Yuk, berkomunitas dengan apik! | My Virtual Corner
Menu
/
komunitas itu penting

Yuk, berkomunitas dengan apik! Bukannya latah dan ikut-ikutan menelurkan tulisan bertema komunitas. Tapi emang pengin aja nulis tentang komunitas dan pentingnya berkomunitas. Karena bagiku, berkomunitas itu memang penting dan banyak sekali manfaatnya, lho! Jadi keingetan saat awal-awal berkenalan dengan dunia blogging, di awal tahun 2008, saat masih disibukkan oleh pekerjaan di dunia humanity, di salah satu project tsunami recovery, di Aceh dahulu. Saat itu, adalah saat awal aku jatuh hati pada online diary bernama blog. Dikenalkan oleh seorang teman, yang aku ga tau deh, apakah saat ini doi masih rajin ngeblog atau tidak, karena orangnya hilang di dunia antah berantah. Lost connection, semoga saja doi baik-baik saja dan semoga masih berada pada planet yang sama, dan masih di atas permukaan bumi ini. Aamiin. [Dewi.... where are you? I missed you badly, lho!]

Awal ngeblog, aku sama sekali buta akan langkah-langkah apa yang seharusnya aku lakukan agar postinganku mampu menyumbangkan kunjungan. Aku ga ngeh apa yang harus dilakoni agar postingan menuai komentar. Selesai posting, ya sudah, diem, dan balik ke pekerjaan harian. Hanya satu hal yang aku rasakan, karena niat awal menulis adalah untuk sharing dan juga self-healing, ya sudah, ga papa juga kalo ga ada yang berkunjung, setidaknya, ini adalah bentuk self healing atau terapi jiwa, yang beneran bikin daku fresh dan lega setelah menuangkan buah fikiran ke dalam tulisan.

Masih ingat juga aku kala itu, punya beberapa teman Blogger se-nusantara, tapi jarang sekali yang dari Aceh, kami sama-sama menggunakan shoutbox sebagai salah satu aksesoris blog, di mana lebih senang meninggalkan chitchat di situ daripada menulis komen di kolom komentar. Hingga, walo blogwalking, membaca postingan, kami dengan senang hati menuliskannya di chatbox. Hayyah! Lucu juga kalo diingat-ingat sekarang ini. Hehe. Berbekal hubungan pertemanan via chatbox itu pula, aku jadi punya akses untuk menimba ilmu pada para blogger yang telah lebih dulu mumpuni dibanding diriku sendiri. Bisa belajar tentang utak atik blog, yang ternyata begitu mengasyikkan dan bikin melek dunia utak atik.

Pentingnya bergabung dengan Komunitas Blogger




Seorang blogger, sehebat apa pun postingannya, jika bergerak sendiri, tanpa dukungan komunitas, tentu pamornya tak akan sedasyat jika dia bergabung dan didukung oleh berbagai komunitas yang diikutinya. Setuju, Sobs? Itu menurutku, sih. Tapi, alasanku bergabung dengan aneka komunitas blogger yang ada di tanah air, sih, karena aku memang senang sekali menjalin pertemanan. I love to enhance my networking! I also love to increase my capacity by engaging myself to the knowledge shared in the communities. Yup, bergabung dengan aneka komunitas, semakin memperluas jaringan pertemanan, menambah relasi dan pengetahuan pastinya. Selain itu, dengan bergabung di berbagai komunitas, semakin luas peluang kita untuk share artikel-artikel yang sudah kita tulis, kan? Bener ga, sih, Sobs?

Joining the Communities

Sayangnya, di jaman eikeh dulu, Sobs, komunitas-komunitas blogger belum sebanyak ini, lho! Waktu di Aceh, daku merasa sendirian, padahal kala itu semangat blogging sedang luarbiasa hebatnya. Jadilah aku seperti bergerak sendiri. Untungnya, memasuki tahun 2010, mulailah aku berkenalan dengan beberapa komunitas, bahkan kemudian aku mengenal komunitas Aceh Blogger Community, yang menjadi pijakan awal aku berkomunitas. Selanjutnya, ada Kumpulan Emak Blogger, yang foundernya adalah Emak Founder [MakPon] Mira Sahid, sang sohib online yang kemudian mengajakku bergabung pada komunitas yang didirikannya. Gairah dan semangat ngeblogku terdongkrak drastis! Blogging is a really fun and truly self-healing. 

Jika kebanyakan teman-teman blogger ngeblog untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan, maka kala itu, aku sungguh sadar diri, bahwa mustahil menuju ke sana saat itu, karena aku masih terikat kontrak kerja di UNDP yang bener-bener menyita waktu. Jadilah daku tak ngoyo untuk earning money from blogging, walo sebenarnya, ya pengen banget lah!

communties
Kubujuk hatiku untuk bersabar. Akan ada masanya aku sampai pada tahap itu. Yang penting saat itu adalah, enjoying this blogging activity, updating my blogs and sharing my thought and knowledges. Itu saja dulu. Blog Monetizing, ntar aja, kalo saatnya tiba. Menulis saja dulu, ikutan kompetisi menulis jika sempat, dengan prinsip 'nothing to lose'. Menang syukur, ga menang juga ga pa-pa. Setidaknya, nambah entry postingan di blog, toh?

Walo begitu, blogging emang banyak berkahnya, lho, Sobs! Ketekunanku membuahkan beberapa kemenangan yang jelas bikin happy. Sebuah galaxy tab kala tablet keren itu baru saja launching beberapa tahun lalu, menjadi milikku sebagai pemenang utama blogging competition yang diadakan oleh sebuah brand ternama, plus beberapa hadiah lainnya yang juga aku peroleh dari ikutan blogging contest.

Belum lagi hadiah-hadiah dari para sahabat yang ngadain giveaway. Wow, sungguh bikin semangat ngeblog makin tinggi. Ditambah pula dengan kepindahanku ke Bandung kemudian. Semakinlah aku memperoleh kesempatan untuk tak hanya say hi dan chitchat di dunia maya, dengan para sahabat blogger. Kepindahan ini juga menyumbangkan kesempatan bagiku untuk semakin erat menjalin silaturrahmi dengan para sahabat dumay ke dunia nyata. Kopdar dengan Nchie Hanie, Teh Dey, Meti Medya, Lidya Fitrian dan Mira Sahid, adalah bentuk nyata pertemanan maya menjadi nyata. Bertemu sahabat yang telah sekian lama akrab di ruang chitchat yahoo messenger hingga ke whatsapp group [lirik : Una, Ririe Khayan dan Mas Stupid Monkey], adalah berkah dari ngeblog dan rajinnya bersilaturrahmi.

Menjadi Srikandi Blogger Utama 2013

Berkah terindah yang sungguh bikin haru adalah ketika diriku terpilih sebagai Srikandi Blogger Utama 2013 dari 150an kontestan. Rasanya sungguh bikin haru. Bukan apa-apa, Sobs. Ngeblog bagiku adalah untuk terapi jiwa, setidaknya kala itu, dan konsisten menulis adalah upaya untuk merampingkan alexa serta memang karena daku hobby banget menulis. Bukan mau ngejar ini itu, hanya ingin mengalahkan tantangan terhadap diri sendiri, bahwa di kala kesibukan urusan kantoran, daku masih sempat lah ngeblog. Eh, Alhamdulillah, test demi test yang harus dijalani selama masa kompetisi pemilihan Srikandi Blogger 2013 itu, membuahkan hasil yang begitu manis. Wow. Alhamdulillah. Thanks to the communities where I joined, yang telah menginspirasi dan memberi dukungan semangat for this achievement!

Yuk, Berkomunitas dengan apik!

Sering mendapat pertanyaaan dari bloggers yang ngakunya masih newbie. Mba Al, gimana sih agar blog kita banyak dikunjungi visitors?

Pertanyaan yang simple ya, Sobs? Hanya sebaris kalimat. Tapi jawabnya, lumayan juga. Hehe.
Kalo aku sih, biasanya akan menjawab begini.

'Gampang, Mba/Mas. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas blogger yang credible. Yang memang konsisten dan care pada members-nya.'

Lha, emang ada komunitas blogger yang ga care pada membersnya? Hm, ada, lho! Coba aja cermati, dari sekian banyak group/komunitas di mana Sobats bergabung, pasti bisa Sobats berikan peringkat akan kepedulian dan program serta interaksi yang terjalin di dalam group itu. Kalo menuruku sih, sah-sah saja bergabung dengan puluhan bahkan ratusan komunitas, asalkan kita sendiri cermat dan ga buang-buang waktu.

Awal-awal kenal komunitas, dulunya aku asal klik tombol 'join' the group lho. Namun, begitu berada di dalamnya, sehari dua atau tiga minggu, baru kerasa, mana grup yang interaktif dan mana yang tidak. Mana yang sebaiknya kita lanjutkan karena memberi manfaat dan mana yang sebaiknya kita mundur dari lingkungan itu. Be selective!

Etika Berkomunitas.

Bergabung dengan aneka komunitas, adalah sah-sah saja. Yang paling penting adalah menjaga dan memelihara hubungan baik dengan setiap komunitas. Yang paling baik lagi adalah, jika kita mampu menjadi jembatan penghubung [sinergi] antara komunitas yang satu dengan komunitas lainnya. Itu pastinya tak hanya memberi manfaat bagi kita sendiri, tetapi juga bagi komunitas dan para member lainnya. Bener ga, Sobs?

Sebaik-baik anggota, kalo ga salah, sih, adalah yang mampu memberi manfaat bagi semuanya. Bener apa bener? Selain itu, yang paling penting harus dijaga adalah bahwa etika di dalam berkomunitas. Aku sendiri, bergabung tak hanya di komunitas-komunitas blogger, tetapi juga tergabung di komunitas lain seperti Relawan TIK Bandung [sebenarnya ini sih, bukan komunitas melainkan organisasi], nah, boleh-2 saja, bahkan bagus banget, asalkan kita tau dan jeli di dalam menggunakan bendera dan seragam komunitas. Misalnya, tidak menggunakan seragam Relawan TIK pada saat acara yang sedang berlangsung justru acara kumpul blogger yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger, dan kapasitas kita di acara ini adalah sebagai pengurus komunitas ini, misalnya. Atau, tidak menggunakan seragam Blogger Perempuan.com justru pada saat menghadiri acara launching Komunitas Blogger Bandung, di mana kita menjadi salah satu pengurusnya, dan bukan berkapasitas mewakili Blogger Perempuan. Ini, misal, lho, yaaa!

Well, postingan ini kayaknya udah panjang banget deh, sudah saatnya untuk segera diakhiri sebelum Sobats semua malah nekad meng-klik tombol close dan meninggalkan postingan ini tanpa komentar. Hehe.  Anyway, Blogging is a self-healing and I will be back for another sharing. 

catatan kecil tentang komunitas,
Al, Bandung, 26 December 2015
Words: 1346
49 comments

Ahhhh menginspirasi banget ini tetehh...
kudu belajar banyak dari pengalaman teteh.
alahamdulillahhh berkah ngeblog juga, bisa punya smartphone. Alhamdulillahh
apalagi join di komunitas trtentu itu menyenangkan bingit. Beneran dahh hhe

Reply

Aku ngeblog dr 2009 mbak, blogger curhat hehehe.. Baru sekarang2 ini aja mau "muncul" di komunitas blog, soalnya minder mbak blogger curhat aja tadinya :D

Reply

Mbak Al memang selalu adem kalau menuliskan sesuatu... Awal ngeblog aku ingin tahu, rasanya ngeblog itu begimana...eh akhirnya ikutan komunitas, dan semakin banyak pengalaman dan pelajaran dari sebuah komunitas itu. Plus minusnya memang ada, ya bijak-bijaknya, kita lah ya, Mbak.

Reply

Aku baru bulan lalu ikut komunitas mba dan lejitannya terhadap semangat, knowledge, dan tentunya visitor..sangat drastis. Ngeblog dulu juga cuma self healing..sekarang lebih ke berbagi informasi. Sekalipun curhatan ya sbisa mungkin ada hikmah buat yang rela sabar ngebaca. Komunitas? So far..aku cocok sama yang itu *kedipMata

Reply

Saya orangnya ngga begitu gampang akrab berinteraksi dengan orang yang baru di kenal, apalagi di dunia maya mba, alhamdulillah berkat gabung komunitas pelan-pelan mulai pede, makasih mba sharenya..insight sekali..blogging is fun is true mba.

Reply

Iya mba sekarang ini komunitas blogger sudah banyak. Meski waktu awal ngeblog di multiply dulu juga sampe sekarang jarang eksyis karena memang situasi dan kondisi. Tapi tetap berusaha untuk say hai sama blogger lain. Ehe ehe

Reply

Nothing to lose.. emang bnr sih.. soalny klo dah suka ngalir aja ya mak.. suatu saat pasti ada rezekinya. Nah bnr kan jadi blogger srikandi.. :) keren mak.. soal berkomunitas ini tadinya aku main join join aja.. tnyta hrs ada etika ya... lbh ngerti deh skrg. Makasih sharenya :)

Reply

Kalau kita biaa menang blog competition itu puasnya bahagia banget ya Mbak. :')
Saya juga baru setahun ini ngoptimasi blog. Selebihnya isinya cuma curhatan pribadi. Ihihihi.

Reply

Yups, semoga ada manfaat yg bs dipetik dr sharing ringan oni, ya, Rohma. :) Mksh atas kunjungannya...

Reply

Ih, curhat juga kadang ns jd pembelajaran bagi yg lain, lho, Mba. :)

Reply

Penasaran ya, Mba Astin? Hihi. Dan ternyata blogging is truly a self healing, ya? :)
Yup, plus minus setiap komunitas pasti ada. Tinggal bijak2 kita menyesuaikannya. :)

Reply

Aku juga setelah sekian thn blogging baru ngeh utk join komunitas. Manfaatnya banyak bangets, as I wrote on the post.

Reply

Jadi inget pertama kali bertemu dengan dirimu April 2012, saat kopdar pertama KEB di IDC Duren Tiga. Janjian di Bekasi ya :)
Setuju dengan dirimu, Mak Kandi :)
selama memberikan manfaat buat blogger, bergabung di berbagai komuntas itu sah kok. Berkomunitas itu bukan untuk berkompetisi, tapi memberikan manfaat :)

Reply

Mudah2an bergabung di bbrp komunitas, bisa membuka jaringan pertemanan dan nambah wawasan serta makin luwes dlm networking, ya, Mba Nunu.... :)

Reply

Jadi inget waktu pertama kali ngeblog, boro-boro monetizing, blog sepi visitor aja cuek hihihi. Tapi aku setuju tuh dengan statement bergabung dengan komunitas yang tepat. Berdasarkan pengalaman pribad, efeknya warbiyasa !!

Reply

Mksh mak sharingnya. Kadang suka ngerasa minder lihat member komunitas yg keren2. Masih nyari jati diri di blog. Bener banget kalau blog itu self healing, rasanya lebih bahagia kalau habis nulis blog soalnya

Reply

Wah srikandi blogger 2013? Waaah ini seniornya pungky yaa? Salam kenal ya maak! *nunduk-nunduk* sama nih aku juga dulu pertama kali ngeblog planga-plongo. Mau blogwalking, tapi gatau nama blog-blog orang siapa aja. Sampe akhirnya main ke komunitas dan dapet temen yang beneran jadi temen sampe sekaraang. \(w)/

Reply

saya belajar banyak dari cutkak, dari pertaa ngeblog banyak hal yang saya dapat dari komunitas walaupun ada event2 yang belum bisa diikuti

Reply

Mbaa aku dulu malah habis nulis blog berharap ga ada yang baca hahaha

Reply

wah, bikin tambah semangat nulis terus di blog mak, makasih ya tulisannya. inspiratif banget, memotivasiku biar makin rajin ke komunitas blogger :)

Reply

Makasih sharingnya Mba Al. Sama, yang saya rasakan setelah berkomunitas, performa blog, pelan-pelan membaik, ilmu dan teman bertambah serta rezeki juga datang. Alhamdulillah.

Reply

Kalo menuruku sih, sah-sah saja bergabung dengan puluhan bahkan ratusan komunitas, asalkan kita sendiri cermat dan ga buang-buang waktu.
>>>
saya seringnya hangat diawal mbak, awal2 aktif lama-lama kurang aktif di grup karena tertumpuk kerjaan lain :(
my bad

earning money : blog saya sdh pnya adsense sejak 3 bulan lalu mbak, tapi stl dipasang kode g muncul2. maaf mbak di BP pernah dibahas kah mbak solusinya?
terima kasih

Reply

ya mbak Al saya juga rasakan sendiri manfaaat gabung dengan komunitas, rasanya seperti keluar dari cangkang dan liat dunia luar. iya saya juga sering klik join di banyak grup komunitas dan memang betul ada yang benar-benar rame menyenangkan dan manfaat dan ada juga yang tidak begitu 'menyala'. Sepertinya saya mesti ikuti saran mbak Al soal selektif :D

Reply

sebelum gabung dengan komunitas, emang berasa sendiri dan bingung mau nanya kemana kalau nggak bisa utak atik blog, mbak. setelah bergabung, banyak sekali ilmu yang di dapat.

Reply

Betul banget Mb Al, dg berkomunitas gairah ngeblog makin membara

Reply

Semangat terus sharing dan memberi inspirasi ya mbak

Reply

Ngeblog curhat-curhat udah lama banget. 2 tahun lalu gabung ke komunitas blogger buku sekaligus penanda "come back"-nya blog buku setelah setahun hiatus. Baru tahun lalu gabung ke komunitas-komunitas lain. Blog yang isinya curhat mulai dipupuk supaya isinya lebih baik.

Reply

Saya banyak ikut komunitas untuk memperluas jejaring dan ngambil ilmu sebanyak-banyaknya. Walopun seringnya hanya jadi silent reader. Dan banyak manfaatnya juga, jadi dpt banyak info dan berkesempatan buat kopdar.

Reply

Iya, ngerasain banyak banget ikut komunitas2 blogger. Banyak dapet ilmu juga, Mba Al.

Reply

Pengen ikut komunitas blogger, tapi belum tahu dimana dan siapa aja yng bisa di temuin, maklum baru 4 bulan ngeblog, masih awam banget.
kalo ada kumpul blogger di solo saya dikabari ya mbak.. biar bisa nambah temen2 blogger.

Reply

Makasih mbak sharingnya. Jadi kebayang deh pengalaman yg udah mbak lalui dari awal nge blog, sampai jadi blogger beken kayak sekarang. Setuju deh mbak, gabung komunitas bikin semangat, tapi kadang sy merasa belum jd anggota yg baik, masih cenderung jd silent reader dan waktu yg gak memungkinkan buat online setiap saat :(

Reply

Kalo gabung ke komunitas jd byk kenalan.... Eh mas stumon msh aktif ta?

Reply

Bener banget ini Mba Al. Gabung ke komunitas (blogger ataupun bukan) harus pilih-pilih dan jangan maruk. Kalau kebanyakan lantas ngga bisa maintain keberadaan kita di komunitas itu sendiri kan jadi percuma ya.

Reply

etul sekali, Al. Bunda bisa seperti sekarang, walaupun gak tenar-tenar amat adalah berkat bunda join dengan beberapa komunitas. Dan Komunitas yang benar-benar care pada membernya. Tanpa bergabung dengan Komunitas gak mungkin banget bisa menghadiri acara ini dan itu serta menghasilkan doku dari pihak ini dan itu. semuanya berkat bimbingan dan support dari Komunitas. Tanpa Komunitas, we are nothing. Trust me.

Reply

Aku masih newbie banget-banget inih. Mohon bimbingannya ya Mbak Alaika...*salim

Reply

Iya mba, saya merasakan sendiri manfaat berkomunitas. Tambah teman dan pintu rejeki jadi terbawa luas.Banyak belajar dari Mba Al. Makasih sharingnya ya.

Reply

Baru baca postingan ini....
Setuju kak Al, berkomunitas memang penting. Awalnya aku jalan sendiri, paling hanya gabung ke satu forum. 2015 baru gabung komunitas dan ternganga betapa luas dan besarnya komunitas blogger...gak jarang bikin nyasar.

Reply

Suka banget sama tulisan mbak Al yang ini. Aku juga setuju mbak, kalau bergabung dengan komunitas maka kita akan dikenal selain itu bisa berbagi ilmu dan nasehat untuk kebaikan bersama khususnya dalam blog. :)

Reply

Wah sama Mak, tujuan saya ikut lomba salah satunya buat Entry Blog juga wkwkwkwkwk jadi sambil menyelam minum air gitu :) *nyeruput kopi*

Reply

Bergabung dengan komunitas Blogger bikin saya lebih melek blog dari sebelumnya.
Trims mbak Al.

Reply

Wejangan buat saya yg masih newbie ๐Ÿ˜€ kena bangeet dan mulai joint di komunitas ๐Ÿ˜†

Reply

seruuuuu group wa bp, banyak sharing disana ^^

Komunitas memang penting ya mbak dalam membangun networking ^^

Reply

setuju mba, berkomunitas pasti akan membantu kita memiliki jaringan yang lebih luas..

Reply

Iya segala sesuatu lebih enak dikomunikasikan dg apik ya.. jadi bisa terhindar dari baper, sotoy, dll

Reply

setuju mbak.. berkomunitas emang harus saling jaga etika dan saling tebar manfaat :)

Reply

Aku gak pernah baper, berusaha jangan sampe baper deh, yang bikin nyaman orang aja :)

Reply

Iya kak tahun 2008 itu zamannya pake shoutbox. Aslan jg dulu sempat pasang hehe. Btw gabung di komunitas memang buat kita harus jadi lebih produktif untuk update blog

Reply

Iya, ya, Mbak, berkomunitas itu harus pilih-pilih. Harus sesuai minat dan passion juga kalo buat saya.

Reply