Pomodoro Technique - Teknik Jitu Bantu Kamu Fokus dan Produktif

Pomodoro Technique -  Teknik Jitu Bantu Kamu Fokus dan Produktif.

Hayo, ada yang sudah pernah menggunakan teknik ini belum? Atau jangan-jangan malah baru kali ini mendengarnya? Hehe.

Aku sendiri baru menggunakannya beberapa kali sih, dan memang tertolong banget, terutama saat sedang dikejar deadline nulis dan ngulik konten. Dan for your information, nih, bestie, artikel ini aku tulis dengan menggunakan the Pomodoro Technique dan menggunakan Pomodoro tracker time dari sini

Apa sih Pomodoro Technique itu?

Nah, ini! 

Jadi, the Pomodoro Technique adalah suatu teknik manajemen waktu yang akan menarik kita untuk stay fokus pada apa yang sedang kita kerjakan dalam rentang waktu tertentu. 

Kata Pomodoro sendiri dalam bahasa Italia berarti 'tomat' ya, bestie! Dan kenapa seperti tomat? Karena sistem ini membentuk siklus dimana proses pekerjaan yang akan kita kerjakan tersebut dibagi ke dalam beberapa tahapan melingkar. Setiap tahapannya diberi waktu 25 menit untuk menyelesaikannya, dan jeda antar tahapan (break time) diberi sekitar 5 menit. Seru ya? 

Cocok banget loh ini untuk kita-kita yang katanya sih ingin fokus kerja tapi malah mata, hati, dan pikiran terdistrak oleh berbagai hal 'melenakan' saat kita berinteraksi di dunia maya. Hehe. Dan parahnya lagi, justru kita kelamaan terlena di digital world, sehingga lupa waktu bahkan terkadang yang paling mengerikannya, malah tergiring tanpa sadar ke dalam intaian bahaya kejahatan siber! Amit-amit, ya, bestie. 


Aih, jadi pengen nulis tentang how to play smart and safe on the digital world, deh! Tapi kan...., aku sedang ingin nulis tentang Teknik Pomodoro, which is also a very great technique agar kita bisa bekerja secara efektif dan produktif! 

Ya udah, deh, untuk yang ingin baca-baca tips aman berselancar di dunia maya, bestie-bestieku bisa baca tulisannya Mba Shyntako aja deh, ya, udah lengkap tuh di sana. 

Balik lagi ke teknik tomat alias Pomodoro Technique, agar lebih jelas gambarannya, sok, lihat dulu grafis yang sudah aku coba bikin di bawah ini, ya! 

Teknik Pomodoro

1. Tahap 1: Tentukan Tugas Yang Mau Dikerjakan

Jadi di sini maksudnya adalah setelah kita punya goal, misalnya nih, seperti saat aku menuliskan artikel ini, maka tahapannya adalah: 

Goal: Menulis Artikel Tentang Pomodoro Technique (Dengan Things To Do di bawah ini)

  • Pengumpulan data/materi untuk konten
  • Bikin grafis/gambar yang akan disertakan di dalam postingan
  • Menulis artikel
  • Proofreading
  • Publish

2. Tahap 2: Atur Timer

Ini penting sekali untuk membantu kita fokus dan present. Atur timer 25 menit pertama, dan jauhkan diri dari segala gangguan lainnya seperti chat dan scrolling media sosial, dan gangguan lainnya.

3. Tahap 3: Mulailah bekerja sesuai urutan yang tertera pada Things To Do. 

Fokus dan disiplin, ya. Baru boleh berhenti saat timer sudah berbunyi. 😊

4. Step 4. Istirahat 5 menitan.

Nah, setelah 25 menit pertama, wajib berhenti dan istirahat sebentar (paling lama 5 menitan) agar pikiran rileks kembali. Jangan dipaksa lanjut walau sedang nanggung, ya, bestie! Ikuti rules of the technique! 

5. Step 5: Ulangi Siklusnya Sampai Pekerjaan Selesai

Nah, jika 25 menit pertama sudah selesai dan pekerjaan belum kelar (biasanya sih jarang ada pekerjaan yang memang bisa tuntas tas dalam waktu 25 menit ya?), setelah istirahat 5 menitan pertama, maka lanjutkan 25 menit kedua. Lalu break 5 menitan kedua, lanjut 25 menitan ketiga. Istirahat lagi 5 menit ketiga dan lanjut 25 menit ketiga (jika belum selesai pekerjaannya). 

Jika belum selesai juga, maka take the 5 minutes 4th break(istirahat 5 menitan ke-4), lalu masuk ke 25 menitan ke 4.

Dan jika belum kelar juga, maka...., istirahat dulu yang agak lama ya, bestie. Jangan paksain dulu. Relaksasi dulu, gih! Baru nanti balik lagi dan boleh mulai putaran 'tomat' (Pomodoro) kedua. Begitu, Bestie, dan menurut aku teknik ini jitu banget, loh! 

Cobain deh, pasti kalian akan suka! Jangan lupa pake tracking timernya, ya! Linknya ada pada paragraf kedua, tuh! Selamat bekerja dengan lebih efektif dan produktif, bestie!


Salam,

Jakarta, 10 September 2022

0 comments