Menu
/
CAT BKN - Terobosan Unggulan yang Diakui Bank Dunia. Nope! Ini bukan tentang pewarna alias cat dinding yang berwarna-warni itu, loh! CAT BKN justru sama sekali tidak berhubungan dengannya, melainkan berkaitan dengan sebuah sistem penyaringan alias proses rekruitment para pegawai pemerintah alias PNS, Pegawai Negeri Sipil! 

Yes. CAT adalah kepanjangan dari Computer Assisted Testing (CAT) system yang mulai diterapkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) Republik Indonesia dalam proses perekrutan Pegawai Negeri Sipil di tanah air. 

Bicara tentang test CPNS yang telah berlangsung pada masa-masa terdahulu, pasti yang kebayang di benak kita adalah banyaknya proses "terselubung" yang justru berperan ampuh di dalam keberhasilan seorang calon CPNS mendapatkan kursi PNS-nya. Mulai dari kecurangan di dalam test itu sendiri, hingga ke proses 'di balik layar' alias bantuan orang dalam dengan 'uang pelicin' yang wow! 

Namun kini? Indonesia, melalui BKN, telah kukuh untuk say good bye pada cara-cara kuno nan memalukan itu. System CAT BKN, memastikan bahwa hanya orang-orang yang berkompeten sajalah yang akan berhasil lulus dan duduk sigap di kursi PNS yang telah disediakan. Karena Indonesia kini, tak lagi memberi toleransi bagi para PNS untuk hanya duduk manis di balik meja, atau kongkow-kongkow di kafetaria kantor, atau malah hangout di kafe-kafe. Mereka yang lulus ini, yang resmi menyandang gelar Pegawai Negeri Sipil, memang dipersiapkan untuk KERJA, KERJA dan KERJA, menuju Indonesia yang lebih baik.

Jadi, hanya yang capable sajalah yang akan lulus dan mulus jalannya menuju kursi PNS!

Suasana Test CPNS Menggunakan Sistem CAT - BKN

CAT BKN, sebagai Produk Unggulan Indonesia yang diakui Bank Dunia.

Sudah tau belum, jika sistem CAT ini dianggap oleh Bank Dunia sebagai terobosan jitu, dan merupakan produk unggulan paling keren dalam bidang Civil Service Management? Yup, Bank Dunia mengakui itu, loh!

Dan...? Adalah sebuah kebanggaan luar biasa bagi kita, mendapatkan pengakuan seperti yang dirilis World Bank dalam "Global Report Public Sector Performance" pada Oktober 2018, yang menobatkan Computer Assisted Test (CAT BKN) dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Indonesia dan penetapannya ini telah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance. Yeayy!! Congrats, BKN! Maju terus yaaa!

Pads serius banget ya? Semoga membuahkan hasil yang terbaik!
Biar lebih yakin lagi, nih, aku kutip langsung pernyataan dari Bank Dunia tentang pengakuan itu, ya!
Check it out, deh!

In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies."

See?

Jadi tuh, menurut Mas Edwin Ariadharma, Perwakilan World Bank Indonesia, terpilihnya CAT BKN mewakili Indonesia adalah karena kesuksesannya dalam meraih kepercayaan publik terhadap proses rekrutment CPNS terkini, yang telah berjalan transparan, adil dan akuntabel. 

CAT telah berkontribusi besar terhadap rekrutmen SDM CPNS sesuai dengan target yang diinginkan, yaitu mendapatkan tenaga PNS yang mumpuni, kapabel dan terpercaya. Jadi memang mereka itu lolos karena kemampuannya sendiri, sehingga akan menjadi aparatur negara andalan bangsa, dalam membawa negeri ini ke arah yang lebih baik, jujur dan terpercaya. 

Masih kepo tentang unsur apa lagi sih yang telah dipenuhi oleh CAT BKN hingga memperoleh penghargaan ini? Yuk, kepoin poin-poin di bawah ini, yuk!

1. Aspek political leadership, diawali dengan inisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS, hingga pada tahun 2014 Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat (Political leadership was essential to overcome the opposition of line ministries and agencies to adopt the new system and accept the results);

2) Aspek Teknologi, BKN melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security);
3) Aspek Transparansi, rekrutmen CPNS dengan CAT berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time);
4) Aspek Kapasitas Institusi, BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.
Duh, senang deh melihat pencapaian ini. Inisiasi positif yang buahkan hasil cemerlang! Semoga ke depannya akan menjadi jauh semakin baik, ya! Selamat berkarya, dan bagi para PNS yang baru lulus, buktikan dirimu sebagai pribadi-pribadi berkualitas, terpercaya dan amanah, yaa! 
Al, Bandung, 20 November 2018
1 comments:

Sudah seharusnya Indonesia bebas dari percaloan. Apalagi penerimaan CPNS dah lama menjadi ladang korupsi berjamaah.

Reply