Menu
/
Image diutak atik menggunakan Canva Apps


Udah beberapa lama blog ini terasa sepi. Tapi karena sedang sibuk mengurus rumah baru di sini dan juga di sini, maka rasa penasaran ini pun aku abaikan sejenak.

Etapi, kok rasanya ga bisa diabaikan dengan begitu saja, sih, karena rasa kepo justru kian mengemuka. Kepo kenapa akhir-akhir ini blog tercinta ini sepi komentar, setidaknya dari para spammer, haha. Biasanya sih, notifikasi adanya komentar baru di blog, akan selalu berbunyi tang ting tung di hape, karena memang aku memoderasi komentar, sehingga setiap ada komen masuk, sudah pasti akan ada notif di email untuk pemberitahuan, sehingga begitu dapat notif, langsung deh aku meluncur untuk melihat komentar yang masuk, jika bukan spam, ya, pasti langsung approved dan komentar pun tayang cantik di kolom komentar.



Namun..., apa yang terjadi akhir-akhir ini, sodara-sodara? Kok ga ada notif sama sekali? Ga ada lagi yang sudi berkomentar di blog awak? Hihi. Syedih deh.

Namun, olala! Ternyata begitu checking langsung di blogspot dasbor, justru komentar sudah duduk manis, antri for approval! Oalah.

Ada apa ini? Padahal begitu checking bagian settingan, ga ada masalah. Pasti kalian juga sedang mengalami hal ini kan, temans pengguna blogspot?

Dan saking keponya, langsung deh aku meluncur ke halamannya si mbah. Nanyain kenapa sih ini, Mbah? Kok notifikasi komentar ke email saya ga berfungsi, padahal ga ada settingan yang diubah, loh! "Lihatin donk, Mbah, apa kendalanya ini?"

Dan si Mbah pun memberikan jawabannya melalui sebuah link, yang ternyata juga mempertanyakan hal serupa. Untungnya, si empunya link ini, Mas Ragil Triatmojo, sudah mencoba menelusuri, mencari jejak jawaban atas kendala ini.

Emang ada apa, sih?

Nah, menurut Mas Ragil ini, sih, seperti yang dituliskan pada blognya ini, ketiadaan notifikasi ini adalah disebabkan oleh adanya 'bug' yang terjadi pada update blogger per tanggal 15 Mei 2018 kemarin. Ini kutipan dari blognya Mas Ragil;
Dapat dipastikan bahwa kita tidak menerima pemberitahuan e-mail tentang komentar terbaru atau moderasi komentar adalah murni bug pada update terakhir kemarin. Namun yang membuat menarik adalah kemungkinan bug ini berkaitan dengan update mengenai regulasi GDPR Sehingga mungkin harus ada penyesuaian sistem. 
Untuk yang ingin baca link artikel lengkapnya, bisa ke sini, ya!

Terus, harus gimana, donk?

Yeah, karena belum ada tindak lanjut dari pihak bloggernya, mari kita bersabar hingga ada pembaharuan. Rajin-rajin checking moderasi komentar pada dasbor blogspot kamu aja, deh, sementara ini. Jadi komentar ga menumpuk di antrian approval, okeh?

Semoga info ini sedikit menghilangkan rasa penasaran, ya!

Al, Bandung, 8 Juli 2018
24 comments

Hoo jadi ini toh alasannya. Sempet bingung juga kenapa gak ada notif comment yg masuk, kirain krn pengaruh dari modernisasi komentar. Nice info kak. Terimakasih

Reply

Terima kasih atas ilmunya, bug.

Jadi tidak bertanya tanya lagi dan Semoga laris manis komentarnya di blog Mpo

Reply

Oaaalaah, jd gitu toh Mbak?
Pantesan udah dari bulan kemarin sepi email. Tp blm sempat nanya ke Mbah jg sih, hihih.
Anyway thanks ya Mbak. Semoga Blogger sehat lagi deh biar emailnya gak sepi 😁😁

Reply

Kalau saya komentar nggak dimoderasi sih, mbak jadi baru ngeh setelah kemarin ada teman yang bahas juga. Heu

Reply

Kalau saya email notifnya sengaja email yang buat semua notif email dan medsos mbak Al, jd emang gkl pernah cek2 lg. Langsung ke akun medsos atau blognya :D

Reply

wah, tanggal 15 pas aku ultah dong dan juga blog aku ga muncul komennya di email

Reply

ow, jadi bukan hanya saya ya kan. Sempat terpikir gitu sih

Reply

Ohh jadi itu penyebabnya, terimaksih informasinya.

Reply

Oalah ternyata ada update blogger to

Reply

Wah terimaksih infonya

Reply

Sekarang jadi rajin checking moderasi komentar

Reply

Kita cuma bisa nunggu dan sabar ada update selanjutnya hehe

Reply

Saya sudah lama ga dapat email notif. Ternyata semua masuknya ke email spam. Email saya biarkan saja. Malah merasa lebih nyaman hehehe... Mau lihat ada momen masuk atau gak saya buka dashboar langsung saja. Justru kalau buka email malah lebih lama dan lemot...

Selama ini gak kerasa berarti apa2 jadi saya diam saja. Hehehe

Reply

Kirain aku aja yang begini mbak.. Eh btw komen di blog ku ga di moderasi tapi tetep ga ada notif ke email 😁
Maaciw sharing nya mbak..

Reply

Aku dari awal memang ga di setting ke email komentarnya. Jadi memang kaya udah wajib hampir tiap hari buka blog buat approve-approve komen yang masuk.

Reply

Aku malah offkan mba...tapi bisa dicek via dashboard memang

Reply

Aku malah kebalikan nya, aku ga ngapa ngapain eh notif nya ga muncul muncul lagi di email mba ^^’ padahal dulunya ada notif email selalu dan ga pernah aku utak atik

Reply

Semoga kembali normal seperti sedia kala.

Reply

Mba di blog aku yg baru, notif komen masuk ke email tp yg di blog lama gak masuk

Reply

Halo mba,
Untuk masalah notif moderasi komentar, komentar baru dll. yg kena bug abis update kemaren udah ketemu cara fixnya (khususnya untuk blog lama/ yg dibuat sebelum bulan mei 2018). InsyaAllah nanti saya buatkan panduannya.

Reply

Wah, sip banget kalo begitu, Mas Ragil. Makasih sudah mampir, terlebih untuk kabar gembira ini. Inform me nanti kalo sudah tayang ya, Mas. Thanks.

Reply

Wah, terima kasih untuk pemberitahuannya, ya, Mas. Mau langsung ke tkp ah!

Reply