Catatan Perjalanan Umroh | My Virtual Corner
Menu
/

Tak terasa waktu berputar sedemikian cepatnya. Baru saja Senin eh hari ini sudah Rabu, baru saja kita memasuki tanggal 1 February 2012, dan kini? Digital calendar di sudut kanan atas laptopku dengan tegas menyajikan ‘ 8, Wednesday/10;26.

Ya ampun, sudah hari Rabu, dan aku hanya punya dua hari lagi untuk menyelesaikan segala urusan hand over sisa tugasku pada petugas in charge, termasuk hand over note yang harus aku selesaikan ini. Huft. Memang deh, rasanya tak bosan aku mengulangi kalimat ini, bahwa waktu seakan berlari.

Kutatap sekali lagi angka 8 yang tertera tegas di sudut kanan monitorku, Rabu tanggal 8 February 2012. What? Sekelebat ingatan melintas di pikiran. Perasaan ada sebuah moment penting deh diangka delapan ini. Dimana dan apa ya? Kucoba mengingat-ingat.

Yah, bener, beberapa hari yang lalu, aku sempat conference chat di yahoo messenger bersama Maya dan Una, saat itu topic pembicaraan adalah tentang blog Una yang tiba-tiba raib. Lalu pembicaraan berpindah ke giveaway yang sedang diselenggarakan oleh Maya. Yup… bener, aku sempat tanyakan kapan deadline GAnya Maya ini yang dijawab Una masih beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 8. Dan kala itu, aku yang memang sudah komit untuk ikutan, sempat tenang karena masih ada waktu untuk bikin postingan untuk menyukseskan hajatan sang sahabat ini. Tenang Al, masih ada waktu. Begitulah yang ada di pikiranku saat itu.

Berkenalan dengan Maya rasanya belum begitu lama… Justru aku terlebih dahulu mendapatkan buku ‘Kemilau Cahaya Emas’nya daripada berkunjung ke rumah mayanya.
#May, pasti dirimu penasarankan darimana atau bagaimana aku bisa mendapatkan buku itu kan? Hehe. Let me lock the way to get the book safely in my locker of heart yaa… haha.

Persahabatan yang mulai terjalin dari saling berkunjung dan meninggalkan komen itu terbentuk dengan indah, plus rasa penasaran dan gemas oleh situasi yang untuk beberapa lama menempatkan kami dalam permainan petak umpet berkepanjangan. Maya menyapaku di ym saat aku sedang offline, begitu juga balasanku terpaksa kutinggalkan di biliknya maya saat dia juga sedang offline. Hingga suatu malam, kami berhasil juga menyelesaikan permainan petak umpet yang menuai gelak tawa.

Chatting hangat di yahoo messenger pun berkembang, mengundang Ririe Khayan dan dua sobat blogger lainnya. Sungguh indah rasa persahabatan ini. Perbincangan juga mengarah ke giveawaynya Maya dan juga satu giveaway lainnya yang diadakan oleh seorang sahabat blogger lainnya. Kembali aku nyatakan bahwa aku akan ikutan GAnya Maya.

Waktupun berlalu, dan aku tenggelam dalam urusan penyelesaian pekerjaan sebelum aku mengambil cuti panjang dan say good bye pada kantorku. Dan kini? The deadline is a head, bisa kah aku bikin postingan at the last minute? Hehe.

Hm… Baiklah… biarlah kucuri sedikit waktuku (tapi sungguh jangan katakan aku koruptor yaaa), mencoba sekuat daya upaya menghadirkan sebuah tulisan untuk aku ikutsertakan dalam perhelatan yang digelar oleh Sang Putri Cahaya.

Terus terang saat membaca ‘Kemilau Cahaya Emas’, ada sebuah judul yang sungguh menarik hati dan menginspirasiku untuk ikut melaksanakannya juga. Niat ini sebenarnya sudah lama sekali tertanam di hati, hanya saja kesibukanku membuat niat ini tertunda dan tertunda lagi.

Yap. ‘Catatan Perjalanan Umrah’ yang ditulis Maya sungguh memanggil-manggil hatiku untuk turut melaksanakan ibadah ini. Ibadah yang sebenarnya sudah lama aku canangkan untuk aku lakukan. Yang sebenarnya hanya membutuhkan biaya satu bulan gajiku saja, tapi hingga kini aku belum melaksanakannya. Astargfirullah…. Ampuni hamba ya Allah, yang telah menunda-nunda panggilanMu. ☹ Beri hamba kesempatan untuk tetap mampu mengunjungi rumahMu dan melaksanakan ibadah ini ya Allah…..

Sobatku yang satu ini begitu piawai mengurai kata, menggambarkan kisah perjalanan dan pelaksanaan ibadahnya di tanah suci, hingga membuat para pembacanya (khususnya aku) seolah ikut merasakan apa yang sedang dialami/dilakukannya. Tak heran jika di usianya yang masih begitu muda, sobatku ini telah mampu menelurkan (ayam kali bertelur, ☺) menerbitkan buku. Wow.

Back to the topic, satu paragraf yang sangat aku sukai dan mampu membuatku merinding merasakan apa yang dirasakannya adalah kalimat–kalimat ini;

Menuju Ka’bah, qiblat umat Islam yang selama ini hanya pernah saya lihat melalui gambar. Masya Allah… kata-kata luar biasa tidak cukup pantas untuk melukiskan Ka’bah dan Masjidil Haram. Suasananya sangat teduh. Yang terdengar di sana, hanyalah nama Allah saja. Sangat dahsyat merasuk ke hati. Jika sudah masuk ke dalam, tidak ada niat sama sekali untuk ke luar.

Uraiannya sederhana saja tapi makna yang dikandungnya sungguh mampu memanggil muslim/muslimah lainnya untuk berkeinginan kuat mengunjungi tempat nan suci ini.

Penuturan yang mengalir lancar dan simple dari rangkaian kata demi kata, tak hanya memberi gambaran jelas bagi kita tentang suasana peribadatan disana, tapi juga Maya lengkap meliput menceritakan tempat ziarah/tempat yang lazim dikunjungi disana, sehingga walau belum kesana, aku ikut merasakan dan menjadi tahu daerah-daerah mana saja yang akan/harus dikunjungi. Two thumbs up for Maya deh….

Well May, waktuku tidak panjang, dan keikutsertaanku ini juga bukan untuk menjadi pemenang kok… o iya harus tau diri donk, posting dan bikin artikel at the last minute kok iyo ngarep jadi juarane… haha, piye toh? Niat utama adalah menyemarakkan acara yang sedang engkau gelar, semoga dengan bertambahnya satu artikel dariku, akan semakin menyukseskan hajatanmu ya say… ☺

Aku harus kembali ke pekerjaan, beres-beres dan serah terimakan sisa tugas. Baru kemudian enjoy my free day starting on Friday. Yeaaay!! ☺



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Kemilau Cahaya Emas
yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain"




41 comments

tulisan yang menarik, jadi pengen bisa ke makah, sebuah ulasan yang pendek namun padat, moga sukses di acara giveaway Kemilau Cahaya Emas - mu, itu.

Salam.

Reply

aku suka banget tulisan seger mbak alaika. jadi makin berhasrat dan bersyahwat pengen ke mekah.

Reply

Mbak, ayoo Umroh. Aku doakan bisa tahun ini ya mbak. Nanti aku susul beberapa tahun lagi. InsyaAllah kalau sudah bisa meng-umrah-kan mama papa dulu. Atau barengan. Aamiin.

Satu bulan gaji dah bisa umrah? Waaaa hebat mbak. :D

Reply

@Obrolan Blogger.com

makasih atas kunjungan dan komen pertamax nya ya mas... hehe...

Reply

@Irham Sya'roni

ayo mas Irham, mari kita ke Mekkah...

makasih ya udah berkunjung... :)

Reply

@namarappuccino

ingin banget sih mas... sayang selama ini sibuk 'tak menentu', saat tak bergaji sebanyak itu lagi baru sadar diriku belum melaksanakan niatku itu... :(

Ga papa, harus tetap semangat, rejeki bisa dicari lagi....ya ga mas?

Reply

hmmmmm...mba' piye kbr'e???

Reply

@Pagipho

Hallo mas...kabarku baiik... pakabarmu? :)

Reply

kalo udah tau rasanya umroh/haji... pasti ketagihan. Maksudny pingin melaksanakannya lagi lagi lagi dan lagi

Reply

Dija juga belom pernah berangkat Umroh Tante...

Reply

Langsung terpana pada point " satu bulan gaji..." wah? Yg jelas turut mendoakan biar segera bisa Umrah atau bahkan haji sekalin ya? Syukur-syukur kalu mau ngajak aku ya #Plakkkk...
Kalau sdh kesampaian Umrah/Hajinya, semoga barokah dan bisa di susul yang lainnya (aku maksudnya)..

Meski last hour, tetap mantab deh klo Mbak AL ikutan GA. Makin seruu dan hebring pokoknya kalau bisa ikuatn GA.

Reply

keren mbak bisa ke tanah suci...
saya juga bermimpi bisa kesana...
btw salam kenal ya mbak :)

Reply

yg byk diimpikan orang pergi ke tanah suci, alangkah bahagia bs ke sana...jd termovitasi neh...

Reply

semoga mba alaika abdullah bisa melangsungkan niatnya yang tertahan untuk bisa umroh atau sekaligus haji di tanah suci Makkah, dan menjadi kan kemabruran baginya dan semoga si mba juga bisa sukses sama GA nya :D

Reply

kapan saya bisa mengunjunginya...

Reply

pasti yang diomongin aku kan? blogger yg lain yang sedang mengadakan GA juga *huahahaha GR tingkat parah, padahal ada mba Akin juga yang bikin GA ya, tapi klo sama mba Alaika mah, GR juga laku ya mba yaaa xixixix*

umroh dan berhaji tentunya menjadi idaman setiap yang beragama Islam, semoga dilapangkan ya waktu dan dimudahkan rizki kita untuk bertamu ke rumah Allah :)

Sukses di kontesnya Maya ya mba :)

Reply

@nicamperenique

Hahaha... instingmu kuat sekali mba Niq... hihi.... huahuahua...
tenang sobs.. deadline GAmu masih lamakan? Insyaallah aku ikutan.. kan minggu depan udh free dari pekerjaan alias jobless sementara waktu, hihi. Semoga ada waktu jeda sejenak sebelum dapat pekerjaan lainnya ya.. jadi bisa blogging freely.. asyiiik.

makasih doanya ya mbaaaa.. amin ya Rabbal Alamin...

Reply

@Urang Kampoeng
saya juga berharap bisa mengunjungi segera.. :)

Reply

@Stupid monkey

amin ya Allah... amin YRA.. mas stumon, makasih ya atas doa dan kunjungannya.. :)

Reply

@Elsa
Begitu ya mba Elsa... ayah ibuku selalu berkata begitu... sayang diriku belum sampai kesana... :(

semoga akan ada waktu dan kesempatan serta rezeki untuk mengunjungi tanah suci...:)

makasih kunjungannya ya mba..:)

Reply

@b
yuk nanti barengan tante yuk sayang... :)

Reply

@Ririe Khayan

hehe..padahal point itu sudah diperkecil hurufnya Rie... :)
makasih atas doanya ya sist, semoga Allah berkenan mengabulkan keinginan ini.. memberi kesempatan dan rezeki..Amin ya Rabbal Alamin...

mana tau bisa barengan Rie.. pasti asyik dan seru tuh... :)

haha, yang penting ikutan GAnya, ga penting menangnya... hehe, tapi kayaknya yang punya gawean belum online tuh... :)

Reply

@widhi online
saya juga belum berkesempatan kesana nih mas Widhi... ingin banget bisa berkunjung dan menunaikan ibadah disana...

catatan ini adalah catatan seorang sahabat yang sedang mengadakan Giveaway, dan saya memilih judul ini sebagai salah satu artikel yang sangat menginspirasi...:)

salam kenal kembali dan trims atas kunjungannya yaa...

Reply

@outbondmalang

saya juga memimpikan hal yang sama mas... semoga bisa terwujud yaa :)

Reply

semoga sukses ya kontesnya..semoga menang.

Reply

menang menang menang. . . . (bingin mau comen paan, sudah komplet semua ntu comen diatas hehehehehe)

Reply

duh pengen banget bisa pergi ke makkah.. :)

Reply

Pada rajin ikutan kontes
Saya enggak pernah :( hiks

Sukses kontesnya, Mbak :)

Reply

masyaAllah mbak Al :x
banyak banget kata-kata yang terekam ketika membaca tulisan mbak tapi pas nyampe di kotak komentar jadi hilang semuaaa~ ahahaha
yang jelas aku suka sekali cara kita bertemu apalagi main petak umpet YM, luar biasa!! hohoho

ng, aku punya dugaan tentang buku kemilau cahaya emas yang sudah ada duluan di tangan mbak. Mungkinkah[?] hohohohoho =P

mbak Al, semoga bisa melaksanakan umroh juga insyaAllah ^^ Aamiinn.. Aku bakal menunggu-nunggu postingan perjalanan umroh mbak Al

oh iyaaa, pengen minta terima kasih jugaaa... mbak Al selalu bantuin aku ^^ apalagi baru-baru ini aku ngerepotin mbak Al soal domain .com :) subhanallah! makasih yaa mbak ^^

--------------------------
sudah terdaftar
terima kasih atas partisipasinya mbak Al sayang ^^

Reply

insyaallah kalau kita sudah berkeinginan tuk umrah,, kalau di yakini kelak Allah bakal mengabulkan,, karena apapun itu amalan di dunia belum lengkap bagi yg mampu tapi belum melaksanakan,,, ,, oh ya insyaallah belajar tradingnya minggu2 depan yo mbak

Reply

Ayo mbak ke sanaaaa... ^^
Kutunggu reportase umrahnya secepatnya ya mbak xD

Reply

aku malah ga pernah inget tanggal
disini semua hari sama
kerja dan kerja terus siang malem sampe saatnya cuti...

Reply

sukses mbak GAnya, sukses juga perkerjaanya

Reply

ayo mba disegerakan niatnya. Alhamdulillah banget ya kalo pergi betulan :D :D

Reply

cihuyyyy~
ikut aminin aja....
sukses GAnyaaa

Reply

Saleum,
Insya Allah, jika niat sudah kuat untuk umroh, pasti dimudahkan olehNya jalan ke sana. Niat itu harus ditumbuhkan dengan sebenarnya kak kemudian sering2lah berdoa. **maaf nih kayak ustadz saya koment** hahaha...

Reply

Weeeuuuwww.. walaupun tulisannya kecil, masih kebaca lho yang satu bulan gaji itu, hihihi..
Insya Alloh kalau sudah niat, akan ada jalannya, Mbak :)
Semoga bisa segera umroh ^___^

Reply

Wah, aku kalah nih ama mbak Alaika sekarang... karena aku malah gak ikutan kontes apa2 sekarang hehehe...

Good luck utk ngontesnya ya mbak.. dan semoga tak lama lagi bisa berangkat umroh (bahkan haji) bersama keluarga. Amin.

Reply

Salam kenal mbak...!!! Alhamudillakh sangat menarik perjalannya disna...!!! jadi pengen keMekah jgnich...!!! hehehehe

Reply

Ayo mbak di kalamampu,tunaikan rukun islam itu. :D

Reply