8 Pilihan Hotel Murah di Malang untuk Solo Traveler | My Virtual Corner
Menu
/
8 Pilihan Hotel Murah di Malang untuk Solo Traveler Siapa sih yang ga suka traveling? Aku yakin, most of us, pasti seneng donk yang namanya traveling atau bepergian, terutama untuk relaxing jiwa yang lelah, ya, toh, Sobats? Bagiku sendiri, traveling baik dalam rangka tugas negara kantor maupun keperluan pribadi, selalu menjadi salah satu aktivitas menarik yang pastinya menjadi salah satu tools untuk terapi jiwa. Dan bagiku lagi, nih, Sobs, traveling berjamaah ber-grup atau pun sendirian alias solo traveling, ga masalah. Apalagi jika wilayah yang dikunjungi atau destinasi tujuan itu masih wilayah negeri sendiri, traveling sendirian, mah, gampil! Siapa takut! Bahkan bisa jadi suatu hal yang punya sensasi tersendiri, lho! Cobain, deh! Sensasinya itu, beda banget dibandingkan traveling dengan grup atau teman-teman, lho! Dengan ber-solo traveling, kita jadi punya waktu yang lebih banyak untuk ekplorasi minat atau hobi kita secara lebih mendalam, tanpa terikat pada teman seperjalanan. Kita bisa menentukan segala sesuatu sendiri, tanpa harus merasa 'ah, ga enak dengan si A, atau si B'. Dan berbagai alasan lainnya, deh. Intinya adalah, solo traveling itu, punya keasyikan tersendiri, lho! Selain juga punya kesempatan tersendiri bagi kita sendiri untuk mengukur dan melatih kemandirian kita.

Nah, bicara tentang solo traveling, nih, Sobs, aku pengen bagi info 8 hotel murah di Malang yang pas di dompet nih yang bisa kita jadikan tempat menginap jika kita ingin main dan ber-solo traveling di Kota Malang, nih, Sobs! Pada tau kan ya, jika Kota Malang ini sering banget menjadi destinasi wisata para solo traveler?

1. Hotel Wills Indah


Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Ke Malangnya naik kereta api? Pasti asyik banget, ih! Nah, kalo kita masuk ke Kota Malangnya via kereta api, atau pun ingin meninggalkan Kota Malang dengan menumpang kereta api, maka menginap di hotel yang dekat ke stasiun kereta api adalah pilihan terbaik. Dan jangan kuatir, Sobs. Ada sebuah hotel kece dengan rate bersahabat nih yang bisa kita jadikan pilihan menginap. Terletak di Klojen, berjarak hanya sekitar 1 kilometer doank dari stasiun, cuma butuh waktu kurang dari 5 menit lho untuk mencapai stasiunnya.

Hotel ini berbintang satu, harga kamar mulai dari IDR. 264.704. Cheap banget, ya? Selain kamarnya yang nyaman, keuntungannya adalah posisinya yang terletak di jantung kota. Aksesnya gampang dan berdekatan dengan tempat-tempat kuliner legendaris, seperti Bakso Bakar Pak Man dan Surabi Imut.

2. Butik Capsule Hostel

Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Yup, ga perlu jauh-jauh ke Jepang, lho, untuk merasakan menginap di hotel kapsul. Malang juga memiliki hotel serupa, tepatnya Butik Capsule Hostel yang berlokasi di wilayah Klojen. Satu ruangan diisi oleh bilik-bilik tempat tidur yang diberi pembatas. Lantai 1berisi bed-bed yang merupakan mixed capsule alias campur cewek cowok, sedangkan lantai 2 untuk Female Capsule, jadi khusus solo traveler yang cewek nih.

Dekorasi Butik Capsule Hostel ini girly banget, lho! Aku yakin, pasti para solo traveler wanita akan jatuh hati pada dekorasi hostel satu ini, deh! Mulai dari wallpaper pada dindingnya; bantal imut-imut yang bermotif kartun; kerai berwarna hijau yang membatasi bilik, ditambah pula keramahan para stafnya yang bikin hati adem yang bahkan diakui oleh para pengguna Tripadvisor akan membuat kita betah menginap di sana. Ga hanya itu, lho, Sobs, kita juga bisa menyesap kopi dan teh gratis di meja makan seraya berinteraksi dengan traveler lainnya. Asyik, ya? Lalu rate per-capsulenya berapa, Al? Cukup murah, Sobs, hanya IDR. 125.000 per malam, lho! Tertarik? Yuk, langsung catet dan melipir ke sana kalo ke Kota Malang, ya!

3. Dewarna Zainul Arifin

Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Suka mengeksplorasi tempat-tempat yang bernuansa tempo doeloe? Nah, Kota Malang adalah tempat yang masih kental akan nuansa tempo doeloe nih, Sobs! Khususnya di wilayah seputaran Alun-alun Malang. Kita bisa mengeksplorasi bangunan-bangunan bersejarah, terutama tempat-tempat peribadatannya, seperti Masjid Jami, Gereja Kayutangan dan Kelenteng Eng An Kion.

Butuh tempat kulinari tempo doeloe juga? Nah, wajib banget deh nyobain Toko Oen, yang memang sudah masyur sejak zaman kolonial Belanda. Toko Oen masih mempertahankan arsitektur khas Belanda dan hingga kini masih menyediakan es krim sebagai menu utamanya. Cocok banget nih untuk kudapan sembari meresapi suasana tempo doeloe. 

Jika ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut dalam sekali jangkauan, cocok banget deh kalo menginapnya juga di hotel-hotel terdekat ke wilayah itu. Kita bisa jadikan salah satu hotelnya, yaitu Dewarna Zainul Arifin. Rate-nya juga terjangkau banget deh, Sobs, cukup dengan IDR. 350 ribu, kita udah bisa bermalam di Deluxe Double Bed, dengan fasilitas yang dilengkapi AC, wifi gratis, shower dan balkon.

4. Hasanah Guest House Soekarno Hatta

Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Hotel murah di Malang lainnya adalah Hasanah Guest House. Perjalanan menuju Hasan Guest House dari Stasiun Blimbing hanya sejauh 3 kilometer, dan 11 km dari Bandara Abdul Rachman Saleh, lho, Sobs! Lokasinya lumayan strategis, berdekatan dengan jalan protokol. 

Rate-nya? Cukup IDR. 220.000, kita sudah bisa menginap di Standard Room. Fasilitasnya udah mencakup wifi gratis, AC, shower, dan sarapan. Murah kan? 

5. Everyday Smart Hotel


Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Berlokasi di jalan Soekarno Hatta No.2, Everyday Smart Hotel ini bisa dibilang sebagai hotel yang paling strategis karena letaknya persis menghadap jalan protokol yang terhubung ke beberapa wilayah utama. Banyak pula angkutan umum yang lalu lalang di depannya, sehingga memudahkan akses kita ke mana-mana. Untuk wisata kulinerinya sendiri, Jalan Soekarno Hatta emang tempatnya, Sobs. Hampir semua jenis makanan ada di sana. Tak terkecuali pada malam harinya. Trotoar pun disulap menjadi lapak-lapak berjualan kopi panas sampai ceker pedas. Wow, syedaaap! 
Tertarik menginap di Everyday Smart Hotel? Cukup dengan IDR. 332.000,- startingnya, lho, Sobs!

6. The Batu Villas


Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Malang dan Batu emang rasanya sulit dipisahkan, deh, Sobs. Tanggung aja rasanya jika sudah ke Malang tapi ga sempat eksplorasi Kota Batu. Ada Jatim Park 1 dan Museum Angkut yang menanti disambangi, lho! Dan paling efektif tuh, menginapnya di hotel terdekat agar menjajal areal wisatanya itu makjleb. Hotel yang bisa menjadi pilihan di antaranya adalah The Batu Villas, Sobs!

Meskipun merupakan hotel bintang dua, tapi The Batu Villas ini menghadap pegunungan dan berdekatan dengan beberapa tempat wisata, dan harganya sangat terjangkau, lho! Bahkan bagi backpacker sejati, bisa banget menginap di Backpacker Dorm Bed-nya yang cukup dengan merogoh kocek senilai IDR. 74.900,- lho! Jika ingin kamar yang lebih nyaman, bisa juga memilih Junior Room seharga IDR. 245.000,-

7. Baliku Guest House

Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Selain The Batu Villas, Baliku Guest House juga bisa dijadikan pilihan kece untuk tempat menginap, nih, Sobs! Jaraknya ke Museum Angkut hanya sejengkal, lho! Bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Namun, pastinya bagi seorang solo traveler sejati, tujuan traveling tentunya bukan sekedar mengunjungi tempat-tempat wisata favorit sejuta umat, lah, ya? Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi di sekitarnya, tergantung lokasi menginap.

Nah, aktivitas yang paling dianjurkan jika menginap di Bali Guest House yang berharga mulai dari IDR. 300.000,- per malam ini adalah berjalan kaki di pagi hari, nikmati dulu sejuknya udara pegunungan sebelum beraktivitas lainnya. Nikmati indahnya berinteraksi dengan penduduk lokal di Pasar Batu yang tak jauh dari situ dan bisa juga mengunjungi perpustakaan unik yang terbuat dari kontainer bekas, lho! Unik dan menarik!

8. Riverstone Hotel and Cottage

Hotel Murah di Malang
Sumber: traveloka.com
Nah, ini pilihan paling jitu bagi para travelers atau solo traveler yang ingin menjauh dari keramaian. Riverstone Hotel and Cottage! Lokasinya yang terletak di kaki Gunung Panderman, dengan harga terjangkau dimulai dari IDR. 325.300, lebih dari cukup dalam menjawab kebutuhan di atas, lho! Nikmati kenyamanan fasilitas di sana, serta nikmati pula kemudahan akses ke tempat-tempat wisata seperti Jatim Park 2, Kusuma Agro Wisata dan Alun-alun Kota Batu. Jelajahi juga tempat-tempat wisata alam paling memukau se-Kota Batu, seperti Coban Rondo, Cangar, Selecta dan Songgoriti.

Nah, Sobats tercinta, gimana? Makin pengen dan ga sabar mau ber-solo traveling ya? Hihi. Aku jugaaa. Pengen eksplor Kota Malang hingga ke Kota Batu-nya, liburan mendatang, ah! Semoga informasi ini bisa membantu dalam mencari hotel murah seputar Kota Malang dan Kota Batu, ya! Oya, harga yang tercantum berdasarkan info per Januari 2017, ya!

Berbagi info,
Al, Bandung, Jumat, 20 Januari 2017
29 comments

Jeng Jeng .. Mbak Al kapan ke Malang nih, nanti aku guide-in jalan-jalan deh hihihi

Reply

Aku suka dewarna hotel ,terasa lebih menarik dan eksostik dari penampilan luarnya.

Reply

Itu yang Butik Capsule, toiletnya antri juga ya?

Reply

Saya sering wira wiri ke malang, suka bingung mau nginep dimana kalau kemalaman. Setelah baca postingan ini jadi ada pencerahan jika nanti mau ke malang lagi

Reply

Wow banyak pilihan tinggal nyocokin waktu ama duet yamba

Reply

Seru ini ya, suamiku yang pernah ke Malang, aku belum

Reply

Siap, Jeng Winda, pengen banget segera ke sana, ih. Cuma kayaknya blm ada skedul lagi untuk ke sana. :) Nanti tak colekin kalo ke Malang, yaa.

Reply

Kalo aku suka semuanya, Kang. Habis pengen nyobain semuanya. 8 Hari di sana, kayaknya kebagian semua deh. Hihi

Reply

Nah, itu kayaknya iya, Mba. Tapi ga sampai berjubel-jubel lah. :)

Reply

Alhamdulillah, mudah2an postingan ini juga bisa mencerahkan para solo travellers yang traveling ke Kota Malang dan bingung nyari budget hotel yang nyaman dan kece, ya. :)

Reply

Iya, Mba. Pilihan beragam, tinggal sesuaikan sama kebutuhan dan dompet ajah, hehe.

Reply

Nah, mudah2an nanti kalo pergi berdua suami ataupun teman atau malah sendirian, bisa banget nih jadikan salah satu hotel ini sebagai pilihan tempat menginap, Kak Naqi. :)

Reply

Hotel kapsulnya kayanya privasinya kurang yaa?

Reply

Wah... Kebetulan. Rencana mau ke Museum Angkut, ada the batu village yang murah ya...

Catet semua nih. Persiapan buat melancong setelah dari pulau sempu :)

Reply

Satu lagi mba Al..Malang CitiHub
Kmrn liburan nginep di sana... Luamyan miring utk paket sekeluarga. Nyaman jg krn baru renov.

Reply

Aku ke Malang cuma lewat doang
Duh, moga dikasih kesempatan ngebolang ke sana,aamiin

Reply

Namanya juga sharing room, Kak Hairie, tapi asyik juga lho sensasinya. :)

Reply

Yup, the Batu Villas pilihan yg teoat nih, Teh Okti. Akses ke museum Angkut deket banget dari sana. :)

Reply

banyak pilihan ya ternyata. pingin deh ke Batu.

Reply

Hai Mba Al. Selama ini aku kesulitan nih kalau cari penginapan di Malang. Skarang makin banyak referensi :)

Reply

wajib di bookmark ini, siaap tau suatu saat ke semarang tinggal pilih hotel yang ada disini :)

Reply

Catet dulu...ntar pad kesasar ke Malang..bisa tinjau blog mba Alaika..hahhaah

Reply

Aku tertarik nyobain yg hotel capsule iih, belum pernah nginep di akomodasi jenis itu :D

Reply

wah kebetulan nih bulan depan aku mau backpackeran ke malang, makasih infonya

Reply

Aku orang malaaang :D
Dan jarang banget nginep hotel huahaa

Sekali kali ajak staycation bapak ibu di hotel2 di atas enak juga kali yah mba al :D

Reply

Wah, kemaren sempet traveling ke malang. Milih hotel random aja sih. Begitu liat harganya eh laumayan juga nih untuk semalam. Seharusnya bisa hemat budget.

Reply

The Batu Villas memang cocok nih buat kita-kita pecinta trvelling

Reply

yang nomer 2 sangat menarik sekali kayaknya.

Reply