Kidung Kinanthi - Sebuah Review Blog | My Virtual Corner
Menu
/
Akhirnya, saat itu pun tiba. Mengerjakan sebuah 'tugas' dari Pakdhe Cholik, sang Komandan BlogCamp, yang sedang menggelar sebuah hajatan akbar dalam rangka peringatan hari berdirinya BlogCamp, the Blog of Leadership. Sang Komandan yang tak pernah kekeringan ide ini, menggelar lagi sebuah kontes unggulan bertajuk "Kontes Unggulan Blog Review: Saling Berhadapan".

foto hasil skrinsut using Macsy
Langsung deh tepok jidat begitu membaca thema kontes si Pakdhe kali ini. Blog Review Berhadapan? Ngereview sebuah Blog? Itu sih butuh keseriusan, konsentrasi dan waktu kan ya? :D. Yang paling utama adalah butuh waktu untuk duduk serius, mengubrak abrik the target blog. Ga bisa main-main ini!
Mau ga ikutan, wah, mana mungkin ga ikutan, bisa disundul Pakdhe lah yao! Haha.
Maka mulailah mikir, hm, siapa ya yang mau aku culik untuk jadi pasanganku? Pikiranku kala itu langsung lari ke seorang karib nun di Banyuwangi sana. Sohib maya yang telah beberapa kali berinteraksi bahkan bertualang di dunia nyata. Yup, Ririe Khayan. Dan tak perlu menunggu lama, saling setuju dengan syarat bahwa tugas ini baru dikerjakan menjelang akhir bulan, mengingat masing-masing juga sibuk dengan berbagai tugas di dunia nyata.

Dan malam ini, inilah hasil ubrak-abrikku di rumah mayanya Ririe Khayan. Pada kenal donk dengan sohib mayaku yang satu ini? Ok, yuk kita lihat, ada apa saja di sana yuk, Sobs!

Kidung Kinanthi

"Kidung", kata ini langsung melarikan benakku pada pengertian senandung/dendang. Dan mungkinkah 'Kidung Kinanthi' bermakna 'senandung seorang Kinanthi'? Bisa jadi kayaknya deh, Sobs! Tapi biar pemiliknya sendiri aja nanti yang mengklarifikasi via kolom komentar, yah!
Tercatat pada blogger.com sejak 2011 dan hingga kini telah menelurkan 262 postingan. Wow! Tak hanya itu, beralih ke domain berbayar [http://ririekhayan.com] adalah bukti keseriusan pemilik blog ini untuk lebih eksis dan tampil profesional dalam hal blogging dan berinteraksi di dunia maya.

Bermain ke rumah mayanya Ririe, kita disambut oleh header template bertuliskan Kidung Kinanthi as the title of the Blog ditambah sebaris kalimat berbahasa Inggris yang penuh makna.

skrinsut langsung dari layar Macsy
Template

Secara keseluruhan, template Kidung Kinanthi yang baru ini terkesan lebih simple dan profesional jika dibandingkan dengan template Kidung Kinanthi sebelumnya. Berwarna dasar [background] putih sehingga membuat mata nyaman untuk berlama-lama membaca sajian-sajian menarik, hangat dan inspiratif yang menjadi ciri khasnya. Sisi kiri dan kanan template ditaburi oleh hiasan variatif berbentuk lingkaran kecil dengan garis tegak yang mengelilingi tiap lingkaran, membuat halaman putih menjadi variatif.

Template ini terdiri atas dua kolom, berupa kolom utama [halaman postingan] dan kolom side bar  di mana sang pemiliknya menempatkan aneka widget untuk menyemarakkan rumah mayanya.


Banner iklan yang menempati urutan pertama di side bar kanan atas, menunjukkan bahwa pemilik rumah maya ini sudah mulai mengoptimalkan blognya untuk monetizing. Asyiik! :) Banner kedua, memperlihatkan dua buah buku/novel keren, "Mozaik Kinanthi" karya Ririe Khayan, dan yang satunya lagi adalah novel fenomenal 'Selingan Semusim', karya Alaika Abdullah. Eits!! Selingan Semusim? Itu karyaku lho! Makasih Ririe sayang atas promosinya. :)

Banner-banner lainnya memperlihatkan aktivitas yang diikuti oleh pemilik blog ini, seperti kompetisi menulis Srikandi Blogger 2013, IdBN, Viva Log, dan lainnya, memperlihatkan betapa aktifnya Ririe dalam menulis dan mengikuti kompetisi demi kompetisi. Keren deh dengan semangat dan kreativitasnya.

Content/Artikel

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dengan berkunjung dan menikmati sajian artikel di rumah maya ini. Ririe selalu bercerita dengan ciri khasnya sendiri. Memasukkan unsur ilmiah di dalam kebanyakan tulisannya, adalah juga merupakan salah satu kebiasaannya. Membuat para tamu [pembaca]nya mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, di samping informasi-informasi umum yang disajikannya. Tapi terkadang, beberapa pembaca mengategorikan tulisannya ke dalam tulisan 'berat' dan butuh pemikiran. Terkadang lho ya. Hihi.

Ririe TIDAK mengkhususkan rumah maya ini pada satu thema spesial, sehingga tak heran dan sah-sah saja jika kita menemukan beberapa genre di dalam content blog ini. Ada artikel yang berupa informasi serius/ringan, fiksi dan puisi. Menurutku, Kidung Kinanthi ini kaya akan tema. Merangkul beberapa genre, sehingga membuatnya flexible untuk berpartisipasi dalam kontes A, atau Giveway B, lomba C, dan sering pula mengantarkannya sebagai pemenang dari aneka lomba/kontes yang diikutinya.

Visitor

Tentu saja, jumlah visitor tidak selalu ditunjukkan oleh banyak sedikitnya komen yang ditinggalkan pada kolom komentar setiap artikel sih, namun banyaknya komen yang ditinggalkan para visitor di setiap artikel yang diposting, menunjukkan bahwa pemilik blog ini adalah orang yang ramah dan bersahabat, sehingga memiliki banyak sahabat/pengunjung. Selain itu, jelas menandakan bahwa artikel-artikelnya diminati oleh para pengunjung/visitor. Interaksi balas berbalas komen juga menunjukkan bahwa pemilik blog ini menjamu para tamunya dengan ramah.

Page Rank

Nah, setiap blog, website atau rumah maya, sudah pasti memiliki peringkat. Page Rank, adalah hal yang paling sering diperhatikan oleh para netizen. Dan inilah hasil Page Rank Checker untuk Kidung Kinanthi pada malam ini [saat artikel ini ditulis].


Wow! PR 2 bo'! Alexa nya juga udah keciiiil! Terbukti kan analisaku, Sobs? Bahwa Kidung Kinanthi memiliki banyak sekali pengunjung/sahabats.

Loading Speed



Good and Fast! 

Google Indexing

Wow! Ternyata wanita yang hobby mbolang ini juga sudah sangat akrab dengan Mbah Google lho! Terbukti saat aku bertanya pada si Mbah, baru nyebut 'Ririe Khayan' aja, si mbah dengan wajah happy langsung memunculkan link ini.


Dan saat kusebut 'Kidung Kinanthi' si Mbah dengan ceria bilang; "Yang ini toh, Nduk?" sambil dengan bangganya memunculkan ini nih, Sobs!


Mantabs, Gan! Sobatku ini ternyata udah famous banget di dunia maya lho! :)

Input dari Reviewer

Hm, secara garis besar, Kidung Kinanthi telah cukup sukses dalam menarik para pengunjung [para tamu] untuk betah berlama-lama di rumah mayanya. Artinya?
Kidung Kinanthi tuh digandrungi oleh para pengunjung kan ya? Tak banyak masukan yang perlu diberikan sih kalo menurutku, paling cuma dalam penggunaan istilah ilmiah --> jangan yang terlalu berat?
Dan tentang keselarasan paragraf ke paragraf berikutnya, mungkin butuh perhatian agar lebih sinkron? :D


Nah, Sobs! Penasaran dengan Kidung Kinanthi dan pemiliknya [Ririe Khayan]? Sok atuh langsung mlipir ke rumah mayanya di sini nih, Sobs!

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan



55 comments

Wahhhh, review mbak Al day publish# Lho

Comment selanjutnya mnyusul, smoga review balik juga bs sgera publish. After all, great review # blush mode on# dan ma kasih:)

Reply

Waaah... lengkap lengkip reviuwnya. Makasih mbak Al.
Salam kenal mba Ririe.. namamu udah sering kudengar. Tapi aku belum pernah mampir ke rumah mayamu.

Reply

asik wah kali ini mbak Ri
iya ya mbak saya baru saar kalo selalu ada unsur ilmiah dalam tulisan mbak ri hehehe keren

Reply

Terima kasih atas partisipasi sahabat
Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
Salam hangat dari Surabaya

Reply

Kidung Kinanthi memang oke punya ya mbak Alaika. Banyak tulisan yang menginspirasi. Dan review ini begitu ciamik dikemasnya. Semoga sukses dengan kontes pakde ini.

Reply

Semoga berkenan ya, Rie. :) Ditunggu review mu lho, segera lho sblm DL, agar kita ga gugur dalam kontesnya Pakdhe, hihi.

Reply

Sok atuh melipir ke sana Mak Titi. Kenalan dan menyelam sambil minum air di artikel2nya Mak Ririe. :)

Reply

Hehe, pasti dirimu juga sering bermain ke sana kan, Mbak Lid? :)

Reply

Trimakasih kembali, Dhe. Lunas yaaa. :)

Reply

Yoi, Mbak Nik! Trimakasih juga atas pujiannya. :)

Reply

Emm baru tahu kalau Mbk Kidung Kinanti rumahnya di Banyuwangi.

Jadi tambah kenal ini tante Alaika.

Jujur saya belum pernah tengok kesana, coba aja saya sapa lewat blognya.

Kan lumayan misalnya kopdar jadi rame, Jember dan Banyuwangi kan gak jauh - jauh amat.

Heheheee

Tante Alaika kapan main - main ke Jember nih?

Reply

Reviewnya lengkap banget :)
kereeen!

Reply

Artikel reviewnya Mba Alaika udah rapi + lengkap

Mungkin kalo diimajinasikan dalam bentuk sebuah kue cake jadinya ciamik :D

Reply

Nah, setelah tau, ayo pererat silaturrahmi yaaa. :)

Hm, pengen sih main ke Jember, tapi belum tau kapan. Mudah2an ada kesempatan untuk kesana yaa. :)

Reply

Aduuh, senangnya dipuji Sophie. :)
Hehe, sedang belajar dan berusaha membuat artikel blog review nih. Trimakasih yaaa. :)

Reply

Saya udah lama gak main ke rumah Mbak Rie nih
Kesono ah

Sukses ya Mbak :)

Reply

# eh, komenku ada yg nyangkut. Kirain gagal koneksi smua#

Berkenan banget mbak,terima kasih utk inputnya. Tapi klo gak nemu idiom yg klik yaaa last option pake lg deh istilah ' aneh'.

Utk nama blog: kidung kinanthi, awal2 nya skdr suka sj, sound so great getyu deh. Dan makin kesini jd ingin memberikan mkna spesifik ala Ririe pastinya ttg nma blogku. Sdh smpt bikin draft tapi di netbook yg ilang. Tapi scr garis besar, nban Al sdh mndekati konsep makna blogku lho. Saluuut buat mbak Al.

Utk hasil investigasinya jg mntap TOP BGT. Once again, trima kasih sdh memilih blogku dlm kontes unggulan pakdhe kali ini.

Reply

Wow .. alexanya mbak Ririe ramping ya .. ^__^

Moga menang kak Al ... :)

Reply

Review-nya memang khas mbak Al banget ... sukses mbak, aku bagian penggembira aja untuk kontes ini .. :D

Reply

Wah mba Al ikutan juga kontes ini, reviewnya lengkap mba. jadi penasaran dgn review pasangan mba Al nih...sukses ya mba dgn kontesnya :)

Reply

wah mbak al udah duluan neh ngeripyu punya mbak rie :D

Reply

Wah senangnya bisa di review, dan blog yang di review pun memang keren sangat. Succed for both of you :)

Reply

Aku juga sering berkunjung ke Kidung Kinanthi. Suka pada tulisan2 Mbak Ririe yang dalam pemikirannya. Dan suka juga pada posting review ini..Penulisnya rajin dan mau kerja keras untuk melakukannya :)

Reply

Ayo main kesana lg, Mak Esti. Banyak inspirasi yang bisa didapatkan di sana lho. :)

Reply

Seramping orangnya ya, Niar? Hihi

Reply

Hehe, khas saya, mksdnya panjang, dan detail ya, Teh? Semoga ga membosankan yaaa. Hihi

Reply

Gimana ga ikutan jeh? Konstesnya sang Komandan! Hehe. Trimakasih atas kunjungannya, Ir. :)

Reply

Iya dunk, sesuai dengan agenda yang udah diskedulkan. :)

Reply

Mantap reviewnya sederhana dan mebangun Mba.

Salam wisata

Reply

ini sih pasangan calon juara...
maklum dua wanita smart bertemu...

yg lain minggiiiiiirrrrr

Reply

lengkap kali reviewnya cut kak
wah klo begini reviewnya, bakalan juara nie

Reply

Hehe, semoga yang direview jg senang yaaa. :)
Trims untuk support dan kunjungannya.

Reply

Trimakasih atas kunjungan dan pujiannya, Mbak Evi! :)

Reply

Halah, pujian Mas Insan ini bikin aku melayang deh, saking bangganya. Tolong turunkan aku, mas! :)

Reply

Mencoba melakukan yang terbaik yang aku bisa, cut adek! Masih dalam tahap belajar. :) Aamiin. Makasih yaaaa.

Reply

Lengkap banget ripyunyaaa
aiih Keren deh :D

sukses ya mbayukku

Reply

Yang saya rasa setelah ganti theme, Blog Mba Rie lebih diringan. Gitu, Mba. :)

Sukses ngontesnya, ya.

Reply

Mampir lagi, wahhhhhhhh.....akibat kenarsisan tuh mbak, jadinya sampe2 juga muncul di rumah mbah gugel.

Oia, utk keselerasan antar paragrap....jd pengen malu diriku krn srg nulis kyk kutu loncat...hehehe..

Reply

Emang aku jg banyak dpt pengetahuan baru dari tulisan Ririe mbak..
Semoga sukses kontesnya ya mbak Al.. :-)

Reply

Hihi, belajar mereview selengkap mungkin, Diajeng Geulis! :)
Trims yaaa, sukses jg untukmu lho!

Reply

Yup, bener banget. Selain loading ringan, juga tampil lebih prof yaa. :)

Reply

Semoga makin banyak pengetahuan/informasi yang bisa kita serap dari blognya Ririe ya, Thia. :)

Trims.

Reply

aku suka mbak ririe dengan tulisan ilmiahnya heheheh

Reply

kayak main layang-layang dunk, bisa di naik-turunkan ya mBak AL

Reply

kalau MBak AL, mmg oke klo bikin ulasan/tulisan bertema apa pun

Reply

hahhahaa...padahal yg re-desain blogku by rikues and order tuh

Reply

Iya neh, kebetulan masih numpang tinggal di BWi. Mohon doanya, bisa segera move ke jogya yaa mas:)

Reply

Bagus ya,,semoga menang!!good luck!!

Reply

Wah, reviewnya ini sama Mbak Ririe, ya? :) Semoga menang! :)

Reply

Alhamdulillah, artikel ini menjadi salah satu pemenang dalam kontes Blog Review Berhadapan, yang digelar oleh Pakdhe Cholik,sang komandan BlogCamp.

Reply

Wuih, review kak Alaika ini luar biasa ya, jadi tau banyak blog kidung ini, jadi pengen direview juga :D

Reply