Maafkan Intan Mi.... | My Virtual Corner
Menu
/


Lagi kangen banget sama Intan, dan bawaannya jadi ingin nulis tentangnya dan tentangnya lagi. Yah…Hitung-hitung merekam jejak putri tersayang, tentang hal-hal penuh kenangan yang melekat di hati sang bunda, dan pernah terjadi di masa silam. Sebagai catatan pembelajaran juga bagi yang bersangkutan (#ngelirik Intan Faradila) untuk menjadi lebih baik di kemudian hari….. #serius banget kesannya deh ini…… J
Well sobs, kisah ini terjadi sekitar tiga tahun lalu, saat Intan masih duduk di kelas dua SMP. Lekat benar di ingatanku, ketika sore itu Intan tergopoh pulang dari sekolah yang hanya berjarak beberapa meter dari rumah,
“Mi…. Maafkan Intan…..” dipeluknya aku yang sedang menyemprotkan air dari selang ke ban mobil. Tentu donk aku kaget luar biasa. Minta maaf untuk apa?
“Ada apa sayang? Kenapa? What’s up?”
Semakin erat pelukannya dan kini malah menangis. Ini pasti serius dan aku mulai was-was, apalagi di sela tangisnya kudengar sebuah kalimat yang langsung bikin aku parno.
“Maafkan Intan, Intan salah besar sama Umi, Intan ga bisa jaga amanah Umi…huhu….” Terisak sambil mempererat pelukan. Jangan ditanya betapa kuatir hatiku. Syok dan makin parno pikiranku. Ya Allah, apa yang telah terjadi pada anak hamba? Siapa yang telah melecehkannya? Oh Tuhan….
Kurenggangkan pelukannya, kupegang pundaknya penuh kasih, walau hati semakin tak menentu. Kutatap wajahnya yang bersimbah airmata. Ya Rabbi, lindungi anakku ya Allah…
“Nak… cerita sama Umi, apa yang udah terjadi, ada apa nak? Coba ceritakan pelan-pelan.” Bujukku menenangkannya, kurangkul dia dan menuntunnya ke teras. Kupeluk dia sambil duduk berdampingan. Beberapa menit kemudian, mulai Intan bicara, masih dengan sisa isakan tangis.
“Umi janji ga akan marah sama Intan? Intan memang salah… Intan ga bisa jaga amanah Umi….” Eh malah pecah lagi tangisannya. Aku jadi semakin was-was. Penasaran, syok. Kugelengkan kepalaku kuat untuk meyakinkannya bahwa aku tidak akan marah. Siapa yang telah berbuat jahat pada anakku ya Allah? Oh Tuhan… teganya orang itu. Anakku yang baik hati, yang selalu santun pada siapapun…. Ingin menangis aku jadinya. Tapi kutahankan agar Intan tidak semakin kacau pikirannya.
“Nak, Umi ga marah, Umi janji, Umi sayang pada anak Umi, selalu dan selamanya.”
Intan memelukku erat, dan meluncurlah kalimat yang membuatku hampir saja melanggar janjiku sendiri. Janji untuk tidak marah padanya.
“Mi…. BB Intan hilang tadi di sekolah! Huuu..huuu…” Menangis lagi.
Masyaallah Intan. Ternyata itu penyebabnya. Black Berry Onyx yang kala itu masih berbandrol 5,2 juta rupiah di kota Banda Aceh, baru saja kuhadiahkan padanya dua minggu lalu. Dengan wejangan agar dia menjaga benda itu baik-baik. Hargai jerih payah Umi, keringat Umi yang tiada henti tugas kesana kemari untuk mencari duit….. bla..bala…. , begitu lah wejanganku kala itu. Dan baru dua minggu benda mungil itu di tangannya…. Kini telah raib. Di sekolah. Siapa yang tak akan naik darahnya coba, 5,2 juta itu tidak gampang memperolehnya. Itu adalah biaya perjalananku ke daerah selama lima hari, dan kuhadiahkan baginya sebagai kompensasi dari seringnya aku meninggalkannya kala itu, karena harus tugas ke luar daerah.
Namun kuredakan amarah itu sebelum sempat meletup ke permukaan, karena sejujurnya aku begitu lega dan bahagia, karena ternyata masalahnya tak sepelik dan separno yang ada di pikiranku. Kehilangan sebuah BB seharga 5,2 juta, masih bisa aku tolerir daripada kehilangan mahkota virginitas anakku, atau berbagai kejahatan lainnya yang begitu marak dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab terhadap anak-anak usia remaja saat ini.
Namun tak urung, nada kecewa diucapanku jelas terpancar….
“Nak… Umi memang ga marah…. Tapi Umi sedih dan sangat kecewa….. karena ternyata anak Umi yang sekarang semakin besar, tapi masih seteledor dulu….”
Intan memelukku erat, kutahu kalimatku menghunjamnya. Tapi dia harus diingatkan kembali, agar lebih bertanggung jawab terhadap miliknya sendiri. Sering sekali terbukti bahwa Intan masih belum mampu menjaga harta bendanya sendiri….
Walau sering sekali aku mengingatkannya untuk itu. Aku terkadang berfikir, apakah ini disebabkan karena dia mendapatkan benda-benda itu dengan mudah, tanpa susah payah seperti sebagian teman-temannya yang lain, yang harus menabung terlebih dahulu atau berupaya keras membujuk dan merayu ayah bunda mereka…?
Terkadang memang aku bertekad untuk tidak akan memberi sesuatu benda idaman Intan dengan mudah… namun hati dan pikiranku selalu teringat ke masa kecilnya, disaat aku tak mampu membelikan mainan atau benda lain yang begitu diidamkannya, walau yang harganya murah sekalipun, karena perekonomianku yang masih begitu sulit kala itu… Akhirnya, ingatan itu, selalu sukses membuatku luluh dan mengabulkan keinginan Intan.
“Intan memang ga bisa jaga harta Intan sendiri… Intan memang salah Mi… Intan ga usah dibelikan HP lagi deh, biarin aja Intan ga pegang HP, daripada hilang lagi….”, ucapnya diantara tangisan.
Mana mungkin tak memberinya HP, alat komunikasi yang satu ini adalah suatu kebutuhan bagi kami saat ini. Tanpa itu, kami tak dapat saling menghubungi, tak dapat saling terkoneksi. Apalagi aku sering traveling keluar kota.
“Umi memang ga akan belikan lagi HP mewah untuk Intan, mulai sekarang Intan pake HP kecil kita yang udah lama kita simpan itu aja…, ok?”
Gadis remajaku itu mengangguk dengan senyum lega. Terlihat jelas wajahnya mulai ceria lagi, sepakat sangat untuk hanya menggenggam sebuah HP jadul yang telah lama masuk kotak penyimpanan.
Hatiku penasaran, sejauh mana, selama apa Intan sanggup bertahan hanya dengan sebuah HP jadul, tanpa fitur canggih itu? Coba tebak sobs? Akankah keberuntungan dan kemurahan hati uminya berpihak padanya lagi? Membuat Intan kembali mendapatkan HP canggih lainnya?
Nantikan di postingan berikutnya ya sobs. J

Saleum,

Alaika
92 comments

ya semua pasti ada hikmahnya & pelajaran beharga mba dari semua musibah HP ilang tsb,aku aja dulu baru megang HP jaman'a SMK loh ketinggalan jaman sama anak lain pada umumnya

Reply

semua akan ada hikmahnya tante.. pasti dengan kejadian itu intan akan jauh lbh hati2 ngjaga bendanya :)

Reply

wah di tunggu lanjutannya.. munkin dibelikan karna syang intan , munkin tidak dibelikan karna ini satu kesempatan mencegah intan dari efek pitur2 canggih..

Reply

Punya anak gadis emang terkadang bkin Parno ya kak... tapi pingin deh punya anak perempuan sebaik dan semanis Intan he..he..

Reply

@Andy
benar mas Andi, semua memang ada hikmahnya... trims sudah mampir yaaa.... :)

Reply

@Aiinizza Wynata
Ai... bener banget, semoga aja Intan jadi lebih bertanggung jawab terhadap benda-benda miliknya.... amin.
makasih sudah mampir yaaa...

Reply

@pengisah
hehehe...tebakannya salah kedua-dua nya mas/mba...
ditunggu kelanjutannya besok ya? hehe
trims lho sudah mampir...

Reply

kunjungan perdana,
nice post ditunggu kelanjutannya.

wilujeng ngeblog

Reply

@Haya Nufus
Iya kak... bikin was-was....
hehe... dirimu belum punya anak perempuan kah?
Alhamdulillah Allah menitipkan Intan padaku.... sebuah permata yang begitu berarti dalam kehidupan Uminya ini... :)

Reply

@sakahayang.com
makasih atas kunjungannya.... salam kenal kembali yaaa.... :)

Reply

mbak alaika.. maafin noorma yaa,.

hehhee... ngutip :p

Reply

kl sy yg jd mbak Alaika, mungkin sy juga sempet parno kl liat anak nangis2 spt itu.. :D

Reply

@cah_kesesi_ayutea
ah males maafin Noorma sebelum KopDar! #lhooo, hehe

Reply

@ke2nai
Iya Chi... aku sampai was-was banget deh!

Reply

Al, itu kan kejadian 3 tahun yang lalu dan kala itu Intan kelas 2 SMP. Nah, pas Intan udah lulus Smp PASTI Uminya Intan yang cuantix dan molek ini menghadiahkan Intan sebuah BB Torch. Iya kan? Bunda percaya Intan akan lebih waspada dan extra care menjaga hadiah dari uminya. Last but not least nih ya: nice posting.

Reply

@Andyiya saya juga baru pegang hp pas kuliah. hehehe. betul semua ada hikmahnya. Ah titip salam ma intan lagi yah. akhirnya bisa liat wajahnya hehe. mirip bgt ma mbak Al

Reply

Alhamdulillah cuma BB mbak, walau mahal masih bisa dicari lagi hehehe...

Reply

untungnya aku minta hape nggak mahal. Jujur, hapeku cuma berharga 900 ribu. Murah kan Te? Tapi di mataku, hape adalah kebutuhanku, aku beli hape karena fungsinya, bukan untuk bermewah-mewahan. Akhir 2011 lalu, aku hanya ingin hape yang ada kameranya dan yang ada internetnya. Udah, gitu doang. Begitu juga dengan laptop, aku beli laptop sesuai usiaku.
Soalnya ya itu tadi, aku nggak mau kehilangan barang mewah seperti Intan. Ya lebih baik aku memiliki barang yang sesuai dengan usiaku dan bagaimanan aku memaksimalkan fungsinya.

Reply

Intaaaaaaan !!!!!huhuhu
ituh gadget impian mimi smpe skrg wlw ga prnh kesampaian. hiiikzzz

untung puya umi baik spt ini hehe

Reply

beruntungnya punya mama Alaika. mau deh hehe
btw, mbak Alaika dari Banda Aceh ya? Dekeet doong, saya dari Sabang nih.. Bisa dong kapan2 kita kopdar :)

Reply

aduh-aduh, bawa2 hp ke sekolah!. kalo menurut saya mbak, seperlu-perlu alat komunikasi seperti ini kalo kesekolah sebaiknya gak perlu dibawa oleh anak. krna aturan, timer disekolah udah terjadwal loe. maaf nih bukan maksudnya menggurui.! yah anggap sharing gitu!

Reply

pasti itu jadi pelajaran berharga buatnya mbak :) seneng banget kalau punya ibu yg sangat pengertian spt mbak hehehe

Reply

postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Reply

huft ... deg degan lho bacanya mba, kirain kenapa Intan, hihihiy, ternyata BB nya yg hilang, syukurlah mba, :D
lagi kangen berat nih rupanya :D

Reply

@yati rachmat
hehehehe... bunda hampir benar, tapi ada salahnya juga... ditunggu besok ya bunda..... xixixi :)

Reply

@Cerita Ocha
Harusnya memang begitu Cha...
Intan sebenarnya juga ga minta BB, tapi sering minjem BB tante kalo malam mau tidur, ngegame, fesbukan atau twitteran sambil tidur...

Karena tante sedang ada rezeki, tante berfikir untuk menghadiahkannya sebuah BB yang sama persis spt yang tante punya. Tapi siapa sangka akan seperti itu jadinya. Mungkin juga belum rezeki Intan.. semua ada hikmahnya... :)

Reply

@mimi RaDiAl
Tante Mimii... Intan jadi maluuuu..... :)

Reply

@Lizanovia M. Hadi
Iya mba Liza, saya di Banda Aceh. Boleh yuk kita ketemuan? tapi nanti ya kalo saya udah balik ke Banda, sekarang masih di Betawi... :)

Di Sabang dimananya mba?

Reply

@Bung Penho
Sebenarnya sekolah memang melarang anak2 bawa HP ke sekolah bung, sering dirazia malah, tapi namanya udah naas, ya begitu deh....
Bagi kami, HP adalah kebutuhan, yang tentunya tak perlu dibawa ke sekolah. HP itu sangat membantu saat aku sedang diluar kota, karena aku dan Intan punya kebiasaan ngobrol update kesehariannya, permasalahan yang dihadapi hari itu atau aneka topik lainnya, diakhiri dengan membaca doa tidur bersama-sama. Tanpa HP, kebiasaan ini tentu sulit dilakukan...

Reply

@Aulawi Ahmad
Iya mas Aulawi, semoga ada hikmah dari pelajaran ini.... membuatnya menjadi anak yang lebih bertanggung jawab terhdp diri sendiri dan benda2 miliknya...

Reply

@Rizki Pradana
trims atas kunjungan serta follow nya mas... akan segera berkunjung balik and follow back. trims yaaa

Reply

@Stupid monkey
hehehe.. horre bisa bikin mas Stu deg-degan...
Iya neh, kangen berat sama Intan.... ingin pulaaaang! :)

Reply

Ikutan Kompetisi Blog Mama Cake yok. ada hadiah 2 buah Galaxy Tab loh...

Reply

@alaika abdullah ooo.. begitu ya! ya okelah kalo begitu hehehe..!

Reply

Haduh. BB OXY hilang Ya.cupcup.Minta Nokia Lumia tuh...Tapi Tak apalah ganti sama Hp jadul, dari pada gak, lagian yang paling penting Itukan Fungsi dari Hp jadulnya itu.haa..sayya saja dari dulu HP jadul Mulu makeknya..haha.. saleum cut intan

Reply

Wah, BB itu memang mahal, termasuk untuk ukuranku lho jeng.
BB hilang memang agak susah bisa kembali karena banyak peminatnya.
Semoga nak Intan lain kali bisa lebih berhati-hati.

Salam hangat dari Surabaya

Reply

hmm...semoga kangenmu ini bisa terus intan ingat ya De....
Salam

Reply

hihihi, jadi kalau emang diteruskan, jadi ingin dengar cerita selanjutnya.
tapi menurut saya intan punya mental mempercayai hanya saja masih teledor. nah uminya intan kasih training buat ngilangin teledornya mbak :D

Reply

@Kompetisi Blog Mama Cake
trims informasinya mas/mba.... Insyaallah akan ikutan.. :)

Reply

@Cowok
Hehehe.... makasih atas kunjungan dan komennya yaaaa.... :)

Reply

@Pakde Cholik
Duh senangnya mendapat kunjungan komandan BlogCamp.... makasih ya Pakde..... :)
Iya benar tuh, BB sangat dilirik oleh siapapun, apalagi oleh maling. hehe. Susah mengharapkannya kembali... :(

semoga Intan akan lebih hati-hati kedepannya....

Saleum,

Reply

Karena kangen intan jd teringat hal-hal yang mewarnai kala kebersamaan ya MBak. Serba indah dan penuh tilasan kesan mendalam meski mgk saat kejadian rasa hati gimana gitu. Saya saja setelah kehilangan HP yg menurut ukuranku 'ngabisin' gaji sebulan, sampai sekarang belum HP yg 'nilainya' seprti HP yg di copet. So, HPku pun jadul aseli deh MBak sampai sekarang...#curcol deh

Reply

@naspard
hehe... tuh udah ada lanjutannya kok mas.... http://www.alaikaabdullah.com/2012/05/henpon-warisan.html

Reply

@Ririe Khayan
hehehe... iya nih Rie.... kangen banget.. jarang pisah lama2 dengannya. Paling lama juga 5 hari, nah ini udah hampir tiga minggu.... hiks..hiks...

hehe, curcol ditampung dengan penuh simpati lho, sayang ga bisa mencerahkan dengan mentari,,,, lho????

Reply

loh??? kemana ya komenku yang panjang lebar itu mbak Al??? huhuhu masak gak masuk sih?

Reply

Intan mirip Uminya ya Mbak :)

Anak perempuan cepat sekali besarnya, accchhh...

Reply

Ntan, tante aja ampe skrg belum mampu beli BB hehehe...Alhamdulillah hanya BB...BB bisa dibeli lagi, tapi klo kasih sayang ke Intan kan priceless ya kan mbak? ^^V

Reply

@alaika abdullah sebelumnya, jangan panggil aku mbak lagi, dong mbak Alaika :-D Bukan ngga mau tua, tapiii.. ah you know it,mbak :)

Aku di Kota Atas,mbak. Mudah2an bisa kopdar ntar ya, kita?

Reply

@alaika abdullah Maksih Balik .. Blogwalking tengah Mlaam..oh

Reply

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Reply

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Reply

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Reply

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Reply

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Reply

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Reply

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Reply

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Reply

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Reply

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Reply

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Reply

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Reply

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Reply

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Reply

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

Reply

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Reply

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Reply

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Reply

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Reply

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Reply

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Reply

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Reply

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Reply

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Reply

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Reply

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Reply

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Reply

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Reply

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Reply

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Reply

Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

Reply

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Reply

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

Reply

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Reply

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Reply

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

Reply

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Reply

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Reply