Kidung Kinanthi - Sebuah Review Blog

Akhirnya, saat itu pun tiba. Mengerjakan sebuah 'tugas' dari Pakdhe Cholik, sang Komandan BlogCamp, yang sedang menggelar sebuah hajatan akbar dalam rangka peringatan hari berdirinya BlogCamp, the Blog of Leadership. Sang Komandan yang tak pernah kekeringan ide ini, menggelar lagi sebuah kontes unggulan bertajuk "Kontes Unggulan Blog Review: Saling Berhadapan".

foto hasil skrinsut using Macsy
Langsung deh tepok jidat begitu membaca thema kontes si Pakdhe kali ini. Blog Review Berhadapan? Ngereview sebuah Blog? Itu sih butuh keseriusan, konsentrasi dan waktu kan ya? :D. Yang paling utama adalah butuh waktu untuk duduk serius, mengubrak abrik the target blog. Ga bisa main-main ini!
Mau ga ikutan, wah, mana mungkin ga ikutan, bisa disundul Pakdhe lah yao! Haha.
Maka mulailah mikir, hm, siapa ya yang mau aku culik untuk jadi pasanganku? Pikiranku kala itu langsung lari ke seorang karib nun di Banyuwangi sana. Sohib maya yang telah beberapa kali berinteraksi bahkan bertualang di dunia nyata. Yup, Ririe Khayan. Dan tak perlu menunggu lama, saling setuju dengan syarat bahwa tugas ini baru dikerjakan menjelang akhir bulan, mengingat masing-masing juga sibuk dengan berbagai tugas di dunia nyata.

Dan malam ini, inilah hasil ubrak-abrikku di rumah mayanya Ririe Khayan. Pada kenal donk dengan sohib mayaku yang satu ini? Ok, yuk kita lihat, ada apa saja di sana yuk, Sobs!

Kidung Kinanthi

"Kidung", kata ini langsung melarikan benakku pada pengertian senandung/dendang. Dan mungkinkah 'Kidung Kinanthi' bermakna 'senandung seorang Kinanthi'? Bisa jadi kayaknya deh, Sobs! Tapi biar pemiliknya sendiri aja nanti yang mengklarifikasi via kolom komentar, yah!
Tercatat pada blogger.com sejak 2011 dan hingga kini telah menelurkan 262 postingan. Wow! Tak hanya itu, beralih ke domain berbayar [http://ririekhayan.com] adalah bukti keseriusan pemilik blog ini untuk lebih eksis dan tampil profesional dalam hal blogging dan berinteraksi di dunia maya.

Bermain ke rumah mayanya Ririe, kita disambut oleh header template bertuliskan Kidung Kinanthi as the title of the Blog ditambah sebaris kalimat berbahasa Inggris yang penuh makna.

skrinsut langsung dari layar Macsy
Template

Secara keseluruhan, template Kidung Kinanthi yang baru ini terkesan lebih simple dan profesional jika dibandingkan dengan template Kidung Kinanthi sebelumnya. Berwarna dasar [background] putih sehingga membuat mata nyaman untuk berlama-lama membaca sajian-sajian menarik, hangat dan inspiratif yang menjadi ciri khasnya. Sisi kiri dan kanan template ditaburi oleh hiasan variatif berbentuk lingkaran kecil dengan garis tegak yang mengelilingi tiap lingkaran, membuat halaman putih menjadi variatif.

Template ini terdiri atas dua kolom, berupa kolom utama [halaman postingan] dan kolom side bar  di mana sang pemiliknya menempatkan aneka widget untuk menyemarakkan rumah mayanya.


Banner iklan yang menempati urutan pertama di side bar kanan atas, menunjukkan bahwa pemilik rumah maya ini sudah mulai mengoptimalkan blognya untuk monetizing. Asyiik! :) Banner kedua, memperlihatkan dua buah buku/novel keren, "Mozaik Kinanthi" karya Ririe Khayan, dan yang satunya lagi adalah novel fenomenal 'Selingan Semusim', karya Alaika Abdullah. Eits!! Selingan Semusim? Itu karyaku lho! Makasih Ririe sayang atas promosinya. :)

Banner-banner lainnya memperlihatkan aktivitas yang diikuti oleh pemilik blog ini, seperti kompetisi menulis Srikandi Blogger 2013, IdBN, Viva Log, dan lainnya, memperlihatkan betapa aktifnya Ririe dalam menulis dan mengikuti kompetisi demi kompetisi. Keren deh dengan semangat dan kreativitasnya.

Content/Artikel

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dengan berkunjung dan menikmati sajian artikel di rumah maya ini. Ririe selalu bercerita dengan ciri khasnya sendiri. Memasukkan unsur ilmiah di dalam kebanyakan tulisannya, adalah juga merupakan salah satu kebiasaannya. Membuat para tamu [pembaca]nya mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, di samping informasi-informasi umum yang disajikannya. Tapi terkadang, beberapa pembaca mengategorikan tulisannya ke dalam tulisan 'berat' dan butuh pemikiran. Terkadang lho ya. Hihi.

Ririe TIDAK mengkhususkan rumah maya ini pada satu thema spesial, sehingga tak heran dan sah-sah saja jika kita menemukan beberapa genre di dalam content blog ini. Ada artikel yang berupa informasi serius/ringan, fiksi dan puisi. Menurutku, Kidung Kinanthi ini kaya akan tema. Merangkul beberapa genre, sehingga membuatnya flexible untuk berpartisipasi dalam kontes A, atau Giveway B, lomba C, dan sering pula mengantarkannya sebagai pemenang dari aneka lomba/kontes yang diikutinya.

Visitor

Tentu saja, jumlah visitor tidak selalu ditunjukkan oleh banyak sedikitnya komen yang ditinggalkan pada kolom komentar setiap artikel sih, namun banyaknya komen yang ditinggalkan para visitor di setiap artikel yang diposting, menunjukkan bahwa pemilik blog ini adalah orang yang ramah dan bersahabat, sehingga memiliki banyak sahabat/pengunjung. Selain itu, jelas menandakan bahwa artikel-artikelnya diminati oleh para pengunjung/visitor. Interaksi balas berbalas komen juga menunjukkan bahwa pemilik blog ini menjamu para tamunya dengan ramah.

Page Rank

Nah, setiap blog, website atau rumah maya, sudah pasti memiliki peringkat. Page Rank, adalah hal yang paling sering diperhatikan oleh para netizen. Dan inilah hasil Page Rank Checker untuk Kidung Kinanthi pada malam ini [saat artikel ini ditulis].


Wow! PR 2 bo'! Alexa nya juga udah keciiiil! Terbukti kan analisaku, Sobs? Bahwa Kidung Kinanthi memiliki banyak sekali pengunjung/sahabats.

Loading Speed



Good and Fast! 

Google Indexing

Wow! Ternyata wanita yang hobby mbolang ini juga sudah sangat akrab dengan Mbah Google lho! Terbukti saat aku bertanya pada si Mbah, baru nyebut 'Ririe Khayan' aja, si mbah dengan wajah happy langsung memunculkan link ini.


Dan saat kusebut 'Kidung Kinanthi' si Mbah dengan ceria bilang; "Yang ini toh, Nduk?" sambil dengan bangganya memunculkan ini nih, Sobs!


Mantabs, Gan! Sobatku ini ternyata udah famous banget di dunia maya lho! :)

Input dari Reviewer

Hm, secara garis besar, Kidung Kinanthi telah cukup sukses dalam menarik para pengunjung [para tamu] untuk betah berlama-lama di rumah mayanya. Artinya?
Kidung Kinanthi tuh digandrungi oleh para pengunjung kan ya? Tak banyak masukan yang perlu diberikan sih kalo menurutku, paling cuma dalam penggunaan istilah ilmiah --> jangan yang terlalu berat?
Dan tentang keselarasan paragraf ke paragraf berikutnya, mungkin butuh perhatian agar lebih sinkron? :D


Nah, Sobs! Penasaran dengan Kidung Kinanthi dan pemiliknya [Ririe Khayan]? Sok atuh langsung mlipir ke rumah mayanya di sini nih, Sobs!

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan



55 comments

  1. Wahhhh, review mbak Al day publish# Lho

    Comment selanjutnya mnyusul, smoga review balik juga bs sgera publish. After all, great review # blush mode on# dan ma kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berkenan ya, Rie. :) Ditunggu review mu lho, segera lho sblm DL, agar kita ga gugur dalam kontesnya Pakdhe, hihi.

      Delete
    2. # eh, komenku ada yg nyangkut. Kirain gagal koneksi smua#

      Berkenan banget mbak,terima kasih utk inputnya. Tapi klo gak nemu idiom yg klik yaaa last option pake lg deh istilah ' aneh'.

      Utk nama blog: kidung kinanthi, awal2 nya skdr suka sj, sound so great getyu deh. Dan makin kesini jd ingin memberikan mkna spesifik ala Ririe pastinya ttg nma blogku. Sdh smpt bikin draft tapi di netbook yg ilang. Tapi scr garis besar, nban Al sdh mndekati konsep makna blogku lho. Saluuut buat mbak Al.

      Utk hasil investigasinya jg mntap TOP BGT. Once again, trima kasih sdh memilih blogku dlm kontes unggulan pakdhe kali ini.

      Delete
    3. Mampir lagi, wahhhhhhhh.....akibat kenarsisan tuh mbak, jadinya sampe2 juga muncul di rumah mbah gugel.

      Oia, utk keselerasan antar paragrap....jd pengen malu diriku krn srg nulis kyk kutu loncat...hehehe..

      Delete
  2. Waaah... lengkap lengkip reviuwnya. Makasih mbak Al.
    Salam kenal mba Ririe.. namamu udah sering kudengar. Tapi aku belum pernah mampir ke rumah mayamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh melipir ke sana Mak Titi. Kenalan dan menyelam sambil minum air di artikel2nya Mak Ririe. :)

      Delete
  3. Replies
    1. Hehe, pasti dirimu juga sering bermain ke sana kan, Mbak Lid? :)

      Delete
  4. asik wah kali ini mbak Ri
    iya ya mbak saya baru saar kalo selalu ada unsur ilmiah dalam tulisan mbak ri hehehe keren

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  6. Kidung Kinanthi memang oke punya ya mbak Alaika. Banyak tulisan yang menginspirasi. Dan review ini begitu ciamik dikemasnya. Semoga sukses dengan kontes pakde ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, Mbak Nik! Trimakasih juga atas pujiannya. :)

      Delete
  7. Emm baru tahu kalau Mbk Kidung Kinanti rumahnya di Banyuwangi.

    Jadi tambah kenal ini tante Alaika.

    Jujur saya belum pernah tengok kesana, coba aja saya sapa lewat blognya.

    Kan lumayan misalnya kopdar jadi rame, Jember dan Banyuwangi kan gak jauh - jauh amat.

    Heheheee

    Tante Alaika kapan main - main ke Jember nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setelah tau, ayo pererat silaturrahmi yaaa. :)

      Hm, pengen sih main ke Jember, tapi belum tau kapan. Mudah2an ada kesempatan untuk kesana yaa. :)

      Delete
    2. Iya neh, kebetulan masih numpang tinggal di BWi. Mohon doanya, bisa segera move ke jogya yaa mas:)

      Delete
  8. Reviewnya lengkap banget :)
    kereeen!

    ReplyDelete
  9. Artikel reviewnya Mba Alaika udah rapi + lengkap

    Mungkin kalo diimajinasikan dalam bentuk sebuah kue cake jadinya ciamik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh, senangnya dipuji Sophie. :)
      Hehe, sedang belajar dan berusaha membuat artikel blog review nih. Trimakasih yaaa. :)

      Delete
  10. Saya udah lama gak main ke rumah Mbak Rie nih
    Kesono ah

    Sukses ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo main kesana lg, Mak Esti. Banyak inspirasi yang bisa didapatkan di sana lho. :)

      Delete
  11. Wow .. alexanya mbak Ririe ramping ya .. ^__^

    Moga menang kak Al ... :)

    ReplyDelete
  12. Review-nya memang khas mbak Al banget ... sukses mbak, aku bagian penggembira aja untuk kontes ini .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, khas saya, mksdnya panjang, dan detail ya, Teh? Semoga ga membosankan yaaa. Hihi

      Delete
  13. Wah mba Al ikutan juga kontes ini, reviewnya lengkap mba. jadi penasaran dgn review pasangan mba Al nih...sukses ya mba dgn kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana ga ikutan jeh? Konstesnya sang Komandan! Hehe. Trimakasih atas kunjungannya, Ir. :)

      Delete
  14. wah mbak al udah duluan neh ngeripyu punya mbak rie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dunk, sesuai dengan agenda yang udah diskedulkan. :)

      Delete
  15. Wah senangnya bisa di review, dan blog yang di review pun memang keren sangat. Succed for both of you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, semoga yang direview jg senang yaaa. :)
      Trims untuk support dan kunjungannya.

      Delete
  16. Aku juga sering berkunjung ke Kidung Kinanthi. Suka pada tulisan2 Mbak Ririe yang dalam pemikirannya. Dan suka juga pada posting review ini..Penulisnya rajin dan mau kerja keras untuk melakukannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas kunjungan dan pujiannya, Mbak Evi! :)

      Delete
  17. Mantap reviewnya sederhana dan mebangun Mba.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  18. ini sih pasangan calon juara...
    maklum dua wanita smart bertemu...

    yg lain minggiiiiiirrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, pujian Mas Insan ini bikin aku melayang deh, saking bangganya. Tolong turunkan aku, mas! :)

      Delete
    2. kayak main layang-layang dunk, bisa di naik-turunkan ya mBak AL

      Delete
  19. lengkap kali reviewnya cut kak
    wah klo begini reviewnya, bakalan juara nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencoba melakukan yang terbaik yang aku bisa, cut adek! Masih dalam tahap belajar. :) Aamiin. Makasih yaaaa.

      Delete
    2. kalau MBak AL, mmg oke klo bikin ulasan/tulisan bertema apa pun

      Delete
  20. Lengkap banget ripyunyaaa
    aiih Keren deh :D

    sukses ya mbayukku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, belajar mereview selengkap mungkin, Diajeng Geulis! :)
      Trims yaaa, sukses jg untukmu lho!

      Delete
  21. Yang saya rasa setelah ganti theme, Blog Mba Rie lebih diringan. Gitu, Mba. :)

    Sukses ngontesnya, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget. Selain loading ringan, juga tampil lebih prof yaa. :)

      Delete
    2. hahhahaa...padahal yg re-desain blogku by rikues and order tuh

      Delete
  22. Emang aku jg banyak dpt pengetahuan baru dari tulisan Ririe mbak..
    Semoga sukses kontesnya ya mbak Al.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin banyak pengetahuan/informasi yang bisa kita serap dari blognya Ririe ya, Thia. :)

      Trims.

      Delete
  23. aku suka mbak ririe dengan tulisan ilmiahnya heheheh

    ReplyDelete
  24. Bagus ya,,semoga menang!!good luck!!

    ReplyDelete
  25. Wah, reviewnya ini sama Mbak Ririe, ya? :) Semoga menang! :)

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah, artikel ini menjadi salah satu pemenang dalam kontes Blog Review Berhadapan, yang digelar oleh Pakdhe Cholik,sang komandan BlogCamp.

    ReplyDelete
  27. Wuih, review kak Alaika ini luar biasa ya, jadi tau banyak blog kidung ini, jadi pengen direview juga :D

    ReplyDelete