website FesTIK dan mendaftar, boleh pilih ikutan acara seminarnya, workshopnya atau pameran. It's Free! Yeayyy! 

Bahkan untuk peserta [member RTIK maupun komunitas] dari luar kota, kami menyediakan penginapan dan tim penjemputan ke bandara/stasiun lho. Seru khaaaan? Hayu, bagi Sobats yang berasal dari luar kota, bisa daftarkan diri di link ini deh:

Pendaftaran untuk Relawan TIK atau Komunitas dari luar daerah
Pendaftaran Peserta Pameran

Nah, Sobats, dijamin, pasti seru abis deh, FesTIK 2015 nanti. Hayuk, segera daftarkan diri Sobats, dan pantengin terus update informasinya dengan following us di @festivalTIK2015, ya!

info keren,
Al, Bandung, 11 Mei 2015



17 comments

pengen bangt dateng ke sana sebenernya Mbak Al, syangnya pas lagi ada acara kantor di luar kota dan sayangnya luar kotanya bukan di Bandung :(

Reply

Waahh pasti seru nih acaranya mak Al...insyaallah melipir ke sana :)

Reply

Asyik.... ada acara seru yang sekaligus berbagi ilmu.

Reply

kayaknya seru ya Mak acaranya.
cuman kamis-jumat ya? kerja euy... moga2 bisa melipir ke sana :'(

Reply

pengeeen bangettt ikutannn tapi tapi tapi :"(

Reply

sayang di Bandung...jauh sekali..kalo di SUrabaya pasti aku datang :)

Reply

Kalau udh daftar via webnya, bakal dapet konfirmasi nggak mak?
Pingin bgt ikut workshop nya.. ^^

Reply

Kalau udh daftar via webnya, bakal dapet konfirmasi nggak mak?
Pingin bgt ikut workshop nya.. ^^

Reply

Kalau udh daftar via webnya, bakal dapet konfirmasi nggak mak?
Pingin bgt ikut workshop nya.. ^^

Reply

Sangking asyiknya ngobrol lupa ngasih tahu kepanjangannya ya, Mbak. :D
Moga sukses acarane,yaaa. . .

Reply

sayang banget tgl segitu lagi ujian nih pascal mbak AL

Reply

moga bisa ikutan meramaikan acara insya Allah kalau nggak ada halangan

Reply

Udah daftar dr kemaren2 tapi aku baru baca full tentang RTIK hari ini, hihi
Untung dijelasin sama mak Al, soalnya aku baru mau ikutan acaranya RTIK, see you mak Al ^^

tapi aku penasaran, city tournya kapan sih mak? Kalo hari ketiga, berarti tanggal 30-nya ya?

Reply