Menu
/
Hm..., lama banget ga nulis. Alesan klasiknya adalah terlalu riweuh oleh aktivitas offline. Etapi, beneran lho! Emang sibuk pake bangets! Sampai akhirnya beberapa draft pun duduk manis di dashboard blog tercinta ini. Nah, malam ini, mumpung hati lagi adem, suasana lagi santai dan daku sedang sendirian, kayaknya asyik deh jika menulis. Dan mau nulis apaan? Nah ituh!

Banyak banget ide yang ingin dituangkan ke dalam tulisan. Mulai dari yang ringan hingga ke yang lumayan beratnya. Namun, berhubung udah jam sebelasan gini, mending aku cerita yang agak-agak horor ringan lah yaaa. Yup, aku pengen cerita tentang ganti baju ganti template untuk si My Virtual Corner nih, yang antara jadi dan tidak. Bukan karena apa-apa sih, takut aja ntar malah kacau kalo dikerjakan dalam keadaan terburu-buru. Makanya aku bertahan dan tetap bertahan pada template awal, yang adalah hasil berburu di internet dengan sedikit modifikasi, sekalian membuktikan pada diri sendiri, bahwa diri ini mampu lho utak atik template. *Sombong. Hehe

Sebenarnya aku termasuk orang yang loyal terhadap sesuatu, deh. Jika sudah suka pada sesuatu atau seseorang, maka aku akan mempertahankannya sampai selama mungkin, sejauh masih bernilai positif dan layak untuk dipertahankan. Begitu juga dengan template sebuah blog. Bagi sobats yang rajin main ke blog ini, aku yakin jika sobats pasti hapal benar bagaimana bentuk template dan header blog my virtual corner ini, kan?

Bertahan sejak lama, dan baru berganti image headernya karena memang kudu menyesuaikan dengan penampilanku yang baru kala itu. Yup, image header bergambar rangkaian aktivitas diri yang belum berhijab, kemudian diupgrade menjadi rangkaian baru yang sudah berhijab. Hanya itu. Selebihnya tetap seperti semula. Berbackground putih dengan tulisan hitam, dan berkesan minimalis. Simple but mobile friendly.

Header Blog
Header Image yang sebelum berhijab
Alaika Abdullah
Header template image setelah berhijab
Bicara tentang blogging dan pernak-perniknya memang selalu menarik hati, ya, Sobs? Ya, bagi kita para blogger ini lah maksudku. Jika content ibaratnya adalah nyawa bagi sebuah blog, domain adalah raga bagi blog kita dan template adalah bajunya. Sepakat? Makanya, sebagai pemilik blog yang sudah sekian lama memakaikan 'baju' yang itu-itu saja bagi blog tersayang, tiba-tiba aku tersadar bahwa memang sudah saatnya aku mencari baju pengganti bagi si my virtual corner tercinta. Ya iyalah, masak eikeh ajah yang gonta ganti baju?

Maka, mulailah aku mencari 'baju' kece, simple but eleikhan untuk si my virtual corner. Nemu beberapa yang ciamik, namun terkendala oleh hal-hal kecil yang bikin hati kurang sreg. Ih, maksudnya gimana sih, Al? Iya..., terkadang udah klik dengan sebuah template, etapi... kok kurang sreg dengan design warna backgroundnya lah dan setelah diutak-atik, dan karena ilmu utak-atiknya yang masih cetek kok ga bisa dimodif, dan lain sebagainya. Pernah juga kan mengalami hal seperti ini, Sobs?

Hingga suatu ketika, tanpa direncana, terciptalah chitchat kece antara aku dan Meutia Rahmah, si pemilik blog "Melawan Lupa". Blogger setanah-kelahiran ini [sama-sama Aceh] ternyata piawai mendesign dan utak-atik template, lho! Sungguh, aku kagum dan tercengang dibuatnya. Dan tak tanggung-tanggung, asli bikin aku mupeng untuk berguru padanya, secara keinginan untuk mencari guru web-design tuh udah lama banget bersemayam di hati. Namun, mempelajari template design dan utak-atik ini tentu bukan perkara sekali dua kali klik kan? Makanya, saat ditawari untuk test drive template kece hasil besutan dirinya dan temannya itu, aku langsung YESS donk! Gimana mau nolak coba, ketika diperlihatkan tampilan template yang dimaksud Tia. Ya ampun, sumpah, kece badai! Minimalis but eleikhaaan kalo kata Om NhHer.

Footnote
Bernama Footnote, hasil design Tia dan temannya itu pun dicobakan ke My Virtual Corner. Dan..., tentu butuh penyesuaian di sana sini agar tampil serasi dan bener-bener menjiwai [baca: berkarakter khas] My Virtual Corner.

Alhamdulillah, setelah dibantu langsung oleh Tia utak atik - finishing and smoothing-nya, akhirnya My Virtual Corner pun tampil apik seperti yang Sobats lihat sekarang ini, deh!

Gimana, Sobs? Cakep khaan? Yang paling aku suka dari template footnote ini adalah sifatnya yang User Friendly itu, lho!

User Friendly gimana sih maksudnya, Al?

USER FRIENDLY

Responsive

Yup, template ini didesign fully responsive, dapat diakses melalui berbagai perangkat. Mau pake PC atau laptop? Monggo. Mau pake tablet, juga oke. Atau mau pake smartphone aja? Oke bingits. Kan responsive. Jadi kita ga perlu mengaktifkan versi mobile lagi, karena diakses dari device apa pun, dia akan menyesuaikan diri untuk tampilannya.


Beautiful, Clean and Simple

Ini yang paling aku suka dari tampilan/appearance template yang satu ini. Template ini mengutamakan tampilan yang bersih, cantik dan sederhana, sehingga selain kontennya terbaca dengan jelas tanpa menimbulkan nyeri di mata para pembaca, juga menjadikan dia tampak cantik dan simple.
Footnote

Menu Navigasi

Dikonsep seperti burger *lho, maksudnya, Al? Hihi, iya, jadi menu navigasinya tuh kece deh, Sobs! Berlapis kayak burger ituh! Jadi terlihat simple tapi begitu diklik akan memajang keseluruhan kategori. Lihat deh pada image di bawah ini.
Menu Navigasi Footnote
Menu Navigasi sebelum diklik pada 'Categories'-nya
Yang apabila diklik pada 'Categories' maka lapisannya akan membentang, memperlihatkan keseluruhan opsi kategori yang ada.

Menu Navigasi My Virtual Corner
Menu Navigasi akan membentang jika kita click pada 'Categories'
Keren yaaa? Makanya aku langsung jatuh hati deh saat melihat test drive template ini di blogku, dan langsung deh ga ingin pindah ke baju template lainnya. Habis, emang kece, sih!

Light Faster

Maksudnya apaan, sih, Al?
Yup, ini berkaitan dengan kecepatan loading, Sobs! Jadi template footnote ini, walo menggunakan cukup banyak script dan Google Fonts, tapi tetap dapat dibuka dengan cepat dan ringan, lho!

Iconic Post Label

Lihat deh icon-icon cantik penanda jenis postingan di bawah ini.
Cakep yaaa? Hm, terus apalagi, Al keistimewaan template Footnote ini?

Masih banyak lho keunggulannya? Penasaran dan pengen punya juga? Yuk, kepoin langsung deh ulasan sang pencipta templatenya di sini, ya!

a happy note,
Al, Margonda Residence, 20 May 2016

20 comments:

  1. semoga nyaman template barunya ya cut kak. terima kasih reviewnya :)

    ReplyDelete
  2. Wah...templatenya bagus mbak Alaika. Keliatan nyaman di mata. Dan satu lagi, sekarang saya bisa komen dari hp. Soalnya biasanya kalo mau komen harus lewat lappi dulu. :)

    ReplyDelete
  3. Keren ya templatenya. Aku jadi pengen bikin kayak gini, hihihi

    ReplyDelete
  4. Iya nih makin cepet aja waktu nyamperin mba Al, eh... blog My Virtual Corner makin cantik,minimalis juga. Cakep deh pokoknya ^^

    ReplyDelete
  5. Iya, template yang baru ini lebih ringan ya. Kayanya saya juga kudu belajar sama mba Meutia nih. kepengen bisa juga jadinya

    ReplyDelete
  6. Wah, saya jadi pengin ganti baju. Soalnya selama pakai gratisan, alhasil banyak kembarannya.
    Template Mba Al clean banget, sukaaa.

    ReplyDelete
  7. Kunjungi blog baru....

    eh, bukan... bajunya yang baru.
    aku suka pernik2 pink-nya mbak, bikin manis....
    btw, usul dong... linknya dibuat open new tab. Tak bisa di klik kanan, jika diklik ke situs baru.. huhu... padahal sudah nulis komentar panjang trus pengen cobain klik link.... mengulang lagi deh.

    ReplyDelete
  8. Pink cocok banget buat blog cewek ..:)

    ReplyDelete
  9. pantesan agak anah awalnya pas masuk ke blog mbak ini ..ternyata ganti tempe

    ReplyDelete
  10. responsive jadi enak di baca di smarphone kak

    ReplyDelete
  11. Baju barunya emang cantik ya Mbak .. modis kayak Mbak Al ;)

    ReplyDelete
  12. Mbak al ... Cantik blognya ... Pengen bgt bisa utak atik template ... Mesti berguru bgt nih hehe

    ReplyDelete
  13. Kuakuu mba...template yg sekarang better. Manis dan simpel...

    ReplyDelete
  14. Tampilan blognya jadi semakin cantik juga. Dan loadingnya cepet juga, mbak :)
    Selamat menikmati "ruang baru", mbak.

    ReplyDelete
  15. lebih bersih dan seger lihatnya, Mba Al. suka dengan warna pink cerahnya :)

    ReplyDelete
  16. Selamat atas template barunya Mbak. Semoga semakin betah pas main-main ke blognya :D

    ReplyDelete
  17. template barunya cantik Mba Al, feminim dan simpel, paduan warnanya menarik *jempol*

    ReplyDelete
  18. Template nya khas perempuan banget [pink punya] hehehe

    Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 H ya mbak :)

    ReplyDelete
  19. keren banget templatenya...
    mw tanya kalo dibuka di hp link bakalan sama gk ? biasanya suka ada tuh template yang beda url pas di buka di smartphone, jadinya d bilang duplicate.

    ReplyDelete