KopDar Akbar Guru Blogger Nasional | My Virtual Corner
Menu
/
Blogger Guru Nasional
Bukti kehadiran [Narsis cantik] dulu donk! 
Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional? Ha? Lho, ikutan acara ini, Al? Kan dikau bukan guru? Kok bisa ikutan acara Kopdar Guru Blogger Nasional gitu, sih? Emang boleh gituh? 

Aih, ya boleh banget dunk! Acara yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun pertama Komunitas Sejuta Guru Bogger Nasional ini memang terbuka untuk blogger umum dan lintas komunitas. Makanya, saat seat untuk mengikuti acara ini dibuka via grup Blogger Reporter Indonesia kemarin itu, aku langsung daftar deh. Dan pagi ini, begitu tiba di tekape [Gedung Indosat], Jl. Medan Merdeka Barat, No. 1, Jakarta Pusat, team blogger Bandung [Alaika, Nchie Hanie, Bang Aswi, Teh Ida, Evi, Gery dan Widya] langsung bertemu dengan teman-teman blogger dari berbagai komunitas, yang sebenarnya sih itu lagi itu lagi orang-orangnya, hehe. Ada yang dari Warung Blogger, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Reporter Indonesia, Blogger Guru, Relawan TIK, dan aneka komunitas lainnya. Dan yang bikin wownya tuh, Sobs, acara ini dihadiri oleh lebih kurang 350 peserta, lho! Wow, banget yak?

Eh, by the way, nih, Sobs, kayaknya ada beberapa dari Sobats yang bertanya-tanya tentang Komunitas Sejuta Guru Ngeblog [KSGN] ini khaan? Well, sebelum mengulas reportase ala Alaika Abdullah tentang acara keren ini, yuk aku brief [jiaaah] dikit tentang KSGN, yuk!

KSGN adalah sebuah komunitas non profit yang digagas oleh Om Jay [Bapak Wijaya Kusumah], aktif sejak tanggal 9 Februari 2014, bergerak di bidang sosial, dan terbuka bagi siapa saja [pendidik] yang ingin mengembangkan dirinya menjadi lebih berkualitas. Hingga kini, KSGN beranggotakan teman-teman pendidik dari berbagai tingkatan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Nah, udah mulai jelas kan, Sobs, tentang Komunitas Sejuta Guru Ngeblog ini? Dan hari ini, kami semua berada di gedung megah milik Indosat ini, untuk mengikuti rangkaian agenda keren yang sudah disusun dalam menyambut anniversary KSGN. Yup, pastinya, sebagaimana agenda-agenda Kopdar yang sering digelar dengan bekerjasama Indosat, selain manfaat dari sharing keren yang dibagikan para narasumber, maka hadiah-hadiah pun bertaburan deh di dalam acara ini. Penasaran? Yup, keep reading ya!

KopDar Blogger Guru Nasional
Bekerjasama dengan Indosat

Bertajuk KopDar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat, acara ini dimulai dengan tampilnya duo MC yaitu Mbak Meti Medya dan Mas Ivan, yang secara kocak menghidupkan suasana. Keduanya secara kompak cuap-cuap mengulas secara singkat tentang agenda acara ini.

Acara resmi dimulai dengan pembacaan doa secara khidmat oleh Pak Ustad Bayu Sulistiawan, diamini oleh seluruh peserta acara.
Lantunan Lagu Indonesia Raya, selanjutnya dilantunkan dengan gegap gempita, penuh rasa bangga oleh seluruh hadirin yang berdiri penuh penghormatan. Sungguh, menyanyikan lagu kebangsaan negeri tercinta ini, selalu saja mampu mengungkit rasa bangga dan haru, dan salutku terhadap almarhum Bapak Wage Rudolf Supratman, yang telah dengan gemilang menciptakan bait-demi bait penuh semangat, Lagu Indonesia Raya. 

Usai lantunan lagu kebangsaan, maka rangkaian seremonial dilanjutkan, berupa kata sambutan dari Om Jay, selaku penggagas dan founder KSGN, yang bercerita sekilas tentang KSGN dan tujuan didirikannya komunitas ini. Bisa dilihat pada paragraf awal ya, Sobs, tentang KSGN, tuh!

Selanjutnya, Mba Gina dari Indosat tampil dengan materi [penjelasan keren] tentang launching Guru Era Digital [GED] Indosat dan Bincang Guru Era Digital. Udah pada tahu belum tentang Forum Indosat ICITY? Itu lho, sebuah forum yang berfungsi sebagai online Support Community yang didayai oelh komunitas pengguna Indosat. Menawarkan solusi, bantuan dan informasi seputar gadget, layanan Indosat, minat serta aktivitas komunitas. Nah, bagi yang belum mendaftar, ayo atuh main ke Indosat ICITY dan mendaftarkan diri di sana yaa! 

Bincang Guru Berprestasi

Yang namanya Kopdar, apalagi Kopdar Guru Blogger Nasional, sudah pasti donk diisi dengan aneka sharing inspiratif seputar para pendidik, yang juga hobby ngeblog. Motivasi, suka duka dan apa yang telah mereka hasilkan atau petik dari kegiatan mereka ngeblog. Dan sungguh, mendengarkan sharing ini, bikin melongo, lho, Sobs, bahwa di era digital ini, banyak lho guru-guru yang telah melek untuk menggunakan media blog sebagai sarana berbagi ilmu, baik bagi anak-anak didiknya, maupun teman sejawat bahkan siapa pun yang ingin menimba ilmu dari tulisan-tulisannya. 

Sebagai contoh, sharing dari Ibu Amiroh Adnan, yang menyediakan blognya [amiroh.web.id] sebagai e-learning tool [sarana pembelajaran] bagi para pembacanya. Atau kisah inspiratif dari Bapak Dedi Dwitama, yang tulisan-tulisan inspiratifnya, mengantarkannya ke popularitas [dalam arti positif lho ya], dan mendapatkan banyak sekali undangan-undangan untuk menjadi narasumber dalam berbagai acara, baik di dalam negeri mau pun di luar negeri. Wew, ajigile ya? Dari ngeblog lho! Yup, ngeblog telah mengantarkan mereka ke popularitas dan tebaran manfaat bagi para pembacanya. 

Kisah inspiratif lainnya juga ditebarkan oleh seorang guru keren dari desa Jambekumbu, Jawa Timur. Guru SD negeri yang mengaku belum pernah ke Jakarta ini, lebih dasyat lagi sharingnya, Sobs!
Mengelola blog keren bertajuk 'Ayo Mendidik' beralamat di ayomendidik.wordpress.com, Bapak guru yang rendah hati ini sengaja memilih tagline ' Mengajar sehari, menginspirasi seumur hidup'. Dan sesuai dengan tulisan-tulisan yang dipilah per kategori di blognya itu, Pak Subakri menebar inspirasi. 

Tongsis Reportase dan Menjadi Guru Blogger di Era Digital

Nah, agenda yang satu ini juga termasuk yang paling ditunggu-tunggu donk oleh para blogger? Sayangnya, saat tulisan ini diturunkan *hayyah, diturunkan, hehe*, jadwal tampilnya Om Onno tuh belum tiba, Sobs! Sementara tulisan ini sudah harus disubmit ke panitia [guna mengikuti lomba live blogging] tuh, sebelum agenda ini tiba. Jadi, bagi Sobats yang penasaran akan sharing ilmu keren ini, jangan sungkan untuk balik lagi nanti, ya! Tenang, as always, aku akan dengan senang hati meng-update tulisan ini atau malah nanti akan bikin postingan khusus untuk 'Tongsis Reportase dan Menjadi Guru Blogger di Era Digital]. *Apa sih, yang enggak buat elo, Sobs!*

Tulisan ini dipersiapkan dalam rangka mengikuti 
lomba Live Blogging pada acara Kopdar Guru Blogger Nasional 
Bekerjasama dengan Indosat


Reportase ala Alaika Abdullah
Al, Jakarta, 15 Maret 2015
12 comments

lalalala yeyeyeye, makasiih

Reply

Wah keren ya acaranya...kegiatan yg digagasnya luar biasa itu. Harusnya semua guru itu ngeblog ya mak Al.

Reply

acaranya seru ya mbak Al. sayang banget aku gak bisa ikutan

Reply

Waah... Seru & banyak ilmu.... Aku sebenernya pengen banget dtg acara ini, tapi memutuskan untuk nunggu sharingnya dari teman2 yg hadir deh. Ditunggu sharing ttg liputan tongsisnya yaa... Semoga sukses lomba live bloggingnya, Mbak Al :)

Reply

berat euuy acara2 kerennya di luar kota mulu. aku masih berat di ongkos tante. hehe
kalo ada acara keren di bandung ajak2 aku dong tante al :D

Reply

wah uda pada jadi master blogger nih mb

Reply

Semakin banyak guru ngeblog semakin baik karena banyak ilmu yang akan disebarkan.

Reply

Pasti acaranya kemarin seru dan keren. Semangat nge-blog pun semakin meningkat setelah mengikuti acara tersebut.

Reply

Mbak Alllll... sekarang sering banget kopdar yaa....
Aku nih yang jarang kopdar hik.... *nangis sendirian*
Kadang iri lo baca cerita teman2 yang bisa ikut kegiatan ini itu.. sambil kopdar.
Sayangnya di Madiun ga ada acara spt itu

Reply

aku g datang acara ini .___.
ditunggu derita tongsis kopdarnya :D

Reply

Wah selamat dan sukses ya kakak kopdarnya, semoga tahun depan dapat terselenggara lagi. ^_^

Reply