Konsultan Marketing: Perlu Enggak Sih? | My Virtual Corner
Menu
/
Konsultan Marketing: Perlu Enggak Sih?
Sudah menjadi pemahaman umum bahwa marketing [bidang pemasaran] adalah merupakan ujung tombak bagi bergulirnya cashflow atau arus keuangan di setiap perusahaan. Sebagus apapun sebuah produk, tidak akan berubah menjadi rupiah jika produk tersebut tidak dipasarkan dan terjual. Dan untuk menghasilkan penjualan yang baik, tentunya diperlukan sebuah strategi pemasaran yang jitu dan mumpuni.

consultant
Credit
Nah, untuk itulah seorang konsultan marketing dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Tak peduli perusahaan tersebut berskala besar atau hanya skala menengah ke bawah. Apapun skala dari perusahaan tersebut, tetap membutuhkan seorang konsultan/penasehat, yang dapat membantu perusahaan dalam menciptakan taktik dan teknik berdagang, yang tentunya dihasilkan dari ide-idenya yang segar dan dinamis.

Sering kita temui fakta di lapangan, bahwa seorang pengusaha memang pandai menciptakan produk, yang sangat berkualitas, namun kemudian yang menjadi masalah adalah on how to distribute the product. Di sanalah seorang konsultan marketing/pemasaran sangat dibutuhkan. Untuk mengisi celah atau gap yang terbentang pada kekosongan tersebut. Fungsi konsultan di sini bukan hanya sekadar memberikan arahan dan masukan mengenai cara memasarkan produk, melainkan juga untuk membantu merumuskan sebuah solusi masalah [trouble solver], membuat eksekusi cara bertindak, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya konsultan marketing, maka perusahaan dapat terbantu secara pemikiran dan ide. Tak jarang pelaku usaha terjebak dalam masalah teknis di lapangan. Padahal strategi yang jitu dibutuhkan guna dapat membuat produk laris manis. Kadangkala, saat berfikir tentang kondisi kas perusahaan, seorang pebisnis akan bertanya lagi, apa perlu memiliki seorang konsultan marketing? Sebuah pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu lagi diragukan jawabannya, bahwa jasa konsultan yang satu ini [marketing consultant] adalah mutlak diperlukan. Dana yang tak seberapa ini, yang harus dikeluarkan untuk biaya konsultasi, sebenarnya adalah investasi bagi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan/omzet yang besar, berkali lipat malah. Jadi sebenarnya, tak perlu ragu lagi untuk mulai menggunakan jasa konsultan marketing. Jika untuk konsultasi dikeluarkan 1 rupiah, hasil yang dicapai dapat lebih dari 100 %, apakah kita akan keberatan? :)

Lalu dimanakah mencari konsultan marketing yang mumpuni? Handal?
Ketersediaan konsultan marketing yang banyak di negeri ini, membuat para pebisnis terkadang jadi bingung sendiri dalam memilih. Tak perlu bingung sih sebenarnya. Yang perlu diperhatikan dan diingat adalah, bahwa seorang konsultan handal, harus memiliki sistem konseling yang unik. Yang tidak sekedar memberikan konsep, melainkan juga membantu klien menelaah, merencanakan dan membuat sebuah solusi sekaligus melakukan eksekusi terhadap rencana yang dibuat.

Veronica Ratna Ningrum, seorang pebisnis yang telah cukup lama berkecimpung di bidang bisnis kuliner, adalah merupakan seorang konsultan marketing handal dengan kriteria dan karakter unik seperti yang tersebut di atas. Perempuan inspiratif ini, memang gudangnya ide yang tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam urusan strategi marketing dalam berbagai bidang usaha. Masukan yang diberikan berdasarkan pengalamannya sangat bernilai emas bagi para pelaku usaha.

Masihkah anda ragu akan pentingnya seorang konsultan marketing? Jangan menunda lagi, temukan konsultan marketing, demi menunjang meningkatnya aliran cashflow anda.


Al, Bandung, 22 April 2013

29 comments

Baik usaha maupun kehidupan, seorang konsultan memanglah diperlukan dalam membarikan solusi inovasi.

Sukses selalu
Salam Wisata

Reply

menghadapi kompetitor yang sedemikian banyak membuat persaingan bisnis semakin ketat, disaat itulah kita memerlukan konsultan marketing buat mendapatkan inspirasi dan inovasi untuk memasarkan produk kita....nice share post kawan ...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Reply

Wah, ini salah satu bidang usahanya Mba Al juga? Personal branding agency? Luar biasa.
Memang Mba Al, kalau hasil yang didapatkan bisa berlipat kali, memang sebaiknya menggunakan konsultan marketing. :)

Reply

Jika begitu, saya rasa para blogger kita juga bisa menjadi konsultan marketing, tetapi khusus dalam jasa pemasaran produk online hehehe!

Reply

sepakat dg bung penho, para blogger itu punya kekuatan di komunitasnya... apalagi marketing sekarang membutuhkan kemampuan online yg baik.
dan konsep bisnis many to many mulai marak dan jadi sasaran para usahawan...

Reply

Owhh indscript creative tohhhh sippp kerennnn

Reply

sepertinya konsultan marketing emng penting ya mbak Al, jangan melihat biaya yang dikeluarkan duluan, tapi hasilnya

Reply

kyknya konsultan marketing jg pegang peranan penting mb untuk hasil yg bagus..
oya selamat ya mb Al masuk 10 finalis srikandi blogger..sukses trs yaa :)

Reply

liputannya sangat menarik idenya juga sangat bagus

Reply

Konsultan Marketing ?
mmmm ... menurut saya perlu untuk beberapa kebutuhan saja ... tidak untuk seluruh kebutuhan ...
(contoh pembuatan iklan dan yang sejenisnya)

Karena bagaimanapun ...
yang semestinya mengerti karakter dan perilaku konsumen plus psychografis segmentasi target market produk kita ... ya kita sendiri ...
Dan kita sendiri pula lah yang seharusnya lebih tau kekuatan kelemahan dan karakteristik dari Produk atau Jasa yang kita produksi

Dan kita sendiri pula lah yang akan memberikan "ruh" (atau bahasa teorinya meniupkan "Brand Positioning") kepada Produk atau Jasa yang kita produksi. Mau dibawa kemana arah "bergeraknya" merek yang kita produksi.

Konsultan Marketing saya rasa hanya memberikan kisi-kisi / template bekerjanya ... mengenai isi - proses dan mekanismenya ... sebaiknya kita lakukan sendiri

Salam saya Kak

Reply

Assalamualaikum kak Al..
Seneng deh berkunjung ke blog kakak.. tapi rata-rata entri-nya formal banget, Aisyah kalau baca nggak ngerti, jadi gak pernah komentar deh..
Sekali-kali buat entri yang untuk anak-anak atau remaja gitu dong, kak Al..

tetep semangat, kak.. ^^

Reply

ternyata marketing juga ada konsultannya ya mbak

Reply

Nice share Mbak Alaika....Jadi kangen Ngintip disini lagi.. Banyak perubahan ya. salam blogging ya...

Reply

The actual Popularity Connected with Hdtv To help you Various Shoppers

My blog; copulative

Reply

kalau menurutku sih perlu gan :D

Reply

Thanks solusi marketing perusahaannya,..

Reply

solusi marketing perusahaannya sangat bermanfaat,.... thanks.

Reply

konsultasi marketing pada ahlinya mungkin sangat diperlukan.

Reply

konsultasi marketing untuk perusahaan pada ahlinya mungkin sangat diperlukan ketika perusahaan pengalami penurunan dan untuk meningkatkan penjualan,..

Reply

mungkin tergantung situasi dan kondisi

Reply

Konsultasi marketing sangat diperlukan,....

Reply

menurutku perlu banget kak. apalagi bagi perusahaan yang pengen ngembangin bisnisnya,.
salam kenal ya dari konsultan internet marketing jogja

Reply