Yoga in the Air bareng KIRANTI | My Virtual Corner
Menu
/
Yoga in the Air bareng KIRANTI itu asyik banget ternyata, lho! Apalagi jika dilakukan di udara terbuka yang adem dan seger. Hm..., pasti bikin betah, deh! Eh, btw, pasti udah familiar banget donk dengan Kiranti? Jejamuan sahabat terbaik banyak wanita Indonesia kala datang bulan? Aha! Banyak yang mengangguk, berarti so familiar donk ya, dengan 'jeng' Kiranti? Okeh, kali ini, aku ingin cerita-cerita seputar kesehatan wanita, nih, Sobs! Yup, wanita.

Pasti pernah donk berhadapan dengan wanita atau ibu-ibu yang sensi banget pada suatu waktu? Dan anehnya tuh, sensi dan emosi ga jelas alias uring-uringan ini siklusnya bulanan gitu, lho! Haha. Bagi Bapak-bapak atau para suami, aku yakin, pasti udah pada hapal dan ga heran lah ya dengan tingkah 'aneh' bin 'ajaib' para istri, kekasih atau pun kakak atau adik perempuan yang satu ini?

Kok bisa, sih, Uring-uringan kayak gituh? 

Uring-uringan ini, tentu bukan keinginan hati para wanita ini, lho! *ikutan tunjuk diri sendiri, yang terkadang juga dihinggapi tingkah sensi dan uring-uringan tak menentu ini.

Uring-uringan ini disebabkan oleh rasa TIDAK NYAMAN yang ditimbulkan oleh proses menstruasi atau haid, yang terjadi pada wanita. Mens atau haid ini diawali dengan pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh, yang merangsang terjadinya kontraksi otot rahim, dan menghasilkan peluruhan lapisan dinding rahim yang tadinya dipersiapkan untuk menerima zygot hasil pembuahan. Namun karena tidak terjadi pembuahan [baca tidak terjadi kehamilan], maka lapisan dinding rahim tadi pun dikikis hingga luruh.

Peluruhan ini tentu saja menimbulkan berbagai efek bagi wanita, yang pada umumnya adalah menjadi uring-uringan ga jelas! Marah, moody, melow, dan bermacam aksi lainnya yang tergantung pada si wanita itu sendiri. Uring-uringan ga jelas yang dikenal dengan istilah PMS. Yup, Premenstrual Syndrome, atau bahasa Indonesianya adalah Pra Menstruasi Sindrom, disebabkan oleh rasa nyeri/kram yang timbul, terjadinya keputihan dan juga menurunnya kadar hormon estrogen dan progesteron selama menstruasi. Tak hanya itu, peluruhan lapisan dinding rahim tadi juga menimbulkan efek psikis pada wanita yang sedang haid, sehingga membuat dirinya jadi moody. 

Nah, sekarang udah tau, donk, apa yang bikin para wanita *lirik diri sendiri* jadi uring-uringan menjelang dan selama haid?

Kampanye Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Menyadari hal ini, berbagai penelitian pun dilakukan dalam menemukan cara atau obat/jamu agar bisa membantu wanita tetap 'stabil' dalam masa-masa paceklik PMS ini. Karena bagaimana pun, produktivitas [rutinitas harian] para wanita tetap harus berjalan seperti biasanya untuk mencapai hasil yang prima. Untuk itulah, Kiranti, yang telah menemani para wanita selama 22 tahun dalam atasi masa PMSnya, dengan produk jejamuan sehat datang bulannya itu, kini meluncurkan kampanye 'Stay Fresh and Healthy with Kiranti'. 

Kampanye ini diluncurkan untuk memacu para wanita agar lebih concern dalam menjaga kesehatan jiwa raganya, terutama di kala menstruasi, mengajak para wanita untuk tidak serta merta lari pada hal-hal instan manakala nyeri haid menyiksa diri. Kiranti mengajak para wanita untuk sadar dan peduli akan kebugaran tubuhnya, melalui jejamuan/minuman herbal dan olahraga, agar aliran darah mengalir lancar, tubuh sehat dan jiwa refresh kembali. Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan mana kala menstruasi menyambangi adalah dengan beryoga.
Alaika Abdullah
Mengapa yoga? Karena menurut teh Yenni, yang menjadi instruktur Yoga in the air kemarin itu, ada beberapa gerakan di dalam Yoga ini yang bisa membantu atasi rasa nyeri haid, lho!
Oya? Yang gimana, Al? 

Menurut Teh Yenni, sih, melakukan gerakan berikut ini sangat ampuh, lho dalam meredakan nyeri haid itu. Nih, catet yaaa.

Gerakan Janu Sirsasana [head to knee pose]. 

Gerakan ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki satunya lagi dilipat menyentuh paha sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut.

Setelah itu, ulangi gerakan tadi pada kaki sebelahnya. Insyaallah, akan sangat membantu redakan nyeri haid dan hindari timbulnya kram pada perut.

Selain itu, Teh Yenni juga menambahkan bahwa setiap gerakan yoga tuh akan melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh, lho. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan bikin kita fresh.

Yoga In the air
Bersama Teh Yenni, Instruktur Yoga dan Kak Vivera Siregar
Habis Yogaan
New Varian dari Kiranti

Aku sendiri sudah lama menjadi pelanggan tetap Kiranti sih, manakala datang bulan. Entah siapa yang dulu memperkenalkan, yang jelas, rasa jamunya itu 'ga' jamu banget, dan segar-segar gimanaa gitu. Makanya aku suka [kalo yang kental rasa jamunya, aku agak susah minumnya, soalnya]. Dan jadi terbiasa menyediakan Kiranti untuk hadapi PMS yang akan menghadang di setiap bulannya. Jadi udah pada tau kan kenapa aku cenderung stabil walo sedang datang bulan? Hehe.

Kiranti emang seger, sih, Sobs! Apalagi sekarang ini, Kiranti semakin berinovasi dalam meraih hati para wanita yang tak suka jejamuan. Inovasinya adalah dengan varian baru yang baru saja launched, berupa Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice.

Ha? Pake Juice? Yup. Jika Kiranti Original menggunakan air mineral sebagai pelarut, maka yang versi plus juice, Kiranti menggunakan satu buah jeruk asli sebagai pelarut sehingga memiliki rasa yang segar, tidak pahit dan lebih dapat diterima oleh para wanita yang tidak suka rasa jamu. Wew banget, ya, Sobs?

Kiranti
Picture by Efi
Kiranti

Emang Kiranti itu aman dan bener-bener sehat, Al?

Hm, kalo sejauh pengalamanku mengkonsumsinya selama ini, sih, aman-aman aja [asalkan mengkonsumsinya juga tidak berlebihan lho, ya]. Apalagi Kiranti ini kan terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan seperti kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis dan gula jawa. Diproduksi secara modern dan higienis pula. Bersertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dari Menteri Kesehatan pada tahun 2005, dan merupakan satu-satunya minuman datang bulan yang mendapatkan sertifikasi Obat Herbal Terstandar (OHT) lho!

Hm, jadi ga salah donk jika aku masih suka dan akan terus berlangganan jejamuan yang satu ini? Kalo kamu, Sobs? *lirik sobats yang cewek.

catatan seputar Yoga in The Air bareng Kiranti
Al, Kuningan - Jakarta, 8 June 2016

14 comments

oww...jelas juga akuh sbagai pelanggan setiany jejamuan yang kekinian kaya kiranti niy.

emang bener juga , kalo lagi M badan akan terasa fresh kalo dibawa yoga dengan pose yg simple.

ahh seruuu, yoga in the air nyaaa

Reply

Yoga memang the best deh.. Aku selalu andelin yoga kalau badan mulai ngga bener :)

Reply

Hingga kini aku masih setia sama Kiranti yg original. Udah minum ini sejak SMA, terutama pas nyeri hadi menyerang. Btw seru ya mbak kegiatan yoganya :D

Reply

Nyeseeel, kenapa ga dari dulu aku kenal yoga dan melakukannya. Khasiatnya banyak banget ya, mbak. Sehat luar dalam. Body, mind and soul, lah. Yoga lagi, yuuuuk.

Reply

saya juga minum kiranti kalau lagi datang bulan, alhamdulillah lancar :-)

Reply

Wah serunya, nungguin acaranya di Surabaya :D

Reply

Asyik banget Mbak Al... duh jadi pengen banget deh

Reply

Yoga itu, kinda a sexy things and I love it!
Dulu pernah coba kiranti, waktu masih kemasan lama dan masih alami nyeri hadi. Namun setelah melahirkan, nyeri haidi hilang, belum pernah minum lagi.

Reply

alhamdulilllah untungnya ihan nggak pernah bermasalah saat haid :-D, tapi kalau jamu emang suka sih.... lumayan sering konsumsi jamu gendong

Reply

Seru! Sayang banget kemarin ada acara jadi ga bisa ikutan yoga..
Eh aku terakhir haid kemarin masih minum kiranti loh mba al.. Lumayan ngurangin sakit hari pertama hihi :)

Reply

hedeuuuh udah salah masuk kamar nih.. bahasannya malah bagian kiranti.. dan perempuan lagi PMS adalah perempuan yang harus di puji sepanjang hari kak :D

Reply

Kiranti sudah menjadi teman setia para wanita, kalau lagi pms pasti ingat kiranti :)

Reply

Wah seru ya bisa yoga rame-rame. Aku belum pernah ngerasain, mupeng deh.
Kiranti ke Solo dong! 😉

Reply

Hanya untuk perempuan ya cutkak?

Reply