Menu
/
gambar pinjem dari sini dan di modif 

Ada yang langsung bisa menebak kemana arah postingan ini? :D
Yup. Bener bagi yang pemikirannya searah dengan apa yang hendak aku tuliskan ini, dan
No… bukan itu… bagi sobats yang tebakannya lain dengan yang aku maksud. #Ih, apaaan sih Alaika ini, pagi-pagi udah main tebak-tebakan? Ayo donk mulai ajah…

Ok ok, baik sobs, yuk kita mulai.
Kata hujan, tentu akan mengarahkan pemikiran kita akan butir-butir air yang tercurah dari langit (awan sih sebenarnya), jatuh bebas membasahi bumi. Dan jumlahnya bukan satu satu, tapi bertubi-tubi alias banyak, ya kan sobs?
Nah, hujan komen, tentu sobats sudah bisa membayangkan bahwa maknanya adalah komen yang disampaikan secara bertubi-tubi dan banyak. Senang? Tentu. Setiap blogger pasti akan merasa sangat bahagia jika banyak pengunjung yang datang, membaca postingannya dan meninggalkan komen yang berhubungan dengan artikel yang diposting.
Tidak akan jadi masalah besar juga sih jika ada satu dua visitor yang meninggalkan komen yang sama sekali tak berhubungan dengan artikel yang dipost (gimana mau berhubungan coba, membaca artikel aja tidak, tujuan kedatangan hanya untuk meninggalkan jejak), its okay, no worries.
Tapi….. ini dia nih sobs… jika ternyata si pengunjung ini, hanya dia dan dia terus, cuma ganti nama doank, isi komennya juga itu dan itu lagi, nah itu yang bikin kita jadi terganggu…. Bener ga sobs? Dan aku yakin banget jika kini sobats semua sudah ngeh kan siapa yang aku maksud?
Aku juga yakin banyak sobats yang juga mendapatkan kunjungan darinya, duduk diam di sebuah postingan sobats, lalu mulai beraksi, membombardir postingan kita dengan aneka komen yang satupun tak berhubungan dengan artikel yang kita tuliskan. Tujuan kedatangannya adalah untuk mempromosikan produk (kebanyakan obat-obatan herbal) yang dijualnya, berharap dengan berbagai nama yang digunakannya di setiap jejak yang ditinggalkan, maka si pemilik blog dan pengunjung lainnya akan tertarik untuk berkunjung dan membaca informasinya, syukur-syukur akan meng-order dagangannya….
Tapi jika di setiap postingan dia hujani komen serupa itu, aku yakin sekali, jangankan untuk mengunjungi blognya, untuk membaca komennya pun orang sudah tak sudi. Males. Ya kan?
Itu juga yang aku rasakan sobs. Sejak seminggu lalu hingga pagi ini, hujan komen dari sobat blogger yang satu ini, terus saja membanjiri artikel-artikel lama yang ada di halaman 'my virtual corner'. Bukannya ga boleh sih memberi komen banyak-banyak di blog kita, boleh saja. Tapi ingat lho, cara kita memberi komentar di sebuah postingan, di sebuah blog, juga akan mencirikan bagaimana kita lho. Memang sih, tak satupun komentar yang ditinggalkannya mengandung unsur negative apalagi SARA, sama sekali tidak. Hanya saja, komentarnya jelas-jelas menggambarkan bahwa dirinya itu, sama sekali tak membaca artikel kita, atau bahkan jangan-jangan judul artikel pun dia tak sempat melihatnya…saking ingin buru-buru berpindah ke artikel lain di blog kita, dan kemudian melakukan hal yang sama di blog lainnya.
Aku sampai heran lho sobs… kok bisa dan sanggup ya? duduk manis di depan laptop, meng-copy paste komen yang satu ke kolom komentar berikutnya, dan seterusnya… hingga ratusan komen tercipta setiap harinya… membanjiri halaman maya para sahabat? Apa menggunakan semacam robot ya? J entahlah.
Lalu apa yang aku lakukan menghadapi hujan komen ini?
Well, sebenarnya aku ingin pasang comment moderation sih, tapi mengingat diri sendiri yang tidak nyaman menemukan pesan ‘your comment will appear after approval’ muncul setiap aku meninggalkan jejak di blog beberapa sahabat, maka aku memutuskan untuk tetap membuat para sahabat yang berkunjung kesini merasa nyaman, tanpa harus memasukkan menunggu approval ku, tanpa harus memasukkan captcha segala.
Walau dulu untuk urusan captcha pernah juga aku pasang. Tapi permintaan/complain beberapa teman yang mengatakan captcha ini bikin mata mereka sakit dan harus melotot, hehe, maka aku tiadakan. Aku selalu berusaha untuk menjadi tuan rumah yang baik agar para tamu tersayang merasa nyaman dan betah berlama-lama di rumah mayaku ini….
Jadi yang aku lakukan adalah, aku membiarkannya saja. Biarin deh komen2nya menumpuk di setiap postingan, tanpa aku baca satu pun. Untungnya, aku terlebih dahulu mendapatkan notifikasi komen masuk, melalui gmail yang aku aktifkan di BB, sehingga system pushmailnya BB, langsung deh menyajikan setiap email masuk padaku. Tinggal lihat, dan begitu si pemberi komen adalah si X yang reseh, maka langsung deh report as spam, biar ga menuh-menuhin inbox.
Hari ini, baru jam segini nih, 10.25 wib, ada sekitar 150 komen dari oknum yang sama. Masyaallah, betah amat yaaaa? Apa ga capek tuh, 150 komen di setiap blog, bisa bikin kita ganti lensa kacamata deh tuh. hihi…
Tapi ya sudah deh, curhatnya sekian dulu sobs… mau jalan dulu nih, refreshing lain yang paling aku gemari selain writing adalah driving. So this is time for driving, yeeaaay!!

Oya, pasti banyak sobats yang mengalami hal serupa ya? Hujan komen, lalu apa yang sobat lakukan?





76 comments:

  1. Sama, Kak. Saya sampe ngaktifin moderasi demi komen itu nggak muncul di posting-an. Kayanya yang tukang obat itu, ya?

    Mau pasang captcha gak tega karena saya sendiri pun sering nggak bisa baca.

    ReplyDelete
  2. Iya tuh, reseh amat yaa? bukan reseh sih sebenarnya, kita coba maklumi, mungkin dia mau promosi dagangannya, tapi bagi kitanya ini lho, bikin repot. Huft... heran deh.

    sama, aku juga sering susah baca capthca, hihi

    ReplyDelete
  3. hahaha... aku juga gitu... dikasih komen tentang obat-obatan, lahwong aku sehat-sehat aja lah kok dikasih komentar begituan...

    ReplyDelete
  4. sampe ratusan gitu mba?? wah kalo aku sih ngga, cuma 1 atau 2 aja.. sabar ya mbaa *pukpuk :D

    ReplyDelete
  5. komen box nya di setting pake akun google aja mbak, bisa ngurangi spam kayaknya mbak.

    ReplyDelete
  6. hah 150 koment sama semua tuh mbak al, sabar yaa kemarin di tempat mbak dewi fatma juga begitu tuh :D

    ReplyDelete
  7. Moderasi coment memang diperlukan untuk menyaring coment dari situs spam.

    Submid info lomba, kontes atau GA di http://info-lomba-kontes-terbaru.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wah, giliran Mbak AL yg kena serbuan comment ya? LAporkan ke google saja Mbak. Oknum yg nyepam di blogku sudah gak berani tuh bikin ulah lagi.

    ReplyDelete
  9. Huhu..aku bulan kemaren dapet hujan komen kaya gitu Mba..

    aku spam aja mba..

    Ga nyambung lagi komennya..

    ReplyDelete
  10. Aku juga sering mbak ada yang komentar nggak penting. Jualan gitu kan. Ya dimoderasi dulu mbak untuk menyaring komentar mana yang pantas dipublishkan dan yang menganggu :)

    ReplyDelete
  11. aku belumpernah dapet hujan komen he..he.. Ayo mbak Alharus sedia payung :D

    ReplyDelete
  12. kadang aku juga kek gtu tapi untungnya ngk sampe ratusan tapi tetep jengkel juga karena yg dicoment produk mereka mulu bkn postingan kita.

    ReplyDelete
  13. laporkan mba ke https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport?hl=en&pli=1

    okey, semoga spammernya kena getahnya :D

    ReplyDelete
  14. Itu deh mbak kenapa blog-ku dimoderasi dulu, selain SPAM aku juga gak punya BB atau hp canggih lain, jadi ya online klo pas buka kompi aja...

    ReplyDelete
  15. klik spam klik spam, klo gak yaa, centang delete...
    kunjungan perdana, sambil delete komen spam, terdengar back sound, ya habib salam alaika... ya rasul salam alaika...
    #jrenk jrenk jrenk.... :D

    ReplyDelete
  16. eh, sama kejadiannya ama kak mugniar. wew, siapa tuh mbak spammernya. ckckckck... berkomentarlah dengan cara yang ahsan. hehehe

    assalamualaikum mbak Al, lama tak bersua di blog ini :)

    ReplyDelete
  17. biasanya yg komen spam, itu mengunakan software autoboot mbak,,jadi begitu menemukan blog yg tanpa verifikasi langsung deh di serang autoboot nya

    ReplyDelete
  18. hehehe... dulu sebelum ak tau, aku tanggepin mbak.. tapi di kasih tau ma Una.. haha

    saking begonya ak kali yaa mbak.. ahihihi

    tapi sekarang yaa biarin aja deh ada yg kurang kerjaan, mungkin emang kerjaan dia begitu.. hahaa

    ReplyDelete
  19. wah kapan ya potret kegerimisan aja lah, hehe salam manis buat bhak yu..

    ReplyDelete
  20. Laporin ke polsek resor bekasi barat aja, mbak! Hehehe

    ReplyDelete
  21. Laporin ke polsek resor bekasi barat aja, mbak! Hehehe

    ReplyDelete
  22. sabaaarr ya mbak Al.. ambil positifnya aja...
    yg diserbu biasanya blog yg PRnya bagus, dibanjiri pengunjung, kan dia juga py jiwa marketing, mana mungkin ngiklan di blog ky kuburan.
    boro2 baca artikel, dia langsung tembak melalui softwarenya...

    ReplyDelete
  23. Hahaha diserbu spam ya mbak :P
    Kemaren aku juga ampe 100-an komen... hihi males ngurunginnya ke spam...

    ReplyDelete
  24. Sekarang komen masih saya moderasi gara2 itu. Ribet juga sih sebenarnya, tapi koq mereka tidak berkomentar lagi. Katanya mereka memakai semacam "mesin" otomatis pengirim komen (auto komen)makanya membabi buta begitu. Yang nyebelin itu ada kira2 satu postingan diserbu puluhan 20-30an komen seperti itu .... :|

    ReplyDelete
  25. mba?? Komenku masuk spambox ya? :(

    ReplyDelete
  26. hahahaa... punya mbak artikelnya HUAN KOMEN, kalo punya gue artikelnya BLOG GUE DI INVASI. intinya sama aza mbak, tentang Jualan Obat2an hehehe..!

    ReplyDelete
  27. resiko blog tenar gitu mbak, hehe...

    ReplyDelete
  28. @Ocha Rhoshandha
    Haha.. tulah, dasar tukang obat yaaaa? jadi dikiranya kita semua sakit, hehe

    ReplyDelete
  29. @NF
    Iya tuh, hari ini aku lihat sampai 150 an lebih tuh, lgsg report as spam deh.

    ReplyDelete
  30. @Anak Rantau
    Nanti akan dicoba mas, thanks for the tips.

    ReplyDelete
  31. @Niar Ci Luk Baa
    iya, visitornya adalah obat herbal dan rekan2nya.... hehe

    ReplyDelete
  32. @Ririe Khayan
    Iya Rie... akan dicoba nanti.... thanks for the input yaa...

    ReplyDelete
  33. @Nchie Hanie
    tuh dia mba, komennya ga nyambung, Out of topic. haha....
    aku juga spamkan aja...

    ReplyDelete
  34. @Wury
    iya, suka komen ga nyambung...
    nanti akan dicoba, thanks yaaa...

    ReplyDelete
  35. @Haya Nufus
    Iya nih Haya, aku udah sedia banyak payung lho... :)

    ReplyDelete
  36. @Aii
    sebel banget gitu ya? bikin ga nyaman....

    ReplyDelete
  37. @Stupid monkey
    Iya mas, tapi sementara lapor ke Stupid Monkey dulu boleh yaa... hehe

    ReplyDelete
  38. Postingannya sangat keren banget sobat, membuat saya berfikir, dan juga termenung, saya kagum dengan artikel yang kreatif, bermanfaat..penih kreasi, terima kasih,sangat bermanfaat, jangan lupa mampir juga yah sobat
    terima kasih

    ReplyDelete
  39. @Mayya
    aku kurang suka moderasi komen mba, repot ceking satu persatu. Tapi untuk kondisi spt ini, kalo masih sering hujan komen, akan aku pasang juga sih.... :)

    ReplyDelete
  40. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  41. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  42. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  43. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  44. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  45. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  46. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  47. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  48. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    ReplyDelete
  49. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  50. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  51. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  52. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  53. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  54. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  55. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  56. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  57. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  58. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  59. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    ReplyDelete
  60. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  61. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  62. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    ReplyDelete
  63. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  64. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  65. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  66. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  67. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete
  68. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete
  69. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  70. senang sekali baca artikel nya. sangat bagus dan berilmu

    ReplyDelete
  71. mohon di maklum mungkin lagi promo ynag gencar

    ReplyDelete
  72. Caranya sederhana, cukup masuk ke menu Setting (ikon gear) kemudian cari sub menu "Comment". Kemudian akan muncul fitur opsi pilihan untuk menyembunyikan komentar yang jelek dan tidak pantas secara otomatis.

    ReplyDelete