Rahasia Melejitkan Bisnis Kuliner


Rahasia Melejitkan Bisnis Kuliner 
Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan jaman yang demikian pesat, telah menimbulkan pergeseran-pergeseran di berbagai bidang.

Banyaknya wanita yang bekerja, membuat waktu mereka untuk menyiapkan masakan bagi keluarganya pun semakin terbatas. Selain itu, banyaknya perusahaan-perusahaan yang menyediakan makanan bagi karyawannya, atau kebutuhan akan makanan bagi komunitas-komunitas, rapat-rapat penting, pesta-pesta perkawinan maupun acara lainnya yang diadakan oleh berbagai pihak, yang membutuhkan sajian makanan, telah membuat usaha di bidang makanan atau kuliner menjadi semakin marak dan menjanjikan prospek cerah. Ditambah lagi dengan fenomena pergeseran nilai, dimana dulunya kuliner adalah merupakan kebutuhan pokok, maka kini telah naik peringkat, yaitu menjadi kebutuhan rekreatif, membuat bisnis yang satu ini kini menjadi primadona.

Ketika bisnis menjadi primadona, tumbuh pesat dan kian menjamur, otomatis juga membuat persaingan diantara para kompetitor pun menjadi semakin sempit/ketat. Untuk itu, dibutuhkan strategi jitu dalam me-manage dan membesarkan bisnis ini, sekaligus mengatasi para pesaing. Strategi membidik pasar, menyajikan produk yang unik serta teknis pemasaran menjadi salah satu hal penting di dalam membuat produk makanannya diburu dan digemari.

Veronica Ratna Ningrum, seorang konsultan marketing sekaligus pebisnis di bidang kuliner, melakukan kombinasi antara bisnis makanan yang menjadi primadona dengan keahliannya dalam packaging sebuah program marketing yang membuat bisnis kulinernya menjadi berbeda dengan bisnis kuliner lainnya.

Kesuksesannya dalam mengembangkan dan melejitkan Vey Katering selama belasan tahun dengan sejumlah klien besar, sama sekali tidak membuat wanita ini pelit ilmu, Veronica justru kini mengkolaborasikan kesuksesan dan keahliannya untuk membidik pangsa pasar para pelaku usaha bisnis kuliner sebagai konsultan bisnis mereka.

Veronica yang telah memiliki usaha sejak tahun 2006 ini, memberikan banyak konsep, solusi serta eksekusi mengenai strategi marketing pada bisnis kuliner yang mereka miliki.

Bahwa:


Pesaing adalah pemicu kesuksesan. Usahakan untuk mengambil sisi positif dari pesaing dengan produk yang sama dengan kita, bahwa produk si pesaing justru akan membantu kita dalam hal meng-edukasi pasar. Serahkan pada konsumen sendiri jika telah menyangkut hal produk mana yang akan mereka pilih. 

Lantas bagaimana cara mendapatkan pasar? Gunakanlah cara marketing yang menarik. Tidak sedikit konsumen yang mencari produk selain melihat sisi kualitas, rasa, popularitas, maka faktor lainnya adalah lokasi. 

Jadi tak perlu khawatir ketika bisnis kuliner menjadi primadona Sebab STRATEGI kemudian menjadi kunci utama yang harus dimainkan, selain tetap memainkan peranan dan kemampuan berpromosi, rasa, hingga harga yang menarik bagi pasar. 

sebuah catatan,
Al, Bandung, 18 April 2013



31 comments

  1. pas banget mba, tahun ini rencananya saya mau melebarkan sayap di bisnis kuliner, tapi ada beberapa hal yg bikin ragu.... "persaingan" hehe, tapi ya bener juga sih jadi lebih semangat, terus kalo waktu buka bisnis awal baiknya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mas, siapkan strategi yang pas dan terencana dengan baik dulu, setelah itu baru lebarkan sayapmu. Sukses yaaa. :)

      Delete
  2. Pengembangan ide-ide dalam berinovasi untuk memajukan usaha memang tidak harus berhenti ya Mba, karena selalu ada jalan untuk mereka yang selalu berani dengan ide kreatifnya tanpa harus meninggalkan nilai kualitasnya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
  3. baca postingan ini ..jadi ada ide berlarian di benak Mbak..coz suami kayaknya juga interest bisnis kuliner..

    ReplyDelete
  4. strategi bisnis kuliner berbeda degan bisnis lainnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Wah banyak bener postingan baru Mbak Al nih.
    Kejar setoran mbak? :)

    ReplyDelete
  6. Tips yang bermanfaat. cocok untuk yang ingin mengembangkan usaha kulinernya

    ReplyDelete
  7. Emak saya usahanya bikin jajanan mbak, dan prospeknya memang sangat bagus meskipun tinggal di kampung. :)

    ReplyDelete
  8. Selama manusia masih butuh makan, bisnis kuliner gak akan pernah mati. Yang penting inovasi dan kreativiti..*tsaaaahh.. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. sependek pengetahuan saya resep utamanya utk buka kuliner nomor satunya adalah lokasi. Nomor dua juga lokasi dan begitu seterusnya hingga nomor lima....yak LOKASI. jadi jangan anggap remeh LOKASI pertama kali kita membuat bisnis ini.

    ReplyDelete
  10. saya rasa pesaing justru membuat kita jadi lebih baik mbak, karena selalu ditantang lebih kompetitif

    ReplyDelete
  11. intinya kreatif dan saingan itu gak boleh dijadikan musuh gitu kan ya Mbak??

    ReplyDelete
  12. kuliner bisnis yang berat euy, saya pernah coba 8 tahun lalu gagal ... #gelenggeleng

    ReplyDelete
  13. Walaupun marjinnya relatif besar ... namun Industri Kuliner itu punya tantangan tersendiri ...
    produknya relatif mempunyai masa produktif yang singkat ...
    kita berpacu dengan tanggal kedaluarsa ...
    diperlukan strategi perencanaan produk dan logistik yang cermat ...

    (not to mention ... harga bahan baku yang sering berubah)

    Saya salut sama orang yang bisa survive di bisnis ini ...

    salam saya Kak

    ReplyDelete
  14. setuju banget mbk, bisnis itu sama artinya mengejar rejeki.sedangkan rejeki itu sendiri sudah ada yang ngatur.jadi biarpun usaha kita sejenis itu gak jadi penghalang untuk membuka usaha.

    ReplyDelete
  15. Ketika mencari bidang baru itu udah semakin kurang mungkin, so ambilah bidang yg ada tapi dg strategi baru! Gitu kan, Al?

    So, gue rasa itu berlaku di berbagai bidang di luar bidang kuliner juga... ;-)

    ReplyDelete
  16. Tulisan ini cocok buat Leni. Nanti saya link ke dia :)

    Makasih ya, Mba Alaika.

    ReplyDelete
  17. Salam kenal semua...

    “Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.”

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkan lah sebuah usaha Bisnis Kuliner.

    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.

    Kompor Panggang Tanpa Asapsangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar dan lain-lain.

    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :

    Bapak Taufik.
    HP : 081548950925

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  18. Artikelnya renyah-renyah, asyik bacanya... Mantep mbak! :)

    ReplyDelete
  19. Menarik sekali ulasannya...
    Kunjungan balik ke Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  20. Hi my loved one! I want to say that this post is amazing, great written and come with approximately all significant infos.
    I would like to see more posts like this .

    my web blog :: donne in webcam (sexcams.pippepay.com)

    ReplyDelete
  21. Bisnis kuliner memang tidak ada matinya ya. Selain rasa yang menjadi hal utama, cara pengemasan dan lokasi juga menentukan. Perlu juga dipraktekan hal di atas sebagai 'senjata' bersaing dengan kompetitor. Makasi informasinya

    ReplyDelete
  22. memang sekarang ini bisnis kulineradalah salah satu bentuk bisnis yang paling menarik karrena bisnis kulinner bsinis yang tercepat dalam pengembangannya,, banyakkonsumen yang selalu menacari bahakan setiaphari, jadi perlu adanya strategi untuk bersaing dengan toko yang lain.
    kunjungi juga :
    Wisata laut yang layak dikunjungi di negara indonesia salah satunya adalah karimun jawa , pantai pasir putih dan keindahan dunia bawah laut wisata karimunjawa banyak dicari oleh para traveler di seluruh penjuru dunia, wisata pulau karimunjawa menjadi solusi cerdas untuk refres sejenak dari segala rutinitas. Kabupaten jepara adalah kota industri yang sangat terkenal akan furniture jepara nya, berbagai produk banyak dihasilkan seperti kusen pintu dan Lantai Kayu. Menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan pembalut avail jual berbagai produk furniture berkualitas dan ukiran yang cantik hanya di kota ukirfurniture jepara

    ReplyDelete
  23. Bisnis kuliner saat ini memang sangat menjanjikan, apalagi bisa menyajikan tempat yang bersih, nyaman dan rasanya enak, dijamin tuh kostumer langsung kesengsem,, hehehe

    ReplyDelete
  24. pengen sekali punya bisnis kuliner mbak, makasih infonya mbak, artiklenya keren

    ReplyDelete
  25. Atikel yang sangat bagus, serta bisa di jadikan referensi. termikasih ya

    ReplyDelete
  26. Wah mantap juga nih rahasianya, kalo bisa buat kuliner dengan mengankat masakan daerah, dengan Konsep Modern dan tren saat ini. maksih ya infonya, bisa di coba ini...

    ReplyDelete
  27. terimakasih bos,,, bisa memberi inspirasi dan dorongan untuk mecicipinya. heheheheh

    ReplyDelete
  28. Wonderful article! This is the kind of info that
    are meant to be shared across the net. Shame on Google for now not positioning this
    post upper! Come on over and discuss with my site . Thank you =)

    ReplyDelete