Menu
/
Bali - The Paradise, Pulaunya Para Dewa, pasti pada sepakat donk dengan julukan ini? Yes, aku juga!  Bali tuh udah bikin jatuh hati bahkan di saat pertama kali aku menginjakkan kakiku di atas tanahnya yang subur, kira-kira belasan tahun lalu.

Saat itu, main ke sana tuh dalam rangka on mission alias dinas, mewakili kantor dan mengawal 'pasukan' yang sedang melakukan studi banding ke beberapa tempat di pulau dewata ini. Kesan pertama yang kurasakan luar biasa. Seakan ada bisikan dalam hati yang tiada henti memintaku untuk kembali ke pulau nan aduhai ini. 

Kultur masyarakatnya yang terjaga dengan apik dan tak terpedaya oleh campur baur budaya luar, yang turut serta bersama para wisatawan yang berkunjung, baik dari dalam mau pun luar negeri, sungguh bikin kagum! Mereka tuh kuat banget dalam menjaga adat istiadatnya, ya? Padahal setiap harinya, ratusan wisatawan datang dengan berbagai budaya dan kebiasaannya. Salut, deh dengan orang-orang Bali!

Bali memang sudah membuat siapa pun terpikat. Selain keunikan budayanya, eksotisme panorama alamnya yang aduhai, sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri donk? Siapa coba yang tak akan betah berlama-lama menjejakkan telapak kaki telanjangnya di atas pasir putih pantai-pantai yang bertebaran di pulau dewata ini? 

Siapa yang tak akan terkesima dengan keindahan hamparan sawah terasiring Tegalalang Ubud-nya? Menatap hamparan sawah berundak dan tersusun rapi, memanjakan mata oleh hamparan padi bak permadani hijau atau menguning, dengan undakan berirama sedemikian rupa? Dijamin deh, mata akan langsung sejuk dan rileks, hati pun adem dan hepi! 

Siapa yang tak akan berdecak kagum menyaksikan pertunjukan seni tari atau pun seni lainnya yang dipertontonkan dalam berbagai agenda? Hm...

Beneran deh, memikirkannya saja, udah bikin hati pengen segera balik lagi dan lagi ke sana. Apalagi barusan dikirimi foto-foto Intan dan temannya yang baru saja habis ambil paket liburan ke Bali
Aih, sungguh, bikin emak langsung ambil kalender, hitung-hitung kapan ya bisa melipir ke pulau dewata ini lagi?

wisata bali
Intan liburan ke Bali
Pengennya sih di pertengahan Juni nanti, saat orang-orang udah beres dari mudiknya, yang artinya harga tiket pesawat juga sudah mulai stabil lagi (walau masih tetap tinggi sih, sebenarnya), nah, melipir ke Bali tentu menjadi momen yang menarik bukan? 

Bali memang aduhai. Masyarakatnya, pemerintahnya, pelaku bisnisnya, hingga ke para petaninya turut serta bahu membahu dalam menyambut para tamu. Tak heran jika setiap pelosoknya menjadi begitu nyaman untuk dikunjungi, ya, Sobs? Penginapannya, tempat wisatanya, pasarnya, semuanya deh! Bali emang ngangenin! 

Udah ga sabar rasanya ingin berjalan ke pedesaannya, menyapa para penduduknya yang ramah dan berfoto bersama dengan para ibu-ibu yang sedang bersembahyang di pura mini di depan rumah mereka. Aih, kangen suasana seperti ini lagi! 

Udah kebayang juga nih di pelupuk mata, duduk cantik di teras sebuah villa, ditemani secangkir teh madu dan beberapa penganan setempat, melanjutkan ketak-ketik draft novel "Bukan Selingan Semusim" yang tertunda. Yang telah sekian lama teronggok tak berdaya di dalam my Novel Draft folder, menanti untuk dituntaskan. Etapi gimana mau tuntas, emak sibuk, Nak! Makanya, udah niat nih, mau nuntasinnya di Bali, pertengahan Juni nanti! Semoga bisa terlaksana dengan baik, tanpa halangan yang berarti. Doakan dunk, Sobs! 

Al, Bandung, 19 Mei 2019

9 comments:

  1. Ku dah lama banget gak ke Bali. Masih selalu pingin kesitu.
    Dan kutunggu lanjutan Selingan Semusimnya. Itu novel berjejer rapi diantara koleksi novelku. Nunggu lanjutannya. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Wah ajak ajak dong ke Bali nya. Ingin ikut menikmati suasana khas Bali juga, hehehe.
    Bali memang selalu ngangenin ya. Ga ada bosannya pokoknya

    ReplyDelete
  3. Iya ya, meskipun setiap hari Bali selalu dijejali warga asing, tapi warganya tetap memiliki adat yang sangat kental. Keren banget.

    Aku baru sekali ke Bali, Mbak. Zaman SMA pula, piknik sekolah. Pengen ke sana, insyaallah, bersama dengan keluarga kecilku.

    ReplyDelete
  4. Bagus dan ciamik banget poto2 saat Intan jalan3 ke Bali, Mbak Al
    Aku juga terpesona sama Bali yg khas sama budayanya yg kuat itu mbak. Masih kental banget. Trus mana banyak objek wisatanya pula hehhee
    Jadi kangen juga main2 ke Bali lagi hrhhehee

    ReplyDelete
  5. bali memang luar biasa.. tida heran banyak wisatawan lokal dan manca menyukainya..

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke Bali nih kak, Bali masuk dalam agenda besar kami sekeluarga tahun depan, klo ada rejekinya ya tahun ini berangkat 😁😁

    ReplyDelete
  7. Aku pun memimpikan ke Bali, semoga tahun depan bisa ke sana lagi. semangat mbak ngedraftnya! :D

    ReplyDelete
  8. Duh intan bikin pengen ke bali juga

    ReplyDelete
  9. Weeeii, nyelesein novel di Bali? Pasti seru banget, live in Bali dan fokus dengan project novelnya, mantab maksimal.

    Ikuuutan dong Mbak Al.

    ReplyDelete