oh NO, blogsku diHAPUS | My Virtual Corner
Menu
/
Sebenarnya Sabtu kemarin tuh udah cukup bikin fikiranku fresh setelah 5 hari berturut2 dibantai rutinitas pekerjaan yang bikin lahir batin lelah. (Huft). Kumulai Sabtu pagi dengan hati riang, mengantar Intan ke skul, terus fitness sebentar di dapur (lho??), maklum sobs, kan aku and Intan hanya punya sebuah kamar dan sedikit ruang kecil untuk dapur, biasalah anak kost gitu lho.

Setelah itu, aktifitas lanjutan adalah menemani my lovely Umi ke kondangan, yang ya ampun rame banget dan sukses bikin aku malas untuk antri makanan. Sepakat dengan Umi, kami ga jadi makan di pesta itu, setelah salaman dan chitchat sebentar dengan penyelenggara pesta, kami langsung undur diri. Terus seperti Sabtu-sabtu lainnya, kuhabiskan hari libur dengan having a body message di reflexy center langgananku sampai sore hari. Barulah kemudian menjemput Intan dari rumah temannya lalu kita main ke mac shop, cari case untuk my laptop.

Barulah sesampai di rumah, tiba-tiba kepalaku terasa pusing banget. Sebelah kiri. Gilee, jarang banget aku dapat serangan seperti ini, rasa sakitnya luar biasa. Kucoba tiduran sambil kepalaku diurut oleh Intan, tetap aja ga mempan. Malah tambah pusing dan ingin muntah. Intan berkelakar, " Mi, jangan2 Umi jadi pusing karena udah habis duit, kan Umi baru belanja laptop plus case laptop yang gila2an harganya."

"Hush! Enak aja, mungkin juga ya nak?" timpalku sambil meringis, tapi memang benar2 sakit. Lalu notifikasi chat dari misua di BBM jg masuk, minta aku online, so we can have cam to cam conversation.

Kucoba juga online mana tau bisa menyembuhkan sakit kepala yang luar biasa ini. Nah, disinilah kemudian malapetaka bertambah sobs.
Sambil online di skype, aku blogwalking dan coba meninggalkan komen di blog para sahabat yang meninggalkan komennya di my virtual corner. Lancar. No problem at all, sampai kemudian koneksi terputus. Kucoba beberapa kali refresh browser, ternyata memang koneksi smartfrenku yang sedang down. Disconnected sama sekali. Ada sekitar 15 menitan DC nya, baru kemudian koneksi mulai lancar kembali. Kucoba log in ke blogspotku, dan ya ampun sobs, terbelalaklah mataku mendapatkan pemberitahuan "Maaf, blog di my-virtualcorner.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru, bla..bla". Kebayangkan sobs gimana paniknya perasaanku membaca ini.

Memang sih udah sering juga baca postingan para sahabats tentang kasus-2 seperti ini, tapi tetap ga nyangka aja jika kemudian kasus ini juga menimpa blogku tercinta ini.
Segera aku ke ym, melihat list teman ym ku yang sedang online. Syukur ada Una yang masih ol di jam tengah malam itu. Langsung ke topik info tragis yang kumiliki. Lalu Una memberikan beberapa link tentang hal serupa yang mungkin bisa kucoba sebagai referensi dalam mendapatkan solusinya. Langsung kukunjungi link salah satu link yang diberikan Una ini, kubaca dengan teliti. Juga kukunjungi beberapa link lainnya. Banyak blogger yang telah mengalami kasus serupa, dan berhasil mengembalikan account gmail mereka, dan otomatis mengembalikan blog mereka yang sempat tertulis 'blog telah dihapus,.....' tadi.

Kucoba mengikuti petunjuk yang diberikan yaitu, log in ke gmail accountku, dan klik recovery passwordnya. Gmail mmeminta alamat email alternative untuk process password recovery dan kuberikan alamat yahoo mailku. Sebuah email masuk ke yahoomailku dan segera kuikuti petunjuk yang diberikan disana. Gmail meminta aku memilih, mau dikirim kode verifikasi via sms ke HP atau voice mail ke HP. Tentu aku pilih sms donk. Kumasukkan nomor HPku sesuai yang diminta mbah Google. Biasanya dalam waktu sekian detik sms akan masuk, tapi kutunggu sampai 15 menit, ga juga muncul. Aku panik. Lalu aku ulang lagi, sambil terus chating sama Una dan Asep di ym. Mereka ikut kuatir namun tetap berusaha menenangkanku. Thanks guys, you are very kind. :-)

Sms yang ditunggu tidak juga masuk sementara waktu telah jam 1.25 dini hari. Aku makin panik tapi juga ngantuk. Aku coba email seorang sahabat yang juga telah memberikan input ke blognya Riu tadi, penasarankan siapa? pasti para sobats udah pada kenal deh orangnya... Yup, calon pahlawannya adalah al kahfi, sang pemilik istana man and the moon . Tapi ternyata sobs, aku justru tertidur begitu selesai menulis email tanpa sempat mengirimkannya. Jadilah besok pagi saat mataku terbuka, dan rasa sedih tak terhingga mengisi rongga hati mengingat kasusku belum tuntas, lalu kubuka BBku, berharap sudah ada jawaban dari mas amri/al kahfi. Ternyata emailnya masih draft sobs. Segera ku sent emailnya dan berharap segera mendapat jawaban. Kucoba menyalakan laptop begitu diriku turun dari tempat tidur. Doaku, gmail accountku telah pulih seperti sedia kala, dan ke 6 or 7 blogku (aku lupa jumlah persisnya) yang ada di account ini telah kembali ke tempat semula. Ternyata lagi nih sobs, event the connection is not going to support me this time! bukan cuma lemot si smartfren ku sobs, malah ga konek sama sekali. Kuhubungi temanku, ngajak ngenet di cafe, karena Intan harus ke skul karena ada acara. Deal, temanku bersedia nongkrong di cafe. Jadilah segera kujemput dia dan tak lama kemudian kami telah berada di cafe. Sebelum itu, balasan mas kahfi di emailku sungguh menentramkan, bahkan menawarkan diri untuk membantu. Segera kuberikan alamat gmail accountku serta passwordnya, sembari kami menuju cafe. Alhamdulillah, di tengah perjalanan, mas amri/kahfi telphone, informed me that the account is recovered. Dan blogs ku telah kembali. Horray!

Begitu sampai cafe segera aku cek accountku, juga blogs ku. Great! Semua telah kembali. Alhamdulillah. Gembira rasanya hati ini walau ternyata koneksi di cafe ini juga sedang tidak bersahabat. Akhirnya kami pindah ke kantorku dan dari sinilah postingan ini direlease. Cieee....

Well, mungkin banyak juga para sobats yang telah membaca kasus2 seperti ini atau bahkan yourselves are experienced in having this problem. Wajar sih jika panik, tapi ternyata sobs, masih bisa kok diatasi. So be don't panik kali ya?

Langkah pertama yang harus dilakuin adalah:

1. log in ke gmailmu
2. go to recovery password
3. masukkan alamat email alternatif, atau jawab the secret question yang dulu kita masukkan saat kita register gmailnya.
4. buka email yang telah dikirim ke email alternatifnya.
5. pilih jenis notifikasi kode verifikasi, mau via sms atau voice call ke nomor HP kita
6. masukkan kode verifikasi tersebut.

Masalahnya adalah, tidak ada satupun sms notifikasi yang masuk ke HPku, sehingga password gagal recovered. Nah oleh mas Amri, mungkin diganti nomor HP penerima kode verifikasinya, sehingga kemudian barulah gmail accountku berhasil dibuka kembali.
Dan, hasilnya, semua blogku pun kembali seperti semula.

Alhamdulillah.
To mas Amri/kahfi, al kahfi. thanks a lots ya, ternyata reviewku tentangmu tidak meleset sedikitpun, bahwa dirimu adalah seorang sahabat yang selalu siap membantu teman2mu. thanks again mas amri.

34 comments

Huuft.. selamat ya mbak, ohya, judulnya typo tuh hehehe ^_^v

Reply

@Basith: makasih ya.... duh aku panik tenan lho awalnya. Typo gmn?

Reply

Wh, ada kasus seperti itu tho.
Saya juga punya blogspot tetapi belum mengalaminya.

Syokur jika ada pasukan penolong.

Salam hangat dari Surabaya

Reply

kejadian ini pasti menolong banyak tean yg terkena masalah sama..:)
BTW mbak kena migrain yaa?? mungkin telat makan karena ga sempat isi perut pas kondangan tuh :)

Reply

senang bisa membantu sahabat yg lagi di landa kegalauan blognya menghilang,,,

Reply

Hihihi ikut seneng blognya balik.
Ikutan panik lha blognya ada tujuh...
Alhamdulillahhh~

Reply

Wuoohh.. kasusnya serem banget.... Untunglah semua sudah selesai.... Semoga blogger lain yg mengalami hal yg sama bisa menemukan link postingan ini, jadi bisa melakukan langkah untuk mengatasi masalah itu.... :-)

Reply

saya pernah ngalami YM di hack, jd yang gunain OL orang lain...
Gak kebayang Mbak, kalau blog gak bisa di akses lagi...

Reply

alhamdulillah blognya muncul lagi mbak :)

Reply

Alhamdulillah aku blum pernah ngalami yg kayak gini mbak. Tp penasaran jg, penyebabnya apa ya? soalnya temenku jg pernah mengalami kasus yg sama, tp alhamdulillah skrg sih udah balik lg untung blognya doang yg ilang, bukan orgnya :D

Salam kenal dan izin follow ya mbak :)

Reply

yang penting khan sekarang sudah kembali lagi blognya ya

Reply

barusan aja aku juga sepertimu, belum ada 3 menit yang lalu, jiaaaaaah....kenapa bisa gitu, bahkan pasword ku pun ga dia kenali, iiih...semeleketeeee... hihihi.

trus aku coba 2 sendiri, ampe lupa langkah apa yang telah kulakukan, uPs..nongol lagi dah dia, alhamdulillah bisa !

Hebat mah si Abang Kahfi, ntar kalo trouble nyari dia lagi ahh !

Reply

kalau kejadian itu terjadi sama aku,mungkin dah kaya kebakaran jenggot,wkwkw
soalnya blog tuh ibarat soulmate yang selalu menemani kita dalam sedih maupun senang ( lebay )

Reply

@Pakde Cholik: iya pakde, sampe panik saya dibuatnya, untung dah balik blognya. Digondol dedemit sejenak, hehee....

Reply

@Ketty: iya mba, mudah2an bisa menjadi pelajaran juga bagi yang lainnya ya mba, jangan panik, bawa tenang dan coba atasi, Insyaallah blognya akan kembali.

Iya mba, sepertinya diriku kena migrain tuh... ditambah lagi blogs menghilang, tambah deh sakitnya. hihi

Reply

@al kahfi: makasih banget lho mas...

Reply

@Una: Makasih Una.... untung dirimu online waktu itu ya....senang deh have a friend to share kepanikan itu... :-)

Reply

@Ditter:
iya sereem. Yup, semoga bisa menjadi pembelajaran bagi yang lain juga yaaa.....

thanks kunjungannya lho, salam kenal.

Reply

@Mba Ririe:

pasti rasanya susah banget gitu ya mba....

Reply

@Asep: alhamdulillah Sep, blogs mba akhirnya balik lagi... :-)

Reply

@Nurlaila: hehe... iyaaa untung bukan orangnya yang hilang yaa....

aku juga penasaran kok bisa kejadian spt ini, dan kabarnya udah banyak yang ngalami spt ini sih....

Reply

@Ely Meyer: yup, itu yang penting, blogsnya udah kembali mba...

Reply

@Mas Satrio: jadi kejadian juga pada blogmu ya mas? waaah...

Untung bisa lagi ya mas...

Reply

@Andy: aku juga panik mas Andy...
bener katamu, blog itu serasa udah jadi bagian kehidupan sih... hehe..

Reply

hihihihi baru kena ya mbak hampir rata2 blogger udah terkena penyakit ini :))

Reply

wah syukurlah udah balik lagi mbak, aku sendiri belum pernah ngalamin, tp tentunya panik jg dong kalo tiba-tiba ilang gitu..thanks langkah2 recoverynya, udah aku catat untuk jaga-jaga :)

Reply

alhamdulillah ada tim penolong ya jeng, jadi bisa meneruskan berkarya nya..

Reply

@Zintho: iya nih, bikin panik aja deh..... kamu sendiri gmn? pernah mengalaminya?

Reply

@Seagate: iya, bener2 panik aku mas, habis blog itu kan udah menyatu dengan kehidupanku, lebay deh ih, haha..

Reply

@Mba Dessy Noer: Iya mba, Alhamdulillah banget ada mas kahfi... padahal aku sendiri udah coba ikuti langkah2nya, tapi kok ya itu sms kode verifikasi ga masuk2 ke hpku, sp stress deh.

Reply

syukurlah masalah segera teratasi ya mbak... nggak kebayang kalau blognya hilang :-(

aku jg sempet begitu kmrn, nggak tau tulisannya hilang atau apa, yg jelas nggak bs kebuka.. klik sana sini untung bisa recovered... dan sekarang aku lg nge-save semua postingan aku mbak... just in case.. hehehe... sayang bgt soalnya...

Reply

@Lilyana: iya mba... kaget dan panik kan kita jadinya?
aku juga udah save semua artikel2ku, jaga2, hehe.

Reply

kemarin saya juga mengalami hal yang sama, semua akun gugel saya dikunci sama google dengan alasan tidak jelas, iseng saya recovery via email dan nggak sampe lima menit blog saya kembali

udah pucat pasi banget waktu itu

Reply

Ah ha.. aku baru posting tentang masalah spt itu beberapa waktu yg lalu, blog temanku yg hilang.

Aku sendiri sdh pernah mengalaminya dulu... dan tentu saja panik bukan main. Aku memilih utk memasrahkan semuanya pada seorang blogger yg jarang BW, namanya Marcellino. Dia dg sigap membantuku dan berhasil mengembalikan blogku.

Syukurlah... untung saja blog ini dah balik, kalau gak... aku pasti bingung akan kemana lagi menemukanmu, mbak. #halah :)

Reply